News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
311
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016087940/mahasiswa-its-ciptakan-styrofoam-ramah-lingkungan-dari-sekam-padi
Cekidot Gan!
Lapor Hansip
23-08-2012 14:40

Mahasiswa ITS Ciptakan Styrofoam Ramah Lingkungan dari Sekam Padi

Past Hot Thread
Mahasiswa ITS Ciptakan Styrofoam Ramah Lingkungan dari Sekam Padi


Styrofoam temuan Arif Rahmatullah kini semakin dikenal publik. Di tengah protes terhadap penggunaan styrofoam plastik yang dinilai mengancam keseimbangan lingkungan, Arif berhasil menemukan styrofoam yang lebih ramah lingkungan.

Biasanya, styrofoam yang dijadikan isolator panas itu terbuat dari bahan plastik sintesis atau karbon-intens yang sulit untuk diurai di bumi atau non-biodegredable. Namun, styrofoam rancangan Arif bersama timnya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, ini bersifat mudah diurai di bumi atau biodegredable karena terbuat dari bahan organik yaitu sekam padi.

“Styrofoam sekam padi ini memiliki nilai konduktivitas yang hampir sama dengan styrofoam (plastik). Dengan kata lain, sekam padi dapat dijadikan isolator panas seperti halnya styrofoam,'' ujarnya, Selasa (14/8/2012), seperti dilansir dari laman resmi ITS.

Secara singkat, Arif menjelaskan proses pembuatan styrofoam dari sekam padi. Pertama-tama, sekam padi dicampur dengan dedak padi dan kedelai, lalu direndam beberapa hari. Kemudian, rendaman itu dikukus dan didinginkan. Untuk proses akhir, rendaman dibubuhi ragi tempe, dan dicetak dengan cetakan yang sudah dibuatnya sendiri menyerupai bentuk wadah.

Karya mahasiswa jurusan Teknik Kimia agkatan 2009 itu pun dapat diterima publik, bahkan diakui di dunia internasional. Karena karyanya, Arif menjadi salah satu dari 12 besar finalis kompetisi internasional Bayer Young Enviromental Envoy (BYEE) 2012, dan akan berjuang di Leverkusen, Jerman, bersama timnya, Muhammad Fahmi, Angga Pradikta, Muhammad Maktum Muharja, dan Dita Ahmeta.

Arif meyakini, penemuannya nanti mampu memberikan alternatif penggunaan styrofoam di pasaran. Selain memiliki fungsi yang sama dengan yang berbahan dasar plastik, karyanya juga dianggap bisa menyelamatkan lingkungan karena memanfaatkan limbah pertanian lokal.

Selain kandungannya, Arif memilih bahan dasar sekam padi karena melimpahnya bahan tersebut di Indonesia. Di Pulau Jawa saja, Arif mencatat, produksi sekam padi rata-rata mencapai angka 7 juta ton per tahun.

Styrofoam yang biasa digunakan dalam pengepakan dan pengiriman makanan siap saji selama ini terbuat dari bahan yang sukar terurai di bumi sehingga penumpukan limbahnya bisa menyebabkan pencemaran lingkungan, menghambat laju penyuburan tanah dan menimbulkan polusi berkepanjangan. Butuh sekitar 500 tahun lebih untuk mengurai limbah styrofoam plastik.

SUMBER

Selamat berjuang di Leverkusen...semoga mampu menoreh prestasi di tingkat Internasional....emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

Silahkan Mampir ke Trit ane yg lain:
[SEMANGAT]Teguh, Seorang Penderita Stroke Nekat Bersepeda Keliling Dunia
[PRIHATIN]Dokter Spesialis Tawarkan Aborsi Secara Online
[HOT NEWS]Berantas Buta Huruf, Indonesia Raih Penghargaan UNESCO
[HOT INFO]Indonesia Menjadi Tuan Rumah Miss World 2013
Inilah Dia Varietas Padi Unggul Karya Batan
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 16 dari 17
Mahasiswa ITS Ciptakan Styrofoam Ramah Lingkungan dari Sekam Padi
28-08-2012 20:11
waaoooo mantab hebat bener dah nih mahasiswa...
luar biasa dah, patut di dukung nih dan perlu untuk di kembangkan supaya bis diproduksi secara luas
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh
Mahasiswa ITS Ciptakan Styrofoam Ramah Lingkungan dari Sekam Padi
28-08-2012 20:15
semoga tidak hanya jadi "hasil karya", tapi di produksi massal dengan nilai ekonomis yang tinggi dan jadi komoditi
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh
Mahasiswa ITS Ciptakan Styrofoam Ramah Lingkungan dari Sekam Padi
28-08-2012 20:29
mantep inovasi nya! terus berkarya anak negeri emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Mahasiswa ITS Ciptakan Styrofoam Ramah Lingkungan dari Sekam Padi
28-08-2012 20:35
wah semoga bermanfaat + harga lebih terjangkau
0 0
0
Mahasiswa ITS Ciptakan Styrofoam Ramah Lingkungan dari Sekam Padi
28-08-2012 21:11
mantap prestasinya.
semoga bisa menang di ajang berikutnya. dan lebih penting, hasil temua bisa diproduksi masal, sehingga bener2 berdaya guna.
0 0
0
Mahasiswa ITS Ciptakan Styrofoam Ramah Lingkungan dari Sekam Padi
28-08-2012 21:31
hebat tuh idenya cerdas juga dan pastinya bermanfaat banget emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Mahasiswa ITS Ciptakan Styrofoam Ramah Lingkungan dari Sekam Padi
28-08-2012 21:34
bagus berprestasi.

jangan lupa tinggal aja diluar negeri kalo mau kaya...

seperti kata rekan dikementrian

"kita ga perlu orang pinter tapi butuh orang nurut"
0 0
0
Mahasiswa ITS Ciptakan Styrofoam Ramah Lingkungan dari Sekam Padi
28-08-2012 21:59
temuan bagus gan.. emoticon-thumbsup
klu boleh langsung di produksi aja buat cegah global warming
0 0
0
Mahasiswa ITS Ciptakan Styrofoam Ramah Lingkungan dari Sekam Padi
29-08-2012 00:37
Quote:Original Posted By ryujinz
temuan bagus gan.. emoticon-thumbsup
klu boleh langsung di produksi aja buat cegah global warming


Pasti ujung2nya sangkut di anggaran dan dana nya gan...emoticon-Hammer2
0 0
0
Mahasiswa ITS Ciptakan Styrofoam Ramah Lingkungan dari Sekam Padi
29-08-2012 01:02
Yang penting bisa lebih murah pasti laku keras...dan berfungsi sama dengan styrofoam yg terdahulu... bisa menahan panas...dll emoticon-2 Jempol
0 0
0
Mahasiswa ITS Ciptakan Styrofoam Ramah Lingkungan dari Sekam Padi
29-08-2012 14:37
hebat kawan.. terus diperjuangkan.. emoticon-Big Grin
0 0
0
Mahasiswa ITS Ciptakan Styrofoam Ramah Lingkungan dari Sekam Padi
29-08-2012 16:53
nise share, sangat menfaat inponya, semoga prestasinya gak ilang ditelen bumi
0 0
0
Mahasiswa ITS Ciptakan Styrofoam Ramah Lingkungan dari Sekam Padi
30-08-2012 12:55
wah penemuan yang bagus ini gan, semoga cepat di pasarkan ke masyarakat
0 0
0
Mahasiswa ITS Ciptakan Styrofoam Ramah Lingkungan dari Sekam Padi
01-09-2012 15:19
Quote:Original Posted By Kabal_iq
mantap prestasinya.
semoga bisa menang di ajang berikutnya. dan lebih penting, hasil temua bisa diproduksi masal, sehingga bener2 berdaya guna.


ga usah mikir usaha org dlu gan, slesaikan dlu urusan kita.. Dah ane tggu2 dri sblum lbaran smp skarang laptop blm jua di kirim, apa maksdx ? Alasan terus.
0 0
0
Mahasiswa ITS Ciptakan Styrofoam Ramah Lingkungan dari Sekam Padi
01-09-2012 15:19
mengaplikasikan ilmunya untuk kebutuhan nilai semata emoticon-Cool emoticon-Big Grin emoticon-2 Jempol ,mari saling memaafkan disuasana yg masih fitri ini emoticon-Maaf Agan emoticon-Maaf Aganwati
prasm02emoticon-Salaman
0 0
0
Mahasiswa ITS Ciptakan Styrofoam Ramah Lingkungan dari Sekam Padi
01-09-2012 18:00
Quote:Secara singkat, Arif menjelaskan proses pembuatan styrofoam dari sekam padi. Pertama-tama, sekam padi dicampur dengan dedak padi dan kedelai, lalu direndam beberapa hari. Kemudian, rendaman itu dikukus dan didinginkan. Untuk proses akhir, rendaman dibubuhi ragi tempe, dan dicetak dengan cetakan yang sudah dibuatnya sendiri menyerupai bentuk wadah.


Bisa dikasih ayam kalau sudah dibuang, cuman kedelainya yang harus dicari gantinya biar gak menambah mahal harga tempe & tahu. Inovasi Bagus!
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh
Mahasiswa ITS Ciptakan Styrofoam Ramah Lingkungan dari Sekam Padi
11-09-2012 17:07
styrofoam dari sekam padi ini cukup ramah lingkungan
0 0
0
Halaman 16 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia