• Beranda
  • ...
  • UKM
  • Entrepreneur Indonesia Harus Cerdas Finansial

PILLAR.UKMAvatar border
TS
PILLAR.UKM
Entrepreneur Indonesia Harus Cerdas Finansial
Selama ini kita bicara tentang entrepreneruship, sebuah mindstream baru di Indonesia yang gak terbayang bakal seperti ini di medio 90 an misalnya.

Saat itu sebagian besar orang Indonesia saat masih sekolah punya tujuan yang kurang lebih sama yaitu selesai sekolah cari kerja di perusahaan bagus, sukur2 bisa rejeki kerja di perusahaan dengan gaji besar emoticon-Matabelo

Hari ini pola pikir seperti ini mulai ditinggalkan oleh generasi muda Indonesia persis seperti agan2 semua yang rajin datang ke kolom UKM ini. Semuanya semangat banget pengen jadi pengusaha bagi yang belum mulai, semangat banget membesarkan usaha bagi yang sudah punya usaha. Suatu hal yang sangat luar biasa kalo generasi muda Indonesia saat ini sudah mulai sadar pentingnya punya usaha..... nah 10 tahun lagi dari sekarang kayak apa nih bangsa? Bisa2 negara lain takut sama Indonesia karena entrepreneurnya banyak dan bangsa ini menjadi bangsa yang mandiri.emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Tapi gan, ane cuma mau kasih gambaran bahwa entrepreneur saja tidak cukup gan. Semangat berbisnis saja tidak cukup gan.... Ada hal penting lain yang harus agan miliki kalau mau cepat sukses jadi entrepreneur.

Ya gan..... agan harus cerdas secara finansial.

Ya gan...... Entrepreneur Indonesia Yang Cerdas Finansial, mungkin kata yang paling pas untuk itu emoticon-Cool

Jangan berfikir bahwa wah ane bisnis aja dulu deh, masalah kecerdasan finansial entar aja dipelajarinya. Kalo agan berfikir seperti ini maka agan akan menjadi entrepreneur tipe kuli pelabuhan ya gan. Ya bisnis cuma ngandalin otot.

Bisnis dan kecerdasan finansial itu oleh raga tim gan, semuanya saling menunjang dan berjalan sekaligus persis kayak kesebelasan sepak bola.

Untuk menjadi Entrepreneur Indonesia Yang Cerdas FInansial maka agan harus paham :

1. Apa itu UANG
Apa sifatnya, apa hubungannya dengan inflasi, bagaimana perlakuan agan terhadap uang dalam kaitan dengan bisnis agan.

2. Agan harus belajar tentang bagaimana MENGEMBANGKAN BISNIS. Cari mentor bisnis yang proven gan, jangan jalan sendirian. Kalau sekolah butuh guru, kuliah juga perlu dosen. Sama halnya dengan bisnis gan harus punya mentor, supaya agan gak sesat di jalan. Di Pillar Business Accelerator sendiri memiiki kurikulum yang komprehensif dalam mengambangkan bisnis mulai dari :
  • Sales Acceleration yang fokus pada peningkatan sales,
  • Profit Acceleration yang fokus pada menentukan profit perusahaan, efisiensi, alokasi profit dan system keuangan yang bankable,
  • System Development fokus pada pengembangan system perusahaan
  • Poeple Management bagaimana mengelola orang atau bahasa kerennya tim manegement


3, Agan perlu mempelajari WARALABA
Pelajari system waralaba baik sebagai franchisee ataupun franhisor. Pelajari bagaimana mencari waralaba yang baik atau pelajari bagaimana cara mewaralabakan bisnis agan. Lagi cari mentor bisnis agan yang paling pas buat agan

4. Agan perlu mulai belajar tentang EMAS
Bagaimana sih sifat emas? Bagaimna emas itu sebenarnya? Mengapa sbg entrepreneur agan harus alokasikan sebagian harta dalam bentuk emas.
Apa pentingnya agan memiliki emas? Apa hubungannya dengan bisnis agan?

5. Agan perlu mulai belajar tentang PROPERTY
Gak ada orang kaya yang gak punya property gan... ini fakta mendasar di seluruh dunia. Kalo agan gak pelajari ilmu property agan akan kehilangan satu mesin uang yang mungkin lebih besar dari uang yg diperoleh dari bisnis agan sendiri. Ya property sangat strategis gan..... It is too sexy to be ignored

6. Agan perlu mulai belajar INVESTASI KEUANGAN
Produk2 reksadana, obligasi, saham perlu agan pelajari dengan seksama, mana produk yang cocok dengan agan. Karena semua produk ini sudah standard jadi agan tinggal datang saja ke bank terdekat untuk cari tahu hal2 tersebut.


Nah ini dulu gan ulasan awal minggu dari Pillar Business Accelerator. Silahkan kita diskusi yang positif demi kemjuan bisnis agan semua.

Salam kompak dari Pillar Business Accelerator .....emoticon-2 Jempolemoticon-Shakehand2
0
26.8K
552
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
UKM
UKM
icon
14.8KThread3.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.