Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
62
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015057615/agent-properti-dituntut-penjual
mohon pencerahannya,,saya seorang agen properti.kasusnya begini,terjadi kesepakatan jual beli atas sebidang tanah dengan harga 850 juta,pembeli memberi tanda jadi{DP)sebesar Rp.5juta kepada penjual,lalu pembeli diberi waktu 1 bulan untuk pengajuan KPR..dari awal disurat kesepakatan bersama tertulis bila tidak terjadi pelunasan DP hangus,masalahnya ternyata dari bank hanya memberi pinjaman sebesar
Lapor Hansip
22-06-2012 08:35

Agent properti dituntut penjual

mohon pencerahannya,,saya seorang agen properti.kasusnya begini,terjadi kesepakatan jual beli atas sebidang tanah dengan harga 850 juta,pembeli memberi tanda jadi{DP)sebesar Rp.5juta kepada penjual,lalu pembeli diberi waktu 1 bulan untuk pengajuan KPR..dari awal disurat kesepakatan bersama tertulis bila tidak terjadi pelunasan DP hangus,masalahnya ternyata dari bank hanya memberi pinjaman sebesar 450jt sehingga pembeli membatalkan pembelian karena tidak cukup dana untuk menutupi kekurangan pelunasan sampai Rp.850juta seperti yang disepakati.sehingga transaksi batal,masalahnya penjual menuntut saya sebagai agen properti dengan mengirim somasi,karena akibat pembatalan transaksi tersebut penjual hanya bisa menjual tanahnya kepada pembeli dari agent properti lain Rp.750 jt sehingga menurut penjual ada kerugian Rp.100jt,yang harus saya ganti rugi..dari awal surat kesepakatan yang ditandatangani pihak pejual dan pembeli,,apabila terjadi kasus hukum maka agent properti tidak bisa dituntut jadi hanya sebatas dp hangus diberikan kepada penjual. Thread ini saya juga posting diforum melek hukum,saya berharap dilounge ini lebih banyak agan-agan yang sumbang saran,,sebelumnya terimakasi.
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Agent properti dituntut penjual
18-07-2012 09:35
wah agan agen baru?
boleh minta nomor telp-nya? biar nanti saya kalo jual tanah bisa pake agan... n saya bisa untung 100 juta dari agan dengan motede yg sama ama yg penjual itu lakukan ke agan...

segala sesuatu ada resiko-nya..... harga tanah naek atau turun itu udah lumrah...
agan kg usah takut... kalo menurut cerita TS... TS tidak ada salah apa2 dan secara hitam putih pun sudah tertulis kalo agan tidak ada hubungan apa2 ... masalah ganti rugi
(kecuali ada cerita dari sisi lain... yg tidak agan ceritakan)....

saya bukan menuduh penjual berniat menipu... tapi kalo emang agan dengan mudah memberi ganti rugi 100 juta tanpa ada dasar yg jelas?..... saya juga akan pake agan untuk jadi agen saya jual tanah... dan saya bilang "gara2 agan sekarang saya rugi 100 juta".... ayo ganti...

pertanyaan...
- kalo harga tanah turun... penjual minta ganti rugi ke agan....kalo harga tanah naek? apakah penjual akan memberikan ke agan kelebihannya?

- dia udah pake jasa agan sebagai agen... harusnya dia yg bayar jasa agan (mencarikan buyer untuk dia)... bukannya menuntut agan karena harga tanah turun....

Tenang aja gan... berdasarkan hitam putih dan diatas materai... posisi agan cukup kuat...
tidak ada aturannya orang tengah bertanggung jawab atas batalnya transaksi kecuali memang orang tengah itu sendiri yg bermain curang.....

semoga cepet beres gan.....
0 0
0
Agent properti dituntut penjual
18-07-2012 09:37
Loh yang deal ke agen lain kan penjualnya gan, kenapa dy mau dealnya 750jt. Trus apa hubungannya ma agan coba, yg gagal deal atas transaksi sebelumnya. kecuali kalo deal yg 750jt itu agennya agan juga kan.
0 0
0
Agent properti dituntut penjual
18-07-2012 09:43
ya menurut saya sih logikanya ya uang 5 jt itu hangus sih...
0 0
0
Agent properti dituntut penjual
18-07-2012 09:55
Tenang Gan, secara hukum penjual tidak bisa menuntut agan, karena :

1. Status agan hanya sebagai mediator yang menghubungkan antara penjual dengan pembeli, dan agan dibayar hanya jika terjadi transaksi jual-beli di notaris. Pemberian DP (mungkin maksud agan "Tanda Jadi" bukan DP/Uang muka) hanya berupa pengikatan sementara (agar lahan tidak dijual ke pihak lain).

2. Jika Penjual merasa "RUGI" 100 Juta? kenapa dia bersedia lepas harga segitu ke pembeli lain? yang mengambil keputusan untuk menjual di harga 750juta adalah yang bersangkutan sebagai "penjual" dan bukan anda! Jadi dia tidak berhak untuk menuntut anda!

3. Anda sebagai agen properti apakah bekerja di dalam sebuah organisasi/perusahaan resmi. Jika iya, maka adalah kewajiban juga bagi perusahaan/organisasi anda untuk melindungi anda secara hukum. Tidak perlu takut jika anda dipanggil ke pengadilan karena secara hukum anda tidak bersalah atas transaksi yang bukan anda jembatani.
0 0
0
Agent properti dituntut penjual
18-07-2012 10:03
panggil pengacara aja gan
0 0
0
Agent properti dituntut penjual
18-07-2012 15:48
Quote:Original Posted By kabin
Wah klo itu kan harusnya ada perjanjian agen (ente) dengan pihak penjual, kalau tidak ada perjanjian ya ga bisa dituntut gan.


setuju gan...
0 0
0
Agent properti dituntut penjual
18-07-2012 15:51
Quote:Original Posted By bakutarian
bukan disini de gan tempatnya klo thread beginian..emoticon-Hammer2
di bagian hukum aja..emoticon-Smilie
keep posting!

nitip lapak gan..emoticon-Big Grin
Jam tangan CONVERSE ORIGINAL!
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15336607


saya udah posting dibagian hukum juga gan http://www.kaskus.co.id/showthread.p...#post712300556
0 0
0
Agent properti dituntut penjual
18-07-2012 15:52
Quote:Original Posted By noceng
wah agan agen baru?
boleh minta nomor telp-nya? biar nanti saya kalo jual tanah bisa pake agan... n saya bisa untung 100 juta dari agan dengan motede yg sama ama yg penjual itu lakukan ke agan...

segala sesuatu ada resiko-nya..... harga tanah naek atau turun itu udah lumrah...
agan kg usah takut... kalo menurut cerita TS... TS tidak ada salah apa2 dan secara hitam putih pun sudah tertulis kalo agan tidak ada hubungan apa2 ... masalah ganti rugi
(kecuali ada cerita dari sisi lain... yg tidak agan ceritakan)....

saya bukan menuduh penjual berniat menipu... tapi kalo emang agan dengan mudah memberi ganti rugi 100 juta tanpa ada dasar yg jelas?..... saya juga akan pake agan untuk jadi agen saya jual tanah... dan saya bilang "gara2 agan sekarang saya rugi 100 juta".... ayo ganti...

pertanyaan...
- kalo harga tanah turun... penjual minta ganti rugi ke agan....kalo harga tanah naek? apakah penjual akan memberikan ke agan kelebihannya?

- dia udah pake jasa agan sebagai agen... harusnya dia yg bayar jasa agan (mencarikan buyer untuk dia)... bukannya menuntut agan karena harga tanah turun....

Tenang aja gan... berdasarkan hitam putih dan diatas materai... posisi agan cukup kuat...
tidak ada aturannya orang tengah bertanggung jawab atas batalnya transaksi kecuali memang orang tengah itu sendiri yg bermain curang.....

semoga cepet beres gan.....

thanks gan, analisa yang cerdas..
0 0
0
Agent properti dituntut penjual
18-07-2012 16:01
Quote:Original Posted By HRDALW
Tenang Gan, secara hukum penjual tidak bisa menuntut agan, karena :

1. Status agan hanya sebagai mediator yang menghubungkan antara penjual dengan pembeli, dan agan dibayar hanya jika terjadi transaksi jual-beli di notaris. Pemberian DP (mungkin maksud agan "Tanda Jadi" bukan DP/Uang muka) hanya berupa pengikatan sementara (agar lahan tidak dijual ke pihak lain).

2. Jika Penjual merasa "RUGI" 100 Juta? kenapa dia bersedia lepas harga segitu ke pembeli lain? yang mengambil keputusan untuk menjual di harga 750juta adalah yang bersangkutan sebagai "penjual" dan bukan anda! Jadi dia tidak berhak untuk menuntut anda!

3. Anda sebagai agen properti apakah bekerja di dalam sebuah organisasi/perusahaan resmi. Jika iya, maka adalah kewajiban juga bagi perusahaan/organisasi anda untuk melindungi anda secara hukum. Tidak perlu takut jika anda dipanggil ke pengadilan karena secara hukum anda tidak bersalah atas transaksi yang bukan anda jembatani.


saya kerja diagen properti resmi,,kantor sudah berjanji akan backup bantuan hukum,selama ini penjual menuntut saya secara pribadi makanya sangat aneh,hari ini 18 juli 2012 ada yang telepon kemanager saya mewakili penjual minta bertemu..mungkin penjual udah tau nggak akan menang dipengadilan,,jadi coba iseng2 berhadiah mana tau bisa dapat uang dari kantor saya
0 0
0
Agent properti dituntut penjual
18-07-2012 16:06
aneh bener kasusnya.
lah, si penjual yang deal 750 juta. kenapa nuntun 100 juta ke ts?
kenapa nggak dijual sama 850 juta aja?
0 0
0
Agent properti dituntut penjual
18-07-2012 16:14
waduh sampe main tuntut2an ya gan, serem juga nih
0 0
0
Agent properti dituntut penjual
18-07-2012 16:19
Quote:Original Posted By cabrola


merasa dirugikan karena dia ga bisa jual rp.850 juta


harusnya dia rugi lebih byk gan, kenapa dia ga buka harga 1M ber aja, tar kan kalo ga laku segitu agen properti bisa dituntut buat gantiin selisihnya... emoticon-Ngakak

0 0
0
Agent properti dituntut penjual
18-07-2012 16:21
Quote:Original Posted By getmail
harusnya dia rugi lebih byk gan, kenapa dia ga buka harga 1M ber aja, tar kan kalo ga laku segitu agen properti bisa dituntut buat gantiin selisihnya... emoticon-Ngakak


bisa aja gan ha ha ha ha
0 0
0
Agent properti dituntut penjual
18-07-2012 16:22
Quote:Original Posted By cabrola


makanya somasi yang aneh,mungkin karena menganggap lawyer bisa seperti itu..dalam somasinya dia merasa terpaksa jual 750jt karena uangnya mau dipakai untuk keperluan mendesak


yee, siape yg suruh jual segitu? kalo jual nya 750jt ente disomasi, kalo jualnya 950jt ente dapet persenan ga? emoticon-Ngakak sarap tu penjual
0 0
0
Agent properti dituntut penjual
18-07-2012 16:46
Quote:Original Posted By getmail
yee, siape yg suruh jual segitu? kalo jual nya 750jt ente disomasi, kalo jualnya 950jt ente dapet persenan ga? emoticon-Ngakak sarap tu penjual


setuju gan,,emang saraf tuh orang..
0 0
0
Agent properti dituntut penjual
02-08-2012 01:25

Aya aya wae...

Aya aya wae... kata orang sunda. Ada ada aje.. kata FBR. Kalo ane yg jadi L****R itu, ane ga bakal jual, tunggu aja 5 taun lagi. Kalo lokasi emang bagus, jangankan 850juta, mungkin udah bakalan 1-2M. Mana ada bunga deposito sebesar itu. Toh dari gawean abang L itu dia bisa dapaet lebih dari 100jt malahan milyaran kalo jadi pembela koruptor. Kesimpulannya simple aja: si L****R lagi perlu duit, dia jual murah trus mau dapet untung lagi 100jt dari ente. emoticon-Ngacir Ngacir ah, takut di somasi juga.... emoticon-Smilie
0 0
0
Agent properti dituntut penjual
04-08-2012 09:25
Quote:Original Posted By TabletPCseller
Aya aya wae... kata orang sunda. Ada ada aje.. kata FBR. Kalo ane yg jadi L****R itu, ane ga bakal jual, tunggu aja 5 taun lagi. Kalo lokasi emang bagus, jangankan 850juta, mungkin udah bakalan 1-2M. Mana ada bunga deposito sebesar itu. Toh dari gawean abang L itu dia bisa dapaet lebih dari 100jt malahan milyaran kalo jadi pembela koruptor. Kesimpulannya simple aja: si L****R lagi perlu duit, dia jual murah trus mau dapet untung lagi 100jt dari ente. emoticon-Ngacir Ngacir ah, takut di somasi juga.... emoticon-Smilie


Setuju gan...
0 0
0
Agent properti dituntut penjual
04-08-2012 09:32
coba ijin nyimak deh ane dulu
0 0
0
Agent properti dituntut penjual
12-09-2012 09:03
Quote:Original Posted By tattoman
coba ijin nyimak deh ane dulu


silahkan..
0 0
0
Agent properti dituntut penjual
19-09-2012 18:04
kasih liat aja surat perjanjiannya gan emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia