aidilakbar
TS
aidilakbar
Sekilas tentang saya Aidil Akbar
Perkenalkan saya Aidil Akbar , saya seorang Wealth Planner dan Pakar Ekonomi Mikro & Keluarga dengan pengalaman berprofesi sejak tahun 1994 di Amerika Serikat.
Wealth Planner adalah sebuah profesi yang merupakan gabungan dari profesi Financial Planner dan Wealth Manager, dimana biasanya seorang Financial Planner hanya membuat sebuah Perencanaan Keuangan, sementara seorang Wealth Manager hanya merekomendasikan produk-produk keuangan yang ada di Perbankan tanpa melihat latar belakang keuangan nasabah. Wealth Planner dapat melakukan keduanya yaitu Perencanaan dan Implementasi serta Konsultasi.

Seorang Wealth Planner harus dapat membuat sebuah
Perencanaan Keuangan, mengerti produk-produk investasi baik berupa produk keuangan (perbankan, asuransi, pasar modal) serta secara aktif berpartisipasi dalam berinvestasi atau mengelola produk keuangan, mengerti produk investasi diluar produk keuangan (property, lukisan, emas, permata, benda berharga lainnya) serta memahami ilmu lain diluar produk keuangan dan dapat memberikan rekomendasi diluar produk keuangan seperti pajak dan hukum (terutama hukum waris).
Dengan pengalaman saya mengelola usaha dan membantu nasabah dalam hal keuangan mereka banyak juga dari nasabah yang meminta bantuan dalam mengurus dan membesarkan usaha (bisnis) mereka.

Saya berasal dari Jambi-Betawi, lahir di Jakarta, 19 July dengan orang tua Ir. H. Abdul Madjid Djalil, ME dan Hajj. Tuty Kusniati Madjid perpaduan dari Jambi- Betawi-Bangka/Belitung.
Mendapatkan gelar Bachelor of Business Administrations dari Loyola Marymount University di Los Angeles California, Amerika Serikat dengan konsentrasi dibidang Business Administration dan gelar Master of Business Administrations dari Woodbury University, Los Angeles, California, konsentrasi di Keuangan dan Pasar Modal.

Saya berpengalaman 15 tahun sebagai Wealth Planner serta Mengelola Dana Investasi di Sun America, AmeriTrade, Lazar and Associate, dan American Express Financial Advisor di Los Angeles, California, Amerika Serikat serta Manulife Asset Manajemen Indonesia di Jakarta Indonesia.

Saya saat ini menduduki jabatan sebagai Managing Partner dari Pavillion Group.Saya memiliki ijin pasar modal dari Amerika Serikat seperti series 7, series 65, series 63, dan ijin lainnya seperti Asuransi. Saya juga memiliki ijin pasar modal Indonesia yaitu ijin Wakil Manajer Investasi, ijin Wakil Perantara Pedagang Efek dan ijin Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana. Saya juga memiliki gelar Registered Financial Consultant (RFC®) dari International Association of Registered Financial Consultants (IARFC) Amerika Serikat dan saat ini menjabat sebagai Ketua Asosiasi IARFC-Indonesia.

Saya bersama tim IARFC Indonesia juga mengembangkan modul Islamic Financial Planning (Perencana Keuangan Syariah) yang telah mendapatkan persetujuan dan pengakuan dari IARFC Internasional untuk kemudian diajarkan kepada Perencanan Keuangan anggota IARFC diseluruh dunia dengan gelar Registered Shari’ah Financial Associate dan Consultant.

Tidak berhenti sampai disitu saja, dengan semangat yang tinggi saya masih terus mencari ilmu-ilmu terapan baru yang berguna dalam pembangunan iklim ekonomi dan investasi serta perencanaan keuangan di Indonesia. Pencapaian terakhir dari saya adalah menerima sertifikasi/gelar profesional dengan gelar Certified Fraud Examiner (CFE®) dari Association of Certified Fraud Examiners (ACFE) di Amerika Serikat. Terakhir telah mendapatkan gelar Certified Financial Planner (CFP®) dari Financial Planner Standard Board (FPSB).

Alhamdulillah, selama ini telah menerbitkan 4 (empat) buku dan sedang menyelesaikan buku ke 5 dan ke 6. Buku pertama dan permainan investasinya yang berjudul ”Rich Game®: Cara Kaya dengan Investasi” yang telah menjadi best seller buku laris dalam waktu kurang dari 3 bulan sejak diluncurkan dipertengahan 2007. Untuk info dapat dilihat di [url]www.therichgame.com[/url] dan http://richgame.blogspot.com.

Buku kedua saya berjudul MBA: Manajemen By Amplop, Mau Kaya Kok Bingung? yang juga telah diluncurkan dipertengahan tahun 2009 dan mendapatkan respon positif masyarakat terutama kamu ibu dan mendapatkan komentar positif dari Ibu Megawati Soekarnoputri ketika beliau berkampanye dalam Pemilihan President.

Buku kembar ke tiga Dasar-dasar Merencanakan Keuangan Keluarga Secara Syariah telah terbit dibulan Ramadhan (September) 2009

dan buku ke empat dengan judul Muda Kaya Raya, Tua Sejahtera, Meninggal Masuk Surga (Insya Allah) telah terbit Oktober 2009 ini.

Kedua buku yang bertemakan Perencanaan Keuangan Keluarga Syariah yang dilengkapi dengan software menghitung Zakat dan Waris ini banyak mendapatkan pujian dan testimony dari khalayak ramai dan cendikiawan di Indonesia.

Selain menjabat sebagai Ketua (Chairman) di IARFC-Indonesia, saya juga dipercayai untuk duduk di Dewan Pakar di Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI). Selain itu saat ini juga aktif mengajar materi Perencana Keuangan & Wealth Management di Universitas Bina Nusantara (Binus) level S2, di Magister Manajemen Universitas (MMUI) Indonesia, School of Business and Management Institute Teknologi Bandung (SBM-ITB), Universitas Jayabaya dan Universitas Petra Surabaya. Terakhir diminta bergabung menjadi staff pengajar (Faculty Member) untuk Reynald Khasali School of Enterpreneur
(RKSE).

Saya juga aktif diberbagai organisasi dan asosiasi seperti menjadi anggota pada Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), maupun organisasi kepemudaan lainnya seperti anggota pada Junior Chambers International (JCI), Bidang Ekonomi pada Badan Keluarga Besar Masyarakat Jambi di Jakarta (BMKJ), Wakil Bendahara Wira Karya Indonesia (WKI), Ketua Kompartement Perbankan dan Jasa Keuangan; Badan Pengurus Pusat - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP – HIPMI), Penasihat Koperasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia – Jakarta (Koperasi HIPMI – Jaya), Ketua Kompartemen Bidang Keuangan dan Investasi Lembaga Pengusaha Pemuda Pancasila – Pusat (LPPP – Pusat), dan Wakil Bendahara Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP-KNPI).
Secara aktif mengembangkan profesi Perencana Keuangan melalui mengajar, seminar, talk-show, dan menjadi nara sumber baik di media cetak maupun elektronik.

Saat ini mengasuh acara Perecanaan Keuangan di Televisi Swasta lokal di Jakarta dengan judul Perfect Num8ers di O’Channel TV Jakarta, acara TV Inspirasi Bisnis di SunTV (indovision chl 91) dan disiarkan di 14 TV lokal, dan acara Radio Female Financial Check Up (FFCU) di 97.9 FM Radio Female, Inspirasi Bisnis tentang Enterpreneurship di 104.6 FM Trijaya Network serta acara radio Duit Duit Do it di 102.3 FM Rase FM Bandung yang sudah berjalan lebih dari 3 (tiga) tahun.

Saya juga masih menjadi kolumnis tetap di Majalah Parents Guide Indonesia, Tabloid Kontan, Tabloid Nova majalah Smart Investing Guide, Grand West Jakarta dan Majalah Gatra.

Semoga kehadiran saya disini dapat diterima oleh teman teman kaskuser semua dan kita dapat berbagi serta berdiskusi tentang perencanaan keuangan. emoticon-Smilie


Quote:
0
72.4K
631
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan Keuangan
icon
9.1KThread5.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.