cascusaddictAvatar border
TS
cascusaddict
(A) ||D-beat (Discharge-beat) + Crust Punk|| (E)
D-beat adalah suatu istilah untuk subgenre dari Punk yang berkembang di Eropa, khususnya Inggris karena 'beat' atau hentakan drum mereka yang khas yang dimotori oleh band punk Inggris bernama Discharge sejak tahun 1977.
D-beat berarti 'Discharge'-beat, atau setelah hardcore mempengaruhi dan familiar di Inggris dan wilayah Eropa lainnya maka disebut Dis-core. atau 'Kangpunk' istilahnya di Swedia.

Discharge sendiri sebagai band punk juga masih sangat terpengaruh oleh Heavy metal Inggris, Motorhead. selain itu, pengaruh sound metal Motorhead ini akan berkembang ke sebuah pengklasifikasian subgenre 'Crust' maupun 'gaya hidup' crusties yang dipelopori oleh Amebix. adapun tema maupun lirik-lirik yang dibawakan biasanya tentang kekejaman perang, bom atom atau 'nuclear nightmare', juga tambahan lagi tentang humanisme maupun hak hewan yang cenderung ke arah veganisme, juga ada sebagian yang mengetengahkan tema kebencian yg bersifat nihilistik. sebenarnya istilah d-beat muncul setelah beberapa band memainkan musik-musik punk dengan ketukan khas Discharge, diantaranya era The Varukers yang mengawali istilah d-beat ini. lalu diikuti banyaknya band-band di Swedia yang memainkan beat-beat punk seperti itu, diantaranya : Anti-Cimex, Mob 47, Driller Killer, Wolfpack dsb.


Spoiler for jenis ketukan:



Spoiler for Hubungan, tema, penampilan, manifesto dsb:



Perbedaan gaya musik D-beat dan Crust.


Crust itu ya datang dari Amebix…sebenarnya d-beat dan crust itu adalah dua jenis style musik yang berbeda. Kalau berbicara d-beat jagoannya adalah Discharge..drum yang berciri, berirama cepat, lirik singkat dan guitar terus nge-cross liar tanpa ada petikan-petikan suram. Nah kalo crust jagoannya ya Amebix, dengan musik dan liriknya yang biasanya panjang lebar berbau kesuraman dan depresi, dan banyak mengambil unsur dari Joy Division, Killing Joke dan Crass. Nah kalau di satukan keduanya akan menjadi apa yang sering kita dengarkan pada Tragedy dan Wolfbigade misalnya dan dengan mudah di identifikasikan menjadi dis-crust atau d-beat crust. Yang pada awalnya banyak di lakukan oleh band-band di Swedia seperti Anti-cimex, Wolfpack, Driller Killer, Disfear, Crude SS, lalu di Inggris ada Extreme Noise Terror, DOOM, dll.
namun beberapa kalangan juga menjelaskan kalau d-beat dan crust tidak bisa dipisahkan. namun kenyataannya, D-beat tidak semua crusties, bahkan band-band modern d-beat saja sudah lebih terlihat seperti anak-anak HC kids biasa, ada juga yang seperti anak gaul. sedangkan crusties sendiri juga tidak semua terpengaruh oleh Discharge.


Spoiler for Index band+relasinya:
0
67K
1.1K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Musiklopedia
Musiklopedia
icon
1.3KThread1.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.