Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
110
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012559685/tips-membuat-kandang-hamster-gtgthandmadeltlt
welcome in my thread semoga bermanfaat hamster sejenis hewan pengerat seperti tikus yang suka bertempat tinggal di tempat-tempat gelap. Disamping itu hewan kecil ini juga membutuhkan tempat tinggal seperti kita.biasanya hamster hidup di lorong-lorong yang gelap dan di bawah tanah. Disini ada beberapa ketentuan merawat kandang hamster: 1. Jika anda menginginkan membuat kandang untuk sepasang hamste
Lapor Hansip
15-01-2012 18:32

tips membuat kandang hamster >>handmade<<

Quote:
welcome in my thread
semoga bermanfaat


no repsol


tips membuat kandang hamster &gt;&gt;handmade&lt;&lt;
tips membuat kandang hamster &gt;&gt;handmade&lt;&lt;


hamster sejenis hewan pengerat seperti tikus yang suka bertempat tinggal di tempat-tempat gelap. Disamping itu hewan kecil ini juga membutuhkan tempat tinggal seperti kita.biasanya hamster hidup di lorong-lorong yang gelap dan di bawah tanah. Disini ada beberapa ketentuan merawat kandang hamster:

1. Jika anda menginginkan membuat kandang untuk sepasang hamster lebih baik menggunakan ukuran 30x30x30 cm. Agar hamster senang dengan tempat yang luas.
2. Kandang harus benar-benar terjaga dan tertutup agar hamster tidak kabur dari kandangnya dan terhindar dari pemangsa seperti kucing dan tikus. Tetapi harus ada fentilasi udara agar kandang hamster tidak bau.
3. Alas hamster harus selalu ada sperti serbuk kayu dan pasir. Karena biasanya hamster melindungi dirinya agar tidak dingin.
4. Sediakan mainan hamster agar hamster tidak merasa jenuh (khusus untuk peternak hamster sebaiknya tidak usah, karena untuk meminimalkanbiaya pengeluaran)
5. Jangan menaburkan makanan hamster langsung ke kandangnya. Agar kandang tidak terlihat kotor.
6. Bersihkan kandang hamster 1 minggu sekali atau sampai kandang mulai berbau.
7. Gunakan tempat minum khusus hamster yang dijual dipetshop biasanya. Hal ini untuk menghindari air yang tumpah ke lantai kandang jika menggunakan wadah yang diletakkan di lantai kandang hamster. Karena hamster itu kalo malam banyak banget tingah lakunya
8. Sebisa mungkin kandang hamster dibuat tingkat dengan dikasih tangga untuk naik turun, karena hamster itu binatang yang tingkahnya mirip dengan tikus alias suka memanjat.
9. Yang sangat penting untuk kandang hamster adalah terbuat dari bahan-bahan yang tidak mudah di gigit oleh si hamster tersebut.

Dan setelah anda membaca ketentuan di atas. Mari kita buat kandang hamster sendiri berikut ini:

>dengan kaca (aquarium)

penampakan


kandang hamster aquarium

membuat kandang dengan kaca adalah untuk mencegah hamster kabur dari kandangnya. Dengan permukaan yang licin hamster tidak akan kabur dari kandangnya. Dalam membuat kandang menggunakan aquarium anda harus menyiapkan bahan sebagai berikut:

Kaca ukuran 30x30x30 cm dengan tebal 5mm. Khusus untuk hamster peliharaan ukuran terserah, asalkan tinggi tidak kurang dari 30 cm.
Lem kaca

berikut ini langkah-langkahnya:

Siapkan kaca dengan ukuran 30x30x30 cm atau selerah anda.
Rakit kaca satu-persatu sampai membentuk kotak yang tidak bertutup.
Tahap berikutnya, lem sambungan tersebut dengan lem khusus kaca.
Selanjutnya beri serbuk kayu pada kandang tersebut.
Dan letakan hamster pada aquarium tersebut.

>dengan kayu

penampakan


kandang kayu

membuat kandang dengan kayu ini sangat mudah dan kita juga dapat membentuk bagaimana jenis kandang hamster tersebut. Dalam membuat kandang menggunakan kayu anda harus menyiapkan bahan sebagai berikut:

Kayu ukuran 30x30x30 cm dan kayu yang lainnya untuk rumah hamster.
Lem kayu
pisau

berikut ini langkah-langkahnya:

Siapkan kayu dengan ukuran tersebut.
Bentuklah paersegi tanpa tutup.
Kemudian, lem lah bagian sambungan tersebut.
Bentuklah kayu yang lain dengan model yang sudah di tentukan.
Dan jangan lupa dengan membuat rumahnya.
Setelah itu anda juga dapat membuat mainan hamster dengan kayu.
Setelah semua sudah selesai. Anda dapat menaburkan serbuk kayu.
Dan letakan hamster pada kandang kayu tersebut.

>membuat rumah hamster di dalam tanah

penampakan


pipa bawah tanah hamster

habitat asli hamster ini memanglah di dalam tanah. Apa salahnya jika kita membuat rumah hamster di bawah tanah. Agar mereka seperti kembali ke habitat aslinya. Dalam membuat rumah hamster di dalam tanah anda harus menyiapkan bahan sebagai berikut:

Bahan seperti membuat kandang dari aquarium. Tetapi jarak tanah dengan atas aquarium jangan kurang dari 30 cm.
Dan tanah biasa.
Pipa berdiameter kira-kira 5cm.

Berikut ini langkah-langkahnya:

Siapkan kaca dengan ukuran 30cm dari tanah.
Rakit kaca satu-persatu sampai membentuk kotak yang tidak bertutup.
Tahap berikutnya, lem sambungan tersebut dengan lem khusus kaca.
Kemudian letakan rumah hamster yang sudah di beri pipa untuk hamster keluar.
Dan letakan hamster pada kandang tersebut.


>kandang dari impraboard


apa impraboard itu? Impraboard adalah "karton plastik" lembaran berongga dengan material utama polypropilene (pp) rigid, sifatnya ringan namun agak kokoh. Tersedia dalam 3 ukuran ketebalan (2mm, 3mm, 5mm) dan 9 warna pilihan. Sifat lainnya adalah aman digunakan bila bersentuhan dengan produk makanan (food-contant grade).

Apa kelebihan impraboard? Impraboard terbuat dari plastik dan secara tidak langsung mempunyai berat yang ringan sehingga mudah untuk dibersihkan dan juga dapat dibuat sebagai kandang hamster. Impraboard biasa digunakan sebagai kontainer kecil dan impraboar dapat dibeli toko buku/kertas/plastik.

Bagaimana membuat kandang hamster dari impraboard? Lansung saja kita bahas satu persatu cara pembuatannya.

Gambar kandang hamster yang dibuat dari impraboard

penampakan


cara pembuatan kandang hamster dari impraboard

alat dan bahan untuk membuat kandang dari impraboard:

Impraboard
perekat (lem,doubletip,dll)
cutter
penggaris untuk mengukur

membuat alas kandang
potong kembali 2 impraboard yang akan digunakan sebagai alas dengan ukuran 30x30 (bebas)

membuat sisi kandang
belah impraboard menggunakan cutter kedua sisi dan bagian bawah impraboard dengan ukuran masing masing sisi 1.5 sampa 3 cm (jangan sampai terpotong atau terbelah dua)

penampakan


belah impraboard menggunakan cutter bagian bawah impraboard dengan ukuran 1.5 sampai 3 cm (jangan sampai terpotong atau terbelah dua)

penampakan


gunakan perekat pada masing masing sisi yang telah di belah

penampakan


tepelkan semua bagian impraboard dan jadilah sebuah kandang yang nyaman untuk hamster

penampakan


jadilah kandang hamster emoticon-Smilie

Quote:kandang dari impraboard sangat dianjurkan untuk pemula maupun peternak karena disamping harga yang murah kandang jenis ini juga sangat ringan dan kuat


text


pesan ts


hamster lucu

hamster lucu

hamster lucu



ts gak nolak

jangan lupa

rate donk

yang tidak berkenan


"sumber"


>>>terima kasih sudah membaca isi thread ts<<<




update liat page bawah


NO JUNK !!!
profile-picture
tata604 memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
tips membuat kandang hamster >>handmade<<
15-01-2012 22:53
Bagus2 gan kandangnya emoticon-Matabelo
Tp ane blm punya uang buat bikin kandang begitu emoticon-Big Grin
tips membuat kandang hamster &gt;&gt;handmade&lt;&lt;
0 0
0
tips membuat kandang hamster >>handmade<<
16-01-2012 01:02
siiiippppzzzz bgus2 gan kandangx,,,,,,emoticon-2 Jempol
0 0
0
tips membuat kandang hamster >>handmade<<
16-01-2012 18:51
thanks gan buat inspirasinya !! emoticon-Blue Guy Cendol (S)
0 0
0
tips membuat kandang hamster >>handmade<<
16-01-2012 19:18
TAMBAHAN DARI AGAN spynoza69 emoticon-Add Friend (S)


Quote:Original Posted By spynoza69
Disuruh gabung sama Mod Hundelieb emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
==========
tips membuat kandang hamster &gt;&gt;handmade&lt;&lt;

Modif Sederhana Kandang Jeruji



Ane baru modif Aquairum Akrilik (uk.60x30x36) nih, gan..

Dari yang cuma ad Lantai dasar, Bisa jadi 3 lantai..
(Ada jg yang sebut Lantai Dasar>Lantai 1>Lantai 2).
Kalau ane lebih suka sebut 3 lantai, terkesan lebih gwweeedee

emoticon-Ngakak


Lengkap dengan stadion mininya, dan langkah-langkah pembuatannya.. emoticon-Peace

Cekidot, gan emoticon-Angkat Beer
Penampakan


Modif Model ke-2




tips membuat kandang hamster &gt;&gt;handmade&lt;&lt;

tips membuat kandang hamster &gt;&gt;handmade&lt;&lt;
Mau bikin kandang untuk ternak?
Gimana kalau pakai IMPRABOARD?
Selain relatif murah, bahan yang 1 ini juga cukup kuat terhadap air. Ringan, namun Kokoh.
Beli perlembar (75cm * 100cm), harga sekitar 29rb, udah bisa bikin 3 kandang ternak ukuran 25*20*20.

Kalau ane belinya di Gram*dia..
Tapi biasanya tersedia juga di ATK (toko alat tulis).

Berikut ini sketsanya, gan :
Sketsa



tips membuat kandang hamster &gt;&gt;handmade&lt;&lt;

Semoga bisa jadi inspirasi untuk agan-agan..
emoticon-Angkat Beer



Quote:Original Posted By spynoza69
di Gramed, Impra uk 100*75 = 23.000 / 29.000 (lupa).

Tergantung pakainya berapa banyak..


Kalau mau bikin kandang ternak, bisa liat post ane di : http://livebeta.kaskus.co.id/show_po...0664616038/35/
1 lembar 100*75 bisa bikin 3 kotak uk 25*20*20 (sketsa 3 in 1)

Tapi hati2, nempelinnya harus yang rapat.
Kalau ga, bisa digrogotin n kabur hamsternya.



=========
=========
=========
=========
=========

Belum ada update penting, hanya Tips dikit..

Agan pernah nyoba / pengen nyoba pakai Container sebagai kandang hamster kesayangan?
Ane udah pernah nyoba, sharing dikit ni ya..

Malam ane tutup, pagi ane buka, BAAAAUUUU bukan main.
Mirip bau bangkai tikus!!

Usut punya usut, ternyata gara2 Tutupnya pakai ini:
penampakan


Ga tau kalau di agan yang lain.
Kalau ane, hasilnya BAU bgt kalau ditutup agak lama.

Mungkin karena lubangnya terlalu dikit?
Tapi kalau lubangnya ditambah lagi, jadi rawan nyamuk, gan..
Coz tempat ane bejibun dah nyamuknya..
emoticon-Hammer

So, ane ganti tutupnya pakai ini :
penampakan


Dan gantung minumnya begini:
Gantung Minum


  • Sirkulasi udara lebih baik.
  • Jadi lebih terang.
  • Cukup kuat, karena ada kawat strimin kasarnya.
  • Kalau mau, tiban atasnya pakai something heavy, biar ga gampang dibuka kucing / lainnya


Itu dulu tips kali ini, gan..

Semoga bermanfaat emoticon-Big Grin
0 0
0
tips membuat kandang hamster >>handmade<<
16-01-2012 20:59
bagus banget gan kandangnya,..... emoticon-2 Jempol skitar habis biaya brapa ya kalau bwt dg media kaca ???????
0 0
0
tips membuat kandang hamster >>handmade<<
16-01-2012 21:31
kalo ukuran 40x40x30 cm pake kaca 3 mm cukup nggak? dan biayanya sekitar berapa?
0 0
0
tips membuat kandang hamster >>handmade<<
16-01-2012 22:16
Quote:Original Posted By OzManch
kalo ukuran 40x40x30 cm pake kaca 3 mm cukup nggak? dan biayanya sekitar berapa?


klau segituh sih cukup gan kalau menurut sya
kalau mslah biaya hbis berapa sya kagak thu nih gan emoticon-Big Grin
0 0
0
tips membuat kandang hamster >>handmade<<
17-01-2012 08:25
Aku pake kandang jeruji alias kawat gan. Tapi dalam waktu dekat akan diganti ke kandang plastik emoticon-Smilie
tips membuat kandang hamster &gt;&gt;handmade&lt;&lt;
0 0
0
tips membuat kandang hamster >>handmade<<
17-01-2012 11:50
keren2 gan kandang nya,,nice share jg emoticon-Blue Guy Cendol (S)
0 0
0
tips membuat kandang hamster >>handmade<<
17-01-2012 15:57
wuuh keren gan kandangnya.. emoticon-Matabelo
paling murah budgetnya brapaan tuh? jd pengen bikin..
0 0
0
tips membuat kandang hamster >>handmade<<
17-01-2012 17:16
ih si agan kyk temen ane.. temen ane bikin kandang hamster pake lemati bekas gan.. tp emank bagus sihh
0 0
0
tips membuat kandang hamster >>handmade<<
17-01-2012 17:27
Quote:Original Posted By nonochu
wuuh keren gan kandangnya.. emoticon-Matabelo
paling murah budgetnya brapaan tuh? jd pengen bikin..


murah kok gan kalau menurut perkiraan ane
impraboard coba beli di gramed ada atau di fjb juga ada kok gan
0 0
0
tips membuat kandang hamster >>handmade<<
18-01-2012 00:47
0 0
0
tips membuat kandang hamster >>handmade<<
22-01-2012 21:03
ane nobatkan ente kaskuser yg paling kratip gan, asli ini gan ane dari hati lubuk yang palling dalammmm emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
0 0
0
tips membuat kandang hamster >>handmade<<
31-01-2012 14:28
Quote:Original Posted By fikfiktaufik
ane nobatkan ente kaskuser yg paling kratip gan, asli ini gan ane dari hati lubuk yang palling dalammmm emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol


wah demi mendapatkan sebuah cendol dari ane ente smpe kyak gtu gan emoticon-Big Grin
thanks gan emoticon-Ngakak

ayo ah ane sundul
eman kagak dibaca ilmu nih drpda beli mending coba kreatif bikin sendiri emoticon-Big Grin
0 0
0
tips membuat kandang hamster >>handmade<<
03-02-2012 16:47
baagus2 kandang nya, lumayan buat jd bahan referensi di rumah ^^
tips membuat kandang hamster &gt;&gt;handmade&lt;&lt;
0 0
0
tips membuat kandang hamster >>handmade<<
03-02-2012 17:34
Quote:Original Posted By zidnif
wah demi mendapatkan sebuah cendol dari ane ente smpe kyak gtu gan emoticon-Big Grin
thanks gan emoticon-Ngakak

ayo ah ane sundul
eman kagak dibaca ilmu nih drpda beli mending coba kreatif bikin sendiri emoticon-Big Grin


kayu yg bagus buat bikin kandaang pake kayu apa gan?
0 0
0
tips membuat kandang hamster >>handmade<<
03-02-2012 19:19
waduh ane gapunya hamster gan emoticon-Stick Out Tongueeace
0 0
0
tips membuat kandang hamster >>handmade<<
03-02-2012 20:14
jadi terinspirasi buat bikin kandang thx solusinya,, hamster ane banyak tapi kndang ga memaddaiemoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
tips membuat kandang hamster >>handmade<<
03-02-2012 22:32
Quote:Original Posted By jepitapit
jadi terinspirasi buat bikin kandang thx solusinya,, hamster ane banyak tapi kndang ga memaddaiemoticon-I Love Indonesia (S)


sama" gan
mending buat sendiri aja dulu gan supaya bisa lbih kreatif dan dpat mengontrol uang juga drpda beli" emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia