Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
9606
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007937235/satu-satunya-suku-yang-memakan-tanah-liat
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM mudah-mudahan gak:repost Hmm... bagaimana ya rasanya memakan tanah liat yang dipanggang, tapi untuk warga yang satu ini adalah jagonya makan tanah liat. Bagi warga Tuban, Jawa timur memakan tanah lait panggang tak berbeda seperti kita memakan stik coklat. Makanan dari tanah liat yang diberi nama "Ampo" ini sudah menjadi makanan tradisional yang dipercaya masyarak
Lapor Hansip
13-04-2011 13:16

Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat

Quote:
Quote:BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

BUKA


Quote:
Quote:Hmm... bagaimana ya rasanya memakan tanah liat yang dipanggang, tapi untuk warga yang satu ini adalah jagonya makan tanah liat. Bagi warga Tuban, Jawa timur memakan tanah lait panggang tak berbeda seperti kita memakan stik coklat.


buka


Makanan dari tanah liat yang diberi nama "Ampo" ini sudah menjadi makanan tradisional yang dipercaya masyarakat Tuban dapat menguatkan sistem pencernaan. Bahkan memakan tanah liat juga dipercaya sebagai obat yang dapat mengobati beberapa macam penyakit.

Rasima, sang penjual Ampo, mengatakan bahwa tidak ada resep untuk memasak tanah tersebut. Dia hanya mencari tanah yang bersih yang bebas dari kerikil, kemudian ditumbuk dan dipadatkan sehingga berbentuk segi empat.

Kemudian, mengikisnya dengan stik dan membentuknya seperti gulungan. Tanah yang sudah menggulung itu kemudian dibakar dan diasapi selama 1 jam, lalu jadilah sebagai snack atau makanan ringan yang siap dimakan.

Rasima biasanya menjualnya dipasar dan sehari dia bisa mempunyai penghasilan sekitar Rp 20 ribu untuk menghidupi keluarganya.

Tuban merupakan satu-satunya tempat di dunia yang memakan tanah panggang. Memang ada orang-orang lain di dunia yang suka makan pasir, dan benda aneh lainnya, tapi tidak ada yang memakan tanah panggang.

Salah seorang warga Tuban mengatakan bahwa dia sudah memakan ampo sejak dia masih kecil dan ampo mendinginkan perutnya. Berikut ini cara membuatnya :

1. Pisahkan Tanah Liat Dengan Kerikil dan Pasir

buka


Pada tahap ini tanah dipilah-pilah antara yang lembut dan yang kasar. Seperti halnya membuat adonan jajanan, maka keseragaman tanah menentukan kenikmatan dan kepulenan cemilan yang dihasilkan nantinya.

2. Bentuk Tanah Menjadi Kotak-Kotak

buka

Kalau kita membuat kue ada istilah kalis, ya disini juga demikian, membuat adonan tanh liat menajdi bentuk kotak menunjukan bahwa adonan sudah kalis.

Kalis sendiri berarti komposisi tanah dan air sudah merata pada setiap bagian adonan. Ciri adonan tanah liat yang kalis dilihat dari sudah tidak lengket pada telapak tangan.

3. Bentuk Stick/batangan

buka

Tanah liat dibentuk menjadi stik, jika anda lihat sepintas pembuatannya mirip dengan pembuatan wafer stick atau astor.

4. Bakar Tanah Liat

buka

Setelah tanah liat dibentuk menjadi stick, kemudian dipanggang diatas tungku tradisional sampai mengeras dan kering. Seperti terlihat pada gambar, tanah liat diletakkan diatas wajan dengan pemanasan tungku dan kayu.

5. Disajikan

buka


Setelah semua proses dilalui maka tanah liat siap disajikan di meja untuk jadi teman ngobrol dan nonton.

Kalau Anda penasaran dan cukup berani silahkan berkunjung ke tuban dan mencicipinya sendiri. Anda juga bisa meminta untuk membungkusnya sebagai oleh-oleh keluarga dirumah. Tentunya menikmati bersama keluarga akan membawa kenikmatan tersendiri. Bagaimana, Anda tertarik?


Quote:
BUKA


BUKA
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 417 dari 482
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
08-01-2012 14:00
ya ampun..ane pilih makan coklat aja deh daripada tanah emoticon-Ngakak
0 0
0
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
08-01-2012 14:02
gak sakit perut tuh...? Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
bisa-bisa sakit perut abis makan itu Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
0 0
0
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
08-01-2012 14:03
Ane baru tau om ada sekelompok suku yg suka makan tanah liat emoticon-Hammer (S)
rasanya gmn tuh ya gan? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
08-01-2012 14:05
astaga.. apa aja pun bs dimakan
0 0
0
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
08-01-2012 14:09
gizinya darimana gan?
keliatan kea astor sih
sayang ga ada coklatnya isinya
ane takut klo ada cacing dalemnya
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
0 0
0
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
08-01-2012 14:11
rasa apa itu gan?? coklat kah??
0 0
0
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
08-01-2012 14:14
gara gara kemiskinan tuh gan emoticon-Cape d...
0 0
0
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
08-01-2012 15:26
serem cing gua kaga berani
0 0
0
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
08-01-2012 15:35
Aneh ya.
Rasanya gmana makan Tanah?
Byk Kumannya lah itu emoticon-Nohope
0 0
0
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
08-01-2012 15:38
kok bisa ya emoticon-Bingung apa perutnya ngga sakit











Saya ilusionis,Telah berkunjung ke thread agan ..
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
Gagal merupakan proses pertama untuk meraih kesuksesan
..::Signature anti bot by QuickReply::..
copas=maho emoticon-army:
0 0
0
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
08-01-2012 15:38
Hahahahahaha rasanya apa ya trs baik bikin kesehatan ngga ya

this post originally by sicknewbie
0 0
0
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
08-01-2012 15:39
gila gw baru tau ada jg yg makan tanah emoticon-Smilie
0 0
0
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
08-01-2012 15:39
pernah liat nie gua di tv

yh mau gmna lg yg penting gk mengganggu kesehatan
0 0
0
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
08-01-2012 15:39
udah diteliti secara medis gak deh
kalau memang gak ada efek samping emoticon-Takut (S)
0 0
0
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
08-01-2012 15:39
pernah liat beritanya di tipi..
rasanya kaya apa yah? bentuknya mirip coklat uy..emoticon-Blue Guy Smile (S)
0 0
0
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
08-01-2012 15:42
Waw hebatnya gan, makannya saja tanah liat emoticon-Takut

this post originally by legendskaskus
0 0
0
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
08-01-2012 15:42
doyan banget makan tanah emoticon-Najis
0 0
0
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
08-01-2012 15:43
makanan yg unik..
cuma sayang bahan bakunya malah bikin enek..
0 0
0
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
08-01-2012 15:44
busettt apa rasanya yah gan..

emoticon-Najis

this post originally by Garuda.Dikaskus
0 0
0
Satu-Satunya Suku yang Memakan Tanah Liat
08-01-2012 15:44
ogut engga beraniemg . . entar klo ada telor cacing gmn coba . . malah repot sendiri . . . hiiiii emoticon-I Love Kaskus (S)s
0 0
0
Halaman 417 dari 482
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia