hendra98
TS
hendra98
Beberapa Girlband lawas Indonesia
setelah thread ane tentang Boyband lawas di Indonesia, sekarang kita lihat sejarah girlband di Indonesia.

1. Lex Trio. Dibentuk tahun 1979 terdiri dari tiga wanita bersaudara berdarah Maluku: Agustina Tetelepta, Yuliaty Tetelepta, dan Estherlina Tetelepta. Nama Lex's diambil dari nama ayahnya yaitu Alex Tetelepta. Grup vokal ini sebenarnya cukup lama bertahan di blantika musik Indonesia. Walaupun tidak pernah mempunyai album yang benar-benar meledak, eksistesi mereka cukup diakui sebagai grup vokal yang terkenal dengan perpaduan suara harmoni yang manis. Ini juga termasuk album mereka yang biasa-biasa saja penjualannya, sebuah album yang mengandalkan lagu Salam Dunia ciptaan Harry Van Hove. Lagu ini sebenarnya lumayan enak dinikmati, musiknya sangat kental dengan warna pop akhir 70-an
Spoiler for "Lex Trio":


2. Hutauruk Sisters
. Pada tahun 1981, Lagu ciptaan Tarida Huaturuk yang berjudul Dirimu Satu berhasil menjadi pemenang dalam Festival Lagu Populer Indonesia. Lagu ini dinyanyikan oleh Bornok Hutauruk, saudarinya. Lagu tersebut kemudian dirilis di pasaran, dan populer kala dinyanyikan oleh penyanyi2 lain. Akhirnya Bornok pun mengajak saudari2nya yang lain, yaitu Berlian dan RUgun dan membentuk Hutauruk Sisters untuk merilis lagu tersebut. Dan memang, karena lagu ini diciptakan oleh sang kakak, intepretasi mereka atas lagu ini terhitung prima. Liukan melodi yang memang bernuansa etnik batak ini sangat pas dengan harmonisasi vokal mereka yang memang sangat batak. Merekapun terhitung berhasil membawa album ini disukai pasar. Mungkin agan2 ada yg inget, lagu ini bahkan sempat diaransemen ulang sama Serieus Band era si Candil. Huaturuk Sisters kemudian tenggelam di tahun karena masing2 bersolo karir.
Spoiler for "hutauruk sisters":


3. Rumpies. Tahun 1989, Deddy Dhukun (komposer yg kalo sekarang selevel sama Ahmad Dhani/Jovie Widianto kali) membuat project menggabungkan 4 Diva termahal saat itu, yaitu Atiek CB, Vina Vanduwinata, Trie Utami dan Malyda dalam 3 singel untuk album. Nama albumnya sih Nureleila, penyanyinya Rumpies, tapi isinya sebenarnya cuma 3 lagu rumpies. Sisanya artis2 lain. Tak disangka singel Nureleila ini melejit, dan mendapatkan BASF award. Sampai sekarang, lagu Nurleila masih catchy untuk didengar dan tidak basi. Aransemen musiknya pun tergolong kreatif dan gak boring. project ini pun berlanjut menelurkan album berikutnya, cuma sayang Vina Vanduwinata gak ikut. Rumpies pun tenggelam di tahun 90an karena kesibukan masing2. Seingat ane, Malyda merupakan penyanyi yg paling sexy saat itu. Pakaian sangat berani, terbuka mulu, cantik, dan suaranya itu lhow... seksiiiih deh
Spoiler for "ane masih suka sama malyda":


4.AB three (sekarang be3). Menurut ane inilah girlband Indonesia yang paling mantap. Suaranya keren, memadukan power dan skill harmoni mereka. Ngedance pun mereka bagus dan rapih serta sering memadukan tarian2 lokal kita di dancenya mereka. Girlband ini dibentuk tanggal 13 Agustus 1993 awalnya beranggotakan Widi, Lusy, dan Nola. Saat itu mereka penyanyi solo yang sudah mengeluarkan album dan sama2 jeblok di pasaran. Mereka disatukan oleh Chris Pattikawa. Yaa panjang deh literaturnya. Personelnya sempat ganti dari Lusy ke Chintia Lamusu dan namanya jadi Be3.

Spoiler for "AB Three, girlband favorit ane":


5. RSD (Rida Sita Dewi). Trio cantik2 dari Bandung. Dibentuk tahun 90an beranggotakan Rida Farida, Sita Nursanti, dan Dewi Lestari Simangunsong (Dee). Meski sejaman dengan AB Three, Trio RSD lebih feminin. Kalo tampil di panggung gak pake dance2.
Spoiler for "cantik dan mature":


6. Bening, dibentuk tahun 1997. Saat era para cowok model bikin boyband, cewek2 model saat itu latah, ada yg membentuk girlband bernama bening. Grup ini beranggotakan Vonny Cornelia (Vonny), Ditasiani Oktovie (Dita), Vera Soedibyo (Vera), dan Dewi Murniati (Dewi). Singel mereka yang paling populer adalah lagu ciptaan Yovie Widianto, Ada Cinta, yang pada tahun 2011 kembali dipopulerkan oleh grup boy band SM*SH. Grup ini pada awalnya bukan bernama Bening tetapi DV2 yang diambil dari huruf depan keempat nama personelnya. Grup ini mulai jarang muncul pada tahun 2000-an.[1] Mereka sempat kembali muncul pada tahun 2007 di acara Empat Mata di stasiun Trans-7. Pada tahun 2010 mereka sempat menyatakan keinginan untuk kembali menyanyi, namun karena kesibukan rumah tangga mereka mengaku kesulitan untuk mengatur waktu.
Yang TS inget, denger lagu "ada cinta" jadi ngantuk.
Spoiler for "ada cintaaaaaa":



ane yakin, masih banyak girlband2 lain di era yg sama di negara kita. Cuma segitu aja yg ane inget, silahkan kalo mau nambahin.

semoga terhibur

silahkan di rate *****
apalagi kalo cendol seger..

jangan di bata ya...
0
7K
32
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.