Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
10093
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007624066/ciri-ciri-terkena-usus-lengket
Rasa perut tidak nyaman, habis makan lalu sakit perut atau sulit buang air besar (BAB) bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya karena usus lengket. Apa ciri-ciri usus lengket? "Gejala pelengketan usus yang pasti dan sering adalah merasa tidak enak. Nggak enak aja gitu, nggak enaknya susah diterangin," jelas Dr Errawan Wiradisuria, SpB-KBD, M.Kes, Spesialis Bedah dan Konsultan
Lapor Hansip
25-03-2011 11:05

Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket

Quote:
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket



Quote:Rasa perut tidak nyaman, habis makan lalu sakit perut atau sulit buang air besar (BAB) bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya karena usus lengket. Apa ciri-ciri usus lengket?

"Gejala pelengketan usus yang pasti dan sering adalah merasa tidak enak. Nggak enak aja gitu, nggak enaknya susah diterangin," jelas Dr Errawan Wiradisuria, SpB-KBD, M.Kes, Spesialis Bedah dan Konsultan Bedah Digestif dan Laparoskopi RS Premier Bintaro, dalam acara Media Gathering di RS Premier Bintaro, Jakarta, Kamis (24/3/2011).

Menurut Dr Errawan, biasanya pasien yang mengalami pelengketan usus karena mengalami usus buntu yang pecah, akan merasakan sakit di perut bagian kanan. Sedangkan jika pasien yang awalnya karena endometriosis atau penyakit kandungan, biasanya rasa tidak nyaman akan terasa di bangian tengah bawah perut.

Quote:
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket


Jika pelengketan usus sudah parah, maka gejala yang dirasakan adalah susah buang air besar.

"BAB nya susah, karena si usus yang harusnya lurus-lurus aja, lancar-lancar aja kaya kereta api, itu jadi ditarik, jadi seolah-olah yang harusnya si usus lurus jadi bengkok ke atas, karena ke tarik. Jadi waktu makanan kita berjalan, waktu digiling, itu dia harus menempuh perjalanan yang lebih jauh, yang harusnya lurus dia naik dulu ke atas. Dan ketika usus ditarik, reseptor rasa sakit di dalam juga bergerak, sehingga rasa sakitnya khas sehabis makan atau setelah makan banyak," jelas Dr Errawan.

Quote:
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket


Menurut Dr Errawan, rasa sakit tersebut muncul karena gerakan ususnya terbatas seolah-olah terikat oleh fibrin akibat infeksi.

Dr Errawan juga menjelaskan bahwa tidak ada faktor luar seperti makanan tertentu yang dapat menyebabkan pelengketan usus.

"Kalau makanan nggak ada ya, paling sering karena infeksi habis operasi itu," tutur Dr Errawan.

Menurutnya, orang yang pernah operasi sekitar usus biasanya paling sering terkena masalah usus lengket.

"Orang yang pernah dioperasi punya risiko pelengketan usus lebih besar ketimbang orang yang tidak pernah dioperasi," jelas Dr Errawan.

Menurut Dr Errawan, hal ini karena proses operasi memungkinkan terjadinya manipulasi usus, pemindahan usus sementara dan pendarahan, sehingga berpotensi menimbulkan infeksi dan menyebabkan pelengketan usus.

"Misalnya ada preman berantem kena tusuk, itu kan bolong ususnya. Kalau bolong kan kotoran atau fesesnya jadi keluar. Kotoran itu harus kita cuci dan usus yang bolong harus kita jahit. Nah, bekas feses, bekas kotoran atau bekas darah itu walaupun sudah dibersihkan sampai jernih, kalau ada infeksi tetap saja berpotensi menyebabkan pelengketan usus," jelas Dr Errawan yang lulus S1 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung.

Quote:Secara lengkap Dr Errawan menjelaskan bahwa pelengketan usus bisa disebabkan oleh berbagai hal, antara lain:
1.Bakat
2.Infeksi
3.Masalah operasi yang kurang bersih atau tidak dibersihkan secara maksimal
Penyakit kandungan endometriosis
TBC usus.


"Misalnya waktu operasi ada pendarahan, ada pendarahan nyucinya nggak bersih atau tidak terlalu maksimal, maka sisa-sisa darah bisa menjadi fibrin (gumpalan darah). Fibrin itulah yang menjadi seperti sarang laba-laba, seperti tali. Atau seperti kasus infeksi karena usus buntu yang pecah, usus buntu yang pecah kan harus dioperasi, tapp kalau dia punya bakat berpotensi untuk infeksi, karena kalau usus pecah kan kotoran yang harusnya dibuang di WC jd dibuang di situ, jadi bisa menyebabkan pelengkatan," tutur Dr Errawan yang juga berpraktik di Sub Bagian Bedah Digestif RSUP Persahabatan


Quote:[URL="http://health.detik..com/read/2011/03/24/180228/1600708/763/ciri-ciri-terkena-usus-lengket?l991101755"][CENTER]SUMBER[/CENTER][/URL]


Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket


Ada Titipan dari rekan kita Di Kaskus, Harap di bantu :


Quote:
7 Langkah Mudah Cegah Osteoporosis Sejak Dini
Skizofrenia dan Fenomena Nabi Palsu [BACA DULU SEBELUM BILANG SESAT!! INI ILMIAH]



New Release :

1. <::: 4 Tipe Agan/Aganwati Yang SULIT ! Di Dalam Pergaulan :::->

2. [TOP] Menghilangkan RASA SAKIT Dengan Cara MENYILANGKAN Lengan !!!!

3. [JADUL] SCAFOLDING Yang Terbuat Dari BAMBU (Masih Ada Yang Pakai Gan!!)

4. [Must to Know] 10 Misteri Dengan Penjelasan Yang Masuk AKAL !!!

5. [HISTORY] Gedung FATAHILLAH yang Terlupakan (TEMPO DOELOE)

6. ::: Ternyata Bermain Kelereng Banyak Manfaatnya [Daripada Main Game ??] :::

7. Sektor IT adalah Ber-GAJI Paling Seksi Di Indonesia [Incl: Daftar Gaji IT Indonesia]

8. Inilah Cara Putusin PACAR Tanpa Harus Menyakitinya Perasaanya (MASUK!!)

9. Apa Bedanya Orang Jepang Dan Orang Amerika??? (Watch This !!)

10. [MASUK!] Truk Dan Bus Unik Dari PAKISTAN (Bandingkan Dengan Indonesia)
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 402 dari 506
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket
16-01-2012 03:17
serreem amat gann
0 0
0
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket
16-01-2012 03:18
kok bisa ada unsur bakat ya
0 0
0
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket
16-01-2012 03:18
kok bisa lengket gitu emoticon-Takut (S)






Your Thread have been visited by kertcos
Original post by kertcos emoticon-Peace
0 0
0
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket
16-01-2012 03:18
eyang temen gw kemaren sakit gtuan gan..
nyembuhinnya musti operasi ya??
g ada cara laen??
0 0
0
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket
16-01-2012 03:19
pelajaran berharga nih
emang lagi-lagi pola mkn yang perlu dijaga
0 0
0
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket
16-01-2012 03:19
ishhh..
moga ane ga kena gan.,
emoticon-Takut emoticon-Takut

anissind sudah posting di trit ini
keep post and junk
emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket
16-01-2012 03:19
jangan sampai ane mengalami usus lengket ya kang . .
0 0
0
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket
16-01-2012 03:20
Ane baru tau ada penyakit begituan bos emoticon-Takut
0 0
0
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket
16-01-2012 03:20
koq salah satu penyebabnya bakat kk






—Original Comment By :812478™
¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦
© 2012 All Right Reserved™
0 0
0
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket
16-01-2012 03:20
smoga ora kena jhon penyakit koyo ngono emoticon-Takut
0 0
0
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket
16-01-2012 03:20
serem buanget kk pict nya emoticon-Army (S)emoticon-Army (S)

this post originally by libertyisland
0 0
0
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket
16-01-2012 03:20
mantap om sharing nya
0 0
0
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket
16-01-2012 03:20
menghindari bot COPAS



Originally Post By Z.o
emoticon-army: Pembasmi Para Junker emoticon-army:
0 0
0
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket
16-01-2012 03:21
Wah untung pencernaan wa lancar brarti usus wa ngga ada masalah
0 0
0
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket
16-01-2012 03:21
koq salah satu penyebabnya bakat gan,
0 0
0
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket
16-01-2012 03:21
emoticon-Takut (S)

jangan sampe deh gua kena ,






ayunir Was Here
0 0
0
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket
16-01-2012 03:26
waduh kdg bab g lancar nih..emoticon-Malu
emoticon-Embarrassment


posted by pohoncherry
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket
0 0
0
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket
16-01-2012 03:27
usus lengket, aneh juga , pernah dengar sih, rupanya begitu ya.
0 0
0
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket
16-01-2012 03:29
emoticon-Takut gan..moga aye gak kena tuh penyakit
0 0
0
Ciri-Ciri Terkena Usus Lengket
16-01-2012 03:30
apn ne usus lengket ?
Usus buntu maksudny emoticon-Amazed
0 0
0
Halaman 402 dari 506
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia