Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
216
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016329563/travelista-menjelajahi-misteri-gunung-pusuk-buhit-samosir-sumatera-utara
Cekidot Gan!
Lapor Hansip
07-09-2012 15:26

[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara

Past Hot Thread
Kali ini saya akan menceritakan perjalanan saya mendaki Gunung Pusuk Buhit. Mungkin banyak orang yang belum tahu tempat apa yang saya maksudkan ini. Pusuk Buhit merupakan salah satu dari rangkaian gunung supervolcano Toba yang berada di daerah Pangururan Pulau Samosir Sumatera Utara. Menurut legenda setempat, Pusuk Buhit merupakan tempat asal mula orang batak. Jadi, nenek moyang orang Batak berasal dari Pusuk Buhit. Berikut ini merupakan cerita legenda mengenai Pusuk Buhit….

[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara

"Konon Siboru Deak Parujar turun dari langit. Dia terpaksa meninggalkan kahyangan karena tidak suka dijodohkan dengan Siraja Odap-odap. Padahal mereka berdua sama-sama keturunan dewa. Dengan alat tenun dan benangnya, Siboru Deak Parujar yakin menemukan suatu tempat persembunyian di benua bawah. Alhasil, dia tetap terpaksa minta bantuan melalui burung-suruhan Sileang-leang Mandi agar Dewata Mulajadi Nabolon berkenan mengirimkan sekepul tanah untuk ditekuk dan dijadikan tempatnya berpijak. Namun sampai beberapa kali kepul tanah itu ditekuk-tekuk, tempat pijakan itu selalu diganggu oleh Naga Padoha Niaji. Raksasa ini sama jelek dan tertariknya dengan Siraja Odap-odap melihat kecantikan Siboru Deak Parujar. Akhirnya Siboru Deak Parujar mengambil siasat dengan makan sirih. Warna sirih Siboru Deak Parujar kemudian semakin menawan Naga Padoha Niaji. Dia mau tangannya diikat asal yang membuat merah bibir itu dapat dibagi kepadanya. Namun setelah kedua tangan berkenan diikat dengan tali pandan, Siboru Deak Parujar tidak memberikan sirih itu sama sekali dan membiarkan Naga Padoha Niaji meronta-ronta sampai lelah.
Bumi yang diciptakan oleh Siboru Deak Parujar terkadang harus diguncang gempa. Gempa itulah hasil perilaku Naga Padoha Niaji. Namun ketika guncangan itu mereda Siboru Deak Parujar mulai merasa kesepian dan mencari teman untuk bercengkerama. Tanpa diduga dan mengejutkan, diapun bertemu dengan Siraja Odap-Odap dan sepakat menjadi suami-istri yang melahirkan pasangan manusia pertama di bumi dengan nama Raja Ihat dan Itam Manisia. Pasangan manusia pertama inilah yang menurunkan Siraja Batak sebagai generasi keenam dan menjadi leluhur genealogis orang Batak (http://tanobatak.wordpress.com)"


Saya berinisiatif ingin menuju ke Pusuk Buhit dari pada gunung lainnya yang berada dikawasan Sumatera Utara bukan karena ingin menaklukan ketinggian tapi saya lebih tertarik dengan misteri-misteri yang ada. Ada beberapa info yang saya baca mengatakan bahwa Pusuk Buhit termasuk dalam rangkaian gunung Supervolcano Toba yang pernah meletus kurang lebih 75000 tahun yang lalu dan hampir memusnahkan umat manusia pada saat itu. Erupsi dari letusan gunung itulah yang menyebabkan terbentuknya Danau Toba. Dan ternyata dari seluruh rangkaian gunung Supervolcano Toba yang meletus itu, diketahui hanya Gunung Pusuk Buhit yang tidak meletus. Gunung Pusuk Buhit pun masih aktif saat ini dan ada sumber yang mengatakan bahwa kemungkinan apabila Pusuk Buhit meletus maka akan mengakibatkan aktifnya rangkaian gunung-gunung yang lain dan itu sangat membahayakan. Letusan Gunung Krakatau saja diibaratkan cuma sendawa dari Supervolcano ini. Dan masih banyak lagi cerita mengenai Pusuk Buhit yang bermacam-macam.
Ok, kita langsung saja ke cerita pendakian gunung misteri yang satu ini. Dalam perjalanan kali ini saya hanya pergi berlima dengan teman-teman saya. Dimana dua orang berangkat dari kota Sibolga dan saya dengan teman lainnya berangkat dari kota Medan. Dari Medan kita menuju ke daerah Pangururan yang letaknya tepat di bawah kaki Gunung Pusuk Buhit. Dari Medan kita bisa menggunakan transportasi umum yaitu travel-travel yang berada di daerah Padang Bulan. Kita bisa mencari travel yang mempunyai trayek Medan - Pangururan dengan ongkos sekitar 65rb rupiah. Perlu kita ketahui bahwa Pulau Samosir itu bukanlah pulau sebenarnya. Jadi kita bisa menuju pulau samosir itu tidak hanya dengan menaiki kapal Feri (lewat daerah Parapat) tapi bisa juga dengan melewati jalur darat yakni melewati daerah Tele.

Hari itu begitu sangat cerah dan terasa tepat untuk melakukan perjalanan liburan. Dari Medan kami melintasi daerah pegunungan & menuju ke Berastagih. Perjalanan begitu menyenangkan karena kami bisa merasakan udara sejuk dari dalam kendaraan dan melihat pemandangan yang bagus. Setelah sedikit melewati Berastagih, travel kami singgah di salah satu rumah makan untuk makan siang. Dari Medan kami berangkat sekitar pukul setengah 9 pagi dan perjalanan sekitar 1,5 jam menuju Berastagih. Karena merasa masih kenyang maka saya memutuskan untuk tidak makan dulu di rumah makan itu. Kemudian perjalanan dilanjutkan kembali hingga akhirnya travel kami melintasi komplek perumahan PLTA Renun. Dan tak jauh setelah melintasi komplek PLTA tersebut. Travel kami berbelok ke kiri dan memasuki jalanan yang cukup jelek menuju ke daerah Tele. Dalam perjalanan menuju daerah Tele setelah berbelok ke kiri tadi kami banyak menjumpai bendungan PLTA. Perjalanan dari komplek perumahan PLTA Renun menuju Tele sekitar 1,5 jam. Dan pada saat travel kami sampai di daerah Tele, saya benar-benar berdecak kagum melihat pemandangan di daerah Tele tersebut. Pemandangan begitu sangat indah sekali namun sayangnya kami naik kendaraan umum sehingga kami tak bisa berhenti. Namun, suatu saat nanti saya akan pergi ke Tele dan memuaskan diri melihat pemandangan yang luar biasa itu. Melihat daratan hijau menghampar luas dan bentuk jalan yang meliuk-liuk sungguh menyenangkan. Kemudian setelah menempuh perjalanan sekitar 6 jam dari Medan akhirnya kami sampai juga di daerah Pangururan dan bertemu dengan teman kami yang duluan sampai disitu. Kami lalu menuju ke salah satu cabang kantor kami di sana untuk singgah sebentar guna mempersiapkan perjalanan pendakian yang akan kami lakukan di malam harinya. Kami meletakkan barang-barang kami di kantor tersebut dan mencari rumah makan untuk makan siang. Dan sebagai catatan, kita perlu banyak bertanya dengan penduduk sekitar tempat rumah makan muslim di sana, karena mengingat daerahnya mayoritas non muslim. Namun kita tak perlu khawatir, karena di sana tidaklah sulit untuk menemukan rumah makan muslim. Kemudian kami berbelanja keperluan untuk pendakian. Kami membawa banyak air minum & cemilan serta tak lupa kami membeli senter & lilin untuk penerangan kami.

[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara

Kemudian setelah kami membeli perlengkapan untuk pendakian, kami pun membereskan perlengkapan tersebut & bersantai menikmati angin sejuk di pinggir Danau Toba. Setelah menunaikan ibadah sholat Maghrib & Isya’ kami pun berangkat di antar oleh orang kantor dengan mobil pick up menuju ke jalur pendakian Pusuk Buhit. Sebelum menuju jalur tersebut kami membeli nasi goreng untuk makan malam kami diperjalanan. Mobil pun bergerak kencang di malam itu dan kami pun bercerita di bak belakang mobil itu sambil melihat bintang-bintang & kerlap kerlip lampu yang begitu indah terlihat. Di sekitar jalan yang kami lewati, saya melihat banyak makam-makam leluhur orang batak terdahulu. Makamnya besar-besar & bentuknya menyerupai rumah adat orang batak.


[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara

[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
"foto diambil saat siang hari"

Akhirnya, mobil pun sampai pada jalur pendakian pusuk buhit & di mana mobil sudah tidak bisa lewat lagi. Kemudian kami pun membuka bekal nasi goreng yang kami beli tadi dan memakannya sesaat setelah kami turun dari mobil dan makan ditengah cahaya remang-remang lilin yang kami nyalakan. Setelah selesai makan malam, kami pun berdoa bersama & mulai melakukan pendakian.

[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara

Jalan menuju puncak Pusuk Buhit berbatu-batu dan berkelok-kelok namun luas jalannya seperti muat untuk satu mobil atau dua kendaraan bermotor. Kita harus berhati-hati karena kanan atau kiri kita merupakan jurang yang curam & cukup berbahaya. Banyak rumput ilalang yang tinggi di kanan kiri jalan yang kami lewati. Tapi beberapa saat setelah 2,5 jam berjalan kami bisa melihat pemandangan di bawah kami berupa kerlap kerlip lampu perumahan penduduk di sekitar pinggiran Danau Toba. Dan di atas kami terhampar bintang-bintang yang bisa terlihat lebih banyak dari yang biasa saya lihat. Malam itu begitu cerah dan sangat tepat untuk melakukan pendakian & beberapa kali kami berhenti karena teman-teman saya kelelahan. Jalan yang ditempuh merupakan jalan berbatu dan menanjak sehingga membuat kita menjadi cepat letih. Di setiap tikungan yang kami lewati, terkadang kami menjumpai puntung rokok & bekas plastik makanan yang kemungkinan dibawa oleh pendaki lainnya yang datang sebelum kami. Jalanan begitu gelap dan sunyi dan samar-samar terdengar suara serangga. Senter yang kami beli tadi begitu sangat membantu perjalanan kami dan saya pun menjadi memimpin jalan paling depan sambil memegang parang untuk menebas rumput ilalang yang tinggi.

[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara

[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara

*Bersambung ke post " 1 "

[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
0
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 11
[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
13-09-2012 10:55
jadi kangen pulang kampuang niiihh... mantabs abiees.s.....
0 0
0
[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
13-09-2012 11:01
mantap sekali gan, apalagi pas sudah sampai atas gunung indah pemandangan nyaemoticon-thumbsup
0 0
0
[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
13-09-2012 11:02
Bukannya Katanya angker itu gunung?

0 0
0
[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
13-09-2012 11:04
baru tau ada gunung pusuk buhit! tempatnya indah! kapan-kapan manjat gunung deh!

rider kick! emoticon-Cool
0 0
0
[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
13-09-2012 11:04
Keren banget gan, kampung halaman ane tuh, dkt prapat jg....wah, kaskus tambah keren kl thread yg dibuat isinya ttg keindahan Indonesia kaya begini...emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
13-09-2012 11:07
Quote:Original Posted By rommysid
Jadi Inget Kampung ane yg di Huta Ginjang emoticon-Embarrassment


wah, barusan kemaren ane maen maen dari huta ginjang.. hehhehehe
0 0
0
[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
13-09-2012 11:07
bagus banget pemandangannya...
thanks for sharing ya
0 0
0
[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
13-09-2012 11:08
beuh anjirrr bagus bgt gan viewnya mantap dah,,tpi jauh bgt sih ke luar pulau mah ogah deh,,
0 0
0
[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
13-09-2012 11:10
memang mendaki gunung membawa pengalaman yang tidak terlupakan....
0 0
0
[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
13-09-2012 11:12
Quote:Original Posted By fesbukermania
Kali ini saya akan menceritakan perjalanan saya mendaki Gunung Pusuk Buhit. Mungkin banyak orang yang belum tahu tempat apa yang saya maksudkan ini. Pusuk Buhit merupakan salah satu dari rangkaian gunung supervolcano Toba yang berada di daerah Pangururan Pulau Samosir Sumatera Utara. Menurut legenda setempat, Pusuk Buhit merupakan tempat asal mula orang batak. Jadi, nenek moyang orang Batak berasal dari Pusuk Buhit. Berikut ini merupakan cerita legenda mengenai Pusuk Buhit….


Gan..sedikit saran..jangan marah ya....ceritanya bagus..kronologis perjalanan lengkap dan detail...tapi klo bisa ...saat pembuatan cerita di lain waktu ...untuk redaksi bahasanya....penggunaan kata "kami" supaya agak dikurangi sedikit...bisa diganti dengan kata sambung, mis: trus, jadi, kemudian, dll.....karena mungkin agan tidak sadar, pada cerita diatas penggunaan kata "kami" terlalu banyak....tapi ceritanya top kok gan..oke ..update terus perjalanan yang lain...terus semangat...emoticon-thumbsup
0 0
0
[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
13-09-2012 11:13
Keren gan,,jadi pgn ksana jg,kpn yaa??emoticon-Matabelo
0 0
0
[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
13-09-2012 11:14
pemandangan indah, tempat bersejarah. baru sekarang ane tau yg namanya Gunung Pusuk Buhit emoticon-Malu (S)
0 0
0
[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
13-09-2012 11:15
Panoramanya bikin ane:ngiler ja gan
Sayang size gmbarnya kcl
0 0
0
[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
13-09-2012 11:18
wow emoticon-Matabelo

kapan ya ane bisa naik ke puncak gunung emoticon-Hammer (S)
0 0
0
[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
13-09-2012 11:20
Samosir!! pengen kesanaaaaa
0 0
0
[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
13-09-2012 11:22
waduh :ngiler: emoticon-Matabelo
emoticon-Matabelo
emoticon-Matabelo
0 0
0
[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
13-09-2012 11:24
Nice info Gan
tambah banyak orang2 kaya Agan ana yakin indonesia ga perlu untuk mengeluarkan biaya miliaran rupiah untuk promo kekayaan budaya dan keindahan alam kita
ditunggu thread2 lainnya Gan
0 0
0
[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
13-09-2012 11:24
Mantap Gan Threadnya emoticon-2 Jempol

Pangururan adl kampung ibu saya gan dan saya pernah ksan tp belum k pusuk buhitnya. Foto2 agan bikin saya ngiler gan, kpn saya akan ksana ya

one day, someday, hope so

nice emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
13-09-2012 11:31
wah ada yang bahas sumut nih emoticon-Big Grin
ane tahun lalu kesana emoticon-Big Grin
sayangnya belum sempat mampir ke pusuk buhit emoticon-Frown
cuma ke pahae,terus tarutung,lanjut nyebrang ke samosir, setelah itu ke pematang siantar emoticon-Big Grin
disana memang indah banget loh emoticon-2 Jempol
0 0
0
[Travelista] Menjelajahi Misteri Gunung Pusuk Buhit Samosir Sumatera Utara
13-09-2012 11:40
memang indah pemandangan sana gan...
cuman sayang....
pepohanan yang dulu uda gak ada lagi sekarang.........
0 0
0
Halaman 3 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia