others
Batal
link has been copied
920
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011049729/6-langkah-mengambil-keputusan-yang-tepat-secara-sistematis
Alhamdulillah HT, Bersyukur pada Allah SWT Terimakasih MIMIN, CO-MIN, MOMOD, KASKUSER & WARGA ANTIK 5 Januari 2012 Sadarkah anda, bahwa anda dihadapkan dengan ratusan pilihan dan keputusan setiap hari? Makanan apa yang kamu makan hari ini, baju apa yang kamu pakai saat bekerja, film apa yang akan kamu tonton saat akhir minggu, dan berbagai pilihan lain baik yang kamu sadari atau tidak. Namun tidak
Lapor Hansip
19-10-2011 19:30

6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis

6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis

6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis

6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
Hot Thread Ke-63
Quote:
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis

Sadarkah anda, bahwa anda dihadapkan dengan ratusan pilihan dan keputusan setiap hari? Makanan apa yang kamu makan hari ini, baju apa yang kamu pakai saat bekerja, film apa yang akan kamu tonton saat akhir minggu, dan berbagai pilihan lain baik yang kamu sadari atau tidak. Namun tidak semua keputusan yang kamu hadapi sesimpel itu, banyak keputusan yang membutuhkan perenungan, pemikiran dan rencana yang matang untuk diambil seperti keputusan-keputusan di dunia kerja yang sering dihadapkan dengan masalah dan dilema.

Tidak seorangpun di dunia ini lahir dengan kemampuan mengambil keputusan yang baik. Itu adalah kemampuan yang harus dipelajari dan diperkuat dengan sering menghadapi suatu masalah yang menantang (memiliki masalah dalam hidup tidak selalu buruk, kan?). Oh ya, tidak semua keputusan membutuhkan proses yang sistematis. Keputusan untuk memilih teman yang baik atau pasangan hidup adalah keputusan yang membutuhkan kontemplasi dan perenungan saja. Maka artikel ini hanya membahas mengenai keputusan yang memerlukan rencana yang sistematis (biasanya berhubungan dengan karir dan keuangan). Berikut ini adalah 6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat secara Sistematis:


Quote:1. Tetapkan sasaranmu (set your goals)

Langkah pertama tentu saja kamu harus mengetahui dengan jelas masalah apa yang sedang kamu hadapi. Kamu juga harus memiliki tujuan dan hasil yang ingin dicapai setelah kamu mengambil keputusan. Secara umum ada 2 jenis keputusan:
  • Keputusan ya atau tidak. Contohnya haruskah kamu membeli mobil atau haruskah kamu berganti pekerjaan.
  • Memilih dari pilihan yang ada. Contohnya mobil jenis apa yang akan kamu beli atau pekerjaan apa yang terbaik buat kamu.

Ini permulaan yang penting karena tujuan akhir akan mempengaruhi caramu dalam bertindak dan berpikir. Berikan tenggat waktu (deadline) kapan kamu harus mengambil keputusan untuk memastikan kamu tidak terlalu lama fokus di satu masalah tanpa memperdulikan masalah yang lain.

Quote:2. Cari informasi yang tepat

Informasi adalah kunci untuk mengambil keputusan yang benar. Carilah fakta dan opini yang mendukung keputusanmu. Lakukanlah observasi, interview, survey, membaca literatur, atau meminta pendapat orang lain untuk mendapatkan informasi baik yang subyektif maupun obyektif. Tapi ingat, jangan sampai mencari suatu informasi pada orang yang salah atau meminta sarat dari orang yang tidak berpengalaman misalnya meminta pendapat tentang cara mengatur keuangan dari orang yang memiliki utang yang banyak atau cara menurunkan berat badan yang tepat dari orang yang kelebihan berat badan. Hal-hal semacam itu kadang tidak diperhatikan yang membuat informasi atau saran yang kamu dapat tidak benar.

Quote:3. Mencari opsi dan kemungkinan yang ada dari berbagai sudut pandang

Dalam mengambil keputusan, kamu harus mempertimbangkan segala kemungkinan yang ada terutama apabila keputusan yang kamu ambil adalah suatu keputusan yang besar. Jelajahi setiap perspektif yang berbeda, jangan batasi dirimu oleh sesuatu yang sudah tersedia atau sesuatu yang sudah ada di pikiranmu. Berpikir out-of-the-box awalnya pasti tampak tidak relevan atau tidak sesuai dengan situasi yang ada, namun justru solusi sering muncul dari ide-ide semacam itu. Tapi, tentu saja berbagai kemungkinan itu harus didukung oleh fakta dan riset yang benar.


Quote:4. Menganalisis tiap kelebihan dan kekurangan opsi yang akan kamu ambil

Gunakan logika dan akal sehatmu untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan atau keuntungan dan kelemahan dari setiap opsi yang ada. Apa keputusan ini masuk akal? Jika ya, mengapa, jika tidak, mengapa tidak? Apa resiko dari keputusan ini? Apa yang bisa dilakukan untuk meminimalisir resiko yang ada? Tanyalah pertanyaan-pertanyaan itu pada dirimu sendiri.


Quote:5. Jangan mencoba untuk sempurna

Banyak orang menunda-nunda keputusan karena takut salah. Pertama-tama kamu harus tahu bahwa, manusia tidak ada yang sempurna, bahkan seorang pemimpin yang berpengalaman kadang membuat kesalahan. Kedua, meskipun kamu membuat kesalahan, kamu bisa belajar banyak dari kesalahanmu dan itu adalah pengalaman yang sangat berharga


Quote:6. Lakukan, meskipun keputusanmu sulit

Seringkali, kamu harus menghadapi situasi sulit untuk mengambil suatu keputusan. Jika kamu menghadapi situasi semacam itu, jangan terus menghindar karena kamu hanya menambah masalah. Keputusan seperti apakah kamu harus mengakhiri sebuah hubungan atau apakah kamu harus berganti pekerjaan, memang bukan keputusan yang mudah namun kamu tetap harus membuat suatu keputusan tegas agar kamu tidak berlama-lama berkonsentrasi di satu situasi dan mengabaikan masalah lain yang menunggu keputusanmu juga.


Quote:
Setelah kamu membuat sebuah keputusan, bukan berarti pekerjaanmu selesai disitu saja. Kamu harus memonitor dan mengevaluasi dampak dan efek nyata dari keputusan yang sudah kamu buat. Apabila ternyata hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasimu, kamu bisa memutar jalan dan mengambil jalan yang lain.

Quote:
Pesan TS :
Ingat! Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri
emoticon-ToastSemoga Bermanfaatemoticon-Toast
Quote:
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 19 dari 47
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
05-01-2012 16:55
Quote:Original Posted By topaz46
penting nih buat yang suka ragu2....

thanks for share gan

emoticon-2 Jempol

iya gan, kaya ane emoticon-Ngakak
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
0 0
0
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
05-01-2012 16:57
Saya Juga Sering mengalami Hal seprti ini gan, emoticon-shakehand Keadaan Yang sulit , "Mengambil Langkah dalam menentukan KEPUTUSAN Allhamdulillah salama ini saya telah menerapkan sebagian dari langkah yang agan sampaikan diatas.... Dan HASILNYA tidak sia sia.... emoticon-thumbsup: so...Nilai + yang dapat saya ambil dari artikel diatas " Segala sesuatu yang akan kita lakukan harus menggunakan LANGKAH YANG TEPAT UNTUK MENGAMBIL KEPUTUSAN " emoticon-Kaskus Lovers


sayang ane belum ISO emoticon-Berduka (S)
ane bantu emoticon-Rate 5 Star Gan
0 0
0
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
05-01-2012 16:59
wah langkah2 dari TSnya bermanfaat nih kayanya like this euy emoticon-Big Grin
0 0
0
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
05-01-2012 17:01
wah ,, mesti bnyk belajar ama agan ne
ane sering ragu kalo mau ambil keputusan ..
sekarang aj ragu mau kuliah ato kerja , ato dua" ny
0 0
0
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
05-01-2012 17:01
Thanks buat ts yang sudah sharing,
btw memang ngambil keputusan tepat sulit emoticon-Smilie
0 0
0
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
05-01-2012 17:02
motifasi nya ok bangetttt
0 0
0
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
05-01-2012 17:02
top bener dah HT HT akhir akhir ini emoticon-2 Jempol emoticon-I Love Kaskus
0 0
0
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
05-01-2012 17:03
Hmmm....Tips yang bagus gan,,,
0 0
0
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
05-01-2012 17:04
Nice thread gan!!

Ane bantu emoticon-Sundul: aja deh gan
0 0
0
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
05-01-2012 17:09
thnx gan,,
sngt bermanfaat ni,
Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Memperbaiki Diri,.
iya gan,. pas bgt gan aku lg butuh motifasi gan,
thnx,.emoticon-Add Friend (S)emoticon-I Love Indonesiaemoticon-2 Jempolemoticon-Rate 5 Star
0 0
0
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
05-01-2012 17:17
"dinginkan hati dan otak sebelum mengambil keputusan" itu sih gan prinsip ane.hehehe.
0 0
0
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
05-01-2012 17:17
wih mantaps tips-tipsnya
semoga kita sekalian dapat mengambil sebuah keputusan dengan benar dan dengan bijak
0 0
0
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
05-01-2012 17:18
Makasih atas motivasinya..

Namun hingga kini aye masih belum bisa juga melawan Pimpinan atau rekan kerja yang sukanya merendahkan aja.

emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
05-01-2012 17:18
emang mengambil keputusan itu suli bro. butuh keberanian dan juga pemikiran yg dalam emoticon-Malu (S).
0 0
0
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
05-01-2012 17:19
Cari Informasi yang tepat itu gan kayaknya yang agak sulit, informasi sekarang banyak yang emoticon-Hoax
0 0
0
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
05-01-2012 17:27
Masukan yang sangat luar biasa...

Maptab...
0 0
0
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
05-01-2012 17:27
Siap ane coba gan
0 0
0
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
05-01-2012 17:28
Klo dari ane masalah itu bs membuat kita jadi lebih matang n dewasa...

Nice info gan...
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
0 0
0
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
05-01-2012 17:33
Itu kerjaan gue tiap hari,,,, secara quality hehe
0 0
0
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
05-01-2012 17:43
iya nice info
berguna banget infonya pas lagi bingung dalam ngambil keputusan
0 0
0
Halaman 19 dari 47
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia