alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003435130/1769--1769---orion-center---pusat-sains-amp-teknologi-----1769--1769
Lapor Hansip
21-02-2010 13:05
۩ ۩ - Orion Center - Pusat Sains & Teknologi - ۩ ۩
۩ ۩ - Orion Center - Pusat Sains & Teknologi - ۩ ۩

Thread ini merupkakan taman bacaan bagi kaskuser kaskuser yang haus akan ilmu emoticon-Smilie

thread ini akan saya update dan maintenance terus. untuk memudahkan kaskuser mencari artikel tanpa terus ke mbah google emoticon-Big Grin


silahkan yang mau baca-baca emoticon-Smilie



*untuk semua kaskuser yang ingin nambahin artikel artikel bagus langsung post aja disini yaa emoticon-Smilie biar lebih banyak dan jadi tambah berisi ini thread emoticon-Big Grin




Quote:
۩ ۩ - Orion Center - Pusat Sains & Teknologi - ۩ ۩
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 28 dari 30
23-09-2012 15:03
ijin nyimak dan baca gan, sapa tau bermanfaat buat ane emoticon-thumbsup
0
25-09-2012 10:10
8 Tipe Kecerdasan Manusia
Dahulu orang dikatakan pintar berdasarkan IQ, akibatnya dapat ditebak. Adanya tes itu mengakibatkan pembagian kasta: Ada mereka yang berkasta tinggi dan juga lebih banyak lagi yang berkasta rendah di bidang akademik. Pada era ini , seiring waktu dan riset-riset ilmiah, muncullah Teori Multiple Intelligence yang dikembangkan oleh Dr. Howard Gardner (seorang psikolog kognitif). Penemuannya yaitu Setiap manusia secara potensial pasti berbakat, tetapi ia mewujudkan dengan cara yang berbeda-beda. Berikut ini Jenis dari Multiple Intelligence beserta tips belajar di setiap jenisnya.

۩ ۩ - Orion Center - Pusat Sains & Teknologi - ۩ ۩

Linguistik (Cerdas Bahasa), cirinya adalah berpikir melalui kata & tulisan. Tips Belajar: Berpartisipsi dalam diskusi kelas, Asah kemampuan berdebat, Ringkas materi pelajaran dengan kata kunci, Jadilah pendengar yang baik
Matematis Logis (Cerdas berlogika), mempunyai ciri Berpikir dengan penalaran. Tips Belajar Pergunakan permaianan yang ada angkanya; Lakukan kategori, klasifikasi, dan prioritas; Latihlah kemampuan memecahkan masalah secara rasional; selesaikan tugas secara bertahap.
Spasial (Cerdas Ruang), Berpikir secara berkesan dan menggambar. Tips Belajar: Pergunakan model alat bantu; catat materi dengan mind map; Lengkapi catatan dengan menggunakan grafik, peta, diagram dan gambar.
Kinestetis (Cerdas tubuh), memiliki ciri Berpikir melalui gerakan fisik. Tips Belajar: Gunakan gerakan tubuh; Dramatisasikan proses belajar; Usahakan untuk belajar denhgan cara mempraktikannya.
Musikal (Cerdas Musik) cirinya adalah Berpikir dalam irama dan melodi. Tips Belajar: Iringan musik sewaktu belajar; Jaga Mood belajar dengan menggunakan musik; Gunakan penanda irama atau nada unuk setiap materi pelajaran.
Interpersonal (Cerdas Gaul), Berpikir komunikatif dengan orang lain. Tips Belajar: Belajar kelompok; Saling berbagi materi dengan cara saling menjelaskan; wawancari guru di luar jam sekolah untuk mendapatkan penjelasan lebih tentang materi pelajaran.
Intrapersonal (Cerdas Diri), Berpikir secara reflektif mengenai cita-cita dalam diri. Tips: Lakukan aktivitas tanya jawab; Pelajari materi dalam keheningan; Belajar mandiri; Tulis apa yang Anda alami atau rasakan.
Naturalis (Cerdas Alam), Berpikir melalui interaksinya dengan alam. Tips: Belajar di alam terbuka; Belajar dengan simulasi; Menghafal materi pelajaran sambil mendengarkan suara alam.

Dari berbagai sumber yang terangkum. emoticon-I Love Indonesia (S)
0
25-09-2012 14:29
Asal Usul sejarah AC (Air Conditioner)
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia


Asal Usul sejarah AC (Air Conditioner)

emoticon-thumbsupemoticon-thumbsupemoticon-thumbsup

۩ ۩ - Orion Center - Pusat Sains & Teknologi - ۩ ۩


Langsung aja nih Gan

Pict


Quote:Awal dari AC (air Conditioner) sudah dimulai sejak jaman Romawi yaitu dengan membuat penampung air yang mengalir di dalam dinding rumah sehingga menurunkan suhu ruangan , tetapi saat itu hanya orang tertentu saja yang bisa karena biaya membangunnya sangatlah mahal karena membutuhkan air dan juga bangunan yang tidak biasa.
Hanya para raja dan orang kaya saja yang dapat membangunnya.

Baru kemudian pada tahun 1820 ilmuwan Inggris bernama Michael Faraday menemukan cara baru mendinginkan udara dengan menggunakan Gas Amonia dan pada tahun 1842 seorang dokter menemukan cara mendinginkan ruangan dirumah sakit Apalachicola yang berada di Florida Ameika Serikat. Dr.Jhon Gorrie adalah yang menemukannya dan ini adalah cikal bakal dari tehnologi AC (air conditioner) tetapi sayangnya sebelum sempurna beliau sudah meninggal pada tahun 1855.

Quote:Willis Haviland Carrier seorang Insinyur dari New York Amerika menyempurnakan penemuan dari Dr.Jhon Gorrie tetapi AC ini digunakan bukan untuk kepentingan atau kenyamanan manusia melainkan untuk keperluan percetakan dan industri lainnya.

Penggunaan AC untuk perumahan baru dikembangkan pada tahun 1927 dan pertama dipakai disbuah rumah di Mineapolis, Minnesota. Saat ini AC sudah digunakan disemua sektor, tidak hanya industri saja tetapi juga sudah di perkantoran dan perumahan dengan berbagai macam bentuk dari mulai yang besar hingga yang kecil.semuanya masih berfungsi sama yaitu untuk mendinginkan suhu ruangan agar orang merasa nyaman.

Quote:Jika musim panas tiba, biasanya kita selalu akrab dengan yang namanya kipas angin atau juga AC (Air Conditioner).
Sebab, kesejukan yang ditimbulkan oleh hawa kipas dan AC memang dibutuhkan untuk meredam hawa panas yang kadang sangat menyiksa.
Karena itu, berterima kasihlah kepada John Gorrie yang mencetuskan ide pembuatan AC. Sebab, dengan hawa AC yang sejuk itu, kita tak perlu merasakan penderitaan karena hawa panas yang kadang membuat tubuh serasa lengket akibat keringat yang menetes. Tapi, tahukah Anda jika John menciptakan AC karena terinspirasi oleh kepeduliannya terhadap orang sakit?.

Quote:Alkisah, John sebenarnya adalah seorang dokter berwarga negara Amerika Serikat. Gagasannya membuat mesin pendingin berawal dari banyaknya pasien yang menderita malaria atau penyakin lain dengan gejala demam tinggi. Ketika itu udara terasa panas sehingga membuat pasien tidak nyaman. Maka, pria kelahiran Charleston, California Selatan, 3 Oktober 1802 ini memutar otak bagaimana caranya agar suhu tubuh para pasien bisa turun. Setelah melihat kipas angin yang ada di depannya, ia menemukan ide.
Ia memasang bongkahan es batu di depan kipas, sehingga hawa dingin es bisa tersebar oleh tiupan angin dari kipas.


Pict


Quote:Tercetus pada ide itu, maka John berniat menyeriusi pembuatan mesin pendingin (AC). Maka, pada tahun 1844, pria lulusan kedokteran dan ilmu bedah di kota New York ini merancang dan mengembangkan mesin eksperimen pembuat es. Mesin ciptaannya didasarkan pada hukum fisika bahwa panas selalu mengalir dari gas atau cairan yang lebih panas menuju gas atau cairan yang lebih dingin. Mesin tersebut bekerja dengan cara memadatkan gas (kompres) sehingga menjadi panas, kemudian gas tersebut dialirkan ke koil-koil untuk diturunkan tekanannya (dekompres).
Alhasil, udara menjadi dingin.

Untuk mengembangkan penemuannya, pada tahun 1845, Gorrie memutuskan untuk berhenti praktik sebagai dokter. Enam tahun berikutnya, ia berhasil menerima hak paten yang merupakan hak paten pertama yang dikeluarkan untuk sebuah mesin pendingin. Inilah awalnya ditemukan mesin pendingin yang kini dikenal dengan istilah Air Conditioner

AC Jadul


Nara Sumber


Sekian tread dari ane gan..
Sudikiranya agan dan aganwati memberikan komeng, atau minimal emoticon-Rate 5 Star.. Untuk agan-agan yang sudah iso sudikiranya membagi sedikit buat ane emoticon-Blue Guy Cendol (L)


AryaMaulana666
0
25-09-2012 16:39
jadi awal nya dulu dari air mengalir ya . hampir sama dengan proses pendinginan Server Google.
bagaimana dengan kulkas , ane pernah di tanya Konsumen Ibu dia pernah punya kulkas berbahan bakar Minyak tanah .
0
25-09-2012 22:31
prinsipnya sama ama air cooler ya,
cuman dibalik aja ya ini
penemuan yang sangat berguna sekaligus berbahaya
cfc ac udah melubangi ozon cukup besar
0
30-09-2012 20:03
Quote:Original Posted By GoldenKompas
jadi awal nya dulu dari air mengalir ya . hampir sama dengan proses pendinginan Server Google.
bagaimana dengan kulkas , ane pernah di tanya Konsumen Ibu dia pernah punya kulkas berbahan bakar Minyak tanah .


ane baru denger neh,
kulkas bahan bakar minyak, cara kerjanya gimana tuh gan
0
Post ini telah dihapus oleh wieani
06-11-2012 12:33
Quote:Original Posted By mank_baliboy


ane baru denger neh,
kulkas bahan bakar minyak, cara kerjanya gimana tuh gan



pada prinsipnya sama2 aja gan
minyaknya sebagai bahan bakar untuk panasin gas. molekul gas akan padat dan kemudian tekanannya diturunkan deh
0
22-11-2012 12:45
emoticon-thumbsup. sips gan thread ya... ikut nyimak dl gan...
0
25-11-2012 17:31
Quote:Original Posted By dhaniboltzmann



pada prinsipnya sama2 aja gan
minyaknya sebagai bahan bakar untuk panasin gas. molekul gas akan padat dan kemudian tekanannya diturunkan deh


emoticon-Bingung (S) ane pernah denger juga sih gan, tapi kalau diproduksi masal ada gak ya emoticon-Bingung (S)
0
15-01-2013 01:22
Quote:Original Posted By rashomonn


emoticon-Bingung (S) ane pernah denger juga sih gan, tapi kalau diproduksi masal ada gak ya emoticon-Bingung (S)


iye gan.. baru denger ane..
buat gerakin kompresornya gimana gan? dipasang gas turbin gitu??
0
17-01-2013 06:02
wah ini thread yang sangat bermanfaat...thanks gan atas semua infomasinya...
0
28-01-2013 07:31
Quote:syncagata gan ane minylta materi klass dua sma






0
02-02-2013 14:35
Quote:Original Posted By fiqarcobel
۩ ۩ - Orion Center - Pusat Sains & Teknologi - ۩ ۩ ANIMASI FLASH KIMIA




mantebb gann.... makasih yaa ane dapet tugas dari guru ane cari2 beginian manteb dah pkoknya emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast
0
23-03-2013 23:27
flash biologinya ada yang mati
kalo kimia yang bukan dari zid*uu matek semua emoticon-Berduka (S)
0
01-05-2013 08:51
lanjutkan gan! perlu bngt nih! bagus2 dan bermanfaat gan emoticon-Rate 5 Star
0
13-07-2013 13:50
bener bener center trid ini emoticon-Belo

lengkap sekale
0
15-08-2013 10:40
Quote:Original Posted By anatoliabridge


iye gan.. baru denger ane..
buat gerakin kompresornya gimana gan? dipasang gas turbin gitu??


Ane coba terjemahin secara bebas dari salah satu artikel mengenai AC bertenaga minyak tanah ya emoticon-Smilie

Sumber:
Code:
http://home.howstuffworks.com/refrigerator5.htm


Prosesnya:
1. Campuran amonia dan air dipanaskan oleh api yg berasal dari minyak tanah (biasa dari bahan bakar lain)
2. Saat campuran mendidih, uap dialirkan ke pemisah air dan amonia (separator)
3. Gas amonia yag sudah terpisah dialirkan ke Kondenser, yang melepaskan panas ke udara, mengubah amonia menjadi cairan kembali.
4. Cairan amonia tadi di alirkan ke evaporator, sepanjang alur evaporator cairan amonia dicampur gas hidrogen, menghasilkan suhu yang rendah sampai di bawah nol derajat celcius di dalam box evaporator, di box evaporator inilah bahan yang didinginkan diletakkan.
5. Campuran Cairan amonia dan hidrogen ini kemudian masuk ke absorber atau penyerap, dicampur dengan air yang sudah dipisahkan di langkah 2 tadi.
6. Campuran pada langkah 6 melepaskan gas hidrogen, sementara campuran amonia dan air kembali ke langkah 1.
7. Begitu seterusnya, selama masih ada panas dari api emoticon-Smilie


Jadi tidak ada kompressor di sini gan, fungsi kompressor telah digantikan oleh panas yang menghasilkan uap emoticon-Smilie
CMIIW
Diubah oleh xtalplanet
0
21-08-2013 10:32
fisika kurang lengkap, vektornya gak ada emoticon-Frown
0
13-10-2013 21:15
Quote:Original Posted By Saya...A
fisika kurang lengkap, vektornya gak ada emoticon-Frown


Vektor kan cuma materi kecil doang gan.. :P

Pahamii vektor dari matematika dulu biar gampang
0
Halaman 28 dari 30
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.