Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
170
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014971839/amazing-8-kode-etik-samurai-yang-patut-dicontoh-oleh-orang-jaman-sekarang
Sebelumnya bantu :rate5 dulu ya gan 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Orang Jaman Sekarang Agar Menjadi Pribadi Yang Baik Hari ini aku pengen banget bahas tentang apa si Samurai? Gimana sih kerennya Samurai. yaah silahkan dibaca. kalo menurut Wikipedia Samurai (侍 atau 士?) adalah istilah untuk perwira militer kelas elit sebelum zaman industrialisasi di Jepang. Kata "samurai
Lapor Hansip
17-06-2012 11:08

[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang

[QUOTE=]
Sebelumnya bantu emoticon-Rate 5 Stardulu ya gan
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang

[/QUOTE]

[QUOTE=]
8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Orang Jaman Sekarang Agar Menjadi Pribadi Yang Baik

[/QUOTE]

[QUOTE=]
Hari ini aku pengen banget bahas tentang apa si Samurai? Gimana sih kerennya Samurai. yaah silahkan dibaca.
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang

kalo menurut Wikipedia Samurai (侍 atau 士?) adalah istilah untuk perwira militer kelas elit sebelum zaman industrialisasi di Jepang. Kata "samurai" berasal dari kata kerja "samorau" asal bahasa Jepang kuno, berubah menjadi "saburau" yang berarti "melayani", dan akhirnya menjadi "samurai" yang bekerja sebagai pelayan bagi sang majikan.
Istilah yang lebih tepat adalah bushi (武士emoticon-Wink (harafiah: "orang bersenjata") yang digunakan semasa zaman Edo. Bagaimanapun, istilah samurai digunakan untuk prajurit elit dari kalangan bangsawan, dan bukan contohnya, ashigaru atau tentara berjalan kaki. Samurai yang tidak terikat dengan klan atau bekerja untuk majikan (daimyo) disebut ronin (harafiah: "orang ombak"). Samurai yang bertugas di wilayah han disebut hanshi.
Samurai harus sopan dan terpelajar, dan semasa Keshogunan Tokugawa berangsur-angsur kehilangan fungsi ketentaraan mereka. Pada akhir era Tokugawa, samurai secara umumnya adalah kakitangan umum bagi daimyo, dengan pedang mereka hanya untuk tujuan istiadat. Dengan reformasi Meiji pada akhir abad ke-19, samurai dihapuskan sebagai kelas berbeda dan digantikan dengan tentara nasional menyerupai negara Barat. Bagaimanapun juga, sifat samurai yang ketat yang dikenal sebagai bushido masih tetap ada dalam masyarakat Jepang masa kini, sebagaimana aspek cara hidup mereka yang lain.
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang

yang aku tau tentang cerita dari Junna-san cewe pertukaran mahasiswa asing di FIB UNDIP. Dia cerita kalo penggambaran samurai itu sudah cukup jelas di film The Last Samurai. dah pernah nonton belum? bagus lho! hehe
Pada masa Edo, masyarakat Jepang menerapkan kasta-kasta. Urutan kasta pada masa Edo adalah samurai, petani, tukang, dan pedagang, yang dalam ringkasan berbahasa Jepang dikenal sebagai shi nou kou shou, yaitu shi dari kata bushi (samurai), nou dari kata noumin (petani), kou dari kata kounin or shokunin dan terakhir shou dari kata shounin (pedagang).Petani menempati urutan kelas dua setelah para samurai, karena pada masa Edo, beras adlh makanan vital yg dengannya para petani menjadi orang kaya dibandingkan kasta lain. Smua kasta tergantung kepada mereka dengan produksi berasnya. Mrka dihargai para daimyo dan samurai karena produksi berasnya.
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang

Di jepang para samurai bisa disebut juga sebagai Pahlawannya. Tapi perlu temen-temen tahu, kalo Bushi di Jepang sekarang sudah ga ada.

Samurai identik banget sama Harakiri. Junna-san temen aku juga ngeri denger kata ini.
Harakiri bagi Para Samurai itu adalah Bunuh diri dengan cara menusuk dada or perutnya lalu pedanngya di puter, trus pedangnya diarahin kebawah, kanan dan atas lagi, sampe usus keluar dan isi-isinya. hmm ngeri juga ya?
tau ga kenapa orang-orang samurai ini berani gini? Para Samurai itu sangat mengabdi pd budaya dan negaranya, apabila mereka kalah, mereka siap mati. daripada hidup menanggung malu, lbh baik mati untuk negaranya, daripada hidup diselimuti rasa malu. Pemimin yg gagal dia juga bersedia di penggal kepalanya oleh orang yang dia pilih. Dan orang yang dipilih itu adalah suatu kehormatan, karena dipilih untuk memenggal kepala sang samurai itu.
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang

yaah gitu aja si yang aku tau tetang Samurai! Banyak bgt pengalaman yg bisa kita dapet dari Perjalanan Samurai

SOURCE
[/QUOTE]

[quote=]
Dan Inilah 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh





1. Gi (義 – Integritas) / Menjaga Kejujuran.
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang

"Seorang ksatria harus paham betul tentang yang benar dan yang salah, dan berusaha keras melakukan yang benar dan menghindari yang salah. Dengan cara itulah bushido biasa hidup."


Seorang Samurai senantiasa mempertahankan etika, moralitas, dan kebenaran. Integritas merupakan nilai Bushido yang paling utama. Kata integritas mengandung arti jujur dan utuh.

Keutuhan yang dimaksud adalah keutuhan dari seluruh aspek kehidupan, terutama antara pikiran, perkataan, dan perbuatan.

Nilai ini sangat dijunjung tinggi dalam falsafah bushido, dan merupakan dasar bagi insan manusia untuk lebih mengerti tentang moral dan etika.

2. Yū (勇 – Keberanian) / Berani dalam menghadapi kesulitan.
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
"Pastikan kau menempa diri dengan latihan seribu hari, dan mengasah diri dengan latihan selama ribuan hari". (Miyamoto Musashi)

Keberanian merupakan sebuah karakter dan sikap untuk bertahan demi prinsip kebenaran yang dipercayai meski mendapat berbagai tekanan dan kesulitan.

Keberanian juga merupakan ciri para samurai, mereka siap dengan risiko apapun termasuk mempertaruhkan nyawa demi memperjuangkan keyakinan.

Keberanian mereka tercermin dalam prinsipnya yang menganggap hidupnya tidak lebih berharga dari sebuah bulu. Namun demikian, keberanian samurai tidak membabibuta, melainkan dilandasi latihan yang keras dan penuh disiplin.

3. Jin (仁 – Kemurahan hati) / Memiliki sifat kasih sayang.
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang

"Jadilah yang pertama dalam memaafkan."(Toyotomi Hideyoshi)


Bushido memiliki aspek keseimbangan antara maskulin (yin) dan feminin (yang). Jin mewakili sifat feminin yaitu mencintai. Meski berlatih ilmu pedang dan strategi berperang, para samurai harus memiliki sifat mencintai sesama, kasih sayang, dan peduli.

Kasih sayang dan kepedulian tidak hanya ditujukan pada atasan dan pimpinan namun pada kemanusiaan.

Sikap ini harus tetap ditunjukan baik di siang hari yang terang benderang, maupun di kegelapan malam. Kemurahan hati juga ditunjukkan dalam hal memaafkan.

4. Rei (礼 – Menghormati) / Hormat kepada orang lain.

[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
"Apakah kau sedang berjalan, berdiri diam, sedang duduk, atau sedang bersandar, di dalam perilaku dan sikapmu lah kau membawa diri dengan cara yang benar-benar mencerminkan prajurit sejati." (Kode Etik Samurai)

Seorang Samurai tidak pernah bersikap kasar dan ceroboh, namun senantiasa menggunakan kode etiknya secara sempurna sepanjang waktu.

Sikap santun dan hormat tidak saja ditujukan pada pimpinan dan orang tua, namun kepada tamu atau siap pun yang ditemui. Sikap santun meliputi cara duduk, berbicara, bahkan dalam memperlakukan benda ataupun senjata.

5. Makoto atau (信 – Shin Kejujuran) dan tulus-ikhlas / Bersikap Tulus dan Ikhlas.
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
"Samurai mengatakan apa yang mereka maksudkan, dan melakukan apa yang mereka katakan. Mereka membuat janji dan berani menepatinya." (Toyotomi Hideyoshi)

"Perkataan seorang samurai lebih kuat daripada besi." (Kode Etik Samurai)


Seorang Samurai senantiasa bersikap Jujur dan Tulus mengakui, berkata atau memberikan suatu informasi yang sesuai kenyataan dan kebenaran.

Para ksatria harus menjaga ucapannya dan selalu waspada tidak menggunjing, bahkan saat melihat atau mendengar hal-hal buruk tentang kolega.

6. Meiyo (名誉 – Kehormatan) / Menjaga kehormatan diri

[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
"Jika kau di depan publik, meski tidak bertugas, kau tidak boleh sembarangan bersantai. Lebih baik kau membaca, berlatih kaligrafi, mengkaji sejarah, atau tatakrama keprajuritan." (Kode Etik Samurai)

Bagi samurai cara menjaga kehormatan adalah dengan menjalankan kode bushido secara konsisten sepanjang waktu dan tidak menggunakan jalan pintas yang melanggar moralitas.

Seorang samurai memiliki harga diri yang tinggi, yang mereka jaga dengan cara perilaku terhormat. Salah satu cara mereka menjaga kehormatan adalah tidak menyia-nyiakan waktu dan menghindari perilaku yang tidak berguna.

7. Chūgo (忠義 – Loyal) / Menjaga Kesetiaan kepada satu pimpinan dan guru.
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang

"Seorang ksatria mempersembahkan seluruh hidupnya untuk melakukan pelayanan tugas." (Kode Etik Samurai)


Kesetiaan ditunjukkan dengan dedikasi yang tinggi dalam melaksanakan tugas. Kesetiaan seorang ksatria tidak saja saat pimpinannya dalam keadaan sukses dan berkembang.

Bahkan dalam keadaaan sesuatu yang tidak diharapkan terjadi, pimpinan mengalami banyak beban permasalahan, seorang ksatria tetap setia pada pimpinannya dan tidak meninggalkannya. Puncak kehormatan seorang samurai adalah mati dalam menjalankan tugas dan perjuangan.

8. Tei (悌 – Menghormati Orang Tua) / Menghormati orang tua dan rendah hati.
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang

"Tak peduli seberapa banyak kau menanamkan loyalitas dan kewajiban keluarga di dalam hati, tanpa prilaku baik untuk mengekspresikan rasa hormat dan peduli pada pimpinan dan orang tua, maka kau tak bisa dikatakan sudah menghargai cara hidup samurai. (Kode Samurai)."


Samurai sangat menghormati dan peduli pada orang yang lebih tua baik orang tua sendiri, pimpinan, maupun para leluhurnya.

Mereka harus memahami silsilah keluarga juga asal-usulnya. Mereka fokus melayani dan tidak memikirkan jiwa dan raganya pribadi.

Sumber: Buku Japanese in Law and History
[/quote]
Mau jadi Tampan? Baca post 3...
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 9
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
17-06-2012 13:03
Quote:Original Posted By Muzafarization
patut dicontoh tuh gan ama pemimpin kita....andai sby punya id kaskus ane suruh baca ini gan....


Best komeng....mantappp
TUnggu utangan cendol ane lunas gan..ane timpukin ini ntar..
emoticon-2 Jempol
0 0
0
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
17-06-2012 13:07
patut untuk di contoh ni gan.
emoticon-thumbsup
0 0
0
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
17-06-2012 13:10
sebenernya di skolahan juga diajarin deh sifat2 kek ginih,,
pd gak merhatiin pelajaran yah??? emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)
0 0
0
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
17-06-2012 13:10
cool gan, nice nfo, ane copas sdikit ya gan buat update statusemoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
17-06-2012 13:11
nice info gan,
baca novel taiko,musashi + nonton film the last samurai juga digambarin tuh bagaimana samurai hidup,bener' ptut dicontoh,
0 0
0
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
17-06-2012 13:17
japanese culture again..
that was i like..
0 0
0
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
17-06-2012 13:19
Penggemar samurai ya gan???? emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
17-06-2012 13:19
Wah patut di contoh nie gan...
0 0
0
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
17-06-2012 13:19
iya gan makanya jepang bisa berkembang dengan pesat sperti skrang ini,,ane bantuemoticon-Rate 5 Star, btw timpukemoticon-Blue Guy Cendol (S)dong

0 0
0
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
17-06-2012 13:20
0 0
0
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
17-06-2012 13:49
bener banget gan
0 0
0
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
17-06-2012 14:29
Quote:Original Posted By plempo
patut untuk di contoh ni gan.
emoticon-thumbsup


Quote:Original Posted By caz
sebenernya di skolahan juga diajarin deh sifat2 kek ginih,,
pd gak merhatiin pelajaran yah??? emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)


Quote:Original Posted By keisaku
cool gan, nice nfo, ane copas sdikit ya gan buat update statusemoticon-Blue Guy Peace


thanks komengnya gan
0 0
0
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
17-06-2012 14:40
japan is my country enemy emoticon-Marah
0 0
0
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
17-06-2012 14:47
walah,, mantatbanget
ini to yang bikin jepang maju emoticon-Belo
0 0
0
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
17-06-2012 14:49
wuih samurai walau udah ga ada tetep dikenang ampe sekarang gan..mantabbhsss
0 0
0
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
17-06-2012 14:53
bisa jadi penyemangat buat hari ini..
thx infonya
0 0
0
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
17-06-2012 14:57
we? bener juga tuh sgt di perlukan ni jmn sekarng sifat2 kyak gitu
0 0
0
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
17-06-2012 15:01
bushido the path of warrior.. memang selalu mantba untuk diaplikasikan di jaman sekarng gan.. meski jaman kejayaan samurai telah lama berlalu gan.. nice share gan..
0 0
0
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
17-06-2012 15:07
ane sendiri udah, tsnya udah nonton the last samurai belom? yang maen tom cruise lo, akhirnya samurainya kalah sama gatling gun (curang)
0 0
0
[Amazing] 8 Kode Etik Samurai Yang Patut Dicontoh Oleh Orang Jaman Sekarang
17-06-2012 15:17
ncie info bro samurai ternyata hebat juga emoticon-Berbusa (S)
0 0
0
Halaman 3 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia