Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
10187
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007128772/all-about-ram
THREAD INI DIBUAT UNTUK MEMBAHAS SEPUTAR RAM Definisi RAM (Random Access Memory) RAM (Random Access Memory) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yg isinya dpt diakses dlm waktu yg tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dlm memori. Ini berlawanan dgn alat memori urut, seperti tape magnetik, disk & drum, di mana gerakan mekanikal dr media penyimpanan memaksa komputer utk mengakses data sec
Lapor Hansip
20-02-2011 07:11

~ All about RAM ~

THREAD INI DIBUAT UNTUK MEMBAHAS SEPUTAR RAM

Definisi RAM (Random Access Memory)
RAM (Random Access Memory) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yg isinya dpt diakses dlm waktu yg tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dlm memori. Ini berlawanan dgn alat memori urut, seperti tape magnetik, disk & drum, di mana gerakan mekanikal dr media penyimpanan memaksa komputer utk mengakses data secara berurutan.
- Istilah2 RAM :
1. Speed
2. Megahertz
3. PC Rating
4. CAS Latency
- MENGENAL BAGIAN KOMPONEN2 RAM
1. PCB (Printed Circuit Board)
2. Contact Point
3. DRAM (Dynamic Random Access Memory)
4. Chip Packaging
5. DIP (Dual In-Line Package)
6. TSOP (Thin Small Outline Package)
7. CSP (Chip Scale Package)
- Sejarah perkembangan RAM
1. RAM
RAM ditemukan oleh Robert Dennard dan diproduksi secara besar – besaran oleh Intel pada tahun 1968, jauh sebelum PC ditemukan oleh IBM pd thn 1981. Dari sinilah perkembangan RAM bermula. Pada awal diciptakannya, RAM membutuhkan tegangan 5.0 volt untuk dapat berjalan pada frekuensi 4,77MHz, dengan waktu akses memori (access time) sekitar 200ns (1ns = 10-9 detik).
2. DRAM
all about RAM
Pd tahun 1970, IBM menciptakan sebuah memori yg dinamakan DRAM. DRAM mempunyai frekuensi kerja yg bervariasi antara 4,77MHz hingga 40MHz.
3. FP RAM
all about RAM
Fast Page Mode DRAM atau disingkat dengan FPM DRAM ditemukan sekitar tahun 1987. Memori jenis ini langsung mendominasi pemasaran memori, dan orang sering kali menyebut memori jenis ini “DRAM” saja, tanpa menyebut nama FPM. Memori jenis ini bekerja layaknya sebuah indeks atau daftar isi. Arti Page itu sendiri merupakan bagian dari memori yg terdapat pada sebuah row address.
4. EDO RAM
all about RAM
Pada tahun 1995, diciptakanlah memori jenis (EDO DRAM) yg merupakan penyempurnaan dari FPM. Memori EDO dpt mempersingkat read cycle-nya sehingga dapat meningkatkan kinerjanya sekitar 20 persen. EDO mempunyai access time yang cukup bervariasi, yaitu sekitar 70ns hingga 50ns dan bekerja pada frekuensi 33MHz hingga 75MHz. Walaupun EDO merupakan penyempurnaan dari FPM, namun keduanya tidak dapat dipasang secara bersamaan, karena adanya perbedaan kemampuan.
5. SDRAM PC66
all about RAM
Pada peralihan tahun 1996 – 1997, Kingston menciptakan sebuah modul memori dimana dapat bekerja pada kecepatan (frekuensi) bus yang sama / sinkron dengan frekuensi yang bekerja pada prosessor. Itulah sebabnya mengapa Kingston menamakan memori jenis ini sebagai Synchronous Dynamic Random Access Memory (SDRAM). SDRAM ini kemudian lebih dikenal sebagai PC66 karena bekerja pada frekuensi bus 66MHz. Berbeda dengan jenis memori sebelumnya yang membutuhkan tegangan kerja yang lumayan tinggi, SDRAM hanya membutuhkan tegangan sebesar 3,3 volt dan mempunyai access time sebesar 10ns.
6. SDRAM PC100
all about RAM
Selang kurun waktu setahun setelah PC66 diproduksi dan digunakan secara masal, Intel membuat standar baru jenis memori yang merupakan pengembangan dari memori PC66. Standar baru ini diciptakan oleh Intel untuk mengimbangi sistem chipset i440BX dengan sistem Slot 1 yang juga diciptakan Intel. Chipset ini didesain untuk dapat bekerja pada frekuensi bus sebesar 100MHz. Chipset ini sekaligus dikembangkan oleh Intel untuk dipasangkan dengan prosessor terbaru Intel Pentium II yang bekerja pada bus 100MHz. Karena bus sistem bekerja pada frekuensi 100MHz sementara Intel tetap menginginkan untuk menggunakan sistem memori SDRAM, maka dikembangkanlah memori SDRAM yang dapat bekerja pada frekuensi bus 100MHz. Seperti pendahulunya PC66, memori SDRAM ini kemudian dikenal dengan sebutan PC100.
7. DR DRAM
all about RAM
Pada tahun 1999, Rambus menciptakan sebuah sistem memori dengan arsitektur baru dan revolusioner, berbeda sama sekali dengan arsitektur memori SDRAM.Oleh Rambus, memori ini dinamakan Direct Rambus Dynamic Random Access Memory. Dengan hanya menggunakan tegangan sebesar 2,5 volt, RDRAM yang bekerja pada sistem bus 800MHz melalui sistem bus yang disebut dengan Direct Rambus Channel, mampu mengalirkan data sebesar 1,6GB/detiknya! (1GB = 1000MB).
8. RDRAM PC800
all about RAM
Rambus juga mengembangkan sebuah jenis memori lainnya dgn kemampuan yang sama dengan DRDRAM. Perbedaannya hanya terletak pada tegangan kerja yang dibutuhkan. Jika DRDRAM membutuhkan tegangan sebesar 2,5 volt, maka RDRAM PC800 bekerja pada tegangan 3,3 volt. Nasib memori RDRAM ini hampir sama dengan DRDRAM, kurang diminati, jika tidak dimanfaatkan oleh Intel.
Intel yang telah berhasil menciptakan sebuah prosessor berkecepatan sangat tinggi membutuhkan sebuah sistem memori yang mampu mengimbanginya & bekerja sama dengan baik. Memori jenis SDRAM sudah tidak sepadan lagi. Intel membutuhkan yang lebih dari itu.
9. SDRAM PC133
all about RAM
Selain dikembangkannya memori RDRAM PC800 pada tahun 1999, memori SDRAM belumlah ditinggalkan begitu saja, bahkan oleh Viking, malah semakin ditingkatkan kemampuannya. Sesuai dengan namanya, memori SDRAM PC133 ini bekerja pada bus berfrekuensi 133MHz dengan access time sebesar 7,5ns dan mampu mengalirkan data sebesar 1,06GB per detiknya. Walaupun PC133 dikembangkan untuk bekerja pada frekuensi bus 133MHz, namun memori ini juga mampu berjalan pada frekuensi bus 100MHz walaupun tdk sebaik kemampuan yang dimiliki oleh PC100 pada frekuensi tersebut.
10. SDRAM PC150
all about RAM
Perkembangan memori SDRAM semakin menjadi – jadi setelah Mushkin, pada tahun 2000 berhasil mengembangkan chip memori yang mampu bekerja pada frekuensi bus 150MHz, walaupun sebenarnya belum ada standar resmi mengenai frekunsi bus sistem atau chipset sebesar ini. Masih dengan tegangan kerja sebesar 3,3 volt, memori PC150 mempunyai access time sebesar 7ns dan mampu mengalirkan data sebesar 1,28GB per detiknya.
Memori ini sengaja diciptakan untuk keperluan overclocker, namun pengguna aplikasi game dan grafis 3 dimensi, desktop publishing, serta komputer server dapat mengambil keuntungan dengan adanya memori PC150.
11. DDR SDRAM
all about RAM
Masih di tahun 2000, Crucial berhasil mengembangkan kemampuan memori SDRAM menjadi dua kali lipat. Jika pd SDRAM biasa hanya mampu menjalankan instruksi sekali setiap satu clock cycle frekuensi bus, maka DDR SDRAM mampu menjalankan dua instruksi dalam waktu yang sama. Teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan secara penuh satu gelombang frekuensi. Jika pada SDRAM biasa hanya melakukan instruksi pada gelombang positif saja, maka DDR SDRAM menjalankan instruksi baik pada gelombang positif maupun gelombang negatif. Oleh karena dari itu memori ini dinamakan DDR SDRAM yang merupakan kependekan dari Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory.
12. DDR RAM
all about RAM
Pada 1999 dua perusahaan besar microprocessor INTEL dan AMD bersaing ketat dalam meningkatkan kecepatan clock pada CPU. Namun menemui hambatan, karena ketika meningkatkan memory bus ke 133 Mhz kebutuhan Memory (RAM) akan lebih besar. Dan untuk menyelesaikan masalah ini maka dibuatlah DDR RAM(double data rate transfer) yang awalnya dipakai pada kartu grafis, karena sekarang anda bisa menggunakan hanya 32 MB untuk mendapatkan kemampuan 64 MB. AMD adalah perusahaan pertama yang menggunakan DDR RAM pada motherboardnya.
13. DDR2 RAM
all about RAM
Ketika memori jenis DDR (Double Data Rate) dirasakan mulai melambat dengan semakin cepatnya kinerja prosesor dan prosesor grafik, kehadiran memori DDR2 merupakan kemajuan logis dalam teknologi memori mengacu pada penambahan kecepatan serta antisipasi semakin lebarnya jalur akses segitiga prosesor, memori, dan antarmuka grafik yg hadir dgn kecepatan komputasi yang berlipat ganda.
Perbedaan pokok antara DDR dan DDR2 adalah pada kecepatan data serta peningkatan latency mencapai dua kali lipat. Perubahan ini memang dimaksudkan untuk menghasilkan kecepatan secara maksimum dalam sebuah lingkungan komputasi yang semakin cepat, baik di sisi prosesor maupun grafik.
Selain itu, kebutuhan voltase DDR2 juga menurun. Kalau pada DDR kebutuhan voltase tercatat 2,5 Volt, pada DDR2 kebutuhan ini hanya mencapai 1,8 Volt.
14. DDR3 RAM
all about RAM
RAM DDR3 ini memiliki kebutuhan daya yang berkurang sekitar 16% dibandingkan dengan DDR2. Hal tersebut disebabkan karena DDR3 sudah menggunakan teknologi 90 nm sehingga konsumsi daya yang diperlukan hanya 1.5v, lebih sedikit jika dibandingkan dengan DDR2 1.8v dan DDR 2.5v. Secara teori, kecepatan yang dimiliki oleh RAM ini memang cukup memukau. Ia mampu mentransfer data dengan clock efektif sebesar 800-1600 MHz. Pada clock 400-800 MHz, jauh lebih tinggi dibandingkan DDR2 sebesar 400-1066 MHz (200- 533 MHz) dan DDR sebesar 200-600 MHz (100-300 MHz). Prototipe dari DDR3 yang memiliki 240 pin.

- EVOLUSI MODUL
1. SIMM
2. DIMM
3. SODIMM
4. RIMM / SORIMM

Rules emoticon-army: :
1. DILARANG NGEJUNK berlebihan & FLAMMING (junk geje, hit&run = bata dari kami emoticon-shakehand, you've been warned emoticon-armyemoticon-Smilie
2. DILARANG BERJUALAN/NITIP LAPAK
3. DILARANG OOT BERLEBIHAN
4. WAJIB SPOILER & Multi Quote
5. RESPECT OTHER MEMBERS emoticon-Smilie
profile-picture
anis750 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 190 dari 512
all about RAM
03-12-2011 17:23
Quote:Original Posted By CloverLeaf
gan ane mo tanya nih. mobo ane gigabyte 785GT UD3H kalo mo di pasang
Corsair DDR3 Vengeance PC12800 8GB (2X4GB) masuk gak ya gan?
ane cari dr web asli ny ga ad tulis tipe yang ini soalnya gan emoticon-Big Grin

emoticon-Toast:


Support for DDR3 1800(O.C.) /1666/ 1333/1066 MHz memory modules

bisa
tapi kalo mau di oprek/OC RAM-nya jangan pake corsair kalo pake AMD emoticon-Big Grin

kalo jalan biasa atau default bisa
0 0
0
all about RAM
03-12-2011 17:30
Quote:Original Posted By koplak2
gak kok
mobo ente support

coba di mobo lain
ane curiga RAMnya
lha kerdus sama RAM dah gak sinkron merk-nya


alhamdulillah masalah udah kelar gan ,
ane coba balikin ke toko nya dan komplain ke dia .
yg jual pun bingung juga ama problem tuh ram ,
alhasil tuh RAM yg vis*pro dituker ama yg jual ama ram ddr2 merk v-g*n
nah RAM yg ini berjalan mulus gan tanpa ada kendala .
tenks gan buat sharingnya yah . emoticon-thumbsup
0 0
0
all about RAM
03-12-2011 18:35
gan ane baru beli crucial ddr3 pc8500 2gb buat netbook toshiba nb250 ane
ram yang lama samsung ddr3 pc8500 1gb , pas ane ganti kok gak mau nyala ya netbook ane , cuman indikator power doang terus restart berkali".
ane balikin ke ram yang awal normall" aja
apa ram yang crucialnya rusak ya?
thanks
0 0
0
all about RAM
03-12-2011 19:41
Quote:Original Posted By christboanerges
gan ane baru beli crucial ddr3 pc8500 2gb buat netbook toshiba nb250 ane
ram yang lama samsung ddr3 pc8500 1gb , pas ane ganti kok gak mau nyala ya netbook ane , cuman indikator power doang terus restart berkali".
ane balikin ke ram yang awal normall" aja
apa ram yang crucialnya rusak ya?
thanks


coba crucialnya dipasang sendirian tanpa samsung
0 0
0
all about RAM
03-12-2011 23:44
alo bro master " mau tanya rekomended ddr3 4 gb kit yang price performance apa yah??

untuk motherboard asus rampage xtreme max support 2000mhz sama dfi lanparty ut x48 t3rs max support 1600 mhz yang kira kira enak buat di tarik tarikan emoticon-Big Grin
0 0
0
all about RAM
04-12-2011 02:32
Quote:Original Posted By christboanerges
gan ane baru beli crucial ddr3 pc8500 2gb buat netbook toshiba nb250 ane
ram yang lama samsung ddr3 pc8500 1gb , pas ane ganti kok gak mau nyala ya netbook ane , cuman indikator power doang terus restart berkali".
ane balikin ke ram yang awal normall" aja
apa ram yang crucialnya rusak ya?
thanks


Quote:Original Posted By koplak2
coba crucialnya dipasang sendirian tanpa samsung


Pengalaman beli Toshiba waktu di M2 buat kantor. Tambah RAM pake Mushkin blank gak mau nyala. Pasang V-Gen malah nyala, ya udah pake V-Gen aja. Aneh di kasih RAM bagus gak mau.
0 0
0
all about RAM
04-12-2011 09:20
Quote:Original Posted By koplak2
coba crucialnya dipasang sendirian tanpa samsung

cuman 1 slot gan , namanya juga netbook , intel atom maksimal ram 2gb

Quote:Original Posted By swgkun
Pengalaman beli Toshiba waktu di M2 buat kantor. Tambah RAM pake Mushkin blank gak mau nyala. Pasang V-Gen malah nyala, ya udah pake V-Gen aja. Aneh di kasih RAM bagus gak mau.



sip gan , thanks ini lagi mau dituker jadi Vgen

=============
solved pake vgen 2gb pc10600 emoticon-Smilie
0 0
0
all about RAM
04-12-2011 09:20
Quote:Original Posted By koplak2
gak ada
adanya PC 5300



percuma
beda clock
itu cocknya di P67 atau Z68

H61 cari PC 106000/1333


Quote:Original Posted By sesamology
bedanya disini bro :

Patriot DDR3 Viper Extreme Series Dual Channel PC12800 4GB CL8 - PXD3 4G 1600 LLK
Patriot DDR3 Viper Extreme Series Dual Channel PC17000 4GB CL9 - PXD3 4G 2133 ELK

keduanya dipake di H61 percuma, , klo mau build RIG yang basenya mobo H61 + SB non K, overkill di VGA sama hardisk saja emoticon-Malu

nggak worth klo mau dibeli, tapi klo tetep mau dibeli ya boleh2 saja, saran dari kita2 sih ambil PC10600 saja


oh gitu ya, jadi merk yang kira" worthed apa dong? \temoticon-Malu
0 0
0
all about RAM
04-12-2011 09:29
Quote:Original Posted By NoQ
oh gitu ya, jadi merk yang kira" worthed apa dong? \temoticon-Malu


G-Skill ripjaws 10666/1333 4GB XL 300an
0 0
0
all about RAM
04-12-2011 09:43
Quote:Original Posted By koplak2
G-Skill ripjaws 10666/1333 4GB XL 300an


maksudnya yang ini ya gan? emoticon-Malu
Gskill DDR3 PC10666 4GB XL Dual Channel F3-10666CL9D-4GBXL / 9-9-9-24 Rp 322,000

Gskill DDR3 PC10666 8GB XL Dual Channel F3-10666CL9D-8GBXL / 9-9-9-24 Rp 534,000

tapi ga ada ripjawsnya, kalo yang ripjaws yang ini

Gskill DDR3 PC12800 4GB RL RIPJAWS LOW Dual Channel F3-12800CL9D-4GBRL / 9-9-9-24 Rp 378,000

kalo ane pake yang 8GB bisa ga?
0 0
0
all about RAM
04-12-2011 16:59
gan ane mau tanya ane kan punya DDR2 2 GB apogee+HS nah rencana mau ane tambahin lagi jadi 4 GB cuman sekarang ane cari merk apogee agak susah,

klo seandainya ane kasi merk lain misal team elite ada ga pengaruhnya ke kompie / RAM? misalnya ram jadi cepet rusak / mati?
0 0
0
all about RAM
04-12-2011 17:39
Quote:Original Posted By NoQ
maksudnya yang ini ya gan? emoticon-Malu
Gskill DDR3 PC10666 4GB XL Dual Channel F3-10666CL9D-4GBXL / 9-9-9-24 Rp 322,000

Gskill DDR3 PC10666 8GB XL Dual Channel F3-10666CL9D-8GBXL / 9-9-9-24 Rp 534,000

tapi ga ada ripjawsnya, kalo yang ripjaws yang ini

Gskill DDR3 PC12800 4GB RL RIPJAWS LOW Dual Channel F3-12800CL9D-4GBRL / 9-9-9-24 Rp 378,000

kalo ane pake yang 8GB bisa ga?


ane pake yang 4 GB XL
bisa pake 8 GB
kalo pake HSF yang tower ati2 suka mentok sama heatsink
http://www.gskill.com/products.php?index=340

Quote:Original Posted By KotoAmatsukami
gan ane mau tanya ane kan punya DDR2 2 GB apogee+HS nah rencana mau ane tambahin lagi jadi 4 GB cuman sekarang ane cari merk apogee agak susah,

klo seandainya ane kasi merk lain misal team elite ada ga pengaruhnya ke kompie / RAM? misalnya ram jadi cepet rusak / mati?


bisa
cari yang spek nya sama
coba liat pake sopware CPU-Z
di memory dan SPD samakan aja
0 0
0
all about RAM
04-12-2011 18:21
Quote:Original Posted By NoQ
maksudnya yang ini ya gan? emoticon-Malu
Gskill DDR3 PC10666 4GB XL Dual Channel F3-10666CL9D-4GBXL / 9-9-9-24 Rp 322,000

Gskill DDR3 PC10666 8GB XL Dual Channel F3-10666CL9D-8GBXL / 9-9-9-24 Rp 534,000

tapi ga ada ripjawsnya, kalo yang ripjaws yang ini

Gskill DDR3 PC12800 4GB RL RIPJAWS LOW Dual Channel F3-12800CL9D-4GBRL / 9-9-9-24 Rp 378,000

kalo ane pake yang 8GB bisa ga?


itu ripjaws semua kali bro emoticon-Malu, varian terbaru ripjaws itu,.. ripjaws generasi pertama GBRL, GBRM, GBRH,.. sekarang ganti jadi GBXL, GBXM, GBXH, ini udah mau keluar lagi varian baru ripjaws,.. ripjaws Z,.. penamaannya GBZL, GBZM, GBZH

cari yang PC10600 aja klo buat H61, diatas itu buang2 duid emoticon-Embarrassment, FYI,.. platform SB tidak bagus scaling memory timingnya,.. yang di scaling hanya speed memorynya, bro mau pake PC10600 CL5 sama PC10600 CL15 sama saja rasanya emoticon-Embarrassment,

up to you dah bro emoticon-Malu
0 0
0
all about RAM
04-12-2011 20:30
Quote:Original Posted By sesamology
itu ripjaws semua kali bro emoticon-Malu, varian terbaru ripjaws itu,.. ripjaws generasi pertama GBRL, GBRM, GBRH,.. sekarang ganti jadi GBXL, GBXM, GBXH, ini udah mau keluar lagi varian baru ripjaws,.. ripjaws Z,.. penamaannya GBZL, GBZM, GBZH

cari yang PC10600 aja klo buat H61, diatas itu buang2 duid emoticon-Embarrassment, FYI,.. platform SB tidak bagus scaling memory timingnya,.. yang di scaling hanya speed memorynya, bro mau pake PC10600 CL5 sama PC10600 CL15 sama saja rasanya emoticon-Embarrassment,

up to you dah bro emoticon-Malu


bedanya GBRL, GBRM, GBRH apa ya?
0 0
0
all about RAM
04-12-2011 20:36
Quote:Original Posted By NoQ
bedanya GBRL, GBRM, GBRH apa ya?


biasanya warna sama timing/CL-nya
0 0
0
all about RAM
04-12-2011 20:39
mau minta saran neh.
ane pake Compaq CQ41.
RAM masih standard (2Gb DDR3.). rencana mau nambah 4GB.
kira2 ram merek apa ya yg bagus buat nambahin di CQ41 ini?
thx.
0 0
0
all about RAM
04-12-2011 20:41
Quote:Original Posted By the_tube
mau minta saran neh.
ane pake Compaq CQ41.
RAM masih standard (2Gb DDR3.). rencana mau nambah 4GB.
kira2 ram merek apa ya yg bagus buat nambahin di CQ41 ini?
thx.


corsair atau V-Gen cukup
samakan PC dan timing/CL-nya dengan RAM bawaan lepie
bisa dilihat leawt sopware CPU-Z di tab memory dan SPD
0 0
0
all about RAM
04-12-2011 20:59
Quote:Original Posted By koplak2
ane pake yang 4 GB XL
bisa pake 8 GB
kalo pake HSF yang tower ati2 suka mentok sama heatsink
http://www.gskill.com/products.php?index=340



bisa
cari yang spek nya sama
coba liat pake sopware CPU-Z
di memory dan SPD samakan aja


klo misalkan spek ram nya ga sama terus gimana gan misalnya sama2x pc6400 tp cas latency beda? apa bakalan crash ato rusak salah satu ram nya?
0 0
0
all about RAM
04-12-2011 21:01
Quote:Original Posted By koplak2
corsair atau V-Gen cukup
samakan PC dan timing/CL-nya dengan RAM bawaan lepie
bisa dilihat leawt sopware CPU-Z di tab memory dan SPD


all about RAM

jadi itu harus CL : 7 clocks PC3-10700 (667 MHz) yah?

klo semisal gak sama dengan itu, tapi lebih tinggi gitu ada crash ato knapa2 gak gan?
0 0
0
all about RAM
04-12-2011 21:15
Quote:Original Posted By koplak2
nanti di set manual/samakan via BIOS aja



beli PC-10600/10666/10700 CL9


ok gan, thanks untuk bantuannya emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Halaman 190 dari 512
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia