voltagen
TS
voltagen
Tradisi Jamuan Makan Saprah Masyarakat Melayu Sambas
[quote=]
selamat datang di trit kami
[/quote]

Setelah ane buka kaskus ternyata trit ane jadi HT yang pertama x dalam sejarah ane gan..makasih buat mimin dan momod udah memilih trit ane jadi hot thread...dan ane ga lupa berkat bantuan para kaskuser yang laennya akhirnya ane jadi terpilih !!! makasih semuaemoticon-Angkat Beer

mohon di rating dulu yee gan sebelum komeng emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star[

[quote=]
tradisi makan ber-saprah sangat akrab dalam tradisi masyarakat melayu sambas. Masyarakat melayu sambas secara teritorial mendiami kawasan sepanjang pesisir pantai utara kalimantan barat. Tradisi ber-saprah biasanya di lakukan pada acara-acara tertentu, seperti acara pernikahan, acara tepung tawar, sunatan, antar pinang, selamatan dan acara lainnya.
[/quote]
[quote=]
jamuan makan berkelompok


jamuan makan saprah masih bisa ditemukan dalam tradisi masyarakat melayu sambas hingga kini. Kata saprah sendiri merupakan ungkapan untuk menggambarkan jamuan makan khas melayu yang dilakukan secara berkelompok dengan duduk bersila di lantai. Dalam beberapa jamuan saprah dapat ditemukan kelompok sepanjang 2 x 28 meter hingga 2 x 40 meter, tergantung dengan jumlah orang yang diundang oleh tuan rumah yang punya hajatan dan ‘tarub’ (tenda) yang disediakan. Jamuan untuk undangan pria dan wanita dilaksanakan di tempat yang sama, namun dalam waktu yang berbeda. Lazimnya jamuan saprah dilaksanakan untuk undangan pria terlebih dahulu.

Spoiler for :

undangan pria

Spoiler for :

undangan wanita
[/quote]

[quote=]
Makan bersaprah tidak memakai sendok, jadi harus dengan tangan. Makanya disediakan air cuci tangan. Setelah semuatamu mendapat hidangan baru jamuan boleh dimakan. Ini menunjukan wujud kebersamaan. Selain makanan, ciri khas yang disajikan adalah air ‘sapang’ yaitu air berwarna teh dengan aroma khas yang terbuat dari rendaman kayu Sapang.
[/quote]

[quote=]
Harus Berjumlah Lima dan Enam


Walaupun tidak ada referensi yang dapat menyebutkan secara pasti sejak kapan tradisi Saprah dimulai, namun banyak pihak yang mengaitkan tradisi ini dengan ajaran Islam sebagai agama yang dianut masyarakat Melayu Sambas. Karena itu makna yang dapat diungkapkan dari makan ber-Saprah tidak lepas dari ajaran agama Islam, seperti jenis makanan dalam setiap kelompok harus berjumlah 5 (lima) yang melambangkan jumlah rukun Islam. Sedangkan jumlah orang dalam satu saprah harus berjumlah 6 (enam) orang yang melambangkan jumlah rukun iman dalam agama Islam.

Spoiler for :

Lima jenis makanan

Spoiler for :

Enam orang dalam satu saprah

[/quote]
[quote=]
Demikian pula dengan dengan jumlah pengantar makanan yang juga harus berjumlah 6 (enam) orang. Khusus untuk pengantar makanan, cara berjalan membawa nampan, menghidangkan makanan dan berbalik arah semuanya teratur, tidak boleh membelakangi undangan.

Spoiler for :
[/quote]

[quote=]
Peran Penyambut Tamu


Adat tuan rumah adalah menghormati tamu. Agar seluruh tamu yang datang semuanya mendapat penghormatan dan penghargaan yang selayaknya dari tuan rumah, maka peran penyambut tamu menjadi penting dalam sebuah jamuan makan ber-Saprah. Penyambut tamu dituntut untuk mengenal seluruh tamu yang diundang. Penyambut tamu bertugas menyambut tamu yang datang sekaligus mengantarkan tamu ke tempat duduknya. Tempat duduk tamu ditentukan dari status sosialnya di masyarakat, yang disusun mulai dari tempat paling ujung di dalam ‘tarub’. Mereka adalah kelompok yang telah menunaikan ibadah haji dan menjadi panutan, selanjutnya adalah kerabat Raja dan keturunannya, diikuti oleh tokoh dan pemuka masyarakat dan seterusnya.
[/quote]

Alangkah tenteram nya warga negara indonesia gan kalo selalu begini..TS berharap warga indonesia selalu hidup rukun demi mendapatkan ketentraman hidup yang abadi di negeri ini
emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss


Spoiler for :

Spoiler for :


[URL="http://http://dreamindonesia.wordpress.com/2012/04/20/inilah-10-kota-paling-macet-parah-di-dunia/"][B][SIZE="5"]SUMBER[/SIZE][/B][/URL]

Liat trit ane yang satu ini gan :
[URL="http://http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=14811590"]\tInilah 10 Kota Paling Macet Parah Di Dunia[/URL]

Tambahan dari kaskuser lainnya :

Quote:


Terima kasih buat para kaskuser yg udah timpukin ane cendol dan abu-abunya
nona212
nona212 memberi reputasi
1
19.5K
411
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.