Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
4361
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007382096/bikin-passport-online-itu-mudah-sebelum-pakai-calo-mending-baca-ini-dulu
Sekedar share pengalaman ane bikin passport secara online dan manual, siapa tau bermanfaat. Metode Online Scan semua dokumen pendukung untuk pendaftaran passport seperti: KTP, KK, Akte Lahir, Ijazah, Surat Nikah dan Surat Rekomendasi dari kantor. Jangan lupa disimpan dengan format JPG hitam putih dengan ukuran maksimal 300kb. Setelah itu buat surat permohonan pembuatan passport secara online denga
Lapor Hansip
10-03-2011 12:24

Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)

Sekedar share pengalaman ane bikin passport secara online dan manual, siapa tau bermanfaat.

Metode Online
  1. Scan semua dokumen pendukung untuk pendaftaran passport seperti: KTP, KK, Akte Lahir, Ijazah, Surat Nikah dan Surat Rekomendasi dari kantor. Jangan lupa disimpan dengan format JPG hitam putih dengan ukuran maksimal 300kb.
  2. Setelah itu buat surat permohonan pembuatan passport secara online dengan alamat websitenya adalah http://www.imigrasi.go.id/ kemudian masuk ke menu "Layanan Publik" - "Layanan Online" - "Layanan Passpor Online". Atau di http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/ .Surat permohonan ini dibuat minimal satu hari sebelum ke kantor imigrasi.
  3. Setelah semua formulir online diisi cetak Tanda Terima Pra Permohonan.
  4. Datang ke kantor imigrasi dengan membawa Tanda Terima Pra Permohonan tadi serta seluruh dokumen asli dan foto copynya seperti: KTP, KK, Akte Lahir, Ijazah, Surat Nikah dan Surat Rekomendasi dari kantor.
  5. Beli formulir pendaftaran passport baru. Klo diimigrasi Jakarta Utara formulir ini dijual di fotocopy sebelah kantor imigrasi, harganya Rp. 13.000,-.
  6. Antri dibagian pembuatan passport baru. Supaya cepat, sambil antri isi seluruh data diformulir yang baru dibeli tadi.
  7. Daftar dibagian informasi
  8. Tunggu nama dipanggil untuk verifikasi data.
  9. Verifikasi data, disini agan akan diminta formulir pendaftaran passpor, dokumen asli dan foto copy KTP, KK, Akte Lahir, Ijazah, Surat Nikah dan Surat Rekomendasi dari kantor. Jangan lupa tunjukan bukti Tanda Terima Pra Permohonan yang telah dibuat secara online tadi.
  10. Apabila data agan sudah OK agan akan diminta memfoto copy formulir yang sudah diverifikasi dan menyerahkannya kembali kepetugas imigrasi.
  11. Kemudian agan akan diminta antri kebagian kasir untuk melakukan pembayaran. Untuk passpor dengan 48 halaman harganya adalah Rp. 255.000,-.
  12. Setelah melakukan pembayaran agan akan disuruh antri lagi untuk mendapatkan bukti pembayaran dan nomor antri foto dan wawancara.
  13. Step berikutnya adalah foto dan wawancara. Klo wawancara OK, artinya passpor anda sudah disetujui. Agan akan diminta tanda tangan di passpor agan. Setelah itu petugas akan meminta agan untuk datang 4 hari kerja kemudian untuk mengambil passpor (Sabtu, Minggu dan hari libur nasional tidak dihitung) .
  14. H+4 agan datang diatas jam satu (ingat diatas jam 1). Langsung kebagian pengambilan passpor dengan menunjukan bukti pembayaran.
  15. Klo sudah jadi anda diminta memfoto copy halaman pertama dan terakhir passpor anda dan menyerahkannya kepada petugas.
  16. Passpor sudah jadi deh


Note:
Quote:
Sebenarnya cara ini ga 100% online, agan2 tetap harus ke kantor imigrasi untuk mengisi formulir, foto dan interview.



Metode Non Online

Sebenarnya hampir sama tapi bedanya agan tidak perlu melakukan step 1-3. Dan bedanya lagi setelah melakukan verifikasi data agan hanya akan diberi surat bukti pendaftaran dan agan akan diminta datang 4 hari kemudian untuk melakukan foto dan wawancara. Empat hari kemudian agan datang lagi ke kantor imigrasi untuk melakukan step 11 sampai dengan selesai. Intinya bedanya agan tidak dapat melakukan proses foto dan wawancara dihari yang sama. jadi secara waktu anda rugi 4 hari dibanding dengan yang bikin secara online.

Pengumuman Dirjen Imigrasi
Pengumuman


Tips:
  • Datanglah sepagi mungkin ke kantor imigrasi. Walaupun kantor buka jam 8 tapi yang antri sudah banyak.
  • Bawa bekal makanan/minuman takut kelaparan/kehausan saat antri.
  • Bawa uang secukupnya
  • Bikin passpor tanggal tua, soalnya klo tanggal tua yang bikin dikit.
  • Pakailah pakaian yang berkerah dan bukan bewarna putih.
  • Untuk yang menggunakan jilbab jangan menggunakan jilbab putih.
  • SAY NO TO CALO emoticon-Najis



Q & A
emoticon-Bingung (S)

  • Q : Biayanya bikin passpor brp ya?
  • A : Formulir = 13rb, Passport 48 Hal = 255rb, Passport 24 Hal = 105rb, e-Passport 48 Hal = 655 dan e-Passport 24 hal = 405rb.

  • Q : Kok harga passport turun sih?
  • A : Terhitung per 1 January 2011 biaya pengambilan sidik jari Rp.15.000,- dihilangkan.

  • Q : Emang kalo bikin lewat calo brp ya?
  • A : Sebagai gambaran untuk passport 48 hal biasa harganya 550rb, 1 hari 750rb (emoticon-Mad (S) gila banget nih calo!!!). Ini anda juga harus antri foto dan interview. Jadi sama aja kayak ga pakai calo. Klo gw sih ogah ngasih duit ke calo segitu, mending buat jalan2 deh..

  • Q : Katanya sekarang sudah pakai e-Passport ya?
  • A : e-Passport merupakan pengembangan passport konvensional yang ditanamkan sebuah chip didalamnya. Di Indonesia e-passport baru dilakukan uji coba dibeberapa kantor imigrasi tertentu seperti: Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat, Soekarno-Hatta dan Jakarta Pusat. e-Passport masih bersifat optional, jadi masyarakat masih bisa mengajukan passport konvensional sampai 2015. Karena setalah 2015 seluruh passport akan menggunakan chip (e-passport).

  • Q : KTP saya Bengkulu mau bikin passpor di Jakarta, boleh ga ya?
  • A : Boleh, asal syaratnya lengkap bikin atau perpanjang bisa diseluruh kantor imigrasi di Indonesia.


Sekian dulu share dari saya. Semua hal diatas saya tulis berdasarkan pengalaman saya dalam membuat passport baru di Kantor Imigrasi Jakarta Utara. emoticon-I Love Indonesia

Quote:
Boleh dong emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)



Quote:


Quote:
Dapet kiriman cendol emoticon-Blue Guy Cendol (S)
cendol


Quote:Original Posted By zakarta
Gw mau sharing pengalaman juga nih.
Susahnya pake metode online ini sering problem di sistemnya, kayaknya emang belum stabil ya?
Yang jelas gw udah 3 kali coba (di 3 hari yang berbeda, dalam 2 pekan yang berbeda), semuanya gagal. Mulai dari error page view sampe error milih tanggal dll. Padahal gw dah coba di 3 browser yang berbeda: chrome, firefox dan ie.
Apa salah koneksi gw ya? emoticon-Embarrassment
Yang jelas sepanjang gw menunggu, loket penerimaan online ada di samping loket manual, dan penjaga loketnya nganggur alias tidak ada kerjaan, mungkin karena emang gada yang dijadwalkan dateng hari itu karena error di sistem tadi ya? emoticon-Big Grin

Akhirnya gw menempuh cara manual, dan gw lakukan di Kantor Imigrasi 1 Jakarta Barat yang ada di daerah Kota, samping museum keramik, tetanggaan juga dengan kantor Pos Indonesia di Kota.

Yang gw lakukan:
1. Beli Map (di deket kantin di samping kantor) seharga IDR 7rb (beda dengan TS / Jakut yang seharga 13rb), dapet Map kuning dengan kop Imigrasi yang dalamnya ada daftar kelengkapan dokumen, ditambah cover passport.
2. Lengkapi kelengkapan dokumen: standard seperti info TS. Informasi tambahan kalo copy 1 dokumen mesti di 1 kertas A4, jadi walau KTP atau Passport bisa kecil, tapi kertasnya jangan dipotong, kasi aja 1 A4.
3. Minta Formulir di loket Customer care (ada di dalam kantor)
4. Dateng ke petugas yang ada di depan kantor imigrasi, dia akan membantu memeriksa kelengkapan dokumennya, jika sudah lengkap akan diberi nomor Antrian.
5. Masuk ke dalam kantor lagi dan menunggu di depan loket pengumpulan dokumen (sistemnya sudah pake antrian elektronik seperti di bank) emoticon-thumbsup:
6. Saat nomor antrian dipanggil kita mengumpulkan semua dokumen yang sudah diperiksa di point 4 tadi, dan mendapatkan tanda terima pengumpulan dokumen.
Jika elo mau mesen E-Passport, mesti disampaikan ke petugas yang menerima dokumen, kalau tidak maka diasumsikan elo mendaftar untuk passport 48hal biasa.
Tanda terima pengumpulan dokumen berisi informasi kapan kita harus datang lagi (tanggal dan jam), dan kalo elo pesan e-passport maka di-stempel tulisan "e-passport."
Selain itu kita juga diminta membawa semua dokumen asli pada kunjungan berikutnya.
Gw sendiri disuruh dateng 3 hari kemudian untuk wawancara dan foto.
7. Menunggu hari Jumat, mudah-mudahan gw bisa lanjutkan share di sini. emoticon-shakehand


Quote:

★ JUAL ANEKA PASHMINA CHIFFON, SILAHKAN MAMPIR emoticon-Smilie


Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)


Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)

Klik gambar diatas untuk lihat desain lainnya dan harganya emoticon-Smilie

Diubah oleh CahGedut
profile-picture
tata604 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 26 dari 219
Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)
17-04-2012 16:34
Quote:Original Posted By mallineshop
Setelah sukses bikin buat suami n anak, tadi bantuin bikin buat ortu saya..
Awalnya sih lancar sampe tinggal nunggu diwawancara..
Eh, abis itu karena mesti nganterin anak skul n udah nunggu buat bayar lumayan lama.. Saya ninggalin bapak saya buat foto n wawancara sendiri di kantor imigrasi..

Gak taunyaaaa.. Bapak saya nelepon, ngabarin kalo petugas wawancaranya bilang Bapak saya harus buat surat keterangan dari kelurahan buat ambil paspor, karena KTP Bapak saya (yang status berlakunya udah seumur hidup), masi bertuliskan Bapak saya karyawan swasta, sedangkan saya tulisnya bapak saya udah pensiun (dan emang begitu), jadi yah pasti ga ada surat2 sponsor perusahaan dll..

WHATTTT..???

Kalo ga ada surat keterangan dari kelurahan itu, paspor Bapak saya ga bisa diambil di loket biasa, ambilnya di petugas wawancaranya..

TANYA KENAPAAA..???

Menurut saya, ini salah satu contoh nyari kesempatan dalam kesempitan..
Perasaan saya ngurus paspor di kantor imigrasi, bukan di kantor pajak yang emang ngurusin sumber income seseorang...
Lagian, kalo perlu pun sebenarnya Bapak saya bisa nunjukin NPWP dia, bukti kalo dia selalu lapor tiap tahunnya..

Ini paspornya baru bisa jadi minggu depan dan rencananya kita tetep mo coba bikin surat keterangan pensiun itu, gak sudi rasanya ngasi uang buat petugas wawancara tersebut..

Bapak saya awalnya sempet kepikir mo ngasi duit aja tuh, karena udah cape ngantri setengah harian, masi kebentur kayak ginian.. Untung gak jadi..

Mohon pencerahan, emang bener yah mesti pake surat pensiun segala..
Kali aja, saya yang gak update..

Kalo emang gak perlu.. Yah, kejadian Bapak saya ini, contoh masih banyaknya petugas2 yang nyari kesempatan dalam kesempitan..
Maaf kalo kasar, kesel bener soalnya..

Waktu beberapa bulan yang lalu bikin buat suami n anak2 saya, lancar2 aja tuh, secara surat2nya udah lengkap semua n emang ga ada celah aja kali yah..


iya gan.. harus ada surat pensiunya. ane aja yg uda ga kerja tp di ktp n kk tertulis karyawan jadiin masalah.. aneh emang.. khan ga mungkin kita jd karyawan terus.. haha.. makanya itu yg jd celah untuk mempersulit. knp ga ada sosialisasi klo bikin passport jd org2 uda jelas n ga ada hal yg terlewatkan dlm pembuatannya.
0 0
0
Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)
18-04-2012 09:49
Quote:Original Posted By hadesjr
kalo pengambilan paspor itu bisa diwakilkan ga?
atau kalo mau diwakilkan harus bikin surat kuasa dulu?


^
^
^
Bisa diwakilkan dengan syarat surat kuasa (utk yg tidak dlm 1 KK) atau tanpa surat kuasa jika msh dlm 1 KK.
0 0
0
Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)
18-04-2012 12:59
Gan, mo nanya kalo surat pengantar dari kantor tujuannya ke imigrasi jaksel, terus karnea daftar onlen trnyta tanggal yang ada 25 juli 2012 kan masih lama tuh.. trus saia ganti imigrasi depok...
nah bermasalah ndak ya surat pengantarnya...

was -was nih jadi alasan mereka nolak n minta upeti
0 0
0
Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)
18-04-2012 14:21
Quote:Original Posted By Superde_GAN
Gan, mo nanya kalo surat pengantar dari kantor tujuannya ke imigrasi jaksel, terus karnea daftar onlen trnyta tanggal yang ada 25 juli 2012 kan masih lama tuh.. trus saia ganti imigrasi depok...
nah bermasalah ndak ya surat pengantarnya...

was -was nih jadi alasan mereka nolak n minta upeti


cari amannya lebih baik buat surat referensi yang kepadanya untuk imigrasi depok saja. kecuali administrasi kantor agan juga super rumit.

0 0
0
Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)
19-04-2012 14:18

Ada Indikasi di PERSULIT di KANIM II JEMBER

Siang agan2...Ane Mau sharing pengalaman ane buat Paspor VIA ONLINE di KANIM II Jember, Jatim, Tadi Pagi. sangat hangat bukan. dengan harapan lancar.amien.

Introduction:
Ane mahasiswa di Jember yang berasal dr Pemalang, Jateng, yang mau buat paspor di Jember. sebenarnya mau ngurusi di KANIM II PEMALANG tapi gak ada cukup waktu buat pulang.

Kamis, 18 APRIL 2012

Udah selesai scan KK, KTP dan IJASAH. dan kemarin ane daftar secara ON - LINE di web imigrasi. ane nentuin tanggal buat paspornya hari ini (19 APRIL).

19 APRIL 2012

Pagi dengan Semangat ane berangkat dari kontrakan jam 07. 00 WIB. sampai di Kantor imigrasi Jam 07.15 WIB gak ada orang yang ngantri gan (Asyik saya datang paling awal). sendirian ane di imigrasi gan. lum ada siapa2. terpaksa deh ane nunggu 1 jam lebih. karena saking semangatnya..emoticon-Traveller

Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)

Jam 08.05 loket antrian dan koperasi di buka, saya langsung beli formulir Rp. 20.000 (Sampul Paspor, formulir dan SURAT PERNYATAAN ORANG TUA).

Dialog ane dan petugas koperasi (P. Kop):

Ane :Pak beli formulir 1.
P. Kop : Udah nikah belum dek?
Ane : Belum Pak. emoticon-Bingung (S) , berapa harganya pak?
P. Kop : 20 Rb dek.
Ane : ha???udah naik ya pak??(Ane ngetes gan).
P. kop : udah dari dulu dek, nih dek jg lupa diiisi ya SURAT PERNYATAAN ORANG TUAnya.
Ane : lho pak, bukan nya klo udh diatas 17 Thn dan punya KTP gak usah pake surat itu.
P. Kop: Ini peraturan di imgrasi sini dek.
Ane: tapi temen2 saya (pengalaman kaskuser) gak beginian.
P.. Kop: iya dek, disini memang beda. saya tahu di luar sana gak pake. tapi saya ngikutinn atasan imigrasi ini. bapaknya tahu kalo buat disini tuh ga sesuai prosedur.
Ane: owwhh..ya udah pak, makasih.

dari awal ane udah merasa di persulit.hmm....buktinya teman2 kaskuser yg daftar Online, gak isi lagi formulirnya dan gak serepot ane. ane malah di suruh ngisi formulirnya padahal udah bilang online.

Jam 08.15 WIB

Ane ke loket antrian. ada 3 petugas wanita (di singkat PW), 1 PW yg ngelayanin ane lumayan cantik emoticon-Kiss, yg 2 PW gak ramah dan mukanya sok gtu dgn asyiknya minum kopi yg hangatemoticon-Najis

Ane: mbak saya udh daftar online mba, (nyerahin berkas ane).
PW: saya cek dulu mas berkasnya.
beberapa menit kemudian.
PW: mas ini diiisi dulu SURAT PERNYATAAN ORANG TUAnya.(ane sengaja gak diisi dlu gan, biar tau apa komentar dari petugas imigrasi.)
Ane: lho mba, bukannya klo udh punya KTP gak pke surat itu.
PW: mas nya sudah kimpoi? emoticon-Pasangan Smiley
Ane: Belum,
PW: makanya isi dulu SURAT PERNYATAAN ORANG TUAnya.
Ane: Maaf mba, ortu saya di jateng, gmn donk?
PW: punya saudara di jember?
Ane: punya mba, om saya kerja disini.
PW: ya gpp, isi PERNYATAAN ORANG TUA dari imigrasi dan masnya buat juga SURAT PERNYATAAN buat om masnya sebagai wali.ane di suruh balik lagi klo udh ada surat pernyataan buat wali.
Ane:JANC*******KKK...ribet bgt.

sebagai warga negara yg baik, ane patuhi peraturan yg ada emoticon-I Love Indonesia (S). akhirnya ane buat surat pernyataan buat om ane. trus ane minta ttd om ane dan balik lg ke kantor imgrasi.
setelah sampai disana di cek lagi.
PW: di cek...mana fotocopy KTP om nya dan mana materari buat surat pernyataanya.
Ane: OH MY GOD...lupa aneemoticon-Cape d... (dlm hati ane harus pke materai dan fotocopy ktp om nya ya mba????,,maaf ane gak tahu gan). di suruh balik lagi deh...hadeh...

ane minta fotocopy and beli materai deh, langsung cabut ke imigrasi lagi...dengan harapan gak di suruh balik lagi.

Ane: yg tadi mba
PW: di cek.........oh ya sudah silahkan tunggu di ruang tunggu. ini nomor antrean masnya.

ane dpt nomor antrean 15 gan.
ane masuk, dan liat layar antrean msh antri di n0.7 (jam menunjukkan pukul 10.00 pagi), dan ane tunggu...

jam 10.15,,tuh antrian msh di no. 7 gan..heran ane, gak ganti2. ane inisiatif tanya petugas loket 1 (PL1).

Ane: pak itu di loket 2 ko gak ada orangnya dan antriannya gak jalan msh di no.7 gak ganti2.
PL1: nunggu di panggil ya mas sesuai no. urutan.
ane: iya pak...ane duduk lagi gan dgn muka kesal.emoticon-Blue Guy Bata (L)

10.30, msh di antrian no.7....ane udh mulai emosi gan. lgsg ke PL1 lagi.

ane: pak ko belum ganti tuh antriannya?!
PL1: iya mas, mas duduk aja dulu. nunggu di panggil.
Ane: lho pak, itu opetugas loket 2 udh dtg lum pak?
PL1: udah dr td pagi mas...mungkin msh di panggil atasan,
Ae: hadeh..ya weslah nunggu dan tetap positif thnking...

sambil nunggu, ane perhatiin banyak orang berpakaian rapi dan ada tanda pengenal di dada kirinya. wah...mungkin itu biro, dalem hati ane.

tau gak gan, cuma ane aja yg bawa dokumen di ruang tunggu. yg lainnya duduk manis dan nunggu biro itu memanggilnya. dan pengurusan paspornya jg cepat bgt....enak bgt yah...hmmm.


jam 10.00 msh aja d antrean no.7...sabar..sabar...
barulah 10.05, petugas loket 2 (PL2) dateng...heh lama bgt bung...

Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)

antrean no.7,8,9,10,11,12,13,14 hore no. antrian 15,,,(dalem hati ane cepat bgt gan 7 no. antria hanya dalam 5 menit aja...padahal gak ada org yg ke loket 2. aneh ya... )emoticon-Bingung emoticon-Bingung emoticon-Bingung

barulah no. 15, ane ke loket 2 dgn sambutan yg menggerutu dan tampang sangat tidak ramah dari PL2.
ane serahin deh berkasnya.

ane: ini pak berkasnya.
PL2: di cek.....
beberapa menit kemudian, mas ini surat pernyataan kurang jelas.
ane: lho pak, bukannya udh jelas?
PL2: ortu km dmn?
Ane: di jateng pak.
PL2: owwh...ni kenapa surat pernyataanya knp di ketik mas, di tulis tangan aja cukup. (dlm hati ane, ni org jadul bgt). nih mas surat pernyataanya di benerin dulu trus balik kesini lagi yah...

ane udh mulai kesel ga, di suruh balik lg...untung kontrakan ane ckp dkt. cuma 15 menit.
ya sudahla, ane buat lagi dgn di tulis tangan dan mulai benerin surat pernyataaannya.

clear masalah surat pernyataan, ane blk lg k imigrasi.
ane: ini pak surat pernytaanya...
PL2: di cek lagi...
beberapa ment kemudian,,,ya sudah dek...eng ing eng. di liat lagi tanda tangan om ane beda dgn yg di KTP. OH MY GOD....emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)

mulailah percekcokan ane dgn PL2,
PL2: dek, ini ttd om km beda dgn yg d KTP.
ane: saya gak tahu pak...itu ttd om ane ko pak..
PL2: tp gak boleh dek ttd berbeda itu...
ane: saya gak tahu pak, emang kyk gitu ko ttd om ane. (NADA TINGGI)
ak gak boong ko pak,,,
kata mbaknya di loket antrian jg gpp ko pak.

"SEMUA ORANG di ruang tunggu dan Petugas lainnya PERHATIIN ANE MA PL2 yg menyebalkan."

PL2: SAYA YANG NENTUIN KM DAPET PASPOR ATAU GAK, KLO DOKUMENYA SALAH SIAPA YANG TANGGUNG JAWAB.
ane: ya wes lah pak, saya minta maaf....ak balik lg minta ttd om aku..

jam 11.00 WIB
minta ttd sesuai ktp, dan ane langsung ke imigrasi lagi.

ane: maaf pak ini suratnya.
PL2: iya dek,
ane: habis ini foto dan wawancra ya pak?
PL2: GAK dek,,nunggu 3 hari lagi hari kerja adek kesini lagi buat foto dan wawancara. nah karena adek online, maka lebih cepat. jdai gak nyampe 3 hari, cukup nunggu 2 hari aja. dan nanti adek nunggu SMS dari kami ya. soalnya yg sms kan komputer.
ane: lho, berdsarkan pengalaman tmen ane (pengalaman kaskuser) klo online bisa foto dan wawancara hari ini juga?
PL2: klo online di waru (surabaya) mungkin bisa dek,,tapi disini beda.
hanya KANIM yg eksklusif aja yg bs, klo di jember kan kelas II. jadi jelas beda dek...
ane: oowwh..ya sudah pak. dengan muka lemes gak dapt hasil apa2.

trus ane di kasih surat TANDA PERMOHONAN PASPOR LEWAT KOTAK PERMOHONAN buat foto dan wawancara 3 hari lagi (senin luSA).

Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)

sumpah gan ane capek, dan nggak nyangka tiap kantor imigrasi perturannya berbeda2.

MOHON BIMBINGAN, ANE SEDANG BUAT PASPOR....

APAKAH BIRO ITU GAN,?? ko ngurusnya cepet bgt yaakkk...bisa komunikasi dgn baik dan masuk2 dan bicara 4 mata dgn petugas,

APAKAH BIRO ITU CALO YANG RESMI GAN??!emoticon-Peace

BANTU ANE YA GAN,,SUMPAH ANE TRAUMA GAN..mondar mandri melulu. gak sesuai dgn pengalaman agan2 di trit ini.
0 0
0
Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)
19-04-2012 14:19

Ada Indikasi di PERSULIT di KANIM II JEMBER

hari ini ane ke imigrasi buat bayar + foto dan wawancara.

Alhamdulillah doa semalem supaya tidak di persulit lagi di kabulkan juga.

23 April 2012

08. 30 ane ke imigrasi tanya ke loket antri dan di kasih antri no. 21.

09. 15 ane bayar.
09.30 ane nunggu di panggil dan di kasih kwitansi
09. 45 ane ke ruang foto dan nunggu
10.15 ane foto
11.15 ane wawancara.

selesai dah..doa semalem terabul.

hari jumat ambil deh paspor ane.

world....here i came...emoticon-Big Grin


kesimpulannya:
1. tiap imgrasi sama peraturan, beda pelaksanaan.
2. ane habis cuma 275 total keseluruhan.
3. 99,99 % masyarakat yg buat imigrasi disini di persulit. baik yan pake biro atau yg ngurus sendiri.

biro aja di persulit apalagi ane yg ngurus sendiri...:capede:

4. sabar..sabar...sabar...
0 0
0
Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)
19-04-2012 20:32
Quote:Original Posted By mallineshop
Haduh telat bacanya, berarti semua yang nganggur ato pensiun harus pake surat.. ck ck.. macem-macem aja..


Quote:Original Posted By juliusdays
uda itu mulai cari2 kesalahan, ane uda ga kerja, tp di ktp n kk ditulis karyawan. petugas minta mana surat sponsor dari kantor.. jah ane ga tau harus ada gituan. mulai aksinya.. "mau dibantu ga? biar ga pending nih" katanya... lalu ane minta permisi bentar buat ambil ke rumah, dtg lg jam 11:55 petugasnya manyun n ngdumel uda jam istirahat nih.. aneh pura2 ga denger aja.. toh masih ada 5 menit kq.. hahaha
akhirnya diminta dtg lg tgl 12 april ane antri buat ambil passport.. selesai deh.. emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By juliusdays
iya gan.. harus ada surat pensiunya. ane aja yg uda ga kerja tp di ktp n kk tertulis karyawan jadiin masalah.. aneh emang.. khan ga mungkin kita jd karyawan terus.. haha.. makanya itu yg jd celah untuk mempersulit. knp ga ada sosialisasi klo bikin passport jd org2 uda jelas n ga ada hal yg terlewatkan dlm pembuatannya.


Padahal di persyaratan permohonan paspor cuma disebutkan:

Quote:Rekomendasi tertulis dari atasan atau pimpinan bagi mereka yang bekerja sebagai PNS, karyawan BUMN, TNI/Polri atau Karyawan Swasta


Tidak pernah disebutkan:

Quote:Surat PHK atau Surat Sedang Menganggur atau Surat Keterangan Pensiun bagi mereka yang sedang tidak bekerja.


emoticon-Cape d...
0 0
0
Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)
24-04-2012 10:16
numpang tanya gan,,,
kalo bikin pasport 1hari jadi bisa ga?
kaka ane harus ke singapura mendadak, cuman ada waktu 2 hari nih buat bikin pasport, bisa ga yah?
0 0
0
Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)
24-04-2012 11:48
Quote:Original Posted By okasa
numpang tanya gan,,,
kalo bikin pasport 1hari jadi bisa ga?
kaka ane harus ke singapura mendadak, cuman ada waktu 2 hari nih buat bikin pasport, bisa ga yah?


bisa gan.. coba kontak ke biro jasa di travel.. harganya bisa diatas 1.1jt.. dgn bukti tiket berangkat
0 0
0
Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)
24-04-2012 11:53
Quote:Original Posted By freddyth
bisa gan.. coba kontak ke biro jasa di travel.. harganya bisa diatas 1.1jt.. dgn bukti tiket berangkat


boleh minta rekomendasi ke travel mana gan? maaf ane nubie banget soalnya masalah ginian emoticon-Hammer
posisi ane di bandung,
0 0
0
Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)
24-04-2012 12:23
Quote:Original Posted By Superde_GAN
Gan, mo nanya kalo surat pengantar dari kantor tujuannya ke imigrasi jaksel, terus karnea daftar onlen trnyta tanggal yang ada 25 juli 2012 kan masih lama tuh.. trus saia ganti imigrasi depok...
nah bermasalah ndak ya surat pengantarnya...

was -was nih jadi alasan mereka nolak n minta upeti


Bisa gan
daftar ulang lg aja online
yg lama abaikan
krn daftar online itu yg dtg br diproses lbh lanjut

Quote:Original Posted By seriburupiah
Padahal di persyaratan permohonan paspor cuma disebutkan:



Tidak pernah disebutkan:



emoticon-Cape d...



emang kdg yg ga disebutin suka diminta aneh2
pdhal sdh jelas di papan syaratnya apa ja
beda kanim beda rule
tergantung kepalanya mau buat aturan

Quote:Original Posted By okasa
numpang tanya gan,,,
kalo bikin pasport 1hari jadi bisa ga?
kaka ane harus ke singapura mendadak, cuman ada waktu 2 hari nih buat bikin pasport, bisa ga yah?


Quote:Original Posted By okasa
boleh minta rekomendasi ke travel mana gan? maaf ane nubie banget soalnya masalah ginian emoticon-Hammer
posisi ane di bandung,


bisa gan
dtg aja ke travel agent gede misal panorama,dwidaya,bayu buana,dkk itulah
asal dokumen lengkap smua si bs gan cpt
hr ini buat sore jadi bs koq
asal siap dananya aja
0 0
0
Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)
24-04-2012 12:33
Quote:Original Posted By saintx7
Bisa gan
bisa gan
dtg aja ke travel agent gede misal panorama,dwidaya,bayu buana,dkk itulah
asal dokumen lengkap smua si bs gan cpt
hr ini buat sore jadi bs koq
asal siap dananya aja


sip, emoticon-Ngacir
makasih banget gan masukannya emoticon-Shakehand2
0 0
0
Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)
25-04-2012 16:40
numpang nanya agan-agan emoticon-Big Grin
ane mau nonton bola sekitar juli akhir di malaysia, ane disana skitar 3 harian aja
bikinnya yang 48 apa yang 24?
0 0
0
Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)
25-04-2012 18:00
Quote:Original Posted By night.drive
numpang nanya agan-agan emoticon-Big Grin
ane mau nonton bola sekitar juli akhir di malaysia, ane disana skitar 3 harian aja
bikinnya yang 48 apa yang 24?



Quote:Original Posted By qzxvwy
kalau yang 24 halaman HANYA untuk TKI, kalau agan walaupun cuma 1 kali pakai aja, tetep harus yang 48 halaman.
0 0
0
Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)
25-04-2012 18:20
Quote:Original Posted By night.drive
numpang nanya agan-agan emoticon-Big Grin
ane mau nonton bola sekitar juli akhir di malaysia, ane disana skitar 3 harian aja
bikinnya yang 48 apa yang 24?


utk kita uda ga bs 24
24 tuh setau ane buat TKI
kecuali agan kesana sekalian mau jd TKI
hahaha emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)
25-04-2012 20:16
Gan, Mau tanya, ane kan kerja sama paman nih di toko, dan utk di ktp sendiri di tulis blm bekerja... kira" bakal di persulit waktu wawancara nya ? biasa nya utk wawancara apa saja yg di tanyain ???
ane rencana mau buat sendiri, tapi setelah baca" pengalaman agan" sekalian, jadi mikir nih misal nya bakal di 'dikerjain' sama petugas nya. ada yg pernah kasi duit pelicin ke petugas nya ??? kalo ada brp ???

Terima Kasih Gan emoticon-2 Jempol
0 0
0
Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)
25-04-2012 20:22
Quote:Original Posted By sienphing
Gan, Mau tanya, ane kan kerja sama paman nih di toko, dan utk di ktp sendiri di tulis blm bekerja... kira" bakal di persulit waktu wawancara nya ? biasa nya utk wawancara apa saja yg di tanyain ???
ane rencana mau buat sendiri, tapi setelah baca" pengalaman agan" sekalian, jadi mikir nih misal nya bakal di 'dikerjain' sama petugas nya. ada yg pernah kasi duit pelicin ke petugas nya ??? kalo ada brp ???

Terima Kasih Gan emoticon-2 Jempol


kl jkt si ga terlalu susah koq
yg ptg syarat terpenuhi
kl uda kerja hrs ada surat refrensi dr ktr gan
ga akan ada mslh
0 0
0
Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)
25-04-2012 20:53
Quote:Original Posted By saintx7
kl jkt si ga terlalu susah koq
yg ptg syarat terpenuhi
kl uda kerja hrs ada surat refrensi dr ktr gan
ga akan ada mslh


Ane bukan kerja kantoran gan, cuma di toko doank bantu paman emoticon-Malu
harus ada surat refrensi jg ? btw thx gan
0 0
0
Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)
25-04-2012 21:23
Quote:Original Posted By sienphing
Gan, Mau tanya, ane kan kerja sama paman nih di toko, dan utk di ktp sendiri di tulis blm bekerja... kira" bakal di persulit waktu wawancara nya ?


Soal status bekerja/tidak bekerja, ditanyakan di loket penyerahan dokumen. Kalau agan tidak isi bagian pekerjaan di formulir pendaftaran dan di KTP tertulis "Belum Bekerja", mustinya gak masalah.

Kecuali seperti kasus ane, ane gak isi bagian pekerjaan di formulir tapi di KTP tertulis pekerjaan "Karyawan" dengan alasan sedang tidak bekerja, ane diminta buktinya seperti Surat PHK atau Surat Referensi yg diperoleh waktu berhenti bekerja di perusahaan sebelumnya.

Tapi kalau agan mau jujur 100%, mau isi jenis pekerjaan di formulir, agan bikin aja Surat Keterangan yg ditanda tangan oleh pemilik toko.

Quote:biasa nya utk wawancara apa saja yg di tanyain ???
ane rencana mau buat sendiri, tapi setelah baca" pengalaman agan" sekalian, jadi mikir nih misal nya bakal di 'dikerjain' sama petugas nya.


Pertanyaan pertama "Mau kemana?" atau "Buat apa bikin paspor"? Setelah itu mereka memverifikasi data di dokumen.

Petugas di bagian interview setelah foto lebih teliti dan bawel daripada petugas di loket penyerahan dokumen. Kalau ada data yg gak sinkron di dokumen seperti nama yg berbeda, alamat yg berbeda, pasti ente ditekan sama dia. Mendingan agan pastikan semua data di dokumen sinkron satu sama lain.

Quote:ada yg pernah kasi duit pelicin ke petugas nya ??? kalo ada brp ???

Terima Kasih Gan emoticon-2 Jempol


Ini pengalaman temen ane yg bikin paspor pake biro jasa di Kanim 1 Soekarno-Hatta. Dia cerita pas giliran dia interview ada orang yg lupa bawa salah satu dokumen asli (mungkin ini orang yg daftar regular), petugasnya ngomong "Ini dokumen asli gak lengkap, kasih saya seratus ribu aja daripada musti balik lagi"
0 0
0
Bikin Passport (Online) itu mudah..!!! (Sebelum pakai CALO mending baca ini dulu!!!)
25-04-2012 21:30
Quote:Original Posted By seriburupiah
Soal status bekerja/tidak bekerja, ditanyakan di loket penyerahan dokumen. Kalau agan tidak isi bagian pekerjaan di formulir pendaftaran dan di KTP tertulis "Belum Bekerja", mustinya gak masalah.

Kecuali seperti kasus ane, ane gak isi bagian pekerjaan di formulir tapi di KTP tertulis pekerjaan "Karyawan" dengan alasan sedang tidak bekerja, ane diminta buktinya seperti Surat PHK atau Surat Referensi yg diperoleh waktu berhenti bekerja di perusahaan sebelumnya.

Tapi kalau agan mau jujur 100%, mau isi jenis pekerjaan di formulir, agan bikin aja Surat Keterangan yg ditanda tangan oleh pemilik toko.



Pertanyaan pertama "Mau kemana?" atau "Buat apa bikin paspor"? Setelah itu mereka memverifikasi data di dokumen.

Petugas di bagian interview setelah foto lebih teliti dan bawel daripada petugas di loket penyerahan dokumen. Kalau ada data yg gak sinkron di dokumen seperti nama yg berbeda, alamat yg berbeda, pasti ente ditekan sama dia. Mendingan agan pastikan semua data di dokumen sinkron satu sama lain.



Ini pengalaman temen ane yg bikin paspor pake biro jasa di Kanim 1 Soekarno-Hatta. Dia cerita pas giliran dia interview ada orang yg lupa bawa salah satu dokumen asli (mungkin ini orang yg daftar regular), petugasnya ngomong "Ini dokumen asli gak lengkap, kasih saya seratus ribu aja daripada musti balik lagi"


wah lengkap sekali gan penjelasannya, terima kasih banyak buat info nya.

emoticon-Shakehand2
0 0
0
Halaman 26 dari 219
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Cerita Pejalan Domestik
Selera Nusantara (Indonesian Food)
jajanan-ciri-khas-sunda-asli-gansist-harus-coba
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia