Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
632
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011424573/muslim-tanya-jawab-seputar-hukum-islam
FATWA ULAMA TENTANG USAMAH BIN LADEN Rabu, 27-Juni-2007, Penulis: AL ALLAMAH AL IMAM ABDUL AZIZ BIN ABDULLAH BIN BAZ FATWA AL ALLAMAH AL IMAM ABDUL AZIZ BIN ABDULLAH BIN BAZ; MUFTI AGUNG KERAJAAN SAUDI ARABIA YANG LALU TENTANG USAMAH BIN LADEN -FATWA PERTAMA: Beliau berkata: Sementara apa yang dilakukan pada masa kini oleh Muhammad Al Misari dan Sa'd Al Faqih serta yang serupa dengan keduanya
Lapor Hansip
11-11-2011 15:13

[MUSLIM] Usamah bin Ladin Mujahid di Jalan Syaithan

FATWA ULAMA TENTANG USAMAH BIN LADEN
Rabu, 27-Juni-2007, Penulis: AL ALLAMAH AL IMAM ABDUL AZIZ BIN ABDULLAH BIN BAZ


FATWA AL ALLAMAH AL IMAM ABDUL AZIZ BIN ABDULLAH BIN BAZ; MUFTI AGUNG KERAJAAN SAUDI ARABIA YANG LALU

TENTANG USAMAH BIN LADEN

-FATWA PERTAMA:

Beliau berkata:

Sementara apa yang dilakukan pada masa kini oleh Muhammad Al Misari dan Sa'd Al Faqih serta yang serupa dengan keduanya dari aktivitas penyebaran seruan-seruan yang rusak dan sesat, maka hal itu tanpa diragukan lagi merupakan suatu bahaya yang besar dan mereka semua itu dalah penyeru-penyeru kejahatan dan pengrusakan yang besar.

Maka wajib (kepada seluruh umat) untuk waspada dari apa apa yang telah mereka sebarkan dan dengan segera memusnahkannya serta tidak bekerja sama dengan mereka dalam kegiatan apapun yang menyeru pada kerusakan,kejelekan,kebatilan dan fitnah. Karena Allah Azza wa jalla memerintahkan untuk berta'awun (bekerja sama) di atas kebajikan dan ketaqwaan. Bukan diatas kerusakan, kejahatan,dan penyebaran kedustaan, serta penyebaran seruan-seruan kebatilan yang bias menyebabkan perpecahan serta ketidak-stabilan keamanan atau yang lainnya.

Selebaran-selebaran tersebut yang telah disebarkan oleh Al Faqih dan Al Misari atau selain keduanya dari kalangan penyeru kebatilan dan kejahatan serta perpecahan, wajib untuk segera dimusnahkan dan tidak memberikan perhatian kepadanyasedikitpun sebagaimana wajib pula untuk membrikan nasehat dan pengarahan kepada mereka untuk kembali kepada Al-Haq,serta memperingatkan meraka dari kebatilan tersebut dan tidak boleh bagi seorangpun bertaawun dengan mereka dalam perkara kejelekan ini serta hendaknya mereka kembali kepada kebenarandan meninggalkan jauh-jauh kebatilan tersebut.

Maka untuk itu nasehatku untuk Al Misari,Al Faqih, dan Bin Laden serta semua pihak yang menempuh jalan (pemikiran) mereka ini agar segera meninggalkan cara-cara jelek tersebut.

Dan hendaknya bertaqwa kepada Allah serta waspada dari adzab-Nya dan kemarahan-Nya,sera kembali kepada kebenaran,Bertaubatkepada Allah dari semua apa yang telah lalu. Karena sesungguhnya Allah Azza wa jalla telah berjanji kepada hamba-hamba-Nya yang bertaubat untuk menerima tabat mereka, Sebagaimana Allah katakana dalam ayat-Nya:

"Wahai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah (karena) Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Dan Kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang adzab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi)". (Az-zumar:53-54)

"Bertaubatlah kamu sekalian wahai orang-orang yang beriman agar kalian beruntung." (An Nur:31)

FATWA KEDUA:

Al Imam Abdul Aziz bin Baz menyebutkan di dalam surat kabar Al Muslimun dan Asy Syarqul Ausath tanggal 9 jumadil Ula 1417 H, bahwa:

Usamah tergolong kelompok orang-orang perusak di muka bumi yang telah menempuh jalan kejahatan dan kejelekan serta keluar dari sikap ketaatan kepada waliyyul amr.

Disalin oleh Al Akh Eko Budi dari buku Mereka adalah teroris!! (edisi revisi) oleh Al ustadz Luqman bin Muhammad Baabduh.hal 268-269.

Dari:
Code:
http://darussalaf.or.id/stories.php?id=767


=======================================

Usamah bin Ladin Mujahid di Jalan Syaithan
Mei 19, 2011 oleh Admin Ulama Sunnah


oleh: Asy Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad -hafizhahullah-

Asy Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad -hafizhahullah- ditanya tentang kematian seorang khawarij Usamah bin Ladin (Osama bin Laden) bertepatan dengan hari Senin (28/5/1432 H) ba’da shalat Isya.

Soal:
Apa pendapat yang objektif tentang kematian Usamah bin Ladin karena ada yang bergembira dengan kematiannya dan sebaliknya ada yang mengatakan bahwa ia adalah seorang mujahid dan mengatakan bahwa dia mati syahid?

Jawab:
Bagaimana mungkin dia disebut sebagai mujahid? Na’am, dia mujahid di jalan syaithan. Usamah bin Ladin membawa petaka yang besar bagi kaum muslimin. Tidak diragukan lagi bahwa kematiannya mendatangkan ketentraman bagi kaum muslimin. Umat manusia menjadi lebih tenang dengan kepergiannya.

Sumber:

Code:
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=120559


سُئل شيخنا عبدالمحسن بن حمد العبَّاد البدر عن مقتل الخارجي أسامة بن لادن
الموافق لـيوم الأثنين 28/5/1432هـ بعد صلاة العشاء (بدون تسجيلemoticon-Wink
السؤال: ما هو القول الوسط في مقتل أسامة بن لادن فهناك من فرح بمقتله,
وهناك من قال إنه كان مجاهداً وحكم له بالشهادة؟

أجاب شيخنا: كيف مجاهد؟! نعم هو مجاهد في سبيل الشيطان.
أسامة بن لادن جلب شراً عظيماً على المسلمين
ولا شك أن ذهابه فيه راحة لهم, يرتاح الناس بذهابه

Dari:
Code:
http://ulamasunnah.wordpress.com/2011/05/19/usamah-bin-ladin-mujahid-di-jalan-syaithan/


===================================

Quote:Original Posted By hateisworthless
Approved bersayarat,

depan judul thread dikasih tambahan [muslim] yak
jika thread berlanjut kearah flame, sara dan provokasi maka thread locked / deleted

[MUSLIM] Tanya Jawab Seputar Hukum Islam
profile-picture
tata604 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 27 dari 33
[MUSLIM] Tanya Jawab Seputar Hukum Islam
18-10-2012 01:54
Quote:Original Posted By ClanMaster
berarti gak ada hukumnya ya gan?
ane bingung soalnya ane kemarin malem mimpi 2 orang berpakaian sprti ulama ngomong ke ane kalau yg ane lakukan (lucid dream) itu haram hukumnya menurut islam. ane langsung cari tau aja dimari. terimaksih.

fatwa ulama mengenai lucid dream ini masih belum jelas,
ato ane aja yang belum tau ya emoticon-Thinking

tapi, selama kegiatan itu gak di sengaja dan gak mengganggu hubungan kita secara vertikal maupun horizontal,
itu gak berdosa koq, toh agan sendiri mengalami itu juga gak di sengaja,

gak tau dah kalo astral projection itu hukumnya seperti apa ?
0 0
0
[MUSLIM] Tanya Jawab Seputar Hukum Islam
19-10-2012 07:43
Quote:Original Posted By mjbr
kalo makanan haram udah jelas dalam Al-qur'an apa aja,
nah, tapi ada hadist nabi yang mengklasifikasi lagi mengenai binatang yang tidak boleh dimakan,,
- Hewan yang hidup di 2 alam (katak masuk ke sini dah)
- Hewan yang bertaring
- Hewan yang menjijikkan
- Hewan yang bercakar
- lupa apa lagi emoticon-Hammer

tapi semua ini bakalan gugur kalo emang diperlukan dan dalam kondisi mudharat,
misalnya tuk pengobatan ato gak ada makanan lain,,

wallahu'alam,


stau ane,katak haram bukan krn hidup di 2 alam.tapi ada hadits yg melarang membunuh katak.
Kepiting jg hidup di 2 alam tapi fatwa MUI adalah halal.
Smua hewan haram ga boleh buat pengobatan krn ada haditsnya yg maksudnya : "Allah tdk menjadikan obat dari barang haram".
Dalam hal ini sbaiknya si sakit bersabar dan atau mencari obat yg halal.
Jika si sakit bersikeras mengkonsumsi yg haram utk obat dan sembuh..haqqul yakin bahwa akan hilang sbagian keberkahan hidupnya krn kesehatannya tanpa naungan ridho Allah.
Cmiiw
0 0
0
[MUSLIM] Tanya Jawab Seputar Hukum Islam
19-10-2012 15:45
Quote:Original Posted By proxymighty
stau ane,katak haram bukan krn hidup di 2 alam.tapi ada hadits yg melarang membunuh katak.
Kepiting jg hidup di 2 alam tapi fatwa MUI adalah halal.
Smua hewan haram ga boleh buat pengobatan krn ada haditsnya yg maksudnya : "Allah tdk menjadikan obat dari barang haram".
Dalam hal ini sbaiknya si sakit bersabar dan atau mencari obat yg halal.
Jika si sakit bersikeras mengkonsumsi yg haram utk obat dan sembuh..haqqul yakin bahwa akan hilang sbagian keberkahan hidupnya krn kesehatannya tanpa naungan ridho Allah.
Cmiiw

kalo masalah karena membunuh saya belum tau hadistnya,
cuma dapat hadit mengenai binatang-binatang itu aja,

mengenai katak, emang ada perbedaan pendapat di jumhur ulama,
tapi dilihat juga, sebenarnya katak itu dilihat dominan hidup dimana,
ke darat juga tuk apa ? kalo cuma tuk bertelur seperti penyus emang sah tuk makan,

mengengai fungsinya sebagai obat,
saya taunya boleh-boleh aja,
toh makan daging manusia kalo emang gak ada makanan lain masih di bolehkan,

wallahu'alam
0 0
0
[MUSLIM] Tanya Jawab Seputar Hukum Islam
19-10-2012 21:41
gan ane mau nanya deh, kenapa kita umat muslim harus percaya hadist jika Al-quran sendiri merupakaan sudah sebuah kesempurnaan? Jika Al-quran membutuhkan sumber kedua seperti hadist (yang dibuat oleh manusia untuk menyempurnakan ajaran Al-quran) bukankah sama saja kita menentang Allah dengan Al-quran-Nya karena kita tidak percaya Allah telah menciptakan wahyu/mukjizat/pedoman yang sempurna?

Thanks gan emoticon-Smilie
0 0
0
[MUSLIM] Tanya Jawab Seputar Hukum Islam
20-10-2012 05:45
Quote:Original Posted By yogdogz
gan ane mau nanya deh, kenapa kita umat muslim harus percaya hadist jika Al-quran sendiri merupakaan sudah sebuah kesempurnaan? Jika Al-quran membutuhkan sumber kedua seperti hadist (yang dibuat oleh manusia untuk menyempurnakan ajaran Al-quran) bukankah sama saja kita menentang Allah dengan Al-quran-Nya karena kita tidak percaya Allah telah menciptakan wahyu/mukjizat/pedoman yang sempurna?

Thanks gan emoticon-Smilie


menentang sih tidak tetapi memperjelas. Contohnya dalam Al-Qur'an disebutkan perintah untuk shalat dan dalam hadistdijelaskan bagaimana cara melakukan gerakan-gerakan dan bacaannya.

Mohon izin annya juga Puh, ini terkait dengan cerita yang sedang ane tulis

"Apa hukumnya memakamkan manusia di bulan atau di planet selain bumi?"
0 0
0
[MUSLIM] Tanya Jawab Seputar Hukum Islam
05-11-2012 11:55
Quote:Original Posted By yogdogz
gan ane mau nanya deh, kenapa kita umat muslim harus percaya hadist jika Al-quran sendiri merupakaan sudah sebuah kesempurnaan? Jika Al-quran membutuhkan sumber kedua seperti hadist (yang dibuat oleh manusia untuk menyempurnakan ajaran Al-quran) bukankah sama saja kita menentang Allah dengan Al-quran-Nya karena kita tidak percaya Allah telah menciptakan wahyu/mukjizat/pedoman yang sempurna?

Thanks gan emoticon-Smilie


Al-Quran sendiri yang menyuruh kita untuk mentaati Rasul. Misalnya surat al-hasyr (59) ayat 7. Kalo gak mau mengikuti perintah Rasul atau meninggalkan larangannya (yang nantinya disebut hadits) sama saja dengan menentang Quran dong
0 0
0
[MUSLIM] Tanya Jawab Seputar Hukum Islam
05-11-2012 14:39
Quote:Original Posted By mjbr

kalo masalah karena membunuh saya belum tau hadistnya,
cuma dapat hadit mengenai binatang-binatang itu aja,

mengenai katak, emang ada perbedaan pendapat di jumhur ulama,
tapi dilihat juga, sebenarnya katak itu dilihat dominan hidup dimana,
ke darat juga tuk apa ? kalo cuma tuk bertelur seperti penyus emang sah tuk makan,

mengengai fungsinya sebagai obat,
saya taunya boleh-boleh aja,
toh makan daging manusia kalo emang gak ada makanan lain masih di bolehkan,

wallahu'alam


Mungkin maksudnya yang ini gan..

َهَى رَسُولُ اللهِ n عَنْ قَتْلِ الصرَدِ وَالضفْدَعِ وَالنمْلَةِ وَالْهُدْهُدِ

“Rasulullah melarang dari membunuh burung Shurad (tengkek), katak, semut, dan burung Hudhud (burung Hoopoe [Ing]).” (HR. Ibnu Majah no. 3223)

انّ طبيبا ساءل النبيّ ص م :عن ضفدع يجعلها في دواء فنهاه النبي ص م:عن قتلها(رواه ابو داود)

“Ada seorang tabib menanyakan kepada Nabi SAW mengenai katak, apakah boleh dijadikan obat. Kemudian nabi melarang untuk membunuh katak.” (HR.Abu Dawud).

simpelnya kira2 kek gini...hukum asal binatang yang dilarang untuk dibunuh maka haram untuk dimakan, dan setiap yang haram untuk dimakan, haram juga untuk dijadikan obat

"Sesungguhnya Allah telah menurunkan penyakit beserta obatnya, dan Dia telah menjadikan setiap penyakit ada obatnya, maka berobatlah kalian dan jangan berobat dengan yang haram." (HR.Abu Daud)

Sekali lagi, kita bicara hukum asal bukan dalam keadaan darurat, krn ukuran darurat pasti berbeda buat tiap orang.. emoticon-Big Grin
0 0
0
[MUSLIM] Tanya Jawab Seputar Hukum Islam
05-11-2012 14:49
izinken hamba sahaya bertanya ..

- mengingat saya fakir harta dan tidak bisa berangkat Haji, bagaimana hukumnya melempar gedung DPR dengan batu, sepertinya hampir sama dengan lempar jumroh di Mina. Mengingat dan faktanya banyak demit bertubuh manusia kumpul disitu.

- apakah pahalanya sama

- apakah itu bidah, mengingat di zaman Bagindo Rouslulloh tidak ada gedung DPR

Tolong Dijawab karena ilmu itu harus diamalkan, itu amanat ibu saya, jangan pelit ilmu, haram, berbagilah !

Terima Kasih
Diubah oleh durakhim
0 0
0
[MUSLIM] Tanya Jawab Seputar Hukum Islam
05-11-2012 21:40
Quote:Original Posted By DanialSyafiq


Mungkin maksudnya yang ini gan..

َهَى رَسُولُ اللهِ n عَنْ قَتْلِ الصرَدِ وَالضفْدَعِ وَالنمْلَةِ وَالْهُدْهُدِ

“Rasulullah melarang dari membunuh burung Shurad (tengkek), katak, semut, dan burung Hudhud (burung Hoopoe [Ing]).” (HR. Ibnu Majah no. 3223)

انّ طبيبا ساءل النبيّ ص م :عن ضفدع يجعلها في دواء فنهاه النبي ص م:عن قتلها(رواه ابو داود)

“Ada seorang tabib menanyakan kepada Nabi SAW mengenai katak, apakah boleh dijadikan obat. Kemudian nabi melarang untuk membunuh katak.” (HR.Abu Dawud).

simpelnya kira2 kek gini...hukum asal binatang yang dilarang untuk dibunuh maka haram untuk dimakan, dan setiap yang haram untuk dimakan, haram juga untuk dijadikan obat

"Sesungguhnya Allah telah menurunkan penyakit beserta obatnya, dan Dia telah menjadikan setiap penyakit ada obatnya, maka berobatlah kalian dan jangan berobat dengan yang haram." (HR.Abu Daud)

Sekali lagi, kita bicara hukum asal bukan dalam keadaan darurat, krn ukuran darurat pasti berbeda buat tiap orang.. emoticon-Big Grin


CAKEP nih gan penjelasannya..

dan memang hadits2 tsb lah yg pernah ane baca..berhubung ane gak apal jadi jawab sekenanya aja.

makasih penjelasannya emoticon-Shakehand2

sedikit kopasan :

Dari Abu Hurairah ra.,dia brkata,"Nabi saw.mlarang pnggunaan obat yg bruk."(HR.Abu daud&an; nasa'i)

hadits Ibnu Abbas dimana dia berkata kepada Atha’ bin Abi Rabah: “Maukah aku tunjukkan kepadamu seorang wanita dari penduduk surga?” Jawabku; “Tentu.” Dia berkata:
“Wanita berkulit hitam ini, dia pernah menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sambil berkata, “Sesungguhnya aku menderita epilepsi dan auratku sering tersingkap (ketika sedang kambuh), maka berdoalah kepada Allah untuk (menyembuhkan)ku.” Beliau bersabda: “Jika kamu berkenan, bersabarlah maka bagimu surga, dan jika kamu berkenan, maka aku akan berdoa kepada Allah agar Allah menyembuhkanmu.” Ia berkata, “Baiklah aku akan bersabar.” Wanita itu berkata lagi, “Tapi jika kambuh, auratku sering tersingkap. Maka tolong berdoalah kepada Allah agar (auratku) tidak tersingkap.” Maka beliau mendoakan untuknya.” (HR. Al-Bukhari no. 5220 dan Muslim no. 4673)
Maka hadits ini tegas menunjukkan tidak wajibnya berobat. Karena seandainya berobat itu wajib, niscaya Nabi shallallahu alaihi wasallam akan mendoakannya atau menyuruhnya berobat dan bukannya menganjurkan dia untuk bersabar. Wallahu A’lam

maka ketimbang berobat dari barang yg haram..mending bersabar karena pahala bersabar saat sakit sangat besar.bisa menggugurkan dosa dan menaikkan derajat di hadapan Allah.

tapi tetep ane yakin pasti ada obat yg baik buat semaua penyakit..mungkin belum ketemu aja yg cocok.
0 0
0
[MUSLIM] Tanya Jawab Seputar Hukum Islam
05-11-2012 21:49
Quote:Original Posted By reloaded0101


menentang sih tidak tetapi memperjelas. Contohnya dalam Al-Qur'an disebutkan perintah untuk shalat dan dalam hadistdijelaskan bagaimana cara melakukan gerakan-gerakan dan bacaannya.

Mohon izin annya juga Puh, ini terkait dengan cerita yang sedang ane tulis

"Apa hukumnya memakamkan manusia di bulan atau di planet selain bumi?"


kalo gak salah inget..20 tahunan yg lalu ane pernah baca sebuah kitab bahwa makruh hukumnya menanyakan hukum fiqh atas sesuatu yg belum terjadi karena akan menimbulkan kekacauan dimasyarakat.

tapi memang hukum asal sesuatu itu boleh sepanjang tidak ada nash yg mengharamkannya..terlebih buat sekedar cerita fiksi.

cmiiw
0 0
0
[MUSLIM] Tanya Jawab Seputar Hukum Islam
05-11-2012 22:00
Quote:Original Posted By ClanMaster
Asalamualaikum, saya mau bertanya kepada agan2 semua. apa hukumnya lucid dream dalam islam?

ohya lucid dream itu kita bermimpi tapi kita sadar kalau kita sedang bermimpi. seperti itu.
terimakasih.


karena kita sadar sat lucid dream, maka berlaku hukum :

.sesungguhnya pendengaran serta penglihatan serta hati , semua anggota-anggota itu tetap akan ditanya tentang apa yang dilakukannya."(Q.S.Al- ISRA;36)

karena setau ane, kebanyakan lucid dream dipakai untuk memuaskan hasrat birahi (maaf).

jadi tetep, walau tertidur tapi karena sudah melakukan proses integrasi jiwa dan alam bawah sadar yg diperoleh karena latihan, maka saat lucid dream, hatinya tersdar dan tentunya kan diminta petanggung jawaban.

mudah2an dipakai buat kebaikan..tapi entah kebaikan macam apa...? mungkin sebagai pintu gerbang menuju proses astral untuk melihat kebesaran ciptaanNya.


cmiiw
0 0
0
[MUSLIM] Tanya Jawab Seputar Hukum Islam
06-11-2012 00:04
Assalamualaikum.
Mau tanya nih mastah. Apa hukumnya jika secara tidak sengaja / sendagurau suami mengatakan kata "pisah ranjang" (bukan kata cerai) tanpa ada niat beneran pisah ranjang. Bagaimana hukumnya? Apakah sudah jatuh talak 1? Apabila sudah jatuh talak 1 bagaimana caranya agar bisa tidur seranjang lagi?
0 0
0
[MUSLIM] Tanya Jawab Seputar Hukum Islam
06-11-2012 10:29
Quote:Original Posted By ranxman
Assalamualaikum.
Mau tanya nih mastah. Apa hukumnya jika secara tidak sengaja / sendagurau suami mengatakan kata "pisah ranjang" (bukan kata cerai) tanpa ada niat beneran pisah ranjang. Bagaimana hukumnya? Apakah sudah jatuh talak 1? Apabila sudah jatuh talak 1 bagaimana caranya agar bisa tidur seranjang lagi?

wa'alaikumsalam masbro.
stau ane, 2 hal yg becanda dan benerannya itu adalah sah yaitu talak dan lamaran.
Kalo pisah ranjang, scara bahasa ga menunjukkan maksud cerai, karena bisa aja pisah ranjang krn suami tugas luar kota.
Namun ada suatu kasus, suami mentalak dgn brkata 'kamu seperti ibuku'. Maksudnya haram berhubungan.
Nah,kasus yg agan ajukan itu masuk ke istilah.
Ane cuma ngebuka bahasannya aja.
Utk lebih jelasnya, tunggu sesepuh yg jwb aja ya gan?
Yah utk jaga2, kalau2 dah jatoh talak, mending suami tdk mengumpuli istri dulu sampe slesai 2x haidh.
Mohon koreksinya.
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
[MUSLIM] Tanya Jawab Seputar Hukum Islam
06-11-2012 14:08
Quote:Original Posted By proxymighty

wa'alaikumsalam masbro.
stau ane, 2 hal yg becanda dan benerannya itu adalah sah yaitu talak dan lamaran.
Kalo pisah ranjang, scara bahasa ga menunjukkan maksud cerai, karena bisa aja pisah ranjang krn suami tugas luar kota.
Namun ada suatu kasus, suami mentalak dgn brkata 'kamu seperti ibuku'. Maksudnya haram berhubungan.
Nah,kasus yg agan ajukan itu masuk ke istilah.
Ane cuma ngebuka bahasannya aja.
Utk lebih jelasnya, tunggu sesepuh yg jwb aja ya gan?
Yah utk jaga2, kalau2 dah jatoh talak, mending suami tdk mengumpuli istri dulu sampe slesai 2x haidh.
Mohon koreksinya.


waduh. brati cuma mengucapkan kata pisah ranjang saja tanpa maksud dan niat bener2 dinilai cerai ya emoticon-Berduka (S) tapi kalo sekedar salaman (sentuhan kulit) masih boleh tidak? kalau masih tidur bareng tanpa senggaman masih boleh? berarti untuk jaga2 ane harus nunggu sampai 2 x haid selesai baru boleh bercampur lg? atau ada yang harus ane lakukan setelah masa 2 x haid selesai agar ane bisa mengumpuli istri? mohon pencerahannya gan emoticon-Berduka (S)
0 0
0
[MUSLIM] Tanya Jawab Seputar Hukum Islam
06-11-2012 17:56
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Langsung saja, saya mau menanyakan hukumnya bermain investasi HYIP (High-Yield Invesment Program). Mungkin pengertian detailnya bisa dicari di internet, tapi secara garis besar misalnya seperti ini:

pihak A memberikan uang 10 juta kepada pihak B, yang oleh pihak B akan digunakan untuk berbisnis online (kita asumsikan bisnisnya halal). Pihak B menawarkan uang 10 juta ini akan dikembalikan perharinya 5% selama 30 hari.

Nah, yang demikian ini halal atau tidak? Saya sendiri sudah mencoba googling dan menemukan beberapa pendapat:

-Halal
http://blog.hyiptrue.com/justbeenpai...atau-haram.php

-Haram
http://blog.re.or.id/apakah-program-...z-menjawab.htm


Ada yang bisa bantu? Selain itu sebenarnya saya juga masih bingung tentang halal tidaknya KPR atau kredit motor, karena keduanya juga menggunakan hitungan persentase (%) dalam menghitung pertambahan pembayaran dari harga yang seharusnya.

Thanks in advance,


Wassalamualaikum
0 0
0
[MUSLIM] Tanya Jawab Seputar Hukum Islam
06-11-2012 21:02
Masalah halal atau haram saya belum berani menentukan, tapi yang jelas menurut saya termasuk riba. CMIIW

Kalo beli dengan cara kredit bisa juga tidak termasuk riba, karena sama saja dengan beli, meski harga jadi lebih malah karena dibayar secara berangsur. CMIIW juga, kurang ngerti masalah ekonomi
0 0
0
[MUSLIM] Tanya Jawab Seputar Hukum Islam
06-11-2012 21:58
Quote:Original Posted By ranxman
Assalamualaikum.
Mau tanya nih mastah. Apa hukumnya jika secara tidak sengaja / sendagurau suami mengatakan kata "pisah ranjang" (bukan kata cerai) tanpa ada niat beneran pisah ranjang. Bagaimana hukumnya? Apakah sudah jatuh talak 1? Apabila sudah jatuh talak 1 bagaimana caranya agar bisa tidur seranjang lagi?


talaknya belum jatuh gan..


0 0
0
[MUSLIM] Tanya Jawab Seputar Hukum Islam
07-11-2012 04:50
Quote:Original Posted By E_gila86
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Langsung saja, saya mau menanyakan hukumnya bermain investasi HYIP (High-Yield Invesment Program). Mungkin pengertian detailnya bisa dicari di internet, tapi secara garis besar misalnya seperti ini:

pihak A memberikan uang 10 juta kepada pihak B, yang oleh pihak B akan digunakan untuk berbisnis online (kita asumsikan bisnisnya halal). Pihak B menawarkan uang 10 juta ini akan dikembalikan perharinya 5% selama 30 hari.

Nah, yang demikian ini halal atau tidak? Saya sendiri sudah mencoba googling dan menemukan beberapa pendapat:

-Halal
http://blog.hyiptrue.com/justbeenpai...atau-haram.php

-Haram
http://blog.re.or.id/apakah-program-...z-menjawab.htm


Ada yang bisa bantu? Selain itu sebenarnya saya juga masih bingung tentang halal tidaknya KPR atau kredit motor, karena keduanya juga menggunakan hitungan persentase (%) dalam menghitung pertambahan pembayaran dari harga yang seharusnya.

Thanks in advance,


Wassalamualaikum


kalau kredit motor dengan sistem murabahah di lembaga keuangan syariah sih halal gan. Artikelnya di wiki :

http://id.wikipedia.org/wiki/Murabahah
0 0
0
[MUSLIM] Tanya Jawab Seputar Hukum Islam
07-11-2012 12:27
Quote:Original Posted By E_gila86
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Langsung saja, saya mau menanyakan hukumnya bermain investasi HYIP (High-Yield Invesment Program). Mungkin pengertian detailnya bisa dicari di internet, tapi secara garis besar misalnya seperti ini:

pihak A memberikan uang 10 juta kepada pihak B, yang oleh pihak B akan digunakan untuk berbisnis online (kita asumsikan bisnisnya halal). Pihak B menawarkan uang 10 juta ini akan dikembalikan perharinya 5% selama 30 hari.

Nah, yang demikian ini halal atau tidak? Saya sendiri sudah mencoba googling dan menemukan beberapa pendapat:

-Halal
http://blog.hyiptrue.com/justbeenpai...atau-haram.php

-Haram
http://blog.re.or.id/apakah-program-...z-menjawab.htm


Ada yang bisa bantu? Selain itu sebenarnya saya juga masih bingung tentang halal tidaknya KPR atau kredit motor, karena keduanya juga menggunakan hitungan persentase (%) dalam menghitung pertambahan pembayaran dari harga yang seharusnya.

Thanks in advance,


Wassalamualaikum


Alaikum salam warahmatullah..

nimbrung ya gan.. emoticon-Big Grin

Setau ana islam memang mengenal syirkah mudharabah/bagi hasil, kata kuncinya adalah pembagian keuntungan persentase hasil/laba/profit bukannya persentase modal...

Artinya jika dalam akadnya pihak A sudah ditentukan terlebih dahulu keuntungan yang akan didapat (tanpa memperhitungkan besar kecilnya laba yang akan didapat nanti) maka ini tidak memenuhi syarat mudharabah karena pembagian yang dipakai adalah persentasi modal.
Ex: 10 juta jadi 15 juta

jika ketika akad misalnya ada kesepakatan pembagian laba yg akan didapat nanti untuk investor 40:60, kemudian ternyata menghasilkan laba 10 juta maka hasil yang akan didapat pihak A sebagai investor adalah 4 juta rupiah hasil dari 40% dr laba sebesar 10 jt, insya allah ini yg dibolehkan..

KPR/kredit motor? kreditnya sih dibolehkan & yang dipermasalahkan justru bukan persentasenya tp akadnya.. Ada berapa transaksi dlm prosesnya, apakah penanggung biaya mempunyai barang tersebut, apakah jika telat bayar dikenai denda, apakah harga tersebut sudah tetap, atau menyesuaikan jumlah waktu pelunasan.. bla bla bla.. emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 27 dari 33
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia