News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
2029
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014064845/property-enterpreneur-lttanya-jawab-seputar-jual-beli-propertygt
Melanjuti Thread yang telah tenggelam mengenai property (terutama yang secondary) yang telah hilang entah kemana, maka guah mencoba membuka thread diskusi baru seputar property Kenapa? karena terlalu banyak iklan seminar property disini. Jujur saja bukan bermaksud ingin menjelekkan karena semua seminar memiliki manfaat yang luar biasa. Namun bukan kah tujuan dari sebuah forum diskusi adalah saling
Lapor Hansip
21-04-2012 21:56

Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>

Melanjuti Thread yang telah tenggelam mengenai property (terutama yang secondary) yang telah hilang entah kemana, maka guah mencoba membuka thread diskusi baru seputar property

Kenapa? karena terlalu banyak iklan seminar property disini. Jujur saja bukan bermaksud ingin menjelekkan karena semua seminar memiliki manfaat yang luar biasa. Namun bukan kah tujuan dari sebuah forum diskusi adalah saling keterbukaan untuk berbagi ilmu? jadi sangat tidak tepat jika hanya sekedar beriklan (mungkin lebih tepat di FJB)

Selama promosi dan sharing ilmu tetap terjadi mungkin menurut guah ituh sah-sah sajah.

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=2919188 <== seperti ini, sayah rasa sudah tidak etis lagi karena hanya jadi forum perdebatan. Menurut guah sendiri, Tuhan memberikan akal secara cuma-cuma karena itu adalah sebuah kewajiban untuk membagikan ilmu-ilmu tersebut.

Mari kita mulai diskusi kita emoticon-Stick Out Tongueeace

Guah menyukai istilah propertypreneur yang dicetuskan oleh agan bisnis.com. Namun Menurut sayah propertypreneur ini terbagi 2 sesuai dengan obyek penjualan yaitu primary dan secondary.

Untuk primary dibahas dengan baik disini ==> http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=7295768 biasa juga disebut dengan developer (bagaimana mengembangkan kawasan)

Sementara fokus thread ini lebih pada bagian secondary yang secara sempit menjual rumah-rumah second, namun secara luas hal ini juga dapat dipahami "hanya jual-beli property" bukan menciptakan atau mengembangkan.

KENAPA HARUS PROPERTY??


Quote:Kenapa harus berbisnis property bahkan harus punya property sekarang juga?
1. Bumi itu satu, sementara manusia terus bertambah sehingga harga property akan cenderung selalu naik. Seluruh orang terkaya di dunia selalu menginvestasikan uang mereka di property, karena mereka tahu Bumi ini hanya ada 1.

2. 50 - 70 % aspek yang mempengaruhi suatu bisnis adalah property.
Contoh : Mungkin hal ini sudah sering agan-agan dengar, Mcdonald merupakan salah satu franchise fast food terbesar di dunia, tetapi tahukah agan sekalian kalau sebenarnyah Mcdonald juga berbisnis property? yah di Amerika sana, franchise ini besar bukan hanya karena menjajakan burger tetapi mereka juga menyewakan outlet-outlet sekaligus pembelian. Bahkan sewa tempat untuk usaha bisa mengambil porsi lebih dari 50% budget pengeluaran kita, lokasi tempat usaha juga sangat menentukan bisnis kita, bahkan sebuah usaha online pun tetap membutuhkan rumah atau kantor cepat atau lambat.

3. Property bisa menjadi jaminan aset. Hal ini sayah sharing dalam http://www.kaskus.co.id/showthread.p...#post678427704 (akan terus diupdate mengenai pembiayaan property)


Quote:Terima kasih atas banyaknyah seminar-seminar dan buku-buku tentang property yang ramai belakangan ini sehingga sayah bisa mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman puluhan tahun dalam waktu singkat dan bisa disharing kepada agan-agan sekalian:

1. Property Cash Machine (Joe Hartanto)
Merupakan pelopor seminar property menurut sayah, memberikan dasar-dasar property dengan baik. Seminar ini membentuk agan sebagai investor property dimana agan membeli property untuk kemudian dikembangkan menjadi tambang emas dengan mengkomersilkan property tersebut (kost2an). Kelemahan dari PCM menurut sayah saat ini kurang updatenyah tentang aturan perbankan (beberapa bank tidak terima lagi KPR untuk pembelian kost-kostan). Lalu baik cara pembelian dan investasi kurang bervariatif. Namun Joe Hartanto dengan sangat baik mempraktekkan ajaran Robert t kiyosaki dan D Ross (lupa namanyah)

2. Beli rumah tanpa uang, tanpa hutang (Cipto Junaedy)
Merupakan counter dari PCM, jika pcm memperkenalkan kita untuk berhutang dalam mendapatkan asset maka Cipto berbeda, mengajarkan kita untuk selalu cash. Kekuatan dari seminar ini adalah kemampuan Cipto untuk membuka cakrawala kita mengenai pembelian property terutama di soal perjanjian. Tanpa uang disini maksudnyah adalah membeli rumah tanpa dp dan cicilan rumah. Jika PCM mengandalkan KPR maka Cipto mengandalkan pihak ketiga (investor) untuk mendapatkan rumah, lalu penekanan dari strategi ini adalah jangan cintai semua property anda, jika PCM mengharamkan menjual property maka secara sederhana di Cipto perputaran uang juga didapatkan dari hasil jual beli, baru kemudian dapatkan rumah yang ingin kita miliki. Kelemahan seminar ini adalah bahasa marketing yang terlalu bombastis dan dipaksakan untuk mencounter PCM, padahal dalam seminar ini juga dijelaskan mengenai KPR. Namun seminar ini cukup baik dalam memberikan masukan dalam menggunakan bahasa marketing untuk iklan. Beberapa trik juga sudah tidak relevan dan tidak semudah yang dikatakan (sekali lagi terlalu bombastis) seperti buletin board. Disini ada juga perpaduan investor property dan sedikit tentang developer.

3. Cara benar beli properti tanpa uang, tanpa hutang (Ridwan Rahardjo)
Pada dasarnya Ridwan Rahardjo ini merupakan murid dari Cipto Junaedy namun dia melakukan trial dan error serta memberikan nilai tambah. Inti adalah bagaimana kita bernegosiasi dengan pemilik rumah agar dapat mengakali dp kemudian mencari investor untuk membayar cicilan dengan memberikan nilai tambah pada bangunan (kost2an lux). Yang menarik adalah Ridwan ini mengkombinasikan ilmu hipnotis dalam bernegosiasi (bukan mempengaruhi secara alam bawah sadar gan, tetapi lebih bagaimana meluluhkan hati owner

Ini saja seminar yang guah tau, selain ini ada dari Tung Dungsem Waringin (investor property), Jin property ( developer, penguatan di tehnik negosiasi), Aryo Diponegoro (Developer, belum tau juga karakteristiknyah), Ezra Karamoy ( Ini lumayan lengkap gan, pernah ikut priviewnyah, cuman sayang pembawaan materi kurang menarik). Jika masih ada yang mau menambahkan silakan emoticon-Big Grin

Dalam seminar agan-agan juga harus jeli melihat ini seminar untuk investor property, marketing, atau developer, dan untuk memulai saran sayah agan juga harus tau dasar-dasarnyah
0
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
entrepreneur-corner
Entrepreneur Corner
2.6K Anggota • 21K Threads
Halaman 9 dari 103
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
25-05-2012 11:37
Quote:Original Posted By jatilondo
Ouw jadi broker punya kode etik ky gt gan...tapi kalau misal penjualnya memang maunya gitu gmn gan, apa broker melayani? Flipper itu ilegal ya...


Flipper itu bukan kerjaan broker gan, tapi pebisnis property yang lepas karena broker punya kode etik (guah sendiri mendefinisikan diri sebagai konsultan property).

Terus kalau kasus yang agan sebut diatas, jadi dalam perjanjian dengan pemilik ada 2 bentuk kerjasama sistem komisi atau titip jual. Sistem komisi ini brarti broker tidak terlibat dalam transaksi hanya bertugas mencarikan buyer untuk bertemu dengan owner, dan mendapatkan komisi rata2 2 - 3% (walaupun kadang ada yang 1 % emoticon-Cape d...)

Lalu perjanjian kedua adalah titip jual. Nah titip jual ini biasanyah broker terlibat transaksi jadi owner mau terima bersih dan mempersilakan broker untuk menentukan keuntungannyah sendiri dan transaksi masih dilakukan oleh owner, sementara flipping ini kan kita membeli dulu dari owner lalu kita memiliki kuasa jual kepada pihak ketiga (jadi beda gan)

Quote:Original Posted By ManusiaBiasa999
Pakai KPR bank syariah, gan. Bank syariah margin (bunga) nya fixed sepanjang akad kredit, meskipun skrg tampaknya ada beberapa bank syariah yang minta review margin tiap beberapa tahun.

Take over ke bank lain setiap masa kredit berakhir bukan ide yang bagus. Tiap kali take over berarti biaya admin (kecuali promo), biaya notaris, biaya provisi (kecuali promo), pasang ulang APHT, dll. APHT bisa gede biayanya untuk rumah diatas harga tertentu.


Untuk bank yang sedang promo 0% provisi dan free admin adalah Mandiri dan UOB Buana.

Intinya kalau mau take over agan tinggal menghitung ajah dan gunanyah buat apah, klo guah take over untuk mencari cash back, karena perlu modal untuk diputarkan. Yang kedua kepentingan take over itu untuk mengecilkan bunga floating. Misal di niaga dan mega floating bisa mencapai 14% sementara di combank itu floating di 12%.

Sederhananya seperti ini :

Agan mengambil KPR 500 juta di BCA dengan bunga 8% fixed 5 tahun. lalu pada tahun ke 6 - 10 bunga naik di 14%. ( Asumsi Bunga dihitung dari hutang pertama, kebijakan setiap bank beda-beda juga ada yang mengikuti pokok)

Jadi Pada 5 tahun pertama agan bayar cicilan 6 jutaan tapi pada tahun ke 6 agan bayar 7,5 jutaan. Nah buat perbandingan mana yang lebih besar biaya cicilan tahun ke 6 - 10 atau biaya pinalti (ini maksimal 2%, tapi ada juga bank yang promo tanpa pinalti seperti UOB buana), admin,dll mana yang lebih besar?

ada temen yang guah yang beli kost2an di palembang di acc 1 M tp dia cuman ambil 700 juta, nah dia ambil yang fixed 2 tahun, setelah itu di take over ke bank lain di acc 1, 2 M tapi dia cuman ambil sebesar sisa cicilan + biaya2 yang keluar diawal. Jadi keperluan dia hanya untuk menjaga cicilan tiap bulan tidak melebihi penghasilan kost2annyah...

Tapi misal keperluan agan dibawah 300 juta misal sisa cicilan tinggal 100 juta, 50 juta, 12 juta ini gak usah di take over, kecuali memang butuh modal kerja. Karena dibandingkan menggunakan fasilitas multiguna, kredit KPR masih jauh lebih ringan dan waktunyah lebih lama. Mending pinjem ajah dlu ke temen emoticon-Big Grin

Kalau sisa pinjaman dibawah 300 jutaan, sebaiknyah di take over ke bank syariah atau bank dengan promo bunga fixed sampe lunas (permata ada nih, fixed 10 tahun 11%).

Jadi misalkan agan berniat untuk take over perhatikan :

1. Kebutuhan untuk apa
2. Hitung dulu perbandingan pengeluaran dan pemasukan dari take over
3. Jika untuk memutarkan modal, tetap simpan cicilan untuk 1 tahun dan pastikan agan tahu cara memutarkan dana tersebut....

emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
25-05-2012 12:39
Quote:Original Posted By Ujang_Ado
Flipper itu bukan kerjaan broker gan, tapi pebisnis property yang lepas karena broker punya kode etik (guah sendiri mendefinisikan diri sebagai konsultan property).

Terus kalau kasus yang agan sebut diatas, jadi dalam perjanjian dengan pemilik ada 2 bentuk kerjasama sistem komisi atau titip jual. Sistem komisi ini brarti broker tidak terlibat dalam transaksi hanya bertugas mencarikan buyer untuk bertemu dengan owner, dan mendapatkan komisi rata2 2 - 3% (walaupun kadang ada yang 1 % emoticon-Cape d...)

Lalu perjanjian kedua adalah titip jual. Nah titip jual ini biasanyah broker terlibat transaksi jadi owner mau terima bersih dan mempersilakan broker untuk menentukan keuntungannyah sendiri dan transaksi masih dilakukan oleh owner, sementara flipping ini kan kita membeli dulu dari owner lalu kita memiliki kuasa jual kepada pihak ketiga (jadi beda gan)


Hmm...begono,ngrti dh. 1%????Obral dong gan emoticon-Cape d... (S)
Oia gan, kok ane suka lihat rumah yang di jual ada lebih dari satu Broker property, itu gmn sistemnya gan. emoticon-Malu (S). Mklm, nubi. Basic t sipil tp msh blank dunia proprty.
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
25-05-2012 14:47
Quote:Original Posted By Ujang_Ado
Ini bukan pure cara2 guah gan, tapi agan mungkin bisa mencoba hal ini

1. Jangan terlihat butuh gan, nah ini posisi tanah sudah dibeli kan? harusnyah agan jangan informasikan untuk membangun rumah dulu, si pemilik lahan yang di depan akan melihat kesempatan

2. Coba pikirkan cara lain (misal ada akses jalan lain) sebarkan gosip agan mau beli tanah yang lain

3. Coba minta bantuan teman buat menawar harga tanah tersebut dengan lebih murah secara berturut2. Misal di minta 500, temen agan nawar seratus terus dan menjelek2an tanah dia, disisi lain agan datang dengan penawaran 300, jadi dia akan melihat penawaran agan lebih realistis padahal kita sudah menurunkan 200 dari harga awal.

Yah ini hanya beberapa saran, karena sampai skrng guah juga masih suka melakukan negosiasi langsung (bukan di handle marketing) agak susah gan ngajarin orang untuk bernegosiasi, masih lum jago guah masih baru bisa buat diri sendiri ajah


oke gan ane coba praktekin. makasi gan.
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
25-05-2012 18:13
mastah ujang dan manusia999

gimana cara tembusin kpr melebihi 40 % dari gaji kita, karna kita akan dapat profit dari sewa proeprty yg kita beli. Apa mesti palsukan slip gaji, rata2 mereka cros cek ke kantor gak?

ane dah dtg ke BNI dia bisa KPR tanah dg syarat langsung bangun..
ada gak bank yg bisa KPR hanya tanah saja?
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
25-05-2012 18:13
Quote:Original Posted By jatilondo
Hmm...begono,ngrti dh. 1%????Obral dong gan emoticon-Cape d... (S)
Oia gan, kok ane suka lihat rumah yang di jual ada lebih dari satu Broker property, itu gmn sistemnya gan. emoticon-Malu (S). Mklm, nubi. Basic t sipil tp msh blank dunia proprty.


siapa cepet dia dapat ajah ituh mah klo kek gituh.....
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
25-05-2012 20:14
Quote:Original Posted By martha004
mastah ujang dan manusia999

gimana cara tembusin kpr melebihi 40 % dari gaji kita, karna kita akan dapat profit dari sewa proeprty yg kita beli. Apa mesti palsukan slip gaji, rata2 mereka cros cek ke kantor gak?

ane dah dtg ke BNI dia bisa KPR tanah dg syarat langsung bangun..
ada gak bank yg bisa KPR hanya tanah saja?


Klo kita karyawan, setahu ane nggak acara cara buat tembusin KPR lebih dari 40% dari join-income kita, kecuali kita karyawan di level tertentu yang gajinya udah gede (banget), misalnya di level management. Soal palsukan slip gaji, nggak bisa dipastikan, ada yang ngecek ada yg nggak, setahu ane itu nggak ada di SOP, tapi nggak ada gunanya palsukan slip gaji jika gaji palsu tersebut nggak tercermin dalam rekening koran.

Niaga dan NISP bisa kredit hanya tanah saja (namanya KPT - Kredit Pemilikan Tanah), tapi palingan hanya max 7-8 tahun atau 10 tahun, karena bagi bank resiko KPT itu lebih besar daripada KPR.
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
25-05-2012 20:17
Quote:Original Posted By jatilondo
Ouw jadi broker punya kode etik ky gt gan...tapi kalau misal penjualnya memang maunya gitu gmn gan, apa broker melayani? Flipper itu ilegal ya...


broker (atau mo sebut namanya apa aja: consultant, analyst, etc) punya kode etik gan, dirumuskan oleh AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia). Klo penjual maunya begitu, broker bs saja menaikan harga hanya untuk cover komisi standardnya dengan cara perhitungan seperti di post sebelumnya.

Kegiatan flipping itu nggak illegal, tapi klo dilakukan oleh broker jadi nggak etis, kecuali brokernya berperan sebagai pembeli (keluar duit untuk DP, bikin PPJB)
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
25-05-2012 20:38
Quote:Original Posted By Ujang_Ado
Sundul siang nih gan....


Btw diingatkan lagih yang mau ikut free class property buat appraisal ajah yah ini lebih utamanyah, sama cara2 buat hunting rumah

hari sabtu skrng jam 1 di jl.sulanjana no. 28 Bandung


Gan, ane daftar ikutan ya besok, makasih gan emoticon-2 Jempol
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
25-05-2012 20:58
Quote:Original Posted By martha004
mastah ujang dan manusia999

gimana cara tembusin kpr melebihi 40 % dari gaji kita, karna kita akan dapat profit dari sewa proeprty yg kita beli. Apa mesti palsukan slip gaji, rata2 mereka cros cek ke kantor gak?

ane dah dtg ke BNI dia bisa KPR tanah dg syarat langsung bangun..
ada gak bank yg bisa KPR hanya tanah saja?


Gak menyarankan sih gan misal malsukan gaji, karena itu kan memalsukan kemampuan kita juga. Riskan ada masalah ke depannyah
Resiko kedua klo hrd agan gak bisa kerjasama (pasti di cek) agan malah bisa kena blacklist.

Paling memungkinkan agan punya usaha sampingan, buat laporan keuangan. Dan ini juga dengan catatan tercatat di rekening agan uang lebihnyah

Ini ajah tambahannyah, udah sama agan manusia999 yg lainnyah mah
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
25-05-2012 21:06
Quote:Original Posted By ManusiaBiasa999
Klo kita karyawan, setahu ane nggak acara cara buat tembusin KPR lebih dari 40% dari join-income kita, kecuali kita karyawan di level tertentu yang gajinya udah gede (banget), misalnya di level management. Soal palsukan slip gaji, nggak bisa dipastikan, ada yang ngecek ada yg nggak, setahu ane itu nggak ada di SOP, tapi nggak ada gunanya palsukan slip gaji jika gaji palsu tersebut nggak tercermin dalam rekening koran.

Niaga dan NISP bisa kredit hanya tanah saja (namanya KPT - Kredit Pemilikan Tanah), tapi palingan hanya max 7-8 tahun atau 10 tahun, karena bagi bank resiko KPT itu lebih besar daripada KPR.


Tambahan buat yang bank

Pada umumnya pertimbangan untuk menerima atau tidaknyah tanah itu tergantung lokasi, misal bank Mega dia tidak menerima tanah, tapi kemarin kebetulan ada tanah yang masuk lelang dan ketika guah tanya ke orang banknyah asal lokasi strategis dan harga masuk mereka mau.

Yang kedua, jika ada perencanaan pembangunan dan agan menyerahkan RAB juga ke bank, dia pasti mau terima.

Selain 2 bank di atas yang terima tanah mandiri, commbank, btn (ni dedengkot gan, kredit pembebasan lahan juga mereka punya) bank2 lain yah asal sesuai prasyarat di atas
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
25-05-2012 22:10
Quote:Original Posted By ManusiaBiasa999
Pakai KPR bank syariah, gan. Bank syariah margin (bunga) nya fixed sepanjang akad kredit, meskipun skrg tampaknya ada beberapa bank syariah yang minta review margin tiap beberapa tahun.

Take over ke bank lain setiap masa kredit berakhir bukan ide yang bagus. Tiap kali take over berarti biaya admin (kecuali promo), biaya notaris, biaya provisi (kecuali promo), pasang ulang APHT, dll. APHT bisa gede biayanya untuk rumah diatas harga tertentu.


APHT itu apa ya gan, dgan biaya2 tersebut dan kita dpt fixed lgi apa gak menguntungkan gan? secara bunga fluktutif kan bank bisa semena2
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
25-05-2012 22:21
Quote:Original Posted By ManusiaBiasa999
Klo kita karyawan, setahu ane nggak acara cara buat tembusin KPR lebih dari 40% dari join-income kita, kecuali kita karyawan di level tertentu yang gajinya udah gede (banget), misalnya di level management. Soal palsukan slip gaji, nggak bisa dipastikan, ada yang ngecek ada yg nggak, setahu ane itu nggak ada di SOP, tapi nggak ada gunanya palsukan slip gaji jika gaji palsu tersebut nggak tercermin dalam rekening koran.

Niaga dan NISP bisa kredit hanya tanah saja (namanya KPT - Kredit Pemilikan Tanah), tapi palingan hanya max 7-8 tahun atau 10 tahun, karena bagi bank resiko KPT itu lebih besar daripada KPR.


Quote:Original Posted By Ujang_Ado
Tambahan buat yang bank

Pada umumnya pertimbangan untuk menerima atau tidaknyah tanah itu tergantung lokasi, misal bank Mega dia tidak menerima tanah, tapi kemarin kebetulan ada tanah yang masuk lelang dan ketika guah tanya ke orang banknyah asal lokasi strategis dan harga masuk mereka mau.

Yang kedua, jika ada perencanaan pembangunan dan agan menyerahkan RAB juga ke bank, dia pasti mau terima.

Selain 2 bank di atas yang terima tanah mandiri, commbank, btn (ni dedengkot gan, kredit pembebasan lahan juga mereka punya) bank2 lain yah asal sesuai prasyarat di atas


wah ternyata ada yah KPT? terima kasih pencerahannya mastah ujang dan manusiabiasa999. ane sering pusing nih kalo ada peluang disaat mengerjakan proyek properti ane, terutama untuk lahan yang baru layak dibuat perumahan 3-4th lagi.

ane belum pernah ke bank2 di atas...emoticon-Malu
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
25-05-2012 22:21
benere pgen dua2nya gan, buat modal jg buat cicilanya tetep.
kemarin jg ditawarin top up gan, bunga top up itu ikut pokok hutang terakhir ato pokok hutang awal gan?
kmrin dpt KPR 300jt bunga fixed 2th cicilan 3jtaan dibank m****ri, ini udah jalan 1th, rencananya klo dah 2th mau aku top up ato take over gtu.
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
25-05-2012 22:27
Quote:Original Posted By Ujang_Ado


Untuk bank yang sedang promo 0% provisi dan free admin adalah Mandiri dan UOB Buana.

Intinya kalau mau take over agan tinggal menghitung ajah dan gunanyah buat apah, klo guah take over untuk mencari cash back, karena perlu modal untuk diputarkan. Yang kedua kepentingan take over itu untuk mengecilkan bunga floating. Misal di niaga dan mega floating bisa mencapai 14% sementara di combank itu floating di 12%.

Sederhananya seperti ini :

Agan mengambil KPR 500 juta di BCA dengan bunga 8% fixed 5 tahun. lalu pada tahun ke 6 - 10 bunga naik di 14%. ( Asumsi Bunga dihitung dari hutang pertama, kebijakan setiap bank beda-beda juga ada yang mengikuti pokok)

Jadi Pada 5 tahun pertama agan bayar cicilan 6 jutaan tapi pada tahun ke 6 agan bayar 7,5 jutaan. Nah buat perbandingan mana yang lebih besar biaya cicilan tahun ke 6 - 10 atau biaya pinalti (ini maksimal 2%, tapi ada juga bank yang promo tanpa pinalti seperti UOB buana), admin,dll mana yang lebih besar?

ada temen yang guah yang beli kost2an di palembang di acc 1 M tp dia cuman ambil 700 juta, nah dia ambil yang fixed 2 tahun, setelah itu di take over ke bank lain di acc 1, 2 M tapi dia cuman ambil sebesar sisa cicilan + biaya2 yang keluar diawal. Jadi keperluan dia hanya untuk menjaga cicilan tiap bulan tidak melebihi penghasilan kost2annyah...

Tapi misal keperluan agan dibawah 300 juta misal sisa cicilan tinggal 100 juta, 50 juta, 12 juta ini gak usah di take over, kecuali memang butuh modal kerja. Karena dibandingkan menggunakan fasilitas multiguna, kredit KPR masih jauh lebih ringan dan waktunyah lebih lama. Mending pinjem ajah dlu ke temen emoticon-Big Grin

Kalau sisa pinjaman dibawah 300 jutaan, sebaiknyah di take over ke bank syariah atau bank dengan promo bunga fixed sampe lunas (permata ada nih, fixed 10 tahun 11%).

Jadi misalkan agan berniat untuk take over perhatikan :

1. Kebutuhan untuk apa
2. Hitung dulu perbandingan pengeluaran dan pemasukan dari take over
3. Jika untuk memutarkan modal, tetap simpan cicilan untuk 1 tahun dan pastikan agan tahu cara memutarkan dana tersebut....

emoticon-Angkat Beer




benere pgen dua2nya gan, buat modal jg buat cicilanya tetep.
kemarin jg ditawarin top up gan, bunga top up itu ikut pokok hutang terakhir ato pokok hutang awal gan?
kmrin dpt KPR 300jt bunga fixed 2th cicilan 3jtaan dibank m****ri, ini udah jalan 1th, rencananya klo dah 2th mau aku top up ato take over gtu.
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
25-05-2012 22:30
Quote:Original Posted By ManusiaBiasa999

Niaga dan NISP bisa kredit hanya tanah saja (namanya KPT - Kredit Pemilikan Tanah), tapi palingan hanya max 7-8 tahun atau 10 tahun, karena bagi bank resiko KPT itu lebih besar daripada KPR.


KPT bunganya berapa ya gan
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
26-05-2012 01:59
thanks ujang and m999,
ane gak maksain karna, ane punya kebiasaan hemat bisa save 60% dari gaji.
saran dari ujang boleh tuh buat usaha yg untungnya masuk ke rekening, jadi bisa join dg gaji kantor.

niatnya beli tanah yg luas, terus jadi developer buat 5 rumahan, bisa jalan gak ya?

tanah nyicil, kalau unutk bangun, yg mau beli rumah yg kpr, ada modal dari bank baru bangun...

rebutan tanah murah dulu dg lokasi bagus, kalau telat2 bisa di samber si teman2nya ujang dan m999..


tread ini aktif gan, ane demen bgt main2 kesini
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
26-05-2012 07:41
Quote:Original Posted By kanz10
KPT bunganya berapa ya gan


Bunga KPT kurang lebih sama dengan KPR gan, antara 7.xx s/d 9.xx per tahun fixed 1 atau 2 tahun.
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
26-05-2012 07:49
Quote:Original Posted By kanz10
APHT itu apa ya gan, dgan biaya2 tersebut dan kita dpt fixed lgi apa gak menguntungkan gan? secara bunga fluktutif kan bank bisa semena2


APHT (Akte Pemberian Hak Tanggungan) itu akte bahwa kita sebagai debitur memberikan hak tertinggi atas objek jaminan tersebut (properti yang kita beli cicil itu) kepada bank. Jadi jika terjadi apa-apa (kita bangkrut lah, banyak hutang ke pihak-3 lah, dll), objek properti tersebut haknya paling besar dieksekusi oleh bank, bukan pihak lain yang kebetulan kita juga berhutang.

Untuk pinjaman angka tertentu, biaya APHT bisa hingga belasan/puluhan juta rupiah. That's why untuk debitur tertentu (dengan angka pinjaman tertentu) sangat tidak disarankan untuk takeover ke bank lain tiap masa bunga fixed berakhir, karena itu berarti harus APHT ulang lagi. Sejauh yang ane tahu, untuk take over ada promo bebas biaya admin, bebas biaya provisi, dan bebas biaya lainnya tapi nggak ada tuh promo bebas biaya APHT.

Afterall seharusnya debitur itu membina hubungan baik jangka panjang dengan bank tertentu, take over tiap 1-2 tahun bisa membuat hubungan baik itu jadi renggang.
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
26-05-2012 07:53
Quote:Original Posted By martha004
thanks ujang and m999,
ane gak maksain karna, ane punya kebiasaan hemat bisa save 60% dari gaji.
saran dari ujang boleh tuh buat usaha yg untungnya masuk ke rekening, jadi bisa join dg gaji kantor.

niatnya beli tanah yg luas, terus jadi developer buat 5 rumahan, bisa jalan gak ya?

tanah nyicil, kalau unutk bangun, yg mau beli rumah yg kpr, ada modal dari bank baru bangun...

rebutan tanah murah dulu dg lokasi bagus, kalau telat2 bisa di samber si teman2nya ujang dan m999..


tread ini aktif gan, ane demen bgt main2 kesini


Iya, karyawan yang punya bisnis sampingan yang perputaran uangnya tercermin dalam rekening koran, income bisnis sampingannya bisa dijadikan dasar perhitungan max jumlah cicilan per bulan.

Soal yang bangun 5 rumah pada dasarnya bisa dilakukan dengan cara seperti itu.

Disamber ujang kalik gan, ane sih cuman cuap-cuap disini, apalah artinya cuap2 tanpa action emoticon-Big Grin
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
26-05-2012 09:53
ijin nyimak ya gan thread yang menarik nih emoticon-thumbsup
ane ada rencana juga untuk nyari rumah daerah cinere/depok..emoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
Halaman 9 dari 103
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia