Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
134
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000010567764/perahu-kertas-picisan-yang-tidak-biasa
PERAHU KERTAS: PICISAN YANG TIDAK BIASA Permisi agan semua. ini 'sedikit' ulasan tentang novel Perahu Kertas-nya Dee yang menurut ane keren banget. Judul Buku \t: Perahu Kertas Penulis\t\t: Dee (Dewi Lestari) Penerbit\t\t: Bentang Pustaka dan Truedee Pustaka Sejati Tahun terbit\t: 2009 Sinopsis “Perahu Kertas” Kisah ini dimulai dengan Keenan, seorang remaja pria
Lapor Hansip
18-09-2011 11:15

Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa

PERAHU KERTAS: PICISAN YANG TIDAK BIASA

Permisi agan semua. ini 'sedikit' ulasan tentang novel Perahu Kertas-nya Dee yang menurut ane keren banget.


Quote:
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa


Judul Buku \t: Perahu Kertas
Penulis\t\t: Dee (Dewi Lestari)
Penerbit\t\t: Bentang Pustaka dan Truedee Pustaka Sejati
Tahun terbit\t: 2009

Sinopsis “Perahu Kertas”


Kisah ini dimulai dengan Keenan, seorang remaja pria yang baru lulus SMA, yang selama enam tahun tinggal di Amsterdam bersama neneknya. Keenan memiliki bakat melukis yang sangat kuat, dan ia tidak punya cita-cita lain selain menjadi pelukis, tapi perjanjiannya dengan ayahnya memaksa ia meninggalkan Amsterdam dan kembali ke Indonesia untuk kuliah. Keenan diterima berkuliah di Bandung, di Fakultas Ekonomi.

Di sisi lain, ada Kugy, cewek unik cenderung eksentrik, yang juga akan berkuliah di universitas yang sama dengan Keenan. Sejak kecil, Kugy menggilai dongeng. Tak hanya koleksi dan punya taman bacaan, ia juga senang menulis dongeng. Cita-citanya hanya satu: ingin menjadi juru dongeng. Namun Kugy sadar bahwa penulis dongeng bukanlah profesi yang meyakinkan dan mudah diterima lingkungan. Tak ingin lepas dari dunia menulis, Kugy lantas meneruskan studinya di Fakultas Sastra.

Kugy dan Keenan dipertemukan lewat pasangan Eko dan Noni. Eko adalah sepupu Keenan, sementara Noni adalah sahabat Kugy sejak kecil. Terkecuali Noni, mereka semua hijrah dari Jakarta, lalu berkuliah di universitas yang sama di Bandung.Mereka berempat akhirnya bersahabat karib.

Lambat laun, Kugy dan Keenan, yang memang sudah saling mengagumi, mulai
mengalami transformasi. Diam-diam, tanpa pernah berkesempatan untuk mengungkapkan, mereka saling jatuh cinta. Namun kondisi saat itu serba tidak memungkinkan. Kugy sudah punya kekasih, cowok mentereng bernama Joshua, alias Ojos (panggilan yang dengan semena-mena diciptakan oleh Kugy). Sementara Keenan saat itu dicomblangkan oleh Noni dan Eko dengan seorang kurator muda bernama Wanda.

Persahabatan empat sekawan itu mulai merenggang. Kugy lantas menenggelamkan dirinya dalam kesibukan baru, yakni menjadi guru relawan di sekolah darurat bernama Sakola Alit. Di sanalah ia bertemu dengan Pilik, muridnya yang paling nakal. Pilik dan kawan-kawan berhasil ia taklukkan dengan cara menuliskan dongeng tentang kisah petualangan mereka sendiri, yang diberinya judul: Jenderal Pilik dan Pasukan Alit. Kugy menulis kisah tentang murid-muridnya itu hampir setiap hari dalam sebuah buku tulis, yang kelak ia berikan pada Keenan.

Kedekatan Keenan dengan Wanda yang awalnya mulus pun mulai berubah. Keenan disadarkan dengan cara yang mengejutkan bahwa impian yang selama ini ia bangun harus kandas dalam semalam. Dengan hati hancur, Keenan meninggalkan kehidupannya di Bandung, dan juga keluarganya di Jakarta. Ia lalu pergi ke Ubud, tinggal di rumah sahabat ibunya, Pak Wayan.
Masa-masa bersama keluarga Pak Wayan, yang semuanya merupakan seniman-seniman tersohor di Bali, mulai mengobati luka hati Keenan pelan-pelan. Sosok yang paling berpengaruh dalam penyembuhannya adalah Luhde Laksmi, keponakan Pak Wayan. Keenan mulai bisa melukis lagi. Berbekalkan kisah-kisah Jenderal Pilik dan Pasukan Alit yang diberikan Kugy padanya, Keenan menciptakan lukisan serial yang menjadi terkenal dan diburu para kolektor.

Kugy, yang juga sangat kehilangan sahabat-sahabatnya dan mulai kesepian di Bandung, menata ulang hidupnya. Ia lulus kuliah secepat mungkin dan langsung bekerja di sebuah biro iklan di Jakarta sebagai copywriter. Di sana, ia bertemu dengan Remigius, atasannya sekaligus sahabat abangnya. Kugy meniti karier dengan cara tak terduga-duga. Pemikirannya yang ajaib dan serba spontan membuat ia melejit menjadi orang yang diperhitungkan di kantor itu.

Namun Remi melihat sesuatu yang lain. Ia menyukai Kugy bukan hanya karena ide-idenya, tapi juga semangat dan kualitas unik yang senantiasa terpancar dari Kugy. Dan akhirnya Remi harus mengakui bahwa ia mulai jatuh hati. Sebaliknya, ketulusan Remi juga akhirnya meluluhkan hati Kugy.
Sayangnya, Keenan tidak bisa selamanya tinggal di Bali. Karena kondisi kesehatan ayahnya yang memburuk, Keenan terpaksa kembali ke Jakarta, menjalankan perusahaan keluarganya karena tidak punya pilihan lain.
Pertemuan antara Kugy dan Keenan tidak terelakkan. Bahkan empat sekawan ini bertemu lagi. Semuanya dengan kondisi yang sudah berbeda. Dan kembali, hati mereka diuji. Kisah cinta dan persahabatan selama lima tahun ini pun berakhir dengan kejutan bagi semuanya. Akhirnya setiap hati hanya bisa kembali pasrah dalam aliran cinta yang mengalir entah ke mana. Seperti perahu kertas yang dihanyutkan di parit, di empang, di kali, di sungai, tapi selalu bermuara di tempat yang sama. Meski kadang pahit, sakit, dan meragu, tapi hati sesungguhnya selalu tahu.
Diwarnai pergelutan idealisme, persahabatan, tawa, tangis, dan cinta, “Perahu Kertas” tak lain adalah kisah perjalanan hati yang kembali pulang menemukan rumahnya.

Sekilas Terlihat Biasa

Melihat tentang percintaan yang diangkat menjadi temanya, membuat novel ini sekilas terlihat biasa saja. Seperti buku-buku yang hanya menceritakan kisah picisan, tidak ada yang istimewa. Namun anggapan itu langsung berbalik ketika pembaca sudah benar-benar masuk ke dalamnya.

Sebuah kisah yang unik saya kira. Kepandaian Dee mengolah kata, menentukan alur, dan menempatkan konflik membuat sesuatu yang biasa menjadi sesuatu yang sangat unik. Ringan dan mengalir. Pembaca seperti dibawa berlayar dengan ‘Perahu Kertas’nya.

Seperti cara Dee dalam mebuat penyelesaian dari sebuah konflik. Dee suka menarik-ulur. Ketika pembaca mengharapkan adanya penyelesaian dari sebuah konflik, Dee seakan mau meberikan penyelesaiannya. Alih-alih penyelesaian, Dee malah membawa pembaca pada konflik yang lain. Seperti seseorang yang sedang menggoda anak kecil. Berpura-pura akan memberikan balon, namun ketika tangan si anak hampir menggapainya, balon itu dilepaskan ke udara.

Berputar, Lewat Jalan Lain!!!

Pernah suatu ketika saya sedang dalam perjalanan pulang menuju Brebes. Di tengah perjalanan, ada pengalihan jalur. Entah ada apa, saya tidak tahu penyebabnya. Mungkin ada perbaikan jalan, mungkin ada kecelakaan, mungkin untuk menghindari kemacetan, atau kemungkinan-kemungkinan lain yang saya tidak mengerti. Yang pasti jalur di alihkan ke jalan yang lebih jauh, lebih lebih kecil, dan lebih rusak.

Pengalaman seperti itulah yang saya dapatkan setelah membaca perahu kertas. Terkadang kita harus mengambil jalan memutar untuk mencapai tujuan. “Berputar menjadi sesuatu yang bukan kita demi menjadi diri kita lagi” (Dee, 2009). Seperti Kugy yang ingin menjadi penulis dongeng dan Keenan yang ingin jadi pelukis. Karena keadaan, mereka terpaksa menjadi sesuatu yag bukan diri mereka. Kugy bekerja sebagai copywriter dan Keenan mengurus perusahaan ayahnya.

Jalan yang lebih jauh, lebih rusak, atau bahkan jalan memutar pun mungkin itu lebih baik. Yang penting bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat. Daripada memaksakan lewat jalan yang biasa tapi malah terjebak kemacetan yang luar biasa panjangnya!



sumonggoooo, jangan lupa dirate 5 ya emoticon-Rate 5 Star
cendol juga boleh emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa
18-09-2011 13:03
trit baru nih.
ane dah lama baca novel ini. satu-satunya novel dee yang cukup "simple"
bisa dipahami dengan mudah. tapi kalo soal crita, 3/5 lah
standart cuman memang dee bisa memilih dan menyusun kalimat sehingga menarik untuk terus dibaca
0 0
0
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa
18-09-2011 13:12
Quote:Original Posted By alietha
trit baru nih.
ane dah lama baca novel ini. satu-satunya novel dee yang cukup "simple"
bisa dipahami dengan mudah. tapi kalo soal crita, 3/5 lah
standart cuman memang dee bisa memilih dan menyusun kalimat sehingga menarik untuk terus dibaca


iya, sepakat. makanya ane beri judul PICISAN YANG TIDAK BIASA. Dee mampu mengubah sesuatu yang tadinya picisan menjadi luar biasa
0 0
0
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa
19-09-2011 14:06
Saya termasuk jarang loh baca buku tentang cinta2in gini. Tapi berkat teman saya yg sampai berbusa2 merekomendasikan buku ini, saya jadi baca juga. Hihi.. Dan pada akhirnya saya memang jatuh cinta pada Keenan dan Kugy. Mereka beruntung bisa mewujudkan impian masing2 bersama. Dengan jalan yg tak mudah tentunya.
Denger2 ini mau dibikin film juga ya?
0 0
0
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa
19-09-2011 17:32
Saya sudah selesai membaca buku ini. Asli, saya mabok gara-gara terombang-ambing ama kata-katanya Dee. Entah darimana dee mendapatkan inspirasi "liar-nya" untuk membuat tokoh keenaan (seorang pelukis) dan kugy (seorang wanita yang bercita-cita menjadi seorang penulis dongeng anak-anak). ini adalah inspirasi yang menggugah buat saya pribadi.

Ada quotation yang saya suka:

"Buat apa dia kembali? buat apa muncul sejenak lalu menghilang lagi nanti?"
0 0
0
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa
20-09-2011 09:57
Quote:Original Posted By prudenceSG8
Saya termasuk jarang loh baca buku tentang cinta2in gini. Tapi berkat teman saya yg sampai berbusa2 merekomendasikan buku ini, saya jadi baca juga. Hihi.. Dan pada akhirnya saya memang jatuh cinta pada Keenan dan Kugy. Mereka beruntung bisa mewujudkan impian masing2 bersama. Dengan jalan yg tak mudah tentunya.
Denger2 ini mau dibikin film juga ya?


Saya juga awalnya begitu, sama sekali gak tertarik dengan novel cinta-cintaan. tapi setelah 'dipaksa' oleh temen, akhirnya mencoba untuk membacanya.
dan waaaaaw, ini picisan yang luar biasa. emoticon-Big Grin
Denger-denger sih gitu, kabarnya yang mau nggarp Hanung

http://m.inilah.com/read/detail/1490...film-olahraga/
0 0
0
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa
20-09-2011 10:02
Quote:Original Posted By vitawulandari
Saya sudah selesai membaca buku ini. Asli, saya mabok gara-gara terombang-ambing ama kata-katanya Dee. Entah darimana dee mendapatkan inspirasi "liar-nya" untuk membuat tokoh keenaan (seorang pelukis) dan kugy (seorang wanita yang bercita-cita menjadi seorang penulis dongeng anak-anak). ini adalah inspirasi yang menggugah buat saya pribadi.

Ada quotation yang saya suka:

"Buat apa dia kembali? buat apa muncul sejenak lalu menghilang lagi nanti?"


kalo yang paling aku suka tetep ini
“Berputar menjadi sesuatu yang bukan kita demi menjadi diri kita lagi”
0 0
0
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa
27-09-2011 04:48
hmm.. sama seperti yg lain, gw direkomen juga buat baca cerita ini. awalnya gw pikir bahasa dee akan 'berat', tapi ternyata nggak koq, lumayan ringan buat dicerna emoticon-Smilie
0 0
0
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa
11-10-2011 12:10
Quote:Original Posted By yani104
hmm.. sama seperti yg lain, gw direkomen juga buat baca cerita ini. awalnya gw pikir bahasa dee akan 'berat', tapi ternyata nggak koq, lumayan ringan buat dicerna emoticon-Smilie


berarti rata-rata orang emang langsung jatuh cinta setelah baca novel ini, walaupun pada awalnya ada yang tidak tertarik.
0 0
0
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa
16-11-2011 08:51
Buku Dee yang mirip teenlit.. emoticon-Stick Out Tongue

suka banget sama buku ini,,bikin senyum pas bacanya.. apalagi settingnya di bandung,,sangat kebayang banget deh suasananya..
0 0
0
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa
16-11-2011 09:14
gw uda baca jg nih
yah emang dasarnya gw penggemar berat Dee sih, jadi setiap karya dia wajib gw baca emoticon-Big Grin
setelah dibaca ternyata perahu kertas emang ga mengecewakan kok emoticon-Smilie, walaupun agak beda dari karya dee yg lain.
0 0
0
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa
16-11-2011 12:31
suda baca buku ini.. idenya mungkin cukup sederhana dan biasa.. tetapi gaya penulisan dee, membuat kita hanyut kedalam cerita dan seperti masuk dalam karakter dibuku tersebut..
0 0
0
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa
16-11-2011 15:05
lagi baca ini gan emoticon-Big Grin

suka sama cara berceritanya Dee emoticon-Big Grin
0 0
0
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa
19-11-2011 22:57
meskipun ane kayaknya udah dulu banget baca novel ini, ane masih inget banget novel ini dihabisin dalam waktu kurang dari satu hari.
ntah deh waktu itu ane lagi libur atau apaan kali

ane kira novel ini bahasanya rada berat, tapi ternyata enggaaa
bikin kita ikutan ke dalem ceritanya, bikin kita ikutan terhanyut ke perasaan tokoh2nya, pokonya sukaaaaaaaaaaaa
emang bener kali ya rada2 teenlit-ish gitu, tapi tetep bagus kok suer emoticon-Big Grin
0 0
0
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa
23-11-2011 22:00
sampe yg baca ada yg jatuh cinta ma Kugy hehehe.....
\temoticon-Kaskus Radio
0 0
0
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa
23-11-2011 23:54
salah satu buku yang gak selesei aku baca emoticon-Nohope
0 0
0
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa
25-11-2011 23:50
Ini buku keren.... Buku Dee favorit gue setelah "filosofi kopi"
0 0
0
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa
27-11-2011 08:27
Permisi agan skalian, pertama saya masuk thread ini kukira orang-orangnya mbahas tentang isi dari prahu kertas tapi ternyata isinya cm orang2 pecinta teenlit. Bagian mana sih dari karyanya Dee yg dibilang berat?! dari komen2 atas saya smua hampir Bilang novel selain perahu kertas berat dbaca?! Saya heran berat dimananya?! Karya Dee selalu pas bobotnya dan semuanya memiliki daya tariknya masing2, yang ini menunjukkan kecerdasan dan pemahaman yg luar biasa penulisnya tentang pengamatan Dinamisme kehidupan dan kemampuan yang istimewa dalam mewujudkannya dalam kata2...
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa
0 0
0
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa
27-11-2011 16:24
Quote:Original Posted By nico_robin
salah satu buku yang gak selesei aku baca emoticon-Nohope


kenapa gak selesai gan?
0 0
0
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa
27-11-2011 16:28
Quote:Original Posted By lutfiy
Permisi agan skalian, pertama saya masuk thread ini kukira orang-orangnya mbahas tentang isi dari prahu kertas tapi ternyata isinya cm orang2 pecinta teenlit. Bagian mana sih dari karyanya Dee yg dibilang berat?! dari komen2 atas saya smua hampir Bilang novel selain perahu kertas berat dbaca?! Saya heran berat dimananya?! Karya Dee selalu pas bobotnya dan semuanya memiliki daya tariknya masing2, yang ini menunjukkan kecerdasan dan pemahaman yg luar biasa penulisnya tentang pengamatan Dinamisme kehidupan dan kemampuan yang istimewa dalam mewujudkannya dalam kata2...
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa


setiap orang punya cara pandang masing-masing, gan. Berat atau tidaknya tergantung latar belakang pembaca juga, karena hal itu akan menimbulkan kesan yang berbeda-beda juga. emoticon-Big Grin
0 0
0
Perahu kertas: Picisan yang tidak biasa
28-11-2011 03:02
Quote:Original Posted By heriirfani
setiap orang punya cara pandang masing-masing, gan. Berat atau tidaknya tergantung latar belakang pembaca juga, karena hal itu akan menimbulkan kesan yang berbeda-beda juga. emoticon-Big Grin


tahun 2001 (tidak terasa sudah 10 tahun) banyak yang bilang supernova buku 1 ceritanya terlalu berat. Tetapi meskipun banyak memakai istilah science, Dee mampu menyajikannya menjadi bacaan yang mampu dimengerti oleh pembaca.

Meskipun begitu memang ane akui semakin lama karya-karyanya dia cenderung semakin ringan dan tidak se-scientific Ksatria, putri dan bintang jatuh
0 0
0
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Hewan Peliharaan
apakah-kucing-najis
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia