B12AMAvatar border
TS
B12AM
[CLEAN] Apakah SETAN itu ADA?
Yuk kita mikir agak enteng dikit... Jangan berat2... Otak gw ga mampu mikir yang berat2 emoticon-Embarrassment

1. Setiap otak kita memikirkan sesuatu yang berlawanan dengan kebaikan: pikiran ngeres, pengen nyolong barang orang laen, pengen bertindak anarkhis, dsb. selalu yang dituduhkan orang2 adalah:
"itu bisikan SETAN... jangan lo ikutin"

2. Apa bener semua dorongan untuk bertindak yang tidak baik itu adalah "bisikan SETAN"? Apa bukan karena kita gak bisa ngontrol NAFSU kita?

Contoh sederhana:
a. Ada orang liat janda bahenol pake pakean minim. Akhirnya si janda diperkojek ma tu orang. Apakah dorongan untuk memperkojek tu janda gaul emang bisikan SETAN? Bukan karena dorongan NAFSU birahi?

b. Ada orang liat mahasiswa cupu bawa iPad, iPhone, n duid segambreng di dompet. Trus si mahasiswa cupu itu dirampok. Apakah dorongan untuk mengambil barang orang laen itu adalah bisikan SETAN? Bukan karena dorongan NAFSU pengen memiliki harta orang laen?

c. Seorang cowo jelek pas ngapel ke kost cewenya ngeliat cewenya sedang bergumul mesra di atas ranjang ma cowo lain yang lebih keren dan ganteng. Akhirnya si cowo jelek membunuh si cowo keren dan ganteng itu dengan membabi buta. Apakah dorongan untuk menghabisi nyawa orang lain itu karena bisikan SETAN? Bukan karena gak bisa menahan NAFSU karena terbakar cemburu sehingga kehilangan akal sehat?

3. Kenapa setiap terjadi sesuatu yang tidak baik selalu ada pihak lain yang jadi kambing hitam (yang dalam hal ini adalah SETAN)?
Apakah karena manusia gak mau mengakui bahwa kesalahan adalah dari dirinya sendiri (karena dia gak mampu mengontrol NAFSUnya?

4. Jadi, apakah SETAN itu ADA? Atau cuma sebagai kambing hitam atas ketidakmampuan kita menahan NAFSU?

5. Let's fight emoticon-Big Grin
Polling
0 suara
Apakah SETAN yang membisikkan kejahatan di otak manusia itu ADA?
anakjahanam721
anakjahanam721 memberi reputasi
-1
47.9K
921
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Debate Club
Debate Club
8.2KThread3.5KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.