Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
642
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011565335/kisah-selebritas-lingkungan
:matabelo Makasih banget Mimin,, Momod.. n' All Kaskuser :matabelo ini HT pertama ane :matabelo No Repsol !! :repost2... Ane Cuma mau kasih tau aja gan, ternyata Pemerintah ga diam aja dengan apa yang akan terjadi kalo bumi terus di KACAUin.. :takut Dan Pemerintah kita juga menggunakan Selebritas² Indonesia untuk mengkampanyekan Bahaya Global warming.. Penggunaan figur publik untuk mengkampa
Lapor Hansip
21-11-2011 03:00

Kisah Selebritas Lingkungan

emoticon-Matabelo Makasih banget Mimin,, Momod.. n' All Kaskuser emoticon-Matabelo ini HT pertama ane emoticon-Matabelo

Hot Thread


Kisah Selebritas Lingkungan
Quote:No Repsol !! emoticon-Purple Repost...
Ane Cuma mau kasih tau aja gan, ternyata Pemerintah ga diam aja dengan apa yang akan terjadi kalo bumi terus di KACAUin.. emoticon-Takut
Dan Pemerintah kita juga menggunakan Selebritas² Indonesia untuk mengkampanyekan Bahaya Global warming..
Quote:
Penggunaan figur publik untuk mengkampanyekan sesuatu sudah lazim dilakukan di berbagai bidang. Ada yang ditasbihkan sebagai duta kesehatan, lingkungan, maupun duta lainnya. Khusus di bidang lingkungan, ada puluhan bahkan mungkin seratusan selebritas yang memainkan peran duta. Sebagai panutan, ucap, sikap, dan perilaku, mereka diharapkan dapat mempengaruhi dan ditiru khalayak luas.

Karena itu, idealnya tentu mereka dipilih karena memang memiliki karakter yang kuat serta kredibilitas dan integritas tinggi. Tapi tak sedikit duta dari kalangan selebritas yang sepertinya ditunjuk cuma berdasarkan popularitas atau sekadar latah.
Akibatnya, komitmen dan kiprahnya nyaris hanya terdengar saat penobatan, lalu senyap selamanya. Lebih parah, jika ada pesohor yang menunggangi posisinya sebagai duta hanya untuk portofolio pribadi. Cilaka! emoticon-Marah
Kisah Selebritas Lingkungan


Pertama adalah SLANK
Quote:Lirik demi lirik lagu Orkes Sakit Hati dilantunkan oleh Kaka "Slank", 37 tahun. Pria bernama lengkap Akhadi Wira Satriaji itu lantas menaiki tumpukan kotak pengeras suara di atas panggung dan berlenggak-lenggok menirukan gerakan komodo. "Gimana sih jogetnya komodo?"teriak Kaka. Ratusan pengunjung di Rolling Stone Cafe, Jakarta Selatan, Senin pekan lalu, langsung histeris melihat aksi Kaka itu.

SLANK


Kelompok musik Slank memang menjadi primadona pergelaran yang dinamai Konser Pilih Komodo itu. Ada 20 musisi dan grup musik yang terlibat, di antaranya Gugun Blues Shelter, Audy, Ada Band, Alexa, Ring of Fire, dan Fadly "Padi". Abdee Negara, gitaris Slank, menjadi salah satu penggagas acara yang disiapkan hanya dalam tujuh hari itu.

Perhelatan itu demi menyukseskan Taman Nasional Pulau Komodo menjadi Tujuh Keajaiban Dunia Baru versi Yayasan New7Wonders, yang bermarkas di Swiss. Melalui konser musik ini diharapkan makin banyak orang yang mendukung Pulau Komodo dalam pemungutan suara via pesan pendek (SMS) telepon seluler sebelum ditutup pada empat hari kemudian (11 November 2011).

Slank didaulat oleh Pendukung Pemenangan Komodo sebagai Duta komodo bersama Jusuf Kalla, kelompok musik RAN, dan Fadly. Menurut Emmy Hafild, Ketua Pendukung Pemenangan Komodo, figur publik seperti Jusuf Kalla dan beberapa musisi, termasuk Slank, dinilai bisa menjadi daya tarik penggalangan dukungan.

Betapa tidak. Ketua Pendukung Pemenangan Komodo Emmy Hafilds memberi contoh dampak keterlibatan Jusuf Kalla yang sangat signifikan sejak bergabung pada 30 September 2011. Jumlah dukungan yang sebelumnya hanya ratusan dukungan per hari melonjak menjadi ratusan ribu tiap hari. "Kami menumpang ketenaran beliau," ujar Emmy dalam jumpa pers di Palang Merah Indonesia Pusat, 4 November lalu.

Sementara itu, Bimbim, penabuh drum Slank, menganggap ajakan untuk menggalang dukungan bagi Pulau Komodo sebagai sesuatu yang seru. "Setidaknya Indonesia bisa bersatu mendukung komodo,emoticon-I Love Indonesia (S)" kata Bimbim saat ditemui Kamis pekan lalu.

"Orang Indonesia saja banyak yang belum tahu. Enggak menang enggak apa-apa karena efeknya besar, masyarakat jadi tahu," ujar musikus bernama asli Bimo Setiawan Almachzumi ini.

Bukan kali ini saja Slank berpartisipasi dalam kegiatan bertema lingkungan hidup atau dinobatkan sebagai duta lingkungan. Setidaknya, sejak 2006, mereka telah menjadi "Duta Indonesia Hijau" dari Kementerian Lingkungan Hidup. Duta Indonesia Hijau memfokuskan perhatiannya untuk mengajak masyarakat luas melakukan konservasi dan mengembalikan fungsi lingkungan hidup.
SLANK

Slank memulainya dari lingkup sendiri, yakni para penggemarnya, yang dikenal dengan sebutan Slankers. "Kami mengajak menjaga lingkungan hidup melalui lagu dan jejaring sosial Twitter. Sangat efektif karena Slankers tersebar hampir di semua kabupaten-kota di Indonesia," kata Bimbim.

Slank juga kerap bekerja sama dengan lembaga peduli lingkungan, seperti Pro Fauna dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi). "Kami kadang meminta Pro Fauna dan Walhi memberikan penyuluhan kepada fans tentang lingkungan," ujar pentolan Slank ini.
slank



Selain Slank, yang termasuk Duta Indonesia Hijau di antaranya Angelina Sondakh, Nugie, Paramitha Rusady, dan Titi Kamal. Selebritas lainnya menjadi "juru bicara" untuk aspek pelestarian lingkungan atau "Duta Kelestarian Lingkungan". Mereka Ebiet G. Ade, Lula Kamal, Dewi Sandra, dan Mona Ratuliu yang bertugas menyebarkan informasi yang mudah dicerna tentang kesadaran akan keseimbangan antara ruang hijau terbuka dan kawasan permukiman.

Quote:Ada juga Duta Penataan Hukum Lingkungan, yang memusatkan perhatian pada penegakan hukum terhadap lingkungan melalui karya-karyanya, seperti yang dilakukan budayawan Radhar Panca Dahana. Duta Penataan Hukum Lingkungan lainnya adalah penyiar televisi Rahma Sarita,penyanyi Iga Mawarni, serta artis Wanda Hamidah dan Marissa Haque.


Tercatat pada 2007, ada 100-an figur publik yang menjadi duta lingkungan hidup dari Kementerian Lingkungan Hidup. Ketika Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim, mereka ikut berperan mengkampanyekan isu perubahan iklim.

Para selebritas itu dilibatkan, menurut Henri Bastaman, Deputi VII Menteri Lingkungan Hidup, lantaran mereka sangat komunikatif terhadap khalayaknya. "Mereka mampu menyampaikan pesan dengan bahasa yang tidak terpikirkan oleh kami yang berpuluh-puluh tahun berkecimpung dalam masalah ini," ujarnya.

Quote:Henri memberi contoh Dessy Ratnasarisebagai Duta Insan Berwawasan Lingkungan. Dessy menjelaskan kepada ibu-ibu betapa pentingnya mengkonservasi air tanah. "Coba ibu-ibu pikir, siapa yang paling susah kalau di kawasan ini sulit mendapatkan air? Kan, kaum perempuan kayak kita ini juga. Kalau enggak bisa cebok, enggak bisa mandi, gimana?" kata Henri menirukan ucapan Dessy yang menyentuh ibu-ibu kala itu.
Dessy


Meski mengerahkan puluhan selebritas, Kementerian Lingkungan Hidup tidak mengeluarkan anggaran khusus. Menurut Henri, semuanya melalui pendekatan pertemanan. "Dengan persuasif mengajak dan menyentuh agar mereka terlibat," ia menjelaskan. "Semuanya pro bono, mereka hanya diberi panggung," Henri menambahkan.

Quote:Oppie Andaresta misalnya, yang kini tengah menggarap buku cerita dan lagu anak bertema lingkungan hidup. "Penggarapan buku dan CD sudah 70 persen. Ada sekitar delapan lagu ciptaan saya sendiri," kata penyanyi yang terkenal lewat hit Cuma Khayalan ini.

Oppie, yang bersama Ian Kasela, vokalis grup band Radja, ditunjuk Kementerian Lingkungan Hidup sebagai Duta Lingkungan Hidup pada Juni lalu, mengaku sampai sekarang belum mendapat bantuan dana dari Kementerian. Baginya, itu bukan kendala. "Prinsip saya, sekali bekerja, ya, dikerjakan saja meski dengan tenaga dan biaya sendiri," ujarnya.

oppie


Hal lain yang dikeluhkan Oppie adalah tidak adanya program yang ditugaskan Kementerian kepadanya sejak ditunjuk menjadi duta. Ia mengaku berinisiatif mendatangi pejabat Kementerian untuk menanyakan tanggung jawab serta apa yang bisa disinergikan dengan program Kementerian.


Hal itu dibenarkan Henri karena sifat dari kegiatan ini yang sporadis. Setiap duta lingkungan berperan di arenanya masing-masing. Tidak ada agenda dan target tertentu yang dicanangkan. "Mereka membantu kegiatan kami. Kalau mereka membuat kegiatan sendiri, misalnya donasi pohon, kami akan memfasilitasi," ujar Henri.

Karena mengandalkan kegiatan sporadis, banyak juga duta lingkungan yang sekadar numpang lewat. Sekali muncul, lalu tak ketahuan lagi perannya. Apalagi popularitas seorang selebritas juga ada pasang-surutnya.

Kisah Selebritas Lingkungan
Kisah Selebritas Lingkungan
profile-picture
anasabila memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 19 dari 33
Kisah Selebritas Lingkungan
08-04-2012 22:37
bkn cma artis
tp qta semua hrs peduli lingkungan
trbukti alam udah g bersahabat nih..klo panas panassss bgt..
klo ujan mpe banjirrrr emoticon-Takut (S)
0 0
0
Kisah Selebritas Lingkungan
08-04-2012 22:39
Salut gan buat artis kayak mereka
Nice info emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup
0 0
0
Kisah Selebritas Lingkungan
08-04-2012 22:40
Wah, ini sLankers yg cinta Lingkungan ya ternyata ??
emoticon-Smilie

nice info Gan..

0 0
0
Kisah Selebritas Lingkungan
08-04-2012 22:44
menarik gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Kisah Selebritas Lingkungan
08-04-2012 22:58
Nice gan.. mesti banyak orang yang sadar lingkungan nih, sayang ama bumi dan isi2nya emoticon-Smilie
0 0
0
Kisah Selebritas Lingkungan
08-04-2012 23:00
Nice gan.. mesti banyak orang yang sadar lingkungan nih, sayang ama bumi dan isinya emoticon-Smilie
0 0
0
Kisah Selebritas Lingkungan
08-04-2012 23:02
wuih panjang amiirr gan,ternyata banyak juga artis yang peduli lingkungan ya
0 0
0
Kisah Selebritas Lingkungan
08-04-2012 23:03
go greeen biar dunia bisa adem kembali
0 0
0
Kisah Selebritas Lingkungan
08-04-2012 23:09
Tanam-tanam-tanam kita menanam,tanam pohon kehidupan,kita tanam masa depan..jgn lupa disiram apa yg sdh kita tanam...
0 0
0
Kisah Selebritas Lingkungan
08-04-2012 23:19
ada lagi tuh gan aktivis greenpeace ane lupa namanya pokoknya cewe doi model emoticon-Malu
0 0
0
Kisah Selebritas Lingkungan
08-04-2012 23:27
Gak cma para artis aja gan, kita smua juga msti peduli jg pda lingkungan emoticon-Smilie
0 0
0
Kisah Selebritas Lingkungan
08-04-2012 23:28
Nice post gan emoticon-thumbsup
Ane se7
Pake artis juga bagus, mereka sudah punya massa
Lebi bagus lagi jika kesadaran go green ditanamkan sejak kecil melalui sistem pendidikan kita emoticon-Peace
0 0
0
Kisah Selebritas Lingkungan
08-04-2012 23:32
kaka sumpah keren abis emoticon-Ngakak
0 0
0
Kisah Selebritas Lingkungan
08-04-2012 23:35
nice share gan...

ane juga pemerhati lingkungan, sayang bukan selebritis..... emoticon-Hammer2
0 0
0
Kisah Selebritas Lingkungan
08-04-2012 23:41
perduli lingkungan harus dari diri kita sendiri gan awal nya emoticon-2 Jempol
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh
Kisah Selebritas Lingkungan
08-04-2012 23:49
jangan hanya para artis saja gan yang cinta lingkungan, kta jga harus bergegas merawat lingkngan kita dengan baik,
supaya indonesia kedepan'a bsa lebih baik .emoticon-Shakehand2emoticon-Recommended Seller
nice shar info'a gan ^_^ emoticon-Shakehand2emoticon-Recommended Seller emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0 0
0
Kisah Selebritas Lingkungan
08-04-2012 23:50
manyan nmbah pengetahuan ane gan emoticon-Big Grin



=====================================================
Using Siggy cos too Lazy
0 0
0
Kisah Selebritas Lingkungan
08-04-2012 23:52
susah nih dengan watak org indo yg masih kurang sadar akan lingkungan, bakal dikampanye spt apapun jg ga diperhatikan....
buktinya sampah di jakarta aja masih jd masalah
0 0
0
Kisah Selebritas Lingkungan
08-04-2012 23:53
Sip,,,Menghijaukan bumi dengan apa yang sekarang kita miliki,,,emoticon-Rate 5 Star

emoticon-2 JempolNITIP LAPAK GANemoticon-2 Jempol

Kisah Selebritas Lingkungan

1. 7 Senjata Unik Ninja
2. Pengalaman Unik Memakai Kaskus Beta
3. Undangan Invite Kaskus Beta
0 0
0
Halaman 19 dari 33
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia