• Beranda
  • ...
  • Mancanegara
  • [Discovery!] Hong Kong in 3 Days as FLASHPACKER (Detail Review, Cost & Conclusion)

NevasAvatar border
TS
Nevas
[Discovery!] Hong Kong in 3 Days as FLASHPACKER (Detail Review, Cost & Conclusion)
Quote:







Overview
Hong Kong, The Pearl of the Orient
One of two special administrative regions (SARs) of the People's Republic of China (PRC), one of the most densely populated areas in the world, and 2nd best tourism place in the Asia-Pasific 2010 (after China)

Kita pergi kesana di antara musim dingin dan semi. Suhu rata2 10-13 degree C. Keuntungan kita jalan ga keringetan dan badan ga kerasa cape. Kerugiannya kabut menghalangi pemandangan, sering hujan, dan pas lagi titik rendah dinginnya menusuk (kerasa bgt pas pagi2 di daerah tinggi)

Kalo kalian mau pergi ksini pastikan cek musim, krn HK punya 4 musim dari dingin sampe panas (jgn sampe salah kostum emoticon-Stick Out Tongue). Juga cek perkiraan cuaca, kondisi kita adalah 2 hari cerah dan 2 hari hujan jadi kita alokasi kan 2 hari cerah untuk 'Outdoor Travel' dan 2 hari berikutnya untuk 'Indoor Travel and Shopping'. So pastikan kalian atur strategi sebaik2nya emoticon-Big Grin.

Ada 3 Pulau Utama di HongKong berdasarkan jarak dari Airport yaitu:
- Lantau Island (pulau paling dekat dengan HK International Airport)
- Kowloon (disebelah timur Lantau)
- Hong Kong Island (dibawah Kowloon)


Untuk Schedule + Cost secara mendetail bisa liat dibawah:
https://spreadsheets.google.com/ccc?...CJ_ry_wK#gid=0
Tapi saya sarankan sebelum membuka itinerary diatas, agar melihat2 dahulu foto2 beserta sedikit penjelasannya di album ini untuk mendapat gambaran lebih jelas dan history yang utuh emoticon-Big Grin





Hong Kong International Airport
The NUMBER ONE airport in the World (2011)
The busiest airport by cargo traffic in the World (2010)

Spoiler for HKIA:

REVIEW:
Berdasarkan keterangan diatas yaitu Airport Terbaik Dunia, gw rasa kalian uda bs bayangin ky gimana emoticon-Big Grin.
Tempatnya futuristik, segala fasilitas lengkap termasuk, ruang rokok, charge, air minum gratis, wc bersih, travelator, karpet, petunjuk jelas (disedian byk lembaran ttg airport dan transportasi).
Dsini bentuk airportnya Y. jadi dari 2 lorong untuk arrival pasti bersatu 1 hall. Pas uda bersatu disana baru deh ada store dan immigrasi. sebelum immigrasi ada hall dan ruang tunggu, disitu para backpacker pada bermalam. (termasuk kita emoticon-Stick Out Tongueeace)

PERSONAL EXP: Day 1 - Early Morning
wkt itu kita bermalam dsini (rame2 sama backpacker laen) sblm keluar imigrasi krn arrive jam 12 mlm. pke topi kupluk, sarung tangan, jaket dan kaus kaki cukup oke krn mnrt gw suhunya spt pake AC biasa tp paginya dingin bgt (yah, secara lagi ada di musim dingin).
Kl bawa selimut/sarung bakal membantu emoticon-Big Grin. Ga usa malu2 lah untuk pake macem2 dsini. Gw sendiri bawa bantal hahaha






Currency
The Hong Kong dollar (sign: $; code: HKD) is the currency of the jurisdiction. It is the eighth most traded currency in the world.

Spoiler for HKD:

REVIEW:
Rate mata uang HK ini jika dikonversi ke Rupiah sekitar Rp. 1150 per HKD, jika dilihat dari sisi USD 1 = HKD 7,7.
Kalian jangan protes kl dpt uang dengan nominal yang sama tapi beda2 gambarnya. Dsini emank begitu, spt contoh uang diatas nominalnya sama HKD 20 tapi gambarnya beda2 semua. Utk uang HKD 20 aja gw temuin 4-5 gambar yg berbeda2. Hong Kong is very unique place.

PERSONAL EXP:
Rate diatas berlaku jika kalian menggunakan jasa money exchange sekelas Western Union (yg terkenal paling bagus memberikan rate). Kl tukernya di Trevelex Airport dapet rate-nya jelek bgt, wkt itu dapetnya USD 1 = HKD 7,07. Jadi pas di Airport kita mutusin untuk tuker seperlunya aja, USD 50 per person. Sisanya baru kita tuker di Western Union dalam Chungking Mansion.






Transportation
Over 90% of daily travels (11 million) are on public transport, the highest such percentage in the world.
Generally, the Octopus card is an essential item when travelling in Hong Kong, and "Octopus" + "MTR" + "Buses" is the dream team of Hong Kong transportation. One can reach most part of Hong Kong by using them.

Spoiler for Transport & MTR Network Map:
Spoiler for MTR Network Map:

REVIEW:
Semua transportasi disni selalu 'On Time' terutama MRT, telat dikit pasti ditinggal. Informasinya sgt jelas mslh keberangkatannya dan juga org2nya tertib. Pembayarannya uda pake kartu RFID tinggal kita tab saldonya langs dikurangin, namanya Octopus Card, dan untuk isi ada mesinnya ky atm di tiap stasiun dan pas di airport jg bisa di beli di Hall setelah immigrasi. Bener2 efisien dsini. MRT itu bs lewat antar pulau via tunnel bawah laut (jadi nyebrang pulau ga sampe 10 menit dsini). Just for info, bisa juga pake cash tp ato oneway ticket dgn bayar di tiap locket ato mesin pembayaran di dalam bus.

PERSONAL EXP:
walo dsini petunjuknya cukup jelas kita prnh muter2 nyari 1 bus untuk ke HKIA tp ga ketemu2, ternyata kita ga liat di kertas lembarannya bus-nya itu baru operasi jam 12 mlm keatas DUHH! Jadi pastikan pas kalian baca bus guide, dibaca juga jam operasinya emoticon-Big Grin






Tian Tan Buddha - 1st Stop
Named Tian Tan Buddha because its base is a model of the Altar of Heaven or Earthly Mount of Tian Tan, the Temple of Heaven in Beijing.
34 metres (112 ft) tall, weighs 250 metric tons (280 short tons), and was the world's tallest outdoor bronze seated Buddha prior to 2007. Visitors have to climb 268 steps in order to reach the Buddha.

Spoiler for Big Buddha:
Spoiler for Ngong Ping Piazza Map:

REVIEW:
A MUST SEE PLACE!Ini adalah tempat terdekat dari Airport, jadi sebaiknya dari bandara kesini dulu untuk menghemat waktu dan biaya plus belum banyak bawa barang belanjaan. 7 derajat Celcius, dinginya menusuk, jadi persiapkan topi kupluk, jaket, glove. Ada 2 alternatif kesini yaitu cable car atau bis (yg pasti bis jauh lebih murah).

Ada 4 objek utama dsini yang harus dilewati Ngong Ping Village, Po Lin Monastery, Wisdom Path, dan obj utamanya Tian Tan Buddha (The Big Buddha). Semuanya gratis, tp sebaiknya ambil paket HKD 23 sebelum naik tangga ke atas untuk dpt akses masuk ke dlm The Big Buddha dan makan gratis di food court emoticon-Big Grin.

PERSONAL EXP: Day 1 - Morning
Wkt itu gw pake pakaian dingin lengkap tetep tangan ngerasa beku dan kuping sakit. Gw anjurin pake sepatu yg nyaman krn lumayan juga jalannya ke Wisdom Path. Recommended path Tung Chung - cable car - Ngong Ping - Wisdom Path - Big Buddha - makan (pake voucer) - Po Lin Monastery - bis - Tung Chung. Tp itu rute kl mo hemat pake bis buat transport emoticon-Stick Out Tongue
0
10.7K
192
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mancanegara
Mancanegara
icon
5.9KThread2.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.