Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
2728
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007466724/mengenal-ayam-cemani-mitosnya-budidayanya-dan-kegunaannya
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM tidak ada kata repost, cekibrot bukti :sundulgans » :sundulgans » :sundulgans » AYAM CEMANI « :sundulgans « :sundulgans « :sundulgans Ayam Cemani merupakan ayam lokal asli Indonesia, yang asal-muasal sejarahnya berasal dari Pulau Jawa.Kata cemani berasal dari bahasa jawa kuno yang artinya Hitam Legam,warna hitam ini menyelimuti seluruh tubuh ayam lokal ini mulai dari
Lapor Hansip
15-03-2011 17:37

» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
tidak ada kata repost, cekibrot bukti

Quote:
Quote:
emoticon-Sundul Gan (S)» emoticon-Sundul Gan (S) » emoticon-Sundul Gan (S) » AYAM CEMANI « emoticon-Sundul Gan (S) « emoticon-Sundul Gan (S) « emoticon-Sundul Gan (S)

» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «

Ayam Cemani merupakan ayam lokal asli Indonesia, yang asal-muasal sejarahnya berasal dari Pulau Jawa.Kata cemani berasal dari bahasa jawa kuno yang artinya Hitam Legam,warna hitam ini menyelimuti seluruh tubuh ayam lokal ini mulai dari jengger, pial, paruh, bola mata rongga mulut, lidah, pelatuk, bulu, sayap, ketiak, lubang dubur, siih, kaki,dan cakar.

Konon ayam cemani ini memiliki warna hitam yang sangat sempurna dengan presentase 100 % warna keseluruhan nya hitam, bahkan sampai warna daging tulang dan darahnya semuanya berwarna hitam, warna hitam menyelimuti seluruh tubuh dari bagian luar, hingga bagian dalam/jeroan nya, mulai dari tenggorokan, rongga mulut, lidah, semua nya hitam. Melihat dari kriteria dan ciri-ciri tersebut inilah yang disebut & di klaim sebagai : "Ayam Cemani Asli" atau sering juga disebut dengan julukan (Hayam Hideung) kata orang Sunda.


Quote:
Quote:
ASAL MULA AYAM CEMANI

» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «

Dulu nya asal-muasal ayam cemani ini adalah ayam kedu hitam, yang banyak dipelihara oleh masyarakat jaman dahulu di kahuripan desa Kedu pada jaman Kerajaan Majapahit abad ke 19.
Ayam ini adalah ayam yang sangat istimewah pada jaman nya, sehingga ayam ini sangat di sukai dan menjadi piaraan atau koleksi para gegeden, raja-raja jaman dahulu kala. Itulah yang membuat ayam ini menjadi sangat eksklusif, memiliki nilai jual yang sangat fantastis dan sangat berharga karena mengingat dulu nya saja ayam ini banyak dikoleksi para raja dan keturunan ningrat.


Quote:
Quote:
KLASIFIKASI AYAM CEMANI

» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «

Ayam Cemani berasal dari Ayam keturunan kedu hitam, yang di seleksi memiliki kemurnian warna hitam dengan ciri khas bentuk jengger tunggal bergerigi (jantan).Entah berapa generasi seleksi tersebut dilakukan demi untuk populasi dan kelestarian nya.Namun yang sangat memperihatinkan hingga saat ini populasinnya semakin berkurang dan menyusut dibandingkan populasi Ayam Cemani 100 tahun yang lalu, mengingat ayam ini sulit untuk di kembangbiakan hingga beranak-pinak, ke regenerasi anak dan turunan nya.

Hal inilah yang membuat Ayam Cemani ini kini menjadi semakin langka, dan sulit di dapatkan, sehingga ayam ini menjadi banyak di buru dan di cari orang, hingga saat ini hanya segelintir orang saja yang memilikinya.


Quote:
Quote:
MITOS AYAM CEMANI

» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «

Quote:
Banyak pertanyaan tentang ayam cemani, salah satunya
Mengapa Ayam Cemani Banyak Diburu dan Dicari Orang ?
Untuk Keperluan dan Kebutuhan Apakah Ayam Cemani ini?

Quote:
1. Sebagai Pembawa Hoki

Melihat dari keistimewaan dan keunikan ayam tersebut, beberapa kriteria yang tidak dimiliki ayam lain, sehingga Ayam Cemani ini memiliki nilai dan kelas tersendiri, dengan tingkat level sangat istimewa,karena disamping sebagai untuk peliharaan pribadi atau koleksi, konon katanya dengan memelihara ayam tersebut bisa sebagai pembawa Hoki bagi pemiliknya, dan juga bisa mendatangkan banyak rejeki bagi yang memiliknya, hal ini di akui kesaksian salah seorang yang kini sudah menjadi Pengusaha Property sukses papan atas di Jakarta yang memelihara ayam tersebut.


Quote:
2.Untuk Tumbal Persyaratan Kebutuhan Ritual/Ruwat Ghaib

Ayam Cemani banyak dibutuhkan dan dicari orang untuk persyaratan tumbal kebutuhan ritual/ruwat ghaib seperti : ritual penggalian harta karun (sajen khodam) pengobatan, ruwat bangunan pabrik, gedung, mall, plaza, hotel,ruko, toko, kantor, rumah, dll, untuk ruwat penglaris dagangan di kantin, toko, kios,pasar, dll. untuk ritual/ruwat pembangunan proyek-proyek besar seperti : pembangunan jembatan, bendungan, terowongan, explorasi pertambangan, pembangunan jalan tol, terminal, bandara, pelabuhan serta proyek-proyek besar lain nya yang berhubungan dengan Alam. Selain itu Ayam Cemani biasa juga di gunakan untuk ruwat syukuran bumi, laut, gunung/kawah, ruwat memandikan benda pusaka, serta ruwat buang sial, sulit jodoh, pemikat lawan jenis bagi seseorang.


Quote:
Quote:
BUDIDAYA AYAM CEMANI


Yang perlu diperhatikan pada waktu budidaya ayam cemani antara lain :
Quote:
1. Butuh ketelatenan
telaten

Ayam cemani kecil sangat rentan terhadap kematian terutama pada suhu yang rendah. Untuk mengantisipasinya pemeliharaan DOC sampai usia satu bulan ditempatkan pada kandang Box yang diberi lampu pijar.

Quote:
2. Pakan yg diberikan
pakan

Makanan ayam cemani pada usia muda adalah konsentrat starter dengan pemberian pakan setiap kali ayam lapar, semakin banyak anakan cemani mengkonsumsi makanan semakin cepat pertumbuhannya asal jangan sampai terlalu gemuk

Quote:
3. Ukuran kandang
kandang

Dengan bertambahnya usia ayam cemani bertambah pula ukuran tubuh dan jumlah bulu-bulunya, ayam sudah harus mulai dipindah pada kandang yang lebih luas

Pada pemeliharaan ayam cemani dewasa pemberian pakan sudah diatur satu hari dua kali, dengan makanan berupa konsentrat petelur, jagung giling , bekatul dan campuran makanan lainnya. Kandang juga sudah bukan lagi berupa box tapi berupa kandang terbatas, kandang bateray, atau dibiarkan bebas berkeliaran.


Quote:
ayam cemani

ayam cemani

ayam cemani

ayam cemani


video




emoticon-army: kaskuser yg baik selalu meninggalkan coment yg baik emoticon-army:
dan
tolong di emoticon-Rate 5 Star ya gan

terakhir
profile-picture
tien212700 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 74 dari 137
» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «
10-10-2011 10:45
Pa benerr Darahnya Hitammm jg, Ane dr Jawa tengah sering ke Kedu....tp lum prnh liat ada ayam cemani darahnya hitamm.
0 0
0
» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «
10-10-2011 10:47
susah sekarang mau cari ayam semacam itu
adapun harganya juga mahal
0 0
0
» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «
10-10-2011 10:47
ane juga pingin gan ternak ayam cemani
pasarnya ga mungkin abis ini ayam
0 0
0
» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «
10-10-2011 10:48
ane juga pingin gan ternak ayam cemani
pasarnya ga mungkin abis ini ayam
0 0
0
» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «
10-10-2011 10:48
wah..ayam negro gann emoticon-Big Grin
0 0
0
» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «
10-10-2011 10:48
hha.. keren ni ayam gan,, fungsinya banyakk.. :P
0 0
0
» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «
10-10-2011 10:48
wuahhh... tu ayam... dulukk Q pernah punya,,, sekarang udah gag ada.. jd santapan... xixixxixi emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0 0
0
» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «
10-10-2011 10:55
ane dulu juga pernah pelihara ayam cemani..
ayam yg eksotik... emoticon-Rate 5 Star
0 0
0
» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «
10-10-2011 10:55
WALAH eta hayam MENI hideng sadayana nyak, alus eng manthap dah, mun digoreng enak ga yag?????

emoticon-Rate 5 Star telah terkirim heheheh maap abdi pake bahasa sunda, rewas eta ningaali anu hideng2 ahhhaahah emoticon-Ngakak
0 0
0
» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «
10-10-2011 10:56
ane ada pelihara tuch gan dikampung ^_^
0 0
0
» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «
10-10-2011 10:57
dl di kampung gw banyak,skg musnah smoa gara2 flu burung
0 0
0
» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «
10-10-2011 10:58
sampai ke darah-darah nya item misterius banget kesannya nih ayam emoticon-Takut: emoticon-Embarrassment
0 0
0
» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «
10-10-2011 11:00
wah emang bisa nyampe kisaran harga berapa sih gan ini ayam???
0 0
0
» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «
10-10-2011 11:15
wah komplit banget kang, ane aja orang sunda baru tau silsilah ayam camani yg sebenarnya.nice thred emoticon-Smilie
» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «
0 0
0
» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «
10-10-2011 12:10

pengalaman lucu

kalo inget sama ayam ini jadi ngakak sendiri gan,
bokap ane wkt itu beli nih ayam sjuta stengah gan spasang abis itu dibuatin kandang depan rumah, eh selang seminggu tetangga sebelah komplain kalau ayam itu kotorannya bau, berhubung tetangga ane tetangga yang reseh mulutnya and biang gosip bokap gbs ngmng apa"sangking keselnya di potong tuh ayam. malam itu jadi makan malam yang mahal ayam cemani goreng. emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-Blue Guy Cendol (S)
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh hansip
» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «
10-10-2011 12:17
Ayam yang sungguh mengagumkan emoticon-Belo
Suatu saat nanti gw pasti punya satu emoticon-Angkat Beer
» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «
0 0
0
» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «
10-10-2011 13:09
Gagah banget.. Semua hitam.. emoticon-Belo

Kenapa ya yang warnanya dominan hitam identik dengan mistik.. kaya ayam hitam ma kucing hitam.. emoticon-Confused:
0 0
0
» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «
10-10-2011 13:14
jadi pengen bisnis ayam cemani ni gan,,,emoticon-Smilie
0 0
0
» » Mengenal Ayam Cemani, Mitosnya, Budidayanya, dan Kegunaannya « «
10-10-2011 13:20
pantes banyak kolektor nyari"emoticon-Smilie

apalagi ayam cemani item..
0 0
0
Halaman 74 dari 137
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia