Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
2230
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012943465/wow-inilah-10-bahasa-terlangka-di-dunia
permisi agan-aganwati :shakehand2:shakehand2:shakehand2 langsung aja deh,,,:cendolbig:cendolbig:cendolbig :rate5:rate5:rate5 :rate5:rate5:rate5:rate5:rate5 Alhamdulillah, Thx to Allah, Mimin, Momod, dan Kaskuser semua atas dukungannya hingga menjadi HT #7 ane :shakehand2 Bahasa memainkan peran besar dalam kehidupan setiap orang, meskipun kadang kita tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Bahasa ad
Lapor Hansip
05-02-2012 19:50

[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia

Quote:
[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia

permisi agan-aganwati
emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
langsung aja deh,,,emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


Quote:
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
Quote:
Thanks 4 ALL



Bahasa memainkan peran besar dalam kehidupan setiap orang, meskipun kadang kita tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Bahasa adalah alat berkomunikasi yang nyata dibutuhkan. Bayangkan jika di dunia tidak ada bahasa, atau anda tidak menguasai sebuah bahasapun, atau semua orang disekitarmu berbahasa asing semua — hanya anda yang mengerti bahasa anda sendiri di dunia ini!.


PBB menyatakan bahwa rata-rata, sebuah bahasa lenyap setiap dua minggu. Di seluruh dunia, hampir 6.000-an bahasa terancam kepunahan. Bahasa ini dengan cepat menghilang karena alasan seperti mereka memakai bahasa tersebut mati, kemudian juga telah terintegrasi dengan bahasa lain. Faktanya bahwa ada bahasa-bahasa yang lebih menonjol daripada yang lain, dan di dunia sekarang ini orang memandang penting untuk mempelajari bahasa populer lainnya, sehingga melupakan bahasa aslinya. Sangat ngeri membayangkan bahwa kematian sebuah bahasa berarti kematian suatu budaya.

Dari 10 bahasa paling langka dan terancam punah dari seluruh dunia, tahukah anda bahwa bahasa yang hampir punah ini juga ada di Indonesia :


Quote:

1. Chamicuro (Chamekolo, Chamicolo, Chamicura)

Seluruh dunia hanya ada 8 orang yang berbicara Chamicuro, menurut sebuah studi 2008. Bahasa ini umumnya digunakan di Peru dan saat ini dianggap kritis, karena sebagian besar dari orang-orang yang berbicara bahsa ini sudah tua-tua. Tidak ada lagi anak yang berbicara Chamicuro karena daerah ini telah menggunakan bahasa Spanyol sebgai bahasa harian mereka. Namun, mereka yang berbicara bahasa ini mampu mengembangkan sebuah kamus istilah mereka. Jika Anda ingin tahu bagaimana mengatakan beberapa hewan di Chamicuro, gunakan ini: kawali (kuda,) polyo (ayam,) Pato (bebek,) katujkana (monyet,) ma’nali (anjing,) mishi (kucing,) waka (sapi.)


Quote:

2. Dumi (Dumi Bo’o, Bro Dumi, Lsi Rai, Ro’do Bo ‘, Sotmali)

Dumi, biasanya digunakan di daerah dekat sungai Tekan dan Rava, Nepal. Juga diucapkan di wilayah pegunungan Kabupaten Khotang yang terletak di Nepal timur. Ini adalah bahasa Kiranti, bagian dari rumpun bahasa Tibeto-Burman. Dengan hanya 8 orang berbicara itu di tahun 2007, bahasa ini dianggap kritis dan terancam punah.


Quote:

3. Ongota / Birale

Pada tahun 2008, bahasa Ongota hanya dipakai oleh 6 orang penutur asli, semuanya sudah berusia lanjut. Hal ini membuat bahasa ini kritis dan terancam punah. Namun, tidak seperti kebanyakan bahasa yang menghilang, sebenarnya ada seorang profesor di Universitas Addis Ababa di Ethiopia yang melakukan studi bahasa Ongota. Dia menyimpulkan bahwa bahasa ini mengikuti struktur subyek, obyek, dan kata kerja. Ongota adalah bahasa Afro-Asia yang diucapkan di Ethiopia di tepi barat Sungai Weito di sebuah desa kecil.


Quote:

4. Liki (Moar)

Liki adalah bahasa kritis yang diucapkan di luar kepulauan pantai utara Sarmi, Kabupaten Jayapura, dan Kecamatan Sarmi (?) , yang semuanya berada di Indonesia. Pada tahun 2007, studi menunjukkan bahwa hanya 5 orang berbicara bahasa tersebut. Di masa lalu, bahasa ini dituturkan oleh para pejabat gereja lokal yang tinggal di wilayah tersebut. Bahasa ini berasal dari gabungan bahasa Austronesia, Malayo-Polynesia, Timur Tengah, Timur Malayo-Polynesia, Kelautan, Barat Kelautan, North New Guinea, Sarmi-Jayapura Bay, dan Sarmi.

Quote:

5. Tanema (Tanima, Tetawo)

Di Kepulauan Solomon, bahasa Tanema ini pernah digunakan di tempat-tempat seperti Pulau Vanikolo, Temotu Propinsi dan di sebuah desa Emua. Saat ini, bahasa ini hanya dituturkan oleh 4 orang saja menurut penelitian pada tahun 2008. Tanema adalah bahasa campuran Austronesia dan juga Melayu-Polinesia Tengah-Timur, dan Kelautan. Banyak dari mereka yang pernah berbicara Tanema telah beralih ke bahasa Pijin atau Teanu, keduanya merupakan bahasa yang sangat populer di kawasan ini. Ingin belajar bahasa Tanema? Cobalah: wekini (untuk mengaktifkan), laro (berenang), la vamora (untuk bekerja), dan la munana (untuk berbaring.)


Quote:


6. Njerep

Njerep Bantoid adalah bahasa yang diucapkan di Nigeria. bahasa ini pernah diucapkan di Kamerun tapi tidak lagi. Sekarang yang paling umum digunakan di dekat Mambila. Saat ini, bahasa Njerep telah digantikan oleh Mambila dengan dialek berbeda seperti Ba dan Mvop. Hanya ada 4 orang yang masih berbicara Njerep menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2007. Mereka yang berbicara dengan bahasa ini sudah berusia lanjut, sehingga dalam beberapa saat bahasa ini kemungkinan besar akan punah.

Quote:

7. Chemehuevi

Chemehuevi, bahasa ini digunakan oleh Ute, Colorado, Southern Paiute, Utah, Arizona utara, bagian selatan Nevada, dan di Sungai Colorado, California. Sedangkan suku Chemehuevi meskipun masih ada namun jumlah orang yang fasih berbahasa ini sulit ditemukan. Sebuah studi pada tahun 2007 menunjukkan bahwa hanya 3 orang sepenuhnya berbicara bahasa ini dan semuanya orang dewasa. Jika Anda ingin membicarakan hal-hal alam di Chemehuevi, coba kata-kata seperti kaiv (gunung), hucip (laut), mahav (pohon), dan tittvip (tanah / tanah).


Quote:

8. Lemerig (Pak, Bek, Sasar, Leon, Lem)

Bahasa yang digunakan di Vanuatu, sebuah pulau yang terletak di bagian selatan Samudra Pasifik sekitar 1.000 kilometer sebelah timur Australia bagian utara, Lemerig menduduki peringkat 3. Lebih khusus, bahasa ini dituturkan di Pulau Lava Vanua. Bahasa yang hanya memiliki dua orang yang bisa berbicara lancar, menurut penelitian tahun 2008. Lemerig terdiri dari setidaknya empat dialek berbeda, yang semuanya mungkin sudah punah.


Quote:

9. Kaixana (Caixana)

Kaixana adalah salah satu bahasa yang terancam punah kritis banyak yang ada saat ini. bahasa ini pernah digunakan di dekat tepi Sungai Japura, yang terletak di Brasil. Seiring waktu, pemukim Portugis mengambil alih wilayah itu. Pada satu ketika, hampir 200 orang berbicara dalam bahasa tersebut. Tapi, sebuah studi tahun 2006 menunjukkan bahwa hanya tinggal satu orang masih berbicara Kaixana, sehingga terancam kritis dan ditakdirkan untuk menjadi punah.

Quote:

10. Taushiro (Pinche / Pinchi)

Taushiro, bahasa asli Peru, diucapkan di kawasan Sungai Tigre, Aucayacu Sungai, yang merupakan anak sungai Ahuaruna. Dikenal sebagai bahasa isolat, yang berarti tidak memiliki hubungan nyata dengan bahasa lain. Mereka yang berbicara bahasa ini biasanya hanya berhitung sampai sepuluh, menggunakan jari mereka. Sebagai contoh, untuk mengatakan “satu” di Taushiro, Anda akan berkata washikanto. Untuk mengatakan nomor di atas 10, Anda akan berkata “ashintu” dan menunjuk ke jari kaki Anda. Pada tahun 2008, sebuah studi yang dilakukan pada bahasa Taushiro menyimpulkan bahwa hanya satu orang yang lancar berbahsa ini. Bahasa ini telah terdaftar sebagai bahasa yang hampir punah.




Quote:
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


Demikian sekilas info dari ane, mudah-mudahan tidak emoticon-Blue Repostgan

Quote:
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)

emoticon-Recommended Selleremoticon-Recommended Selleremoticon-Recommended Seller

Kalo berkenan ane tidak menolak



This Thread Supported By :

[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia
Klik ! Untuk Berkunjung Ke Markas Good Thread Maker


Quote:
0
Tampilkan isi Thread
Halaman 86 dari 113
[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia
07-03-2012 22:26
Bahasa daerah di indonesia banyak juga yg udah mulai langka
0 0
0
[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia
07-03-2012 22:34
btw gan yg ane klik itu "10 Tips Belajar Efektif Menjelang Ujian" kok isinya ini dah -_- ane jd bingung emoticon-Nohope nice info gan btw tp ane cuma bisa bahasa yg umum2 aja dah jgn yg aneh2 wkkwk emoticon-Angkat Beer
0 0
0
[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia
07-03-2012 22:36
what?
8 orang gan?
0 0
0
[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia
07-03-2012 22:37
wah susah tu nnti klo misal nemu prasasti kuno yg mnyangkut bhs yg di atas emoticon-Berduka (S)
0 0
0
[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia
07-03-2012 22:38
wah mantap gan
0 0
0
[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia
07-03-2012 22:40
loh ini kok malah jadi bahasa terlangka, padahal didepan judulnya cara belajar efektif.. emoticon-Ngakak
gak apalah tapi,, lumayan nambah wawasan emoticon-Ngakak
0 0
0
[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia
07-03-2012 22:40
bingung ane bahasanya
0 0
0
[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia
07-03-2012 22:40
jayapura masuk ya gan emoticon-Big Grin kok serem banget cuman 5 orang emoticon-Bingung yg laen ga bisa apa?
0 0
0
[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia
07-03-2012 22:41
ga nyambung hot threadnya emoticon-Cape d... (S)

salah judul / salah isi? emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia
07-03-2012 22:44
keren gan , pengen blajar bnyk2 bahasa dah hahha
0 0
0
[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia
07-03-2012 22:44
Bahasa langka punya temen kita di tempat terpencil gan.. hehehe emoticon-Big Grin
0 0
0
[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia
07-03-2012 22:46
wah, trhead bermutu banget nih.... thanks udah sharing gan!!
0 0
0
[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia
07-03-2012 22:48
dan siapakah yang berhasil menguasainya
0 0
0
[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia
07-03-2012 22:49
wew baru denger ni bahasa bahasanya
btw kok judul ama isi beda ya tapi gpp lah nambah wawasan ane
0 0
0
[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia
07-03-2012 22:57
ternyata ente bikin trit jadi HT gan emoticon-Cool
0 0
0
[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia
07-03-2012 23:00
wuih keren nih gan...

krna letaknya terpencil jadi bahasanya jg langka...
0 0
0
[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia
07-03-2012 23:04
walah
ga pernah denger semua bahasanya gan
0 0
0
[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia
07-03-2012 23:05
walah, ini bahasa kaga ada yang ane pernah denger gan ...

ngeri amat yang bisa ngomong kaga ada yang lebih dari sepuluh orang emoticon-Matabelo
0 0
0
[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia
07-03-2012 23:06
Quote:Original Posted By FUTURERICHMAN
Bahasa daerah di indonesia banyak juga yg udah mulai langka


setuju gan, padahal indo banyak banget bahasa daerahnya .. emoticon-norose
0 0
0
[wow] inilah 10 Bahasa Terlangka di Dunia
07-03-2012 23:16
untung bahasa indonesia mudah emoticon-I Love Indonesia:
0 0
0
Halaman 86 dari 113
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia