Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
5356
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008930426/sejarah-dan-cara-kerja-alat-pendeteksi-kebohongan
Budayakan:rate5Sebelum Membaca Click Banner Untuk Berkunjung Ke Markas N.T.A Repost?Coba Click Disini Follow My Twitter Thanks Untuk Para Officials Kaskus dan Para Kaskuser Yang Telah Mendukung Thread Ane Jadi HT ane Ke #22 Alat Pendeteksi Kebohongan (Lie Detector) David W Martin dari North Carolina State University memberikan pengertian mengenai lie detector yaitu sebagai alat untuk mengukur ting
Lapor Hansip
03-06-2011 09:45

Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan

Quote:
Budayakanemoticon-Rate 5 StarSebelum Membaca

Click Banner Untuk Berkunjung Ke Markas N.T.A

Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan

Quote:


"HT KE #22"

Quote:
Quote:
Alat Pendeteksi Kebohongan (Lie Detector)

Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan


Quote:David W Martin dari North Carolina State University memberikan pengertian mengenai lie detector yaitu sebagai alat untuk mengukur tingkat emosi seseorang. David W Martin berpendapat bahwa manusia tidak dapat dipercaya untuk mengukur tingkat emosi seseorang. Kebohongan seseorang dapat terdeksi melalui tingkat emosinya yang terlihat dari kebenaran atau kepalsuan melalui pengukuran laju pernafasan, volume darah, denyut nadi dan respon kulit.

Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan


Manusia jika dilihat dari sejarah, berusaha untuk membuat alat yang dapat mendeteksi kebohongan seseorang dengan menggunakan teknik yang bervariasi. Seorang tersangka di Cina dipaksa untuk mengunyah tepung beras dan memuntahkannya, bila tepung beras itu masih kering, tersangka tersebut dianggap bersalah. Hal ini berdasarkan teknik yang berasumsi bahwa orang-orang yang berkata jujur dan bohong berbeda dalam respon fisiologisnya. Pada kasus yang menggunakan teknik tepung beras, penurunan produksi air liur diinterpretasikan sebagai hasil dari ketakutan karena berbicara bohong. Asumsi yang sama juga dikemukakan di akhir abad ke-19 oleh Lombroso, dengan cara mengukur volume darah selama melakukan penyelidikan terhadap tersangka.


Quote:
Quote:
Sejarah Alat Pendeteksi Kebohongan


Quote:Penemuan alat pendeteksi kebohongan (lie detector) berawal dari Amerika Serikat. Lie detector atau yang lebih dikenal dengan mesin polygraph. Mesin polygraph adalah suatu instrumen yang secara bersamaan mencatat perubahan proses fisiologis seperti detak jantung dan tekanan darah. Mesin polygraph ditemukan pertama kali oleh James Mackenzie pada tahun 1902. Awalnya, Lie detector dikembangkan untuk studi sirkulasi yang dibuat oleh Cambridge dan Paul Instrumen dari perusahaan Inggris nomor L-933517.

Quote:
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
James Mackenzie


Lie detector merupakan alat yang pertama kali digunakan untuk mendeteksi kebohongan seorang tersangka. Lie detector juga digunakan untuk mengetes dan merekam aktivitas elektrik dari otak manusia. Hasil pemeriksaan polygraph juga disebut sebagai deteksi psychophysiological. Psychophysiological ialah gangguan kejiwaan yang menggejala secara badani sebagai ganguan tubuh yang didasarkan pada teori ilmiah dan dapat diuji dengan metode sain. Setiap upaya sadar penipuan oleh individu yang rasional spontan dan tak terkendali menyebabkan respon fisiologis yang meliputi reaksi yang diukur melalui tekanan darah, denyut nadi dan pernapasan.

Quote:Pada tahun 1921 John Larson menciptakan alat pendeteksi kebohongan yang modern. John Larson adalah seorang mahasiswa dari University of California yang menemukan alat pendeteksi kebohongan modern dan digunakan dalam interogasi polisi dan penyelidikan. John Larson meneliti berbagai instrument yang tersedia serta metodologinya, Larson memilih sphygmomanometer erlanger.
Quote:
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
John Larson

Quote:Sphygmomanometer erlanger ialah alat untuk mengukur tekanan darah yang bekerja secara manual saat memompa dan mengurangi tekanan darah pada manset.
""

Sphygmomanometer erlanger dapat diubah untuk menghasilkan rekaman permanen dari tekanan darah dengan cara menggunakan drum dan kymograph. Kymograph ialah alat untuk mencatat atau melukiskan variasi tekanan atau gerakan, misalnya gerak gelombang denyut nadi dan tekanan darah. Pada tahun 1924 Leonarde Keeler membuat instrumen lie detector yang disebut dengan Emotograph.


Quote:Emotograph adalah cara penanda yang secara otomatis menangkap data dan informasi yang memiliki sensor pada tubuh untuk mengukur denyut nadi, kulit, suhu dan konduktivitas listrik.
""

Leonarde menggunakan papan tempat pemotong roti sebagai dasar untuk instrumen dan yang dikenal sebagai papan pemotong roti polygraph. Instrument Leonarde Keeler tersebut diberikan kepada John Larson untuk digunakan di kepolisian Berkeley.
Quote:
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
Leonarde Keeler

Hal ini diyakini bahwa instrumen yang dibuat Leonarde ini adalah duplikat dari John Larson. Instrumen Leonarde adalah sebuah alat pendeteksi kebohongan yang membawa ketenaran untuk eksperimen John Larson yang menarik Leonarde Keeler ke bidang deteksi penipuan.

Leonarde Keeler dilahirkan pada tahun 1903 di Noth Berkeley California, adalah murid dari John Larson yang berhasil membuat beberapa model polygraph polygraph. Model polygraph yang di buat oleh Leonarde Keeler antara lain ialah :
1) Model Keeler #301, diproduksi oleh Associated Research Inc, Chicago Illinois, model polygraph ini merupakan instrument polygraph pertama yang dibuat oleh Leonarde Keeler pada tahun 1925.
2) Model Keeler #302C, pertama kali diperkenalkan oleh Leonarde Keeler pada tahun 1950, model instrumen ini disebut psychogalvanometer.
3) Model Keeler # 6308, model ini produksi pada pertengahan tahun 1960 dan terus digunakan sampai tahun 1970 oleh kepolisian militer Amerika Serikat.

Quote:Hasil penemuan Leonarde Keeler tersebut dimodifikasi oleh Chester W. Darrow dari Institute for Juvenile Research membuat modifikasi Larson ketiga yang bernama Cardio Pneumo Psikografi, dengan menambahkan sebuah galvanometer. Galvanometer adalah alat pengukur kuat arus yang sangat lemah untuk menentukan keberadaan arah dan kekuatan dari sebuah arus listrik dalam sebuah konduktor. Instrumen galvanometer termasuk catatan psikologi, elektroda di telapak tangan dan punggung, catatan tekanan darah dan catatan pneumographic.

Pneumographic adalah perangkat untuk merekam kecepatan dan kekuatan gerakan dada Sensor khusus (elektroda) yang dipasang di kepala dan dikaitkan dengan kabel pada komputer, kemudian komputer akan merekam aktivitas elektrik otak di layar.
""

Pada negara maju, khususnya Amerika Serikat, alat pendeteksi kebohongan (lie detector) sering digunakan untuk membantu menggungkapkan kasus kriminal. Pelaksanaannya dilakukan oleh pihak independen (independen examiner), biasanya seorang psikolog. Hasil akhir untuk menilai tingkat kebohongan itu juga di tangan psikolog tersebut. Polisi yang menangani kasus, biasanya akan menerima hasil yang akurat dari psikolog tersebut.

Quote:Teknologi lie detector merupakan sebuah bentuk kemajuan dalam arus informasi pada saat ini, di mana teknologi tersebut dapat membantu setiap orang dari berbagai lapisan masyarakat dan golongan yang menjangkau seluruh negara yang ada di dunia. Lie detector merupakan produk yang dihasilkan dari sebuah teknologi pada saat ini, kehadirannya tidak terlepas dari adanya program komputer yang berkembang di masyarakat. Pada tahun 1992 perusahaan lie detector yang terkenal di Amerika Serikat bernama C.H Stoelting Instrumen percaya bahwa alat pendeteksi kebohongan konvensional, atau lie detector, dapat mendeteksi kebenaran dengan cara menganalisa reaksi seseorang atas pertanyaan yang diajukan, reaksinya dapat berupa reaksi fisik seperti perubahan denyut nadi maupun reaksi psikologis.

Quote:Alat pendeteksi kebohongan (lie detector) belum dapat dikatakan sebagai alat end user. Lie detector masih berupa sinyal dan grafik yang susah diterjemahkan langsung. Aplikasi lain masih dibutuhkan untuk menentukan apakah orang yang terdeteksi berbohong atau tidak. Sebagian besar aplikasi pendeteksi kebohongan yang tersedia di pasaran berupa aplikasi melalui media suara. Aplikasi ini beroperasi menggunakan analisis tekanan suara hipotesis, yang mendeteksi microtremors dalam otot vocal seseorang.

Microtremors adalah dalil untuk menunjukkan kegugupan atau penyimpangan fisiologis lainnya, yang mungkin, pada gilirannya, berarti berbohong. Aplikasi ini masih jarang ditemukan di beberapa perusahaan lie detector di Amerika.



Quote:
Lanjutan Dibawah
Diubah oleh BatakMetroHT
0
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.1K Anggota • 905.9K Threads
Halaman 87 dari 269
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
26-10-2011 21:36
manteb ndan infonya. emoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
26-10-2011 21:43
keren buanget alatnya tp ribet kayakna makenya emoticon-Big Grin
0 0
0
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
26-10-2011 21:44
semua itu berawal dari majinasi emoticon-Big Grin
0 0
0
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
26-10-2011 21:50
trit bgs neh..
ane emoticon-Rate 5 Star, hahaha
0 0
0
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
26-10-2011 21:52
waw kepengen coba om emoticon-linux2 itu cara kerjanya cepet ya?
0 0
0
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
26-10-2011 21:52
wah ternyata rumit juga ya..

thread bagus nih
emoticon-Embarrassment
0 0
0
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
26-10-2011 22:16
apa jadinya dunia kalau tanpa kebohongan
0 0
0
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
26-10-2011 22:31
terkadang ane ga percaya gitu ya..
jadi gitu cara kerjanya...
tapi yang ane pikir gimana kalo yang diinterogasi mentalnya bagus, ga merasa gugup meskipun dia bersalah n dia bahkan berlatih untuk tidak mengatakan yang sejujurnya apabila dia diinterogasi suatu saat artinya dia udah punya persiapan.. jdi kurang efektif donk ya... menurut ane sih ya...
0 0
0
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
26-10-2011 22:36
mantab dong kalau udah alat pendeteksi kebohongan...




Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
0 0
0
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
26-10-2011 22:37
Wah, ane blm prnh h gan d pakein alat itu
0 0
0
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
26-10-2011 22:43
pengen bgt dah liad lie detector kaya gmana
0 0
0
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
26-10-2011 23:18
walah jadul bener ya gan mesinnya
0 0
0
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
26-10-2011 23:22
mau dong om punya alat seperti itu
0 0
0
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
26-10-2011 23:22
andai aja ne mesin dimiliki indonesia
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
0 0
0
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
26-10-2011 23:32
ane baru tau gan cara kerjanya toh
0 0
0
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
26-10-2011 23:34
ko tidak keliatan ya kalau di wap emoticon-linux2
0 0
0
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
27-10-2011 00:00
panggil aja romi hipnotis tuh org
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
0 0
0
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
27-10-2011 00:06
mesin bilang dia nipu pak emoticon-Embarrassment
0 0
0
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
27-10-2011 00:12
alatnya malaikat jaman sekarang nih gan emoticon-Army (S)
0 0
0
Sejarah dan Cara Kerja Alat Pendeteksi Kebohongan
27-10-2011 00:13
serem kayanya klo ngboong d lacak pake kaya gtuan emoticon-Takut
0 0
0
Halaman 87 dari 269
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia