Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
3729
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012342742/mengenal-canting
:iloveindonesia :iloveindonesia :iloveindonesia Sebelumnya di :rate5 dan di komeng nanti ya gan No Repost Gan Canting merupakan alat yang dipakai untuk melukis batik dengan mengisi cairan malam panas kedalamya dan melukiskannya diatas kain. Bagian Canting terdiri atas 3 bagian yaitu : Nyamplung : tempat tampungan cairan malam, terbuat dari tembaga. Cucuk : tergabung dengan nyamplung, adalah pipa t
Lapor Hansip
04-01-2012 05:21

Mengenal Canting

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia


[QUOTE=]
Mengenal Canting
[/QUOTE]

Maklumat


No Repost Gan

No Repost


[QUOTE=]Canting merupakan alat yang dipakai untuk melukis batik dengan mengisi cairan malam panas kedalamya dan melukiskannya diatas kain.

Bagian Canting terdiri atas 3 bagian yaitu :
Nyamplung : tempat tampungan cairan malam, terbuat dari tembaga.
Cucuk : tergabung dengan nyamplung, adalah pipa tempat keluarnya cairan malam panas saat menulis batik.
Gagang : pegangan canting, umumnya terbuat dari bambu atau kayu.

Bagian-bagian Canting


Canting digunakan seperti pena ketika kita menulis biasanya, ukurannya macam-macam tergantung jenis batik yang hendak dibuat. Ketika digunakan, pembatik Indonesia akan mengambil "lilin" yang disebut "malam" yang ada di dalam wajan masuk ke dalam "nyamplung". Lalu canting diangkat dan "cucuk" ditiup sedikit untuk menurunkan suhu. Lilin yang masih dalam keadaan cair tersebut kemudian ditorehkan melalui bagian "cucuk" ke kain batik untuk membentuk lukisan terbalik. Hasil torehan lilin dari canting itu akan bebas dari warna batik sebenarnya sehingga bagian yang tidak dikenai lilin akan menjadi berwarna jika telah melalui proses pewarnaan.

Canting


Canting


Canting




CANTING MENURUT FUNGSINYA

Canting Reng
Reng adalah pola pertama yang dibuat dalam pengerjaan batik. reng rengan juga dapat diartikan sebagai kerangka utama. orang yang membuat reng disebut ngerengreng. biasanya canting reng digunakan untuk membuat pola awal. batikan awal hasil mencontoh pola desebut polan. canting reng bercucuk tunggal.

Canting Isen
Canting isen adalah canting yang digunakan untuk mengisi bidang batik, maupun mengisi pola utama (polan). canting isen biasanya bercucuk kecil baik tunggal maupun rangkap.

Canting Blok
Canting blok adalah canting yang biasanya digunakan untuk ngeblok atau nembok. biasanya memiliki diameter cucuk yang lebar sehingga malam yang keluar banyak dan dapat mempercepat proses pengeblokan malam.

Canting


Canting



CANTING MENURUT UKURAN CUCUK

Canting Cucuk Besar
Canting cucuk besar memiliki diameter cucuk ujung yang besar sekitar 0.8-1 mm. canting ini biasanya digunakan untuk ngeblok.

Canting Cucuk Sedang
Canting cucuk sedang memiliki diameter cucuk ujung yang besarnya sekitar 0.5-0.7 mm. canting ini biasanya digunakan untuk molani maupun isen.

Canting Cucuk Kecil
Canting cucuk skecil memiliki diameter cucuk ujung yang besarnya sekitar 0.4-0.2 mm. canting ini biasanya digunakan untuk isen karena bentuknya yang kecil. namun terkadang canting cucuk kecil juga digunakan untuk membuat pola pada jenis batik yang memiliki tingkat kerumitan yang tinggi.

Cucuk



CANTING MENURUT BANYAKNYA CUCUK

Canting Cecekan
canting cecekan bercucuk satu, biasanya memiliki ujung cucuk yang kecil. canting ini digunakan untuk membuat cecek (titik). selain untuk membuat cecek, canting ini juga digunakan untuk membuat garis-garis yang kecil.

Canting Loron
canting loron berasal dari bahasa jawa loro yang artinya dua. canting ini memiliki mata cucuk dua yang bentuknya berjajar atas dan bawah. canting ini digunakan untuk membuat garis rangkap. di beberapa daerah, canting loron digunakan untuk membuat pinggiran (pola di ujung kain)

Canting Telon
Telon berasal dari bahasa jawa telu yang artinya tiga. canting ini memiliki susunan bentuk mata cucuk segitiga sama sisi. canting ini biasanya digunakan untuk membuat isen.

Canting Prapatan
Apabila dianalogikan, prapat - papat - empat. prapat juga berasal dari bahasa jawa. canting ini memiliki empat mata cucuk yang membentuk bujursangkar. canting ini biasanya digunakan sebagai isen.

Canting Liman
Liman untuk lima, canting ini bercucuk lima. canting ini memiliki bentung bujur sangkar dengan satu titik di tengah. biasa digunakan sebagai isen juga.

Canting Byok
Canting byok adalah canting yang memiliki ujung cucuk berjumlah tujuh atau lebih dari tujuh. biasanya mempunyai bentuk lingkaran kecil yang terdiri dari titik-titik. canting byok biasanya memiliki jumlah cucuk yang ganjil.

Canting Galaran / Canting Renteng
Galaran berasal dari kata galar yang artinya tempat tidur dari bambu yang bentuknya membujur. canting galaran biasanya memiliki ujung cucuk berjumlah genap, membujur dari atas ke bawah. canting galaran biasa disebut dengan nama canting renteng.

Canting


Canting


Canting


Terimakasih buat agan-agan yang sudah mampir
Semoga agan sekalian berkenan


emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia


Tambahan




Tambahan Informasi Dari Agan Sekalian
Tambahan




[/QUOTE]
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 47 dari 188
Mengenal Canting
05-01-2012 18:40
menambah wawasan tentang dunia perbatikan
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Mengenal Canting
05-01-2012 18:40
nah yg kayak gini ini yg informatif bgt utk kita anak bangsa

0 0
0
Mengenal Canting
05-01-2012 18:40
Wih,udah ht aja gan
liat bikinnya sm alatnya kyknya ribet ya
ane bagian pake batiknya aja deh emoticon-linux2


numpang komeng oms emoticon-Malu (S)
0 0
0
Mengenal Canting
05-01-2012 18:40
HT emoticon-Belo
tapi batik sekarang jarang yang buat manual emoticon-Nohope
kebanyakan mesin emoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Mengenal Canting
05-01-2012 18:41
jgn sampe di klaim malaysia elo budaya kita yg satu ini! emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Mengenal Canting
05-01-2012 18:41
gua mmang ngk bkat jd pebatik om ngk sbran pake alat gtuan.
0 0
0
Mengenal Canting
05-01-2012 18:42
{{komentar
0 0
0
Mengenal Canting
05-01-2012 18:42
HT tp masih sepi ya?. emoticon-Smilie
Mengenal Canting
0 0
0
Mengenal Canting
05-01-2012 18:42
ajegile.. jenisnya banyak jga yaahh.. emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Mengenal Canting
05-01-2012 18:43
wah emoticon-Matabelo
lengkap banget gan infonya
0 0
0
Mengenal Canting
05-01-2012 18:43
alamak susah juga banget membatik ternyata.. luar biasa indonesiaku iniemoticon-I Love Indonesia (S)






Thread anda dikunjungin oleh fearmarsel
This post original by: fearmarsel emoticon-army:
0 0
0
Mengenal Canting
05-01-2012 18:45
ohh ternyata begitu toh yg namanya canting. Nice Info gan
0 0
0
Mengenal Canting
05-01-2012 18:45
kayanya rame nih thread emoticon-Cool
wuih gelo ogut baru tauh gans walaupn sebenernya gw belom pernah liat langsung
mudah-mudahan jadi HT (HOT THREAD)

0 0
0
Mengenal Canting
05-01-2012 18:45
waaahhh ternyata banyak macemnya juga ya gan
kirain cuma satu jenis aja tuh canting






Thread anda dikunjungin oleh vodkamax
This post original by: vodkamax emoticon-army:
0 0
0
Mengenal Canting
05-01-2012 18:45
nah yg kayak gini ini yg informatif bgt utk kita anak bangsa
0 0
0
Mengenal Canting
05-01-2012 18:46
oh, ternyata begitu aja alatnya, kirain tadi pake mesin apa gitu, emoticon-Ngakak
Mengenal Canting
0 0
0
Mengenal Canting
05-01-2012 18:46
yup .. tetap jadi batik paling mahal meskipun ada batik cap
0 0
0
Mengenal Canting
05-01-2012 18:47
nais inpo gan, tapi ane kurang ngerti beberapa jenis yang 3 atau 5, kayak apa bentuknya juga gak ada fotonya, sayang kurang lengkap tridnya gan, penjelasannya juga amat singkat....
0 0
0
Mengenal Canting
05-01-2012 18:48
Quote:Original Posted By azizsurvey
Budaya bangsa tradisional
Hrs ttep dilestarikan

Jgn kalah ma yg buatan pabrik
Mengenal Canting

btul gan, jangan sampe tergusur sama modernisasi
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Mengenal Canting
05-01-2012 18:48
kirain ane..canting itu cuman satu jenisnya..ternyata banyak amir ya..
mesti banyak belajar lagi nih..
maksh bos sharnya..
0 0
0
Halaman 47 dari 188
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia