Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
5484
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013782974/share-cara-meningkatkan-ipk-dari-2-koma-menjadi-3-koma-gan
Assalammu'alaikum Wr.Wb. agan, ini saya ada pengalaman pribadi, mengenai tips dan trik agar dapat meningkatan nilai perkuliahan agan :) dan yang terpenting dah saya buktikan gan :) dari sebelumnya IPK cuma 2,79, sekarang menjadi 3,22 :2thumbup dan Insya Allah dalam 7 semester masa studi (saya sekarang semester 10 gan, karena 3 semester kuliah di tempat lain), saya bentar lagi selesai kuliah gan :)
Lapor Hansip
01-04-2012 14:19

[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!

Assalammu'alaikum Wr.Wb.

agan,
ini saya ada pengalaman pribadi,
mengenai tips dan trik agar dapat meningkatan nilai perkuliahan agan emoticon-Smilie

dan yang terpenting dah saya buktikan gan emoticon-Smilie

dari sebelumnya IPK cuma 2,79,
sekarang menjadi 3,22 emoticon-2 Jempol

dan Insya Allah dalam 7 semester masa studi (saya sekarang semester 10 gan, karena 3 semester kuliah di tempat lain),
saya bentar lagi selesai kuliah gan emoticon-Smilie

berikut tips dan triknya emoticon-Smilie

semoga bermanfaat emoticon-Smilie

***********


a) miliki 1 buku tulis untuk tiap satu mata kuliah

jadi dengan adanya 1 buku tulis untuk tiap satu mata kuliah,
agan tidak kebingungan,
berbeda kalau agan pakai binder,
pasti hilang-hilang itu catatan di binder emoticon-Ngakak

nah halaman pertama agan tulis untuk:


nama mata kuliah,
ruang kuliah berapa emoticon-Smilie
nama dosen (kalau ada no hp jg gan, kl ada perlu, biar enak emoticon-Smilie ),
judul buku yang akan dipakai gan,

Serta pembagian nilai UTS dan UAS,
serta silabi perkuliahan selama satu semester berjalan,
agan harus tahu emoticon-Smilie


dan yang terpenting kalau ada nama kelompok,
catat di halaman pertama, nama, nomor induk mahasiswa,
dan no HP gan emoticon-Smilie

sehingga kalau ada tugas,
agan tidak kebingungan lagi emoticon-Smilie


b) Kalau ada perkuliahan,
simak perkuliahan seperti menonton tiket bioskop hari sabtu!

nah ini yang terpenting gan,

Yang namanya kuliah kan ada yang namanya SPP ya...
tiap semester,

Saya ambil contoh aja gan,
Tiap semester semisal SPPnya Rp 3.000.000

Nah semisal dalam 1 semester juragan mengambil 18 sks,
dimana dalam 18 sks, ada 6 mata kuliah (1 Mata kuliah bobotnya 3 sks),
semisal 1 semester 1 mata kuliah 12 pertemuan (6 sebelum UTS, 6 sebelum UAS),

dan tiap semester, untuk 1 semester "jatah" bolosnya 4 (2 sebelum UTS, 2 sebelum UAS),
dan semisal ini juragan mengambil semua jatahnya (misal loh gan, ga tau kalo bener )

1 mata kuliah bolos 4 x,
jadi 6 mata kuliah = 6 x 4 = 24

Nah SPP juragan kan tadi semisal 1 semester Rp 3.000.000,
kan dalam 1 semester (kalo mengambil 18 sks), ada pertemuan di kelas sebanyak 6 x 12 = 72 pertemuan,

jadi rata-rata 1 pertemuan,
juragan sama saja dengan membayar kuliah sebanyak
Rp 3.000.000 : 72 = Rp. 41.600,

Ane bulatin Rp 40.000 aja ya gan ,

nah semisal tuh juragan mengambil jatah bolos semua,

jadi dalam 6 bulan (semester),
agan telah membuang uang sebanyak,

Rp 40.000 x 24 = Rp 960.000!

itu kalau dirata-ratain dalam 1 bulan = Rp 160.000!


Yang lebih mengagumkan lagi,
kalo juragan "bolos" 1 pertemuan (sebesar) Rp 40.000,

itu lebih mahal dibandingkan menonton di XXI yang weekend!



Weekend aja cuma Rp 35.000 gan emoticon-Hammer2

jadi kalau agan kuliah,
niatkan seperti agan kuliah seperti menonton Bioskop saat weekend! emoticon-Smilie

dan yang terpenting,
ambil posisi tempat duduk waktu kuliah seperti menonton bioskop,
seperti duduk di tengah-tengah sehingga bisa melihat dosen dan perkuliahan denga jelas emoticon-Smilie


serta catat poin-poin penting yang dijelaskan dosennya gan emoticon-Smilie
serta jangan ragu-ragu untuk menanyakan materi yang kurang dimengerti gan emoticon-Smilie

karena pada dasarnya dosen suka kalau diajak diskusi mengenai materi perkuliahan,
entah di dalam kelas atau di luar kelas emoticon-Smilie

karena dosen juga butuh masukan dari kita gan emoticon-Smilie

jujur,karena saya memratekkan hal tersebut,saya pernah ditawari jadi asisten dosen 2x gan! emoticon-Matabeloc) Kalau kurang jelas dan mengahadapi mata kuliah yang sulit,jangan segan-segan untuk meminta tutor dari kakak kelas yang pandai gan!agan bukan manusia pertama yang kuliah di kampus agan,dan pasti ada yang pernah mendapatkan nilai A untuk mata kuliah paling sulit! emoticon-Smiliesehingga ketika agan mau mengambil mata kuliah yang sangat-sangat terkenal sulit,agan lebih baik untuk mulai mencari kakak kelas yang pandai,dan pastikan dia juga sudah pernah mengambil mata kuliah tersebut dan minimal mendapat minim nilai AB,bisa gawat, kalau ternyata kakak kelas agan yang mau memberi tutor agan,cuma dapat Cyang ngajari C,apalagi yang diajari emoticon-Ngakaknah setelah dapat siapa tutor agan,pastikan agan juga punya buku nya emoticon-Smilied) sebelum pilih mata kuliah,pastikan dosen tersebut tidak "gila"maksud saya gila adalah,pernah saya mengambil mata kuliah statistik,hampir 90% dalam kelas tersebut mendapatkan D dan E,nah yang menarik adalah,kalau dalam kelas tersebut 90% dalam kelas tersebut mendapatkan nilai D dan E,itu yang salah bukan mahasiswanya, tetapi dosennya gan! emoticon-Marahmemang sekarang dah reformasi,tetapi ini di pendidikan kok belum ada reformasi ya emoticon-Marahmasak dosen-dosen "gila" seperti itu masih ada emoticon-Marahuntuk menghindari hal tersebut pastikan sebelum mengambil mata kuliah,agan musti melakukan riset dulusiapa aja yang biasanya mengajar mata kuliah tersebut,semisal agan mengambil kelas Statistika kelas A,dan waktu agan masuk kelas A,ternyata dosen yang mengajar adalah dosen "gila"lebih baik agan mengambil kelas Statistika kelas yang (pastikan dulu) bukan diajar oleh dosen "gila" saya yakin dalam satu mata kuliah,tidak semua dosen "gila" gan emoticon-Smiliehanya beberapa yang stress dan gila emoticon-Ngakak********Insya Allah gan,kalau agan mengikuti 4 langkah tersebut,saya jamin IPK agan yang semula 2 koma,akan menjadi 3 koma emoticon-Smiliesemoga bermanfaat ya gan emoticon-SmilieShare ke FB dan Twitter kalau menurut agan,thread ini bermanfaat ya gan emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By nukon.goblok
faktor temen sih bisa gw bilang paling ngaruh pas kuliah. gw awal2 kuliah dapet temen yg suka maen game, trs ada anak2 jg yg suka dugem. klo ganti temen gw rasa susah ye, soalnya malah ntar ga kondusif ngampus lu, tar dikira sombong ato apalah. gw sendiri ga ganti temen ato ganti tongkrongan. cuman dari smt 3 kesono gw lebih ngatur waktu aje, klo waktunya kuliah ya kuliah, klo ada tugas lgsung gw beresin hari itu jg wlopun anak2 ngajak nge game. klo ada kuliah pagi, gw ga dugem malemnya. klopun mau dugem jg gw liat2 dulu jadwal kuliah bwt besoknya ato ga pastiin klo besoknya ga ada kelas baru gw berani dugem.

gw dulu jg ga pinter2 amat pas kuliah. cuman kelebihan gw dulu gw gampang nginget materi yg gw baca berulang2. jd trik gw klo pas mau ujian tuh malemnya ato beberapa jam sbelum ujian gw ulang2 aje baca materi2 yg pasti keluar pas ujian. alhasil nilai ujian gw rata2 gede, meskipun nilai tugas & absensi gw biasa2 aje.



Quote:

Twitter : @Mr_Bayu_SM


Blog






Quote:
Thread Saya yang lain di Kaskus:

Thread - Thread di Kaskus
Diubah oleh leeshemin
0
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.1K Anggota • 905.9K Threads
Halaman 52 dari 276
[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!
20-04-2012 11:01
intinya adalah rajin belajar
biar IPK cepat di perbaiki
0 0
0
[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!
20-04-2012 11:01
emoticon-Hiallinone01™ emoticon-Paw




intinya adalah rajin belajar
biar IPK cepett di perbaiki






[right]Copyright © 2012emoticon-Traveller[/right
0 0
0
[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!
20-04-2012 11:05
ijin nyimak gan??

taon depan kan gua kuliah?? emoticon-Big Grin
0 0
0
[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!
20-04-2012 11:08
yang pasti. kuliah yang rajin gan.. dan niat
0 0
0
[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!
20-04-2012 11:12
nice share gan..
ane juga dulu semester 1 IPK 2,4
semester 2 IPK 1,2
Semeseter 3 -10 IPK alhamdulillah 3,1

karena adanya motivasi belajar..
0 0
0
[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!
20-04-2012 13:07
bisa jadi bekal buat saya kuliah gan? kan bentar lagi saya kuliah?
0 0
0
[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!
20-04-2012 13:07
bisa jadi bekal buat saya kuliah gan? kan bentar lagi saya kuliah?
0 0
0
[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!
20-04-2012 13:38
bah masih pusing mengartikan istilah perkuliahan emoticon-Hammer2

padahal berapa bulan lagi gue jadi mahasiswa emoticon-Hammer2
0 0
0
[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!
20-04-2012 15:04
intinya adalah rajin belajar
biar IPK cepat di perbaiki
0 0
0
[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!
20-04-2012 15:11
Quote:Original Posted By adietpopeye
ane kuliah di UNS*I
jurusan sistem komputer..
hampir semua dosen gila gan...
ngasih nilai C.D.C.D
itu pukulan berat gan...
sakit ane.... emoticon-Berduka (S)

ane maw coba tips dari agan...


wiks..ujian berat itu..
tetep semangat y agan emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By torerot
nice share gan..
ane juga dulu semester 1 IPK 2,4
semester 2 IPK 1,2
Semeseter 3 -10 IPK alhamdulillah 3,1

karena adanya motivasi belajar..


sip..semoga bermanfaat ya gan emoticon-Smilie
0 0
0
[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!
20-04-2012 15:46
aku bakal baca trit ini terus! kalo perlu di print lah emoticon-Big Grin
0 0
0
[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!
20-04-2012 21:24
Quote:Original Posted By ukonkk
nice info gan terimakasih hehe
mudah-mudahan ipk ane juga naek


semoga gan! emoticon-Big Grin
0 0
0
[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!
20-04-2012 21:36
ijin booking ya gan. thx sharing experiencenya gan.. btw TSnya kuliah dimana?
0 0
0
[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!
20-04-2012 21:38
ijin booking ya gan? thx sharing experiencenya gan?? btw TSnya kuliah dimana?
0 0
0
[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!
20-04-2012 21:47
bener jg kata thread sater

dl wa gk ngelakuin hal itu c

ip wa NASAKOM (nasib satu koma) emoticon-Hammer (S)
0 0
0
[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!
20-04-2012 22:35
intinya adalah rajin belajar
biar IPK cepat di perbaiki
0 0
0
[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!
20-04-2012 23:20
intinya adalah rajin belajar
biar IPK cepat di perbaiki
0 0
0
[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!
20-04-2012 23:28
yang penting berangkat kuliah terus
pastinya Ipk bagus gan
0 0
0
[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!
20-04-2012 23:31
saya bakal baca trit ini terus? lok perlu di print lah emoticon-Big Grin
0 0
0
[SHARE] Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma gan!
20-04-2012 23:35
intinya adalah rajin belajar
biar IPK cepat di perbaiki
0 0
0
Halaman 52 dari 276
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia