Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
9997
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012913696/all-about-seiko
Mengenai thread ini: Tempat berdiskusi dan berbagi info mengenai semua jenis jam SEIKO, tipe apa saja, vintage maupun modern. Hasil diskusi akan dirangkum di Page One untuk kemudahan pencarian. Info2 di thread ini bersifat terbuka dan terus di-update. Mohon partisipasinya untuk memberikan masukan atau koreksi terhadap info yang kurang atau salah. Rules: No junkers. Jangan mempromosikan jam atau ak
Lapor Hansip
03-02-2012 23:00

All About SEIKO

Quote:Mengenai thread ini:
  • Tempat berdiskusi dan berbagi info mengenai semua jenis jam SEIKO, tipe apa saja, vintage maupun modern. Hasil diskusi akan dirangkum di Page One untuk kemudahan pencarian.
  • Info2 di thread ini bersifat terbuka dan terus di-update. Mohon partisipasinya untuk memberikan masukan atau koreksi terhadap info yang kurang atau salah.

Rules:
  • No junkers.
  • Jangan mempromosikan jam atau aksesoris jam yang sedang dijual di FJB baik secara langsung (posting link ke FJB) maupun secara tidak langsung melalui posting2 yang bersifat implisit. Thread ini bersifat netral dan non-komersial.
  • Tidak bertanya soal Recommended Seller (Recsel) di forum diskusi ini. Sebelum membeli lakukan googling dan riset sendiri. Kalau kurang yakin dengan seller, minta transaksi secara COD (Cash on Delivery, tatap muka) atau gunakan fasilitas Rekening Bersama (Rekber) yang ada di Kaskus. Kalau masih kurang yakin lagi, kontak Kaskuser lain melalui jalur PM untuk minta rekomendasi.
  • Untuk mencari tahu harga jam tangan SEIKO (vintage maupun modern), bisa googling dengan keyword misalnya: "FS Grand Seiko 6145". setelah itu amati kondisi dan deskripsi jam yang dijual tersebut (keaslian, kemulusan, service history, kelengkapan berupa box/paper, dll.). Jika masih bingung barulah PM atau tanyakan di forum.


Happy sharing and enjoy your stay. emoticon-Cendol (S)

SEIKO dalam Selayang Pandang

Selamat datang di thread All about SEIKO-Kaskus. Silakan share, diskusi, dan bertanya mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan produk SEIKO.

Pada tahun 1877, Kintaro Hattori yang berumur 16 tahun memulai usaha perbaikan jam dinding di rumahnya di daerah Ginza, Jepang. Tahun 1881, Hattori mendirikan perusahaan bernama Seikosha yang memproduksi jam dinding. Perusahaan jam kecil tersebut berkembang terus hingga menjadi raksasa SEIKO group sekarang dengan bidang bisnis antara lain:
  • berbagai jenis jam,
  • perhiasan,
  • kacamata/optik,
  • perlengkapan olahraga,
  • printer (SEIKO EPSON),
  • semiconductor,
  • berbagai peralatan elektronik, dll.

SEIKO adalah salah satu perusahaan jam dengan kemampuan terlengkap dan teknologi terbaik di dunia saat ini. Satu2nya "true in-house manufacturer" di dunia yang mampu mendesign dan produksi sendiri semua komponen jam mulai dari:
  • case and bracelet (stainless steel, titanium, ceramic, tungsten, gold, platinum, dll),
  • crystal (sapphire, hardlex, dll),
  • mesin dan komponen2nya (balance spring, gasket, dll.),
  • berbagai jenis minyak pelumas dan grease untuk mesin jam,
  • bahkan hingga material lumibrite pada dial dan jarum jam yang dapat berpendar dalam gelap.

SEIKO juga merupakan satu2nya perusahaan horologi di dunia yang menguasai seluruh teknologi horologi yang ada saat ini:
  • mechanical
  • quartz analog/digital (battery, solar, thermic)
  • kinetic,
  • spring drive,
  • radio wave controlled,
  • GPS satellite controlled, dll.

SEIKO memiliki tradisi membuat jam dengan range kualitas dan harga yang sangat bervariasi, mulai dari jam ALBA seharga Rp. 400.000 hingga SEIKO CREDOR JURI yang harganya lebih dari Rp. 5.000.000.000. Umumnya produk2 SEIKO yang banyak beredar dan dikenal oleh masyarakat adalah produk2 entry level dengan harga sangat terjangkau, akibatnya persepsi publik mengenai SEIKO adalah produsen jam murah. Hal ini disebabkan karena di masa lalu produk2 SEIKO kelas menengah dan atas hanya dijual di Jepang (JDM). Saat ini SEIKO sudah membuka diri dan dalam proses memperkenalkan produk2 horologi berkualitas tinggi "haute horlogerie" kepada seluruh dunia.

Dalam percakapannya dengan seorang wartawan dari majalah Watchtime, seorang CEO dari sebuah brand jam swiss mengatakan:
Quote:"Seiko makes the best mechanical watch in the world. I hate to say it, but it's true."
("GRAND SEIKO", Watchtime magazine, April 2012)

read more: http://old.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=432

Kiranya opini tersebut memberikan kepada kita sedikit gambaran mengenai sebuah perusahaan bernama SEIKO dan pengaruhnya di dalam dunia horologi. Masih banyak lagi berbagai produk dan pencapaian SEIKO yang mungkin tidak ada habis2nya dibahas. Silakan berbagi pengetahuan dan passion Anda terhadap SEIKO di thread ini. Happy reading and happy sharing. emoticon-Smilie


All About SEIKO
SEIKO World's Achievements


SEIKO Indonesia Customer Service Centers

Service Centers


Other SEIKO thread:
All About SEIKO Divers
Diubah oleh nikidasi
profile-picture
verdian56 memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 4 dari 504
All About SEIKO
07-02-2012 14:54
Quote:Original Posted By comradez
bukan menyesal atau kecewa sih gan yg sy maksud....tapi perasaan yg gimana ya bilangnya......uhmm....semacam perasaan antiklimaks gitu....rasa penasaran ketika berburu jam yg diincar....apalgi seri yg termasuk susah dicari....lalu ekstasi yg didapat ketika jam sudah didapat....lalu ya sudah berlalu begitu saja seiring seringnya jam dipake....akhirnya lebih banyak tersimpan dalam laci koleksi.....

ada pernah ngalamin gitu ndak...?

emoticon-I Love Indonesia (S)


izin sharing bro...

bbrp wkt yg lalu sy kesengsem liat OM, lalu diburu. setelah dapet, hambar seperti yg bro bilang tadi. maka sewaktu kepikir mau upgrade, si OM dijual. tapi setelah itu selama proses hunting yg baru, hati sy koq kembali ke monster. singkat cerita justru sy batalkan (baca:tunda emoticon-Big Grin ) upgradenya, dan kembali ke monster, dapet yg black, dan baru terasa bahwa ini memang betul2 cinta sejati emoticon-Malu (S) kenikmatannya "lain" ketika melingkari pergelangan tangan sy.

intinya, kadang2 biarkan aja waktu yg menentukan "perasaan" kita emoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
All About SEIKO
07-02-2012 16:02
Quote:Original Posted By kthwai
izin sharing bro...

bbrp wkt yg lalu sy kesengsem liat OM, lalu diburu. setelah dapet, hambar seperti yg bro bilang tadi. maka sewaktu kepikir mau upgrade, si OM dijual. tapi setelah itu selama proses hunting yg baru, hati sy koq kembali ke monster. singkat cerita justru sy batalkan (baca:tunda emoticon-Big Grin ) upgradenya, dan kembali ke monster, dapet yg black, dan baru terasa bahwa ini memang betul2 cinta sejati emoticon-Malu (S) kenikmatannya "lain" ketika melingkari pergelangan tangan sy.

intinya, kadang2 biarkan aja waktu yg menentukan "perasaan" kita emoticon-Blue Guy Peace


exactly what i mean bro......emoticon-Smilie

jadi bukan kecewa atau menyesal.....tapi lebih karena...apa ya....ya itu tadi...antiklimaks.....hehe...sy ga tau bilangnya apa....emoticon-Big Grin
lebih nafsu ketika berburu drpd setelah memiliki...

mungkin kl di hobi lain, mancing misalnya.....ada yg bilang lebih seru mancingnya drpd dapet ikannya.....emoticon-Big Grin

itulah yg sy rasakan....sy pikir cm sy sendiri yg ngalamin....ada ketertarikan dasar yg berbeda thd satu seri jam ketimbang seri lain yg juga sama2 bisa membuat 'konak'....
scr umum sy menyukai seiko klasik dgn bentuk dan model yg sederhana....tapi tidak seperti ketika pegang bellmatic.....rasanya beda gimanaaa...gitu....(lebay mode emoticon-Big Grin)
bahkan sampai membuat sy bermimpi untuk bisa mengoleksi semua seri bellmatic....

yah untungnya baru sekedar mimpi belum jadi obsesi...mengingat sy juga harus realistis dan sadar diri kalo masih sering kumat 'kanker' nya....haha....

weew......curcol.....emoticon-Hammer
0 0
0
All About SEIKO
07-02-2012 20:19
Quote:Original Posted By nikidasi
terus terang saya belum pernah punya seri chronograph 571x.

seri 571x ini bersejarah dan collectible karena merupakan jam mechanical chronograph pertama yang dibuat oleh SEIKO. jam ini dirilis pada tahun 1964 bersamaan dengan event internasional tokyo olympic. IMO, kedua faktor ini (SEIKO mechanical chronograph pertama dan event tokyo olympic) membuat jam ini menjadi collectible selain karena faktor populasinya yang relatif sedikit.



great sharing bro emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By hereyougo



biar rame, tambah racun...
SARB035
All About SEIKO


wih, SARB emang cantik, sekilas mirip KS ya hehe emoticon-Smilie
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh hansip
All About SEIKO
07-02-2012 22:55
@comradez: hmm..kalo pengalaman itu ane ada bbrp jam yg ketika ane melihat dan akan beli begitu senang begitu ane miliki ane rasa biasa aja atau mungkin terpikir setengah menyesal juga..kenapa yah ane beli ini jam? mahal lagi? biasanya disebabkan ada faktor2 yg kurang memuaskan dimata ane..seperti kok kekecilan yah,kok ininya itunya kurang yah...dll.

tapi disisi lain ane juga pernah beli jam yg ketika ane liat ane pengen..ketika dah ane miliki masi saja bersinar mulu dimata ane..ane suka begitu ane liat,pakai,simpen,liat2 lagi..dan itu ada bbrp jam ane rasakan seperti itu..sepertinya sangat sempurna dimata ane..

inilah salah satu jam seiko yg ketika ane liat suka,begitu ane miliki makin cinta ajaemoticon-Big Grin

All About SEIKO
0 0
0
All About SEIKO
08-02-2012 00:12
Quote:Original Posted By comradez
btw, dari sekian lama perburuan....ada ga sekali waktu ngerasa salah pilih atau pilihan tak sesuai ekspektasi...?
maksudnya sih....pas baru beli gembira dan seneng bange..feel wow..!!, tapi setelah beberapa waktu mulai 'mati rasa' dan biasa2 saja....dan jam jadi lebih banyak nganggur di laci koleksi...

nice topic bro. kayanya hampir semua kolektor pernah mengalami perasaan yang sama. bedanya mungkin ada yang cepat mati rasa, ada yang lebih lambat. kadang apresiasi dan rasa suka itu baru muncul kalau kita mempelajari lebih jauh mengenai sejarah, budaya, dll yang berhubungan dengan jam tersebut. ada beberapa jam vintage yang kelihatannya tidak spesial dan membosankan tapi kalau kita melihat dari sudut pandang masa dan kondisi sosial masyarakat sewaktu jam tersebut dibuat, mungkin apresiasi kita bisa berubah.

Quote:Original Posted By Kevin Smith
Menyesal sih ga pernah,
cuman setelah beberapa saat dapet barangnya, jadi pengen hunting yang laen lagi... emoticon-Nohope

So far I've got White Knight, Orange Monster, Tuxedo, Samurai SS, Sumo, Tuna...Yg 007 ga pernah konak gw liatnya, ntah kenapa emoticon-Big Grin

Jarang dipake sih jadinya, banyakan disimpen di box aja.

Mo dijual sayang, udah jadi koleksi "iconic" Seiko Divers. Ga dijual yah sayang juga cuman jadi penghias box doang emoticon-Hammer

Sambil dipikir2 lagi deh mo diapain, jual ato warisin ke anak cucu aja emoticon-Big Grin

EDIT:
Itu liat pic Orange SOXA diatas aja udah jadi konak pengen samperin webnya... emoticon-Hammer

Beli emoticon-Bingung nggak

Beli emoticon-Bingung nggak

hehehehe masalah klasik ya. baru dapat kiriman jam, seminggu kemudian udah browsing2 cari next target. emoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
All About SEIKO
08-02-2012 00:22
Quote:Original Posted By Yory88
Seiko 5 yang terkenal movement-nya 7s25/6 and 7s35/6
nah yg di poto ini pake 6309-7200 A4 (270650) ama 6309-8040 (734959)

Informasi tentang movement 6309 yang dipasang di Seiko 5, bener" minim banget ato bisa dibilang ampir ga ada

Bentuk casingnya juga beda, ampir mengarah ke segi 8

waktu nemu 2 jam ini, kondisinya mati, trus ane goyangin.....ternyata idup lagi emoticon-Hammer2

Jadi sekarang ane jadi bertanya-tanya, Seiko jenis mana yang biasa pake 6309? mohon pencerahan dari para master nich emoticon-Matabelo

mesin SEIKO cal 6309 dipakai di banyak jam SEIKO entry level kira2 pada era tahun 1977-1979. ada yang dipakai di jam biasa dan jam diver. yang lebih terkenal memang diver 6309. tapi sebenarnya jumlah SEIKO 6309 non diver lebih banyak lagi. untuk diver, kualitas dan konstruksi casing lebih bagus dan kokoh daripada non diver.

Quote:Original Posted By nyoba_kaskus
versi murahnya superior bro. kemampuan power reserves nya dibawah 40 jam. tapi dikasi fitur hack sama manual wind (kaya Tuna). bezel world time bidirectional (manual world time). mirip2 seiko samurai. poto detil nya nanti de ya setelah sempet megang kamera lagi.

harusnya semua SEIKO baru power reservenya di atas 40 jam. bagus juga bisa hack dan handwinding. ditunggu sharing fotonya. emoticon-Blue Guy Cendol (S)

Quote:Original Posted By pramudiagz
di buku manual sy ga ada keterangan utk pemakaian minimal 8 jam utk mengisi power reserve, dgn liat ini jd ada tambahan informasi lg emoticon-Smilie

btw, kalo utk jam2 koleksi automatic yg keseringan jd keeper, apa ada tips2 khusus dlm perawatan? ntah minimal seminggu 1x dipakai atau tidak ada masalah walaupun tidak dipakai dlm jangka waktu yg cukup lama?emoticon-Big Grin

keterangan mengenai power reserve tersebut hanya ada di buku instruction manual SEIKO untuk tiap kaliber. foto di atas di ambil dari buku instruction manual untuk SEIKO cal. 7S25/7S26. SEIKO2 yang dijual di indonesia umumnya tidak disertai buku instruction manual untuk kaliber yang spesifik, hanya dapat sebuah buku "worldwide guarantee" dan instruction umum.

jam automatic tidak dipakai tidak masalah. paling dipakai beberapa kali dalam sebulan supaya minyak pelumas terdistribusi merata.
0 0
0
All About SEIKO
08-02-2012 00:33

SEIKO Automatic Chronograph 6139 Series

All About SEIKO

SEIKO cal. 6139
Automatic chronograph with 2 registers (second, minute) and 1 sub-dials (30-minute register).
Produced between 1969-1979 by Suwa Seikosha.
The first automatic chronograph in the world equipped with both vertical coupling and column wheel.

Movement description:
Vertical coupling and column wheel
21600 bph
17/21 jewels
40-hour power reserve

Models:
6139-600x
6139-601x
6139-602x
6139-603x
6139-700x
6139-701x
6139-702x
6139-708x
6139-800x
6139-801x
6139-802x
6139-803x
6139-804x
6139-805x

Under construction...

Technical manuals:
Under construction...
0 0
0
All About SEIKO
08-02-2012 08:01
Quote:Original Posted By dika_weee
kayaknya diver pake movement 4r36 seru.belum keluar ya diver pake 4r36?
movement 4r ini dibuat untuk ngegantiin movement 7s?


Quote:Original Posted By nikidasi

harusnya semua SEIKO baru power reservenya di atas 40 jam. bagus juga bisa hack dan handwinding. ditunggu sharing fotonya. emoticon-Blue Guy Cendol (S)


seri diver belum ada bro, kemarin sempet search. masi dibuat utk versi superior. menurut ane kek nya workhorse nya ga sekuat 7s de. lagipula dari harga bedanya lumayan juga.. mahalan 7s emoticon-Big Grin

untuk power reserves kemarin sempet bandingin ama 7s (7s nya dipakein temen). setelah itu lepas. stop duluan tu 4r36 emoticon-Big Grin
0 0
0
All About SEIKO
08-02-2012 10:27
Quote:Original Posted By nikidasi
nice topic bro. kayanya hampir semua kolektor pernah mengalami perasaan yang sama. bedanya mungkin ada yang cepat mati rasa, ada yang lebih lambat. kadang apresiasi dan rasa suka itu baru muncul kalau kita mempelajari lebih jauh mengenai sejarah, budaya, dll yang berhubungan dengan jam tersebut. ada beberapa jam vintage yang kelihatannya tidak spesial dan membosankan tapi kalau kita melihat dari sudut pandang masa dan kondisi sosial masyarakat sewaktu jam tersebut dibuat, mungkin apresiasi kita bisa berubah.

ikutan share..
yg ane bold, ane pernah ngalamin sm si monster n tuxedo
tuxedo entah knp, cepet bgt bosen. IMO seiko monster designnya lbih
orisinil drpd seiko tuxedo. Maksudnya, seiko monster lbih mewakili ke kebudayaan jepang sendiri,
seiko monster bagi ane udh kyk Gojira (Godzilla) emoticon-Big Grin.

sekalian share jam tua dr seiko
All About SEIKO
+1 sm kata bro nikidasi di thread seiko diver
jam2 dgn model sederhana n berkesan low profile,
selain bertahan lama di koleksi, bertahan lama jg di pergelangan tangan emoticon-Big Grin
0 0
0
All About SEIKO
08-02-2012 10:35
Quote:Original Posted By comradez
bukan menyesal atau kecewa sih gan yg sy maksud....tapi perasaan yg gimana ya bilangnya......uhmm....semacam perasaan antiklimaks gitu....rasa penasaran ketika berburu jam yg diincar....apalgi seri yg termasuk susah dicari....lalu ekstasi yg didapat ketika jam sudah didapat....lalu ya sudah berlalu begitu saja seiring seringnya jam dipake....akhirnya lebih banyak tersimpan dalam laci koleksi.....

ada pernah ngalamin gitu ndak...?

emoticon-I Love Indonesia (S)


Sometime the Journey is more fun than destination..
thats why we read this kaskus forum, to sense the journey all over again..

cheers, emoticon-Angkat Beer
0 0
0
All About SEIKO
08-02-2012 12:53
Quote:Original Posted By GDLove6

+1 sm kata bro nikidasi di thread seiko diver
jam2 dgn model sederhana n berkesan low profile,
selain bertahan lama di koleksi, bertahan lama jg di pergelangan tangan emoticon-Big Grin


ntah kenapa, setuju banget ama kalimat bro ini... semakin klasik semakin "enak" liatnya.
0 0
0
All About SEIKO
08-02-2012 16:06
Mesin Jahit Seiko???
masih satu group ga ya?
lambang dan fontnya beda dgn group seiko emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)
sory kalu picsnya BWK:

All About SEIKO
0 0
0
All About SEIKO
08-02-2012 17:07
Quote:Original Posted By happyjaya
Mesin Jahit Seiko???
masih satu group ga ya?
lambang dan fontnya beda dgn group seiko emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)


ini seiko yg konsepnya "Systematic, Effective, Immediately, Kindly, Originality" emoticon-Ngakak
0 0
0
All About SEIKO
08-02-2012 21:25
Quote:Original Posted By nikidasi
nice topic bro. kayanya hampir semua kolektor pernah mengalami perasaan yang sama. bedanya mungkin ada yang cepat mati rasa, ada yang lebih lambat. kadang apresiasi dan rasa suka itu baru muncul kalau kita mempelajari lebih jauh mengenai sejarah, budaya, dll yang berhubungan dengan jam tersebut. ada beberapa jam vintage yang kelihatannya tidak spesial dan membosankan tapi kalau kita melihat dari sudut pandang masa dan kondisi sosial masyarakat sewaktu jam tersebut dibuat, mungkin apresiasi kita bisa berubah.


hehehehe masalah klasik ya. baru dapat kiriman jam, seminggu kemudian udah browsing2 cari next target. emoticon-Blue Guy Peace


iya bro, apalagi klo punya uang bnyk...tambah cepet tuh mati rasanya, beli terus soalnya emoticon-Stick Out Tongue

Quote:Original Posted By happyjaya
Mesin Jahit Seiko???
masih satu group ga ya?
lambang dan fontnya beda dgn group seiko emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)
sory kalu picsnya BWK:


saya ada bro, mama punya..tapi uda ga aktif emoticon-Smilie
ga tau tuh klo merknya beda emoticon-Smilie
0 0
0
All About SEIKO
08-02-2012 21:50
Quote:Original Posted By fallenangel22

saya ada bro, mama punya..tapi uda ga aktif emoticon-Smilie
ga tau tuh klo merknya beda emoticon-Smilie


mesin jahit seiko bro?? coba di teliti,, ada ciri2 produk seiko group gak?
mungkin di mesinya ada kode SKX atau SKJ gitu..hehehehe emoticon-Big Grin

nyokap ane punyanya merk singer , makanya yg merk seiko gini baru tau ane..
kalau lihat logo tulisan sih kayaknya beda sama gruopnya seiko corp.. tapi sama dari jepang kok bikin nama merk sama..?? makanya ane bingung apa masih ada hubungan dgn seiko group?
All About SEIKO
0 0
0
All About SEIKO
09-02-2012 00:53
Quote:Original Posted By happyjaya
Mesin Jahit Seiko???
masih satu group ga ya?
lambang dan fontnya beda dgn group seiko emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)
sory kalu picsnya BWK:

Quote:Original Posted By kthwai
ini seiko yg konsepnya "Systematic, Effective, Immediately, Kindly, Originality" emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By fallenangel22
saya ada bro, mama punya..tapi uda ga aktif emoticon-Smilie
ga tau tuh klo merknya beda emoticon-Smilie

sebenarnya jam hanya salah satu dari sekian banyak bisnis dan produk SEIKO. tapi mesin jahit ini baru kali ini saya lihat. kalau dari logonya sepertinya ini bukan SEIKO yang sama dengan SEIKO watches atau EPSON grup, CMIIW.

sebagai "true manufacturer", kemampuan membuat semua komponen jamnya otomatis membuat SEIKO memiliki banyak expertise. SEIKO mengolah sendiri material logam untuk jamnya sehingga menjadikannya expert dalam mengolah berbagai advanced material seperti titanium. demikian juga dengan crystal acrylic, hardlex, dan sapphire yang dibuat sendiri. itu sebabnya SEIKO juga membuat kacamata rangka titanium karena sebenarnya SEIKO juga merupakan perusahaan optik. demikian juga dengan perlengkapan golf titanium. berikut beberapa produk2 SEIKO selain jam.

peralatan golf
All About SEIKO

eye wear
All About SEIKO

kamus elektronik
All About SEIKO

perlengkapan untuk musisi
All About SEIKO
All About SEIKO

batere
All About SEIKO

electronic ink technology
All About SEIKO
0 0
0
All About SEIKO
09-02-2012 05:14
mantap bener gan sharenya
0 0
0
All About SEIKO
09-02-2012 09:42
Quote:Original Posted By nikidasi
sebenarnya jam hanya salah satu dari sekian banyak bisnis dan produk SEIKO. tapi mesin jahit ini baru kali ini saya lihat. kalau dari logonya sepertinya ini bukan SEIKO yang sama dengan SEIKO watches atau EPSON grup, CMIIW.

sebagai "true manufacturer", kemampuan membuat semua komponen jamnya otomatis membuat SEIKO memiliki banyak expertise. SEIKO mengolah sendiri material logam untuk jamnya sehingga menjadikannya expert dalam mengolah berbagai advanced material seperti titanium. demikian juga dengan crystal acrylic, hardlex, dan sapphire yang dibuat sendiri. itu sebabnya SEIKO juga membuat kacamata rangka titanium karena sebenarnya SEIKO juga merupakan perusahaan optik. demikian juga dengan perlengkapan golf titanium. berikut beberapa produk2 SEIKO selain jam.


betull gan... soal lensa ane baru tau juga...
ternyata lensa kamera mamiya yg medium format banyak yg dibuat oleh seiko juga ya.:
All About SEIKO
emoticon-Add Friend (S)

setau ane seiko cuma bikin kamera epson digital, contoh tipe: RD-1,, ternyata dibidang fotografi dari dahulu sudah bikin lensa buat mamiya. TOP dah..
Soalnya ane tahu sulitnya bikin lensa yg bagus buat fotografi,,banyak elemen lensa, harus mulus permukaan, bahan dasar harus berkuatas, harus presisi posisinya, harus presisi tebal dan cembung/cekungnya..dll,, kalau udah bisa bikin lensa bagus buat kamera, bikin lensa kacamata atau apalagi cuma kaca jam tangan,, itu mah gampang banget!.. emoticon-Add Friend (S)
0 0
0
All About SEIKO
09-02-2012 20:32

The King's Gold Crest

All About SEIKO

All About SEIKO

All About SEIKO

"crest" medallion ini hanya ada di KING SEIKO generasi awal (1961?) hingga sekitar tahun 1966/67. setelah itu crest medallion ini tidak pernah dipakai lagi. KS ini diproduksi pada september 1966, atau sudah berumur lebih dari 45 tahun. melihat warnanya yang masih bagus dan homogen, kemungkinan besar medallion ini terbuat dari solid gold. di akhir 1960an, saat SEIKO mulai memasuki "age of automation" dan produksi yang ekonomis, emblem KS generasi berikutnya (45KS, 56KS, 52KS) hanya gold plated saja.

di masa awal 1960an, SEIKO berambisi untuk membuktikan kepada masyarakat jepang dan kepada dunia internasional bahwa mereka sejajar bahkan lebih baik daripada brand2 swiss/eropa. untuk menunjukkan eksistensinya di dunia internasional, SEIKO mengikuti berbagai kompetisi chronometer di geneva swiss. untuk konsumen dalam negeri, SEIKO mungkin ingin memberikan image bahwa kualitas produk SEIKO sama atau lebih baik daripada produk swiss/eropa. caranya tidak langsung tapi secara subconscious melalui bahasa simbolik.

jika diperhatikan, pada foto di atas ada banyak simbol yang lebih dekat kepada budaya eropa daripada jepang. pemilihan brand KING SEIKO beserta logo mahkota raja lebih dekat ke budaya eropa yang memiliki kerajaan (KINGDOM) dan raja (KING). crest atau logo perisai yang digunakan juga menyerupai "coat of arm" kerajaan2 di eropa. penggunaan simbol salib juga mengacu pada agama nasrani di eropa dan sangat jauh dari agama mayoritas di jepang yaitu buddhisme dan shinto.

bagaimana bisa salah satu produk premium dari perusahaan jepang, yang terkenal nasionalis dan bangga dengan budayanya, malah menggunakan simbol2 eropa? di masa itu (1960), jepang baru 15 tahun recovery dari kehancuran akibat perang dunia 2. secara ekonomi, teknologi, dan reputasi, jepang masa itu jauh dari jepang masa sekarang. produk2 jepang yang dijual ke pasar internasional di masa itu image nya kira2 sama seperti image produk2 china beberapa tahun lalu yang identik dengan plagiat dan kualitas rendah.

salah satu contohnya, di awal tahun 1970an orang indonesia masih ragu menggunakan excavator komatsu karena dianggap produk murahan, jelek, dan gampang rusak. kontras dengan saat ini dimana alat2 berat komatsu, kobelco, hitachi, sumitomo, tadano, dll memiliki image berkualitas tinggi, tangguh, dan efisien. perusahaan dan masyarakat jepang di masa lalu mungkin tidak memiliki rasa percaya diri setinggi saat ini. mungkin itulah alasan dari design crest medallion ini.

KING SEIKO dan GRAND SEIKO lahir di waktu yang hampir sama di tahun 1960. di masa kejayaan quartz revolution, KS berubah menjadi KING QUARTZ dan GS menjadi GRAND QUARTZ. di tahun 1998, saat jam quartz memasuki masa jenuh dan jam mechanical kembali berjaya, SEIKO menghidupkan kembali GRAND SEIKO. tapi KING SEIKO dibiarkan mati. caseback gold "crest" medallion KS ini menjadi saksi bisu masa2 sulit SEIKO sekaligus golden era di dalam sejarah panjang perjalanan SEIKO menjadi sebuah true manufacturer seperti saat ini.
0 0
0
Halaman 4 dari 504
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia