Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
32
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015925464/foto-kekejaman-perang-indonesia-bikin-geger-negara-belanda
Pada awal bulan Juli ini di negeri Belanda sedang hangat hangatnya membicarakan sejarah Aksi Polisionil Belanda di Indonesia antara 1947-1949. Semua berawal dari sebuah album foto yang ditemukan secara tidak sengaja di sebuah tempat sampah di Kota Enschede dan dimuat pertama kali oleh koran VOLKSKRANT, salah satu koran terbesar di Belanda. Di Belanda sendiri, sejarah tentang aksi polisionil tidak
Lapor Hansip
09-08-2012 14:01

Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda

Pada awal bulan Juli ini di negeri Belanda sedang hangat hangatnya membicarakan sejarah Aksi Polisionil Belanda di Indonesia antara 1947-1949. Semua berawal dari sebuah album foto yang ditemukan secara tidak sengaja di sebuah tempat sampah di Kota Enschede dan dimuat pertama kali oleh koran VOLKSKRANT, salah satu koran terbesar di Belanda.

Di Belanda sendiri, sejarah tentang aksi polisionil tidak diajarkan secara mendetil dalam kurikulum mereka, seolah seperti bagian yang ingin dipetieskan, berikut adalah artikel koran yang pertama dimuat tanggal 10 Juli 2012.

Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda


Berikut adalah terjemahannya :

Foto foto pertama dari eksekusi pasukan Belanda di Indonesia
Lidy Nicolasen – 10 Juli 2012 , 07:35 Untuk pertamakali dalam sejarah, foto dari sebuah eksekusi ditemukan, kemungkinan foto foto dari eksekusi yang dilakukan oleh tentara belanda selama masa aksi polisionil di negara jajahan Hindia Belanda. Foto foto ini ditemukan dalam album foto pribadi seorang tentara yang dikirim pemerintah belanda ke Indonesia dalam sebuah misi militer.

Dalam foto foto ini dapat dilihat eksekusi dari tiga pria indonesia. Mereka berdiri dengan punggung mereka menghadap kearah regu tembak yang berdiri pada sisi lain sebuah parit, foto menunjukkan momen ketika mereka ditembak. Parit dipenuhi dengan mayat mayat nrang yang dieksekusi, terlihat dari foto kedua. Pada sisi sebelah kiri anda bisa melihat dua personil militer belanda yang bisa dipastikan dari seragam mereka.

Belum pernah ada sebelumnya
Tim ahli dari Institue Dokumentasi Perang ( Ned Indie Oorlog Documentation) dan Institut Sejarah Militer Belanda ( NIMH ) mengatakan bahwa mereka belum pernah melihat foto foto ini sebelumnya “ ini bukan foto sembarangan dan tentu saja tidak benar jika setiap veteran membawa foto semacam ini pulang” seorang pegawai NIMH mengatakan demikian. Demikian juga bagi NIOD foto foto ini tidak dikenali sebelumnya , tegas Rene Kok: “kami memiliki banyak album disini, sebenarnya kami mengharapkan gambar seperti ini muncul dan momen ini ternyata adalah saat ini, gambar ini tidak pernah saya lihat sebelumnya”.

Para sejarawan tidak meragukan keotentikan foto , namun tentang lokasi tepatnya dan kondisi eksekusi belum diketahui, kemungkinan riset lebih jauh akan dapat memberikan lebih banyak detail.

Pemilik foto adalah seorang prajurit dari Enschede. Dia sudah meninggal. Dia dikirim sebagai tentara wajib militer pada 1947 tepat sebelum agresi pertama dan kembali pada 1950 setelah Belanda menyetujui kemerdekaan Indonesia. Dia bertugas pada batalion artileri. Sejarah tentang batalionnya tidak pernah menuliskan tentang eksekusi. Namun tetap saja memungkinkan bagi pasukan artileri untuk mengawal pasukan infantri atau pasukan khusus yang melakukan eksekusi.

Eksekusi yang dikenal adalah Rawagede di Jawa Barat dan di Sulawesi Selatan. Tahun lalu keluarga korban dari pembantaian Rawagede telah mendapatkan uang kompensasi dari pemerintah Belanda. Pemerintah belum merespon mengenai tuntutan hukum mengenai pembantaian di Sulawesi Selatan. Tidak diketahui jumlah korban orang Indonesia secara pasti dari kedua aksi tersebut.

Prajurit pemilik foto ini tidak pernah membicarakan keberadaan dari foto ini. Dan mungkin saja tak seorangpun akan menyadari album fotonya jika mereka tidak menemukannya di tempat sampah di Enschede. Tidak diketahui siapa yang telah membuangnya. Pemilik album ini tidak memiliki anak dan hidup sendirian dalam beberapa tahun terakhir.

Tempat Sampah
Seorang pegawai pemerintah kota Enschede menemukan album tua di sebuah tempat sampah, pegawai ini memang mengoleksi foto foto untuk mengilustrasikan kehidupan dari warga kotanya sendiri. Album ini pasti akan tetap ada ditempat sampah seandainya dia tidak menyadari foto dari tawanan, ketika itu dia melihat lebih dekat ke album foto dan baru menyadari bahwa dia menemukan album foto dari sebuah eksekusi.

Saat ini tiga institut penelitian sejarah meminta pemerintah untuk melakukan investigasi ulang dari aksi polisionil antara 1949 hingga 1950 untuk lebih mengungkapkan fakta tentang perang di Indonesia. Pemerintah belum memberikan jawaban ============================= publik Belanda pun mulai membicarakan berita ini baik yang pro maupun yang kontra, namun di negara kita sama sekali tidak mengetahui berita ini, tak ada satupun media di Indonesia yang mengangkat masalah ini dan inipun menguatkan opini publik Belanda ketika pertama kali foto ini ditemukan dan dimuat ,dimana mereka mengatakan “Untuk apa kita meributkan kejadian ini? orang Indonesia sendiri saja tidak peduli dengan kejadian ini dan sejarah mereka”.

Benarkah generasi Indonesia saat ini adalah generasi yang memang tidak peduli dengan sejarah bangsanya? Benarkah opini mereka? Layakkah bagian dari kisah perjuangan dan pengorbanan para pendahulu kita untuk dihapuskan, dilupakan dan seperti kisah ini……dibuang di tempat sampah?

Tampak dalam foto mereka yang tanpa seragam tempur maupun persenjataan, bisa jadi mereka adalah warga sipil, namun bagi warga sipil sekalipun membutuhkan nyali yang besar bahkan hanya untuk menutup mulut tentang jumlah kekuatan maupun keberadaan pejuang RI, hingga bagaimana mereka melihat kawan mereka bergelempangan satu persatu diterjang peluru dan tetap tegar bersikap tidak kooperatif..

Tampak dalam foto tiga orang yang berdiri dengan ceceran darah didekatnya yang menunjukkan telah terjadi eksekusi sebelumnya.

Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda

Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda

Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda

Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda


Sumber

0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda
09-08-2012 14:03
Ngeri banget gan emoticon-Takut
BTW ane Pertamax (baru pertama kali lo)
0 0
0
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda
09-08-2012 14:10
Reserved
0 0
0
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda
09-08-2012 14:14
panjang banget gan, sayang sekali yah media-media di indonesia tidak peduli dengan hal itu..... sedih emoticon-Mewek
0 0
0
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda
09-08-2012 14:14
Quote:
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda

emoticon-Blue Guy Peace
Cara sukses berbisnis di internet modal gratis


emoticon-Malu (S) emoticon-Kiss emoticon-Malu (S)
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda

Quote:
bukti komisi ane gan TAMBAHAN GAJI LUMAYAN NICH BUKTINYA




emoticon-I Love Kaskus

Catatan: affiliate adalah orang yang usahanya menjual barang atau jasa milik orang lain



emoticon-Shakehand2

Quote:
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda

Lebih enak mana, kerja kantoran atau kerja di rumah saja? Tergantung! Kalau Anda jenis manusia yang tidak suka diatur-atur dan diperintah orang lain, kerja mandiri dari rumah jelas menjadi pilihan menarik. Namun kerja di rumah harus butuh kedisiplinan tinggi dan tanggung jawab yang besar lho. Apalagi kalau Anda jenis orang yang gengsian, kerja di rumah seperti ‘tidak serius dan sekadar selingan’. Untuk orang jenis ini, kerja dari rumah mungkin jadi prioritas ke sekian di antara beragam pilihan. Buruan gabung dan tunggu beberapa hari log out/in nanti akan muncul di email agan beberapa kerja-an di internet agan tinggal pilih dan di menu cari uang agan tinggal produk apa yg di jual dengan sesuai fav agan " Anehnya banyak anak SMA & kuliah seperti ane yg gabung disini daripada orang kantoran yg gajinya mentok 2,5 juta kwkwkw BuRUAN ngetes aja apa salahnya lagian Gratisan !!!!




DAFTAR DISINI

emoticon-I Love Indonesia (S) modal gratis padahal bisa 4 jutaan perbulan !!

Bisa di Jalankan di BB dan aplikasi lainya
Bisnis Luar biasa Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda

NB : check login lagi setelah 1 jam ...
liat apa yg terjadi di Group .....
LUAR BIASA Pokoknya!!! Yg Pinter pasti dah taw maksudnya ..
yg pernah baca Buku DONAL TRUMP pasti ngerti mksdn ane emoticon-Smilie




0 0
0
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda
09-08-2012 14:15
buset itu manusia udah kaya sampah aja gan
0 0
0
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda
09-08-2012 14:16
nyawa bagi mereka seperti ga ada artinya ya dulu, jadi teringat film2 lama ini gan, tentang kekejaman belanda di indonesia...


Quote:
baju buat lebaran nih, silahkan di lirik emoticon-Big Grin

Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara BelandaFoto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda

Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda

http://www.kaskus.co.id/showthread.p...#post737188142
0 0
0
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda
09-08-2012 14:17
Di daerah sulawesi yah..

Jauuh..emoticon-Cape d...
0 0
0
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda
09-08-2012 14:18
kalau fotonya gedean bagus nih
0 0
0
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda
09-08-2012 14:20
kasian ya gan
0 0
0
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda
09-08-2012 14:19
Emangg kalo inget cerita2 jaman penjajahan dlu ngeri2 gans emoticon-No Hope
0 0
0
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda
09-08-2012 14:21
sungguh kejam emang jaman penjajahan
katanya lebih kejam lagi pas penjajahan jepang
bener gak tuh?
0 0
0
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda
09-08-2012 14:26
hiduplah INDONESIA RAYA
0 0
0
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda
09-08-2012 14:27
kompeni emoticon-Tai
0 0
0
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda
09-08-2012 14:27
Belanda emang kejam gan, selalu membuat bodoh negara jajahannya emoticon-Cape d... mati aja loe BELANDA emoticon-Marah
Ditambah lagi, bangsa indo ga pernah peduli sejarah emoticon-Cape d...
0 0
0
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda
09-08-2012 14:29
kasian gan emoticon-Takut
0 0
0
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda
09-08-2012 14:29
Beruntung nya kita
sekarang udah hidup di jaman tanpa perang seperti itu
0 0
0
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda
09-08-2012 14:32
parah amat gan pembantaian emoticon-Takut
0 0
0
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda
09-08-2012 14:35
kejam nya belanda
0 0
0
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda
09-08-2012 14:36
hot news ya disana, tapi disini hambar banget gan emoticon-Ngakak (S)
dasar Indonesia ada daaaah emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Foto Kekejaman Perang Indonesia Bikin Geger Negara Belanda
09-08-2012 14:42
namanya perang,, pasti ada sisi buruknya
yang membedekannya adalah tingkat manusiawinya saja
semakin sadis pembantaiannya,,,,yach,,,semakin banyak yang ingin "mengorek" luka lama!!!

ingat cina VS jepang?
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia