evileyexxAvatar border
TS
evileyexx
Untuk agan-agan yang suka mainan petasan
Ayo agan-agan yang suka main petasan, berikut adalah beberapa contoh jenis petasan yang ada di Indonesia. Check This out :

Petasan (juga dikenal sebagai mercon) adalah peledak berupa bubuk yang dikemas dalam beberapa lapis kertas, biasanya bersumbu, digunakan untuk memeriahkan berbagai peristiwa, seperti perayaan tahun baru, perkimpoian, dan sebagainya. Benda ini berdaya ledak rendah atau low explosive. Bubuk yang digunakan sebagai isi petasan merupakan bahan peledak kimia yang membuatnya dapat meledak pada kondisi tertentu.

1. Petasan Korek

Petasan tabung dibuat dengan menggulung beberapa lapis kertas membentuk tabung. Di dalamnya diisi bahan aktif, biasanya potasium nitrat. Potasium nitrat merupakan zat kimia yang memproduksi gas ketika terbakar. Saat api membakar potasium nitrat, tercipta gas yang mengembang dengan cepat dalam waktu singkat. Namun, gas itu terhalang oleh tabung kertas. Kekuatan gas mampu menjebol tabung sehingga petasan meledak.
Bentuknya berupa kantung kecil dari kertas yang diisi bahan aktif. Jika dibanting ke benda keras seperti batu atau logam, petasan meledak. Bahan aktifnya adalah silver fulminate yang dicampur dengan butiran pasir besi atau logam. Saat petasan dibanting, terjadi gesekan antara silver fulminate dengan pasir, menimbulkan percikan api, kemudian meledak.


2. Petasan banting
Bentuknya berupa kantung kecil dari kertas yang diisi bahan aktif. Jika dibanting ke benda keras seperti batu atau logam, petasan meledak. Bahan aktifnya adalah silver fulminate yang dicampur dengan butiran
besi atau logam. Saat petasan dibanting, terjadi gesekan antara silver fulminate dengan pasir, menimbulkan percikan api, kemudian meledak.

3. Petasan Roket
Saat potasium nitrat terbakar mengeluarkan gas. Gas bergerak cepat ke bawah karena itulah satu-satunya jalan keluar. Karena gas terdorong ke bawah, maka roket terdorong ke atas.

4. Petasan Jin

Setelah sumbu masuk ke dalam, langsung keluar asap yang lumayan pekat. Warnanya sesuai dengan warna bomnya. Ada bau-bauan juga yang keluar dan seperti bau belerang.


5. Petasan Kupu-Kupu

Bentuknya agak terlalu feminim buat ukuran sebuah petasan. Pake sayap kupu-kupu gitu
Karena ini bakal terbang gak tentu arah, makanya kita enggak bisa mainin di indoor. Kita harus keluar ke jalanan. Pas dinyalain sumbunya *Tssss....terus mulai nyala dan muter-muter gitu kaya roda api terus terbang. Yah...sebenarnya sih not bad juga ni petasan, tapi masih kalah sama petasan roket kalau dari tingkat kekerenannya. Ini serunya cuma pas kabur larinya aja ketika petasan terbang gak jelas ke arah kita.

6.Petasan Air Mancur

modelnya semacam tabung gitu, didiriin ditanah, nyalain sumbu, langsung deh keluar percikan api mirip air mancur..


7.Petasan gangsing
sesuai namanya, "gangsing", nyalain sumbunya dan si petasan bakalan muter2 kayak gangsing sambil ngeluarin percikan api warna warni, keren deh favorit TS soalnya..


Hanya sekedar info gan sebaiknya kalo bermain petasan di tempat yang sedikit pohon, kabel listrik dan macam-macam benda lain yang dapat merugikan, karena petasan merupakan salah satu penyebab kebakaran yang disebabkan karena adanya gesekan ato percikan dengan beda lain


semoga aja ga repost gan emoticon-Sorry emoticon-Sorry emoticon-Sorry
0
3.6K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.