Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
28
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016971361/buah-pepino-buah-ajaib-dengan-segudang-khasiat
Buah pepino atau dalam bahasa latinnya Solanum Maricatum merupakan buah yang berasal dari Belanda tapi berbeda dengan buah Terong Belanda. Buah ini ditanam di Indonesia pada jaman penjajahan. Buah pepino adalah famili terong-terongan yang biasa ditanam di dataran tinggi. Manfaat buah pepino untuk kesehatan sangat banyak, diantaranya dapat menyembuhkan penyakit stroke, darah tinggi, gangguan pencer
Lapor Hansip
16-10-2012 15:07

Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!

Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!


Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!


Buah pepino atau dalam bahasa latinnya Solanum Maricatum merupakan buah yang berasal dari Belanda tapi berbeda dengan buah Terong Belanda.
Buah ini ditanam di Indonesia pada jaman penjajahan. Buah pepino adalah famili terong-terongan yang biasa ditanam di dataran tinggi. Manfaat buah pepino untuk kesehatan sangat banyak, diantaranya dapat menyembuhkan penyakit stroke, darah tinggi, gangguan pencernaan,maag,sembelit dan diabetes melitus.

Dalam buah pepino mengandung banyak vitamin C, selain itu juga mengandung mineral, gula sederhana dan pottasium. Selain khasiat buah pepino untuk kesehatan, buah ini juga rasanya sangat segar (tidak asam atau terlalu manis). Bentuk buah pepino mirip seperti mentimun, dengan tekstur kulit seperti terong, namun isi atau daging buahnya lembut dan mengandung kadar air yang tinggi.

Berdasarkan hasil analisa laboratorium uji teknologi pangan dan hasil pertanian UGM, buah ini memiiiki kandungan asam, beta karoten, vitamin C, Protein dan serat pati yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dari hasil penelitian ini pepino terbukti rendah lemak karena 95% kandungannya adalah air. Setiap 100 gram buah pepino mengandung vitamin C 25,1 mg, Protein, 0,6 gram, beta karoten 26,6 mg dan asam 79,3 mg.

Buah pepino banyak dibudidayakan didaerah yang dingin yang biasanya adalah dataran tinggi, misaknya di dataran tinggi Dienk Jawa Tengah dan Pujon Jawa Timur. Sebenarnya buah pepino memiliki banyak variasi bentuk dan jenis. Ada ayang berbentuk seperti mentimun kecil, ada yang bentuknya seperti tetesan air, dan ada juga yang bentuknya bulat seperti buah apel.

Di Amerika, pepino terpilih sebagai salah satu super fruit bersama buah-buahan eksotis lainnya karena kekuatan antioksidan dan manfaatnya bagi kesehatan. Di Cina, tanaman ini beberapa kali diteliti dan terbukti tidak memiliki efek racun bagi tubuh. Bahkan, kini tengah dikembangkan secara serius sebagai bahan baku obat sariawan dan pereda gangguan sembelit.

Di Indonesia sendiri masih kalangan tertentu saja yang mengenal atau mengkonsumsi buah pepino ini. Karena memang biasanya hanya tersedia di daerah-daerah pariwisata dan supermarket saja. Harga per kilogramnya berkisar antara Rp 8.000 sampai Rp 10.000. Untuk penyimpanannya hanya tahan selama 4 hari (pada suhu ruang dan dalam kondisi dudah masak).

Jika anda penasaran dengan buah pepino dan ingin merasakan manfaat buah pepino ini, silahkan belanja di supermareket terdekat atau pasar pariwisata di daerah Kota Batu Jawa Timur, atau bisa juga di Daerah Pegunungan Dienk Jawa Tengah.

Di Aceh yang ada tanaman ini hanya di Takengon (Kab. Aceh Tengah) disana buah ini disebut buah Dewa Melodi by Agan aweaceh


BAHAN JUS ATAU SALAD

Tanaman pepino pertama kali ditanam oleh suku lokal di Amerika Selatan. Di Indonesia, buah pepino diberi julukan ” buah turis” karena pertama kali diperkenalkan di masa penjajahan Belanda.
Buah pepino terdiri dari bagian kulit, daging buah, dan biji, yang semuanya dapat dimakan. Daging buahnya memiliki aroma yang khas dan mengandung banyak air.
Untuk mengonsumsi sebaiknya pilih yang berwarna gelap keemasan, beraroma manis, dan cukup keras. Rasa buah ini sedikit manis, asam dan hambar, saling melebur satu sama lain menghasilkan kombinasi rasa yang khas, yaitu seperti rasa buah blewah dan melon.

Selain dikonsumsi sebagai buah segar, buah pepino juga bisa diolah sebagai bahan baku salad atau sebagai pelengkap sajian masakan daging maupun sayuran. Untuk membuat salad sebaiknya pilih yang tidak terlalu matang.Buah dipotong-potong berbentuk dadu, kemudian dicampur buah lainnya atau sayuran.Buah ini bisa juga diolah menjadi jus. Agar terasa segar dan lebih manis, saat dijus biasanya ditambahkan madu, susu, atau gula.Pepino juga bisa dijus bersama-sama dengan buah-buahan lainnya. Semakin banyak campuran buah yang digunakan, semakin ramai rasa jus yang dihasilkan dan semakin besar khasiatnya bagi kesehatan.


PERTUMBUHAN PEPINO

Budidaya tanaman pepino umumnya dilakukan secara vegetatif. Hal tersebut dilakukan karena kemampuan germinasi biji pepino sangat buruk, sehingga seringkali tidak dapat tumbuh dengan baik, bahkan gagal tumbuh sama sekali.
Dengan cara vegetatif, tunas-tunas dengan calon akar diperlakukan khusus. Setelah disemai, tunas tersebut akan tumbuh menjadi tanaman lengkap dalam waktu 2 hingga 3 minggu. Proses pertumbuhan vegetatif ini memudahkan petani yang mau menanam.

Pepino merupakan tanaman yang peka terhadap suhu rendah, hama dan juga penyakit. Hal inilah yang memicu para petani untuk melakukan pertumbuhan vegetatif secara berkala.Daerah yang cocok untuk pertumbuhan pepino adalah dataran tinggi. Di Indonesia, budidaya pepino banyak dilakukan di daerah Dieng, Jawa Tengah.
Walaupun budidaya nya belum meluas di Tanah Air, harga buah ini relatif murah, yaitu Rp.10-15 ribu per kilogram.


MENINGKATKAN STAMINA

Pepino memiliki khasiat yang luar biasa. Walaupun “buah turis” ini belum dikenal dan belum dimanfaatkan secara luas di Indonesia, kegunaannya sesungguhnya amat banyak. Buah pepino dipercaya dapat menyembuhkan panas dalam, sariawan dan sembelit.

Buah ini juga dinilai berguna untuk penderita kencing manis, penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kanker dan batu ginjal. Konsumsi pepino yang rutin akan memberikan hasil optimal bagi pencegahan penyakit-penyakit tersebut.
Buah pepino juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina. Produk herbal dari Cina yang berbahan baku pepino, saat ini banyak dijual di Indonesia.


KAYA VITAMIN DAN MINERAL

Buah-buahan merupakan pabrik senyawa fitokimia, vitamin,mineral, antioksidan, dan serat pangan alami. Senyawa fitokimia ( fito=tumbuhan ) adalah zat kimia alami yang terdapat di dalam tanaman yang memberikan cita rasa, aroma, ataupun warna khas tanaman tersebut.

Beberapa khasiat senyawa fitokimia adalah: antikanker, antimikroba, antioksidan, antitrombotik, meningkatkan sistem kekebalan, antiradang, mengatur tekanan darah, menurunkan kolesterol, serta mengatur kadar gula darah.

Buah pepino berbentuk bulat telur dengan bobot bervariasi, tergantung ukuran buahnya. Buah ini mengandung berbagai zat gizi yang berguna untuk kesehatan, terutama dalam bentuk mineral dan berbagai vitamin.
Mineral yang terkandung dalam buah pepino adalah zat besi, seng, tembaga, mangan,kalsium dan fosfor. Beberapa mineral tersebut, seperti tembaga, seng, dan mangan juga merupakan mineral antioksidan.

Pepino kaya akan vitamin C dan vitamin B kompleks. Kandungan vitamin C pada buah pepino 25 mg per 100 gram daging buah. Vitamin C berguna untuk mencegah sariawan dan memelihara kesehatan gusi.
Selain vitamin E, vitamin C merupakan antioksidan alami yang berguna untuk melawan serangan radikal bebas, penyebab penuaan dini, dan berbagai jenis kanker. Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Vitamin C sangat baik untuk merawat kecantikan kulit dan mencegah penuaan dini, seperti keriput di wajah. Vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang digoreng atau dipanggang.
Radikal bebas sangat berbahaya karena berpotensi menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.


TINGGI SERAT DAN BETAKAROTEN

Serat pangan ( dietary fiber ) buah pepino sangat baik, 1-1,5 gram per 100 gram. Serat dibutuhkan untuk menurunkan kolesterol.
Di saluran pencernaan, serat mengikat asam empedu ( produk akhir kolesterol ) dan dikeluarkan bersama tinja.Semakin tinggi konsumsi serat, semakin banyak asam empedu dan lemak yang dikeluarkan.

Selain mencegah kolesterol, serat berguna dalam sistem pencernaan. Serat mampu memperpendek transit time, yaitu waktu yang dibutuhkan makanan sejak dari rongga mulut hingga dikeluarkan sebagai feses.
Serat mengikat zat karsinogenik ( penyebab kanker ). Berkat transit time yang pendek, waktu zat karsinogenik bermukim dalam tubuh juga semakin pendek, sehingga kesempatan membahayakan tubuh semakin kecil.

Serat sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes, jantung, stroke, kanker, dan penyakit kardiovascular lainnya. Sayangnya, konsumsi serat di Indonesia masih sangat rendah, sekitar 10 gram per orang per hari. Seharusnya 20-30 gram per orang per hari.

Pepino dikenal sebagai sumber betakaroten, 27 mg per 100 gram daging buah. Betakaroten merupakan provitamin A yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A, yang berguna dalam proses penglihatan, reproduksi, dan metabolisme.

Betakaroten merupakan jenis antioksidan yang berperan penting dalam mengurangi konsentrasi radikal peroksil. Kemampuan betakaroten bekerja sebagai antioksidan berasal dari kesanggupannya menstabilkan radikal berinti karbon. Karena betakaroten efektif pada konsentrasi rendah oksigen, bisa melengkapi sifat antioksidan vitamin E yang efektif pada konsentrasi tinggi oksigen.

Jenis antioksidan ini juga dikenal sebagai unsur pencegah kanker, khususnya kanker kulit dan paru. Betakaroten dapat menjangkau lebih banyak bagian tubuh dalam waktu relatif lebih lama daripada vitamin A, sehingga memberikan perlindungan lebih optimal terhadap munculnya kanker.

Sumber

Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!
16-10-2012 15:13
0 0
0
Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!
16-10-2012 15:17
Sering lihat tapi belum pernah nyoba, jadi penasaran. Nais info gan emoticon-Smilie
0 0
0
Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!
16-10-2012 15:21
thx gan info nya...
0 0
0
Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!
16-10-2012 15:22
emoticon-Cendol (S)Jasa ISI Reputasi Kaskus emoticon-Cendol (S)
emoticon-Cek PM (S) Jasa Pasang Iklan via VM emoticon-Cek PM (S)

Solusi buat Anda yang berjualan agar lapaknya rame,
terutama buat seller baru yang mencoba jualan di kaskus

Silahkan hubungi YM kami di
Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!
kaskushantu@yahoo.com


Fast Response
08988143788 SMS ONLY


FACEBOOK ane !


Quote:
MAU Cendol / Bata agan berderet ?
Kami menyediakan reputasi kaskus untuk Anda yang mau menambah reputasinya.
Ingin dagangan Anda selalu di Halaman pertama ?
Kami siap membantu dengan jasa Bump/Sundul
Proses sangat cepat, mudah dan aman.

Quote:Original Posted By Paket dan Harga ISI Reputasi
-100 Point Cendol / Bata = 80rb
-200 Point Cendol / Bata = 150rb
-300 Point Cendol / Bata = 210rb
-400 Point Cendol / Bata = 275rb
-500 Point Cendol / Bata = 340rb
-600 Point Cendol / Bata = 400rb

Hubungi YM / email kaskushantu@yahoo.com
Quote:Original Posted By Harga Jasa Posting/Sundul dan ID Kaskus Tua dan ID ISO
---------Jasa Posting----------
-1 ID harga Rp. 200.000
-2 ID harga Rp. 350.000
-3 ID harga Rp. 500.000

---------Harga ID tua----------
-ID Kaskus tahun 2002 harga Rp. 250.000
-ID Kaskus tahun 2003 harga Rp. 200.000
-ID Kaskus tahun 2004 harga Rp. 150.000
-ID Kaskus tahun 2005 harga Rp. 100.000
-ID Kaskus tahun 2006 harga Rp. 75.000
-ID Kaskus tahun 2007 harga Rp. 50.000

-ID ISO kaskus harga Mulai 75rb / ID

-HARGA BUMP/SUNDUL LAPAK SMS ane ya gan emoticon-Cek PM (S)
*Harga bisa nego
Quote:
MAU USAHA AGAN ANE IKLANIN DI KASKUS ?
DIJAMIN OMSET NAIK BOS
BERIKUT HARGA PAKET IKLAN YANG ANE SEDIAIN


Quote:Original Posted By Paket dan Harga Pasang Iklan via VM
[ ] Paket Beginer

-Paket A Rp 1.000.000,- Iklan VM ke 120.000 Member
-Paket B Rp 900.000,- Iklan VM ke 100.000 Member
-Paket C Rp 800.000,- Iklan VM ke 75.000 Member
-Paket D Rp 700.000,- Iklan VM ke 50.000 Member
-Paket E Rp 600.000,- Iklan VM ke 45.000 Member
-Paket F Rp 500.000,- Iklan VM ke 35.000 Member
-Paket G Rp 400.000,- Iklan VM ke 22.000 Member
-Paket H Rp 300.000,- Iklan VM ke 16.000 Member
-Paket I Rp 200.000,- Iklan VM ke 11.000 Member
-Paket J Rp 100.000,- Iklan VM ke 4.500 Member
-Paket K Rp 50.000,- Iklan VM ke 2.500 Member
-Paket L Rp 20.000,- Iklan VM ke 1.000 Member
-Paket M Rp 10.000,- Iklan VM ke 400 Member

[ ] Paket Ultimate

-Paket Ultimate1 Rp 2.500.000,- Iklan VM ke 1.000.000 Member
-Paket Ultimate2 Rp 4.500.000,- Iklan VM ke 2.000.000 Member
-Paket Ultimate3 Rp 6.000.000,- Iklan VM ke 3.000.000 Member
-Paket Ultimate4 Rp 7.000.000,- Iklan VM ke 4.000.000 Member

Hubungi YM / email kaskushantu@yahoo.com

HP SMS Only 085793137764

Quote:
Pembayaran bisa melalui BCA / Pulsa / Rekber





Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!
0 0
0
Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!
16-10-2012 15:27
Terong belanda bukan? Kalau bener, biasanya suka di jus tuh.
0 0
0
Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!
16-10-2012 15:45
Quote:Original Posted By vie.vie.vie
Sering lihat tapi belum pernah nyoba, jadi penasaran. Nais info gan emoticon-Smilie


Nice Gan, mudah2an bermanfaat info nya..


Quote:Original Posted By wira_handika
Terong belanda bukan? Kalau bener, biasanya suka di jus tuh.


Emang mirip terong Gan & sering dijus..
0 0
0
Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!
16-10-2012 15:39
Quote:Original Posted By wira_handika
Terong belanda bukan? Kalau bener, biasanya suka di jus tuh.

Kayaknya sih terong belanda, ane baru tau manfaatnya
0 0
0
Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!
16-10-2012 15:39
baru tau ane gan
0 0
0
Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!
16-10-2012 15:41
kok mirip kayak apel dicampur terong ya?
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!
16-10-2012 16:05
Quote:Original Posted By ariedp
baru tau ane gan


Selamat Gan, tambah pengetahuan


Quote:Original Posted By bongki69
di Indonesia ada yg jual kgak tuh gan ?




Emang mirip terong Gan tapi agak pendek


[QUOTE=bongki69;000000000000000761601632]di Indonesia ada yg jual kgak tuh gan ?
Ada Gan, udah ane tulis di atas
0 0
0
Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!
16-10-2012 15:58
ane pernah tau nih di orang jual jus dket rumah, tp doi bilangnya terong belanda emoticon-Ngakak
0 0
0
Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!
16-10-2012 16:08
wah keknya enak dibuat jus emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!
16-10-2012 15:58
ane pernah makan ini rasanya kayak ketimun
0 0
0
Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!
16-10-2012 15:59
ga nyangka nih buah bermanfaat. padahal diakntor ane banyak nih buah, tumbuh subur malah. ga ada yang mau ambil
0 0
0
Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!
16-10-2012 15:59
ane belum perna makan, rasanya gimana ya ?
0 0
0
Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!
16-10-2012 15:59
pepino ini terong belanda kan yahh???
0 0
0
Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!
16-10-2012 16:06
ane jualan buah gan :0

tapi blom pernah liat nih buat emoticon-Malu (S)
nama lokalnya apa ya emoticon-Big Grin
0 0
0
Buah Pepino Buah Ajaib dengan Segudang Khasiat!
16-10-2012 16:06
wah, bole juga nih buah....nanti ane pengen cobain ah....
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia