alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006545892/tanya-jawab-seputar-sepeda
Lapor Hansip
07-01-2011 01:29
TANYA JAWAB SEPUTAR SEPEDA
Aturan tertulis dari Om Momod :


Thread ini khusus untuk sharing dan tanya jawab A-Z masalah sepeda. Jika ada pertanyaan, siapapun yang mengerti dapat bantu menjawab. Jangan hanya mengandalkan TS atau 1-2 orang.

RULES:
1. DILARANG JUALAN dalam bentuk apa pun.
2. DILARANG JUNK POST/OOT
3. Gunakan PRIME ID
4. Budayakan quote
5. Gunakan spoiler jika memasukan/posting gambar
6. Sering-sering baca page one untuk update info dan index
7. Buat yang baru gabung mohon memperkenalkan diri dulu
8. NO PORNOGRAFI NO SARA



sebelom om2 pecinta sepeda di kaskus membaca thread ini, ada baiknya om mempelajari dolo nama2 part2 sepeda
biar nanti gak ada pertanyaan2 lagi tentang istilah2 bagian2 dari sepeda..
karena semua sudah dijelaskan di bawah ini


Barcode BBM Grup Sepeda Kaskus

bbm barcode


Website buat yang suka otak atik sepeda sendiri
http://bicycletutor.com/

bike anatomy by asugi


bike anatomy by chibby


mtb anatomy by TS


INDEX Q & A BUAT PEMULA


BUAT GOWESER HARAP HATI2 ADA WEB TOKO ONLINE YANG DI BLACKLIST
WASPADALAH !! WASPADALAH !!

THANKS TO bro ma666ots


ONLINE STORE YANG DI BLACKLIST


FAQ

Frequently Asked Question alias pertanyaan yang sering ditanyakan disini emoticon-Big Grin
jangan sampe nanya pertanyaan yang sama seperti di FAQ yak!!



BIKE FITTING

tips and tricks buat pilih sepeda yang pas dengan postur tubuh loe



BIKE FITTING



FRAMES

semua yang berhubungan dengan masalah teknis dan part dari frame, bahan frame, jenis frame,headsetnya dsb


FRAMES


DRIVETRAIN


segala sesuatu yang berhubungan dengan dengan masalah teknis dan part dari drivetrain (crankset termasuk BB nya, RD, FD, rantai, freewheel) include shifternya emoticon-Big Grin




lanjut ke bawah yak...
Diubah oleh hipposatrya
profile-picture
Hepi Yulianto memberi reputasi
3
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 61 dari 501
26-09-2011 22:18
Quote:Original Posted By Threepwood


skrg juga masih juga kok, cuma masalah geometri ama riders feel aja kok

kira2 kelebihan sadel lebih tinggi apa gan? emoticon-Embarrassment
TANYA JAWAB SEPUTAR SEPEDA
0
26-09-2011 22:37
Quote:Original Posted By ahmadeathbat
bisa.
kurang tau.


thanks gan infonya ..

mau nanya lagi nih ..

CRANK shimano yang recommended dan "bisa" dipake buat 8 speed apa yah??
0
26-09-2011 22:43
Quote:Original Posted By alegion6ers
kira2 kelebihan sadel lebih tinggi apa gan? emoticon-Embarrassment
TANYA JAWAB SEPUTAR SEPEDA


kalo POV ane ya mungkin meningkatkan aerodinamis dan mungkin juga menyempurnakan kelurusan kaki saat crank di Jam 6, soalnya mereka kan ga perlu turun kecuali jatuh dan finish

CMIIW
0
26-09-2011 23:02
Quote:Original Posted By alegion6ers
mau tanya dong,, emoticon-Embarrassment

kenapa rata2 xc race jadul posisi sadel lebih tinggi dari setang..
kalo mtb sekarang sejajar,,
dari posisi duduk apa ada keunggulan??

xc race jadul


xc modern


buat efisiensi kayuhan aja,..lebih efisien karena kaki bisa
lurus..tenaganya lebih mantab terutama ditanjakan...emoticon-Embarrassment
tapi kalau ketinggian juga malah jadi jinjit ngayuhnya..ngga efisien...emoticon-Smilie


cari trit sepeda di forum olahraga
ternyata ada disini emoticon-Big Grin
0
26-09-2011 23:26
Quote:Original Posted By gutzz


Nyobain yang siapa kang? punyanya agan ckf kah? emoticon-Big Grin

Sabar aja gan... ane juga hunting lama akhirnya dapet yang 900rban udah termasuk rotor G3 yang harganya 300 - 400rb sepasang (kalau diitung2 mayan murah juga) emoticon-Big Grin


nyobain yg nempel di domi 411nyah.. emoticon-Big Grin

wuuuaaa.. Cleansweep. emoticon-thumbsups kemaren nungguin ga dpt2 jadi aja pake quad
TANYA JAWAB SEPUTAR SEPEDA
0
27-09-2011 01:07
Quote:Original Posted By Sk8podol
thanks gan infonya ..

mau nanya lagi nih ..

CRANK shimano yang recommended dan "bisa" dipake buat 8 speed apa yah??


crank gua pake deore yg HT 2 dan gua 8 speed emoticon-Smilie
0
27-09-2011 05:13
Quote:Original Posted By alegion6ers
mau tanya dong,, emoticon-Embarrassment

kenapa rata2 xc race jadul posisi sadel lebih tinggi dari setang..
kalo mtb sekarang sejajar,,
dari posisi duduk apa ada keunggulan??

xc race jadul


xc modern


posisi lbh unggul aerodinamis aja sama lebih menekan ke sadel om, karena lebih nunduk, rata2 kalo xc race pada pake flatbar dan stem panjang, contohnya kaya setting sepeda ane yang dulu...

sepeda saya


itu aslinya stemnya lbh turun, hampir nempel sama headset, karena skrng saya pake onroad, dan kebetulan perut agak maju, jadinya dinaikin sedikit....
-Jangkrikbos™-
-NKAH 241™ - FR2 252™-
-You Can Go Faster, But You Can't Go Anywhere™-
-Every Ride Have a History™-
0
27-09-2011 06:52
Quote:Original Posted By gutzz
Mekanik aja gan... worry free emoticon-Peace
Apalagi setelah kemarin denger ada lever XTR yang sealnya bocor terus katanya sealnya gak ada di indo jadi mau gak mau harus ganti levernya... sialnya lagi jarang yang jual lever sebelah emoticon-Hammer


Quote:Original Posted By jangkrikbos
setuju om, saya aja hampir mau nyari brakeset hidrolik gara2 kmaren2 setelan kaliper susah bgt, skrng udah tau selahnya, jadi ngga kepengen hidrolik lg...

sekalian tanya om, avid bb7 sama bb5 kerasa bgt ga sih bedanya???
-Jangkrikbos™-
-NKAH 241™ - FR2 252™-
-You Can Go Faster, But You Can't Go Anywhere™-
-Every Ride Have a History™-


antara rem mekanik dan hidrolik ada untung ruginya sih om
mekanik jelas gak sepakem hidrolik, apalagi klo seneng main turunan dan loncat2 di track oprut
energi yang kita keluarkan untuk ngerem sangat sedikit beda dengan mekanik
lebih responsif, bebas perawatan dan gak harus sering2 distel, sedangkan mekanik harus sering distel,sekalinya terjadi kerusakan lebih gampang perbaikinya, dan masalah harga emang mekanik lebih murah, tapi klo dilihat2 belakangan ini sih, harga mekanik dan hidrolik juga bedanya gak terlalu jauh kok...

seal sih banyak om..tinggal cari seal di toko2 seal di banceuy juga banyak
ada kasus brake lever xt bocor, di tempat ane mekaniknya cari seal di banceuy, tinggal bawa yang bekasnya aja,trus disama2in.
dipasang gak masalah

emang sih rem mekanik worry free, cuma dari pengalaman ane, mau nyiksa rem mekanik itu sangat2 worry sekali om :d

klo overheat suka blong meski brakelevernya udah ditekan sampe mentok tetep ngeremnya gak pakem

tapi pilih mekanik atau hidrolik, semua balik lagi ke peruntukanya
klo cuma keliling komplek atau dipake onroad biasa2 aja sih mekanik udah cukup memadai
tapi klo mainannya suka ngebut2 atau suka melewati track2 ekstrim lebih baik pilih hidrolik sih...
apalagi resiko kabel remnya putus..
0
27-09-2011 07:03
Quote:Original Posted By Frozen Angel
antara rem mekanik dan hidrolik ada untung ruginya sih om
mekanik jelas gak sepakem hidrolik, apalagi klo seneng main turunan dan loncat2 di track oprut
energi yang kita keluarkan untuk ngerem sangat sedikit beda dengan mekanik
lebih responsif, bebas perawatan dan gak harus sering2 distel, sedangkan mekanik harus sering distel,sekalinya terjadi kerusakan lebih gampang perbaikinya, dan masalah harga emang mekanik lebih murah, tapi klo dilihat2 belakangan ini sih, harga mekanik dan hidrolik juga bedanya gak terlalu jauh kok...

seal sih banyak om..tinggal cari seal di toko2 seal di banceuy juga banyak
ada kasus brake lever xt bocor, di tempat ane mekaniknya cari seal di banceuy, tinggal bawa yang bekasnya aja,trus disama2in.
dipasang gak masalah

emang sih rem mekanik worry free, cuma dari pengalaman ane, mau nyiksa rem mekanik itu sangat2 worry sekali om :d

klo overheat suka blong meski brakelevernya udah ditekan sampe mentok tetep ngeremnya gak pakem

tapi pilih mekanik atau hidrolik, semua balik lagi ke peruntukanya
klo cuma keliling komplek atau dipake onroad biasa2 aja sih mekanik udah cukup memadai
tapi klo mainannya suka ngebut2 atau suka melewati track2 ekstrim lebih baik pilih hidrolik sih...
apalagi resiko kabel remnya putus..


yup saya masih bingung antara avid bb7 sama deore XT 2012 yang baru, karena kalo dilihat2 harga beda2 tipis ( di bmtbonline bb7 1,4 sedangkan deore XT 2012 di majuroyal 1.6 )

dan skrng trek saya sih masih sekedar XC belom sampe ke AM, dll, jadi sepertinya masih worth lah pake mekanik, lagian setelannya udah enak hampir setara hidrolik cuma nambah energy sedikit buat neken handle rem, lagian belo ada 2 bulan make disc brake, sebelomnya masih cantilever, hehehe....

dinikmati dulu aja deh.....
-Jangkrikbos™-
-NKAH 241™ - FR2 252™-
-You Can Go Faster, But You Can't Go Anywhere™-
-Every Ride Have a History™-
0
27-09-2011 07:11
fork sepeda bisa dipress gak yah?
ada yang tau bengkel sepeda yang bisa press fork sepeda?
yang ane agak cingkang klo bahasa sundanya sih---> bahasa indonya apa yah?
kemaren bekas jatoh di dijayagiri ini..
klo dihitung, cingkangnya cuma sekitar 3-5mm aja sih..

Quote:Original Posted By jangkrikbos
yup saya masih bingung antara avid bb7 sama deore XT 2012 yang baru, karena kalo dilihat2 harga beda2 tipis ( di bmtbonline bb7 1,4 sedangkan deore XT 2012 di majuroyal 1.6 )

dan skrng trek saya sih masih sekedar XC belom sampe ke AM, dll, jadi sepertinya masih worth lah pake mekanik, lagian setelannya udah enak hampir setara hidrolik cuma nambah energy sedikit buat neken handle rem, lagian belo ada 2 bulan make disc brake, sebelomnya masih cantilever, hehehe....

dinikmati dulu aja deh.....
-Jangkrikbos™-
-NKAH 241™ - FR2 252™-
-You Can Go Faster, But You Can't Go Anywhere™-
-Every Ride Have a History™-


dari dulu sih banyak yang bilang avid mekanik itu emang rem mekanik rasa hidrolik, ane sendiri lom pernah nyoba avid bb sih
ha?brakeset avid mekanik dibandrol 1.4juta?wedew...
ama brakeset deore 595 beda2 tipis tuh harganya

klo harga segitu mah baikan ambil hidrolik deore aja yang udah pasti..
0
27-09-2011 07:20
Quote:Original Posted By Frozen Angel
fork sepeda bisa dipress gak yah?
ada yang tau bengkel sepeda yang bisa press fork sepeda?
yang ane agak cingkang klo bahasa sundanya sih---> bahasa indonya apa yah?
kemaren bekas jatoh di dijayagiri ini..
klo dihitung, cingkangnya cuma sekitar 3-5mm aja sih..


dari dulu sih banyak yang bilang avid mekanik itu emang rem mekanik rasa hidrolik, ane sendiri lom pernah nyoba avid bb sih
ha?brakeset avid mekanik dibandrol 1.4juta?wedew...
ama brakeset deore 595 beda2 tipis tuh harganya

klo harga segitu mah baikan ambil hidrolik deore aja yang udah pasti..

iya gan, lagian barangnya susah, nyari muter2 di online nemunya di bmtb aja...

daripada deore 595 mending sekalian yang 785 gan nambah 200rebu lg....

fork sepeda belom pernah press, kalo fork motor pernah....
-Jangkrikbos™-
-NKAH 241™ - FR2 252™-
-You Can Go Faster, But You Can't Go Anywhere™-
-Every Ride Have a History™-
0
27-09-2011 08:20
@om FrozenAngel

bukannya kalo rem hidrolik jika overheat bisa bener2 blong? Jika overheat akan mendidihkan mineral oil (terutama yg pake mineral oil) sehingga menimbulkan "angin palsu" pada selang hidroliknya ?
Kalo udh kejadian angin palsu, kita hrs berhenti sampe uap minyaknya naik ke atas.
TANYA JAWAB SEPUTAR SEPEDA
0
27-09-2011 08:49
Quote:Original Posted By Frozen Angel
antara rem mekanik dan hidrolik ada untung ruginya sih om
mekanik jelas gak sepakem hidrolik, apalagi klo seneng main turunan dan loncat2 di track oprut
energi yang kita keluarkan untuk ngerem sangat sedikit beda dengan mekanik
lebih responsif, bebas perawatan dan gak harus sering2 distel, sedangkan mekanik harus sering distel,sekalinya terjadi kerusakan lebih gampang perbaikinya, dan masalah harga emang mekanik lebih murah, tapi klo dilihat2 belakangan ini sih, harga mekanik dan hidrolik juga bedanya gak terlalu jauh kok...

seal sih banyak om..tinggal cari seal di toko2 seal di banceuy juga banyak
ada kasus brake lever xt bocor, di tempat ane mekaniknya cari seal di banceuy, tinggal bawa yang bekasnya aja,trus disama2in.
dipasang gak masalah

emang sih rem mekanik worry free, cuma dari pengalaman ane, mau nyiksa rem mekanik itu sangat2 worry sekali om :d

klo overheat suka blong meski brakelevernya udah ditekan sampe mentok tetep ngeremnya gak pakem

tapi pilih mekanik atau hidrolik, semua balik lagi ke peruntukanya
klo cuma keliling komplek atau dipake onroad biasa2 aja sih mekanik udah cukup memadai
tapi klo mainannya suka ngebut2 atau suka melewati track2 ekstrim lebih baik pilih hidrolik sih...
apalagi resiko kabel remnya putus..


Memang selalu ada untung ruginya om emoticon-Embarrassment

Mekanik gak sepakem hidrolik?
Perlu di detail dulu om masing2 pake kaliper apa, padnya pake jenis apa dan rotornya berapa inch?
Kalau yang dicompare tektro aquila vs deore m595 mungkin jelas kalah... tapi coba bandinginnya sama non series yang harganya hampir selevel...
Tuh agan Cheon udah coba bandingin BB7 (rotor 6") vs M575 (rotor 8") katanya berasa lebih pakem BB7 emoticon-Big Grin

Ane sempet pake tektro aquila lumayan lama (mungkin hampir 1 taun) sebelum akhirnya ganti ke BB7. Selama ane pake tektro aquila gak ada masalah kok sama pakemnya... ane ganti ke BB7 biar nyetingnya lebih gampang dan nyari yang padnya besi. Sepeda ane bawa bareng KOSKAS Bandung ke trek XC - AM mulai dari Warban - singletrack, turunan Boscha, palintang - hutan palasari 1 - 2, turun lewat Punclut, turun lewat Jalan Lembang, turun lewat Dago Bengkok, dll gak pernah ada masalah sama pengereman walaupun banyak turunan yang curam.

Soal tenaga yang dipake pas ngerem ane setuju... yang mekanik pasti lebih berat narik levernya emoticon-Embarrassment
Disc mekanik memang harus sering disetel tapi ini juga jadi kelebihan tersendiri, karena kita sering nyetel otomatis kondisi pad selalu terkontrol (ane pernah beberapa kali nemu yang pake rem hidro padnya abis dijalan karena jarang dikontrol).

Nah kalau rem tiba2 blong gara2 overheat itu salah ridernya om... bejek remnya terlalu lama sampai pad atau rotornya kebakar dan ujungnya rem jadi blong. Ini berlaku buat semua disc brake baik mekanik atau hidrolik, malah hidrolik lebih rentan kalau overheat soalnya oli rem juga ada titik didihnya sementara kalau mekanik kan pake kabel. Ane pernah liat brakeset SLX ngebul dan sampai ngeloss di Cartil sementara ane yang pake tektro aquila adem2 aja gak ada masalah emoticon-Embarrassment

Disc mekanik cuman cocok buat keliling komplek sama onroad? ini ane gak setuju banget... selama kaliper, rotor dan padnya mumpuni dan setelannya bener ane rasa OK buat offroad sekalipun (asal jangan buat DH soalnya tangan bakalan pegel emoticon-Stick Out Tongue)

*ane bukan anti rem hidro yah... ane cuman lebih prefer rem disc mekanik aja (kalau ada yang ngasih rem hidro pasti ane terima dengan senang hati)

Btw thx info tentang sealnya... nanti ane coba teruskan ke yang bersangkutan emoticon-Embarrassment
0
27-09-2011 11:48
Quote:Original Posted By jangkrikbos
iya gan, lagian barangnya susah, nyari muter2 di online nemunya di bmtb aja...

daripada deore 595 mending sekalian yang 785 gan nambah 200rebu lg....

fork sepeda belom pernah press, kalo fork motor pernah....
-Jangkrikbos™-
-NKAH 241™ - FR2 252™-
-You Can Go Faster, But You Can't Go Anywhere™-
-Every Ride Have a History™-


deore 595 tnp rotor sejutaan om, klo xt 2012 1.8jutaan tanpa rotor juga sih setau ane.
bedanya udah 800an.mayan tuh...
malah lebih mahal yang versi 2010.aneh nya sih itu.
kok bisa lebih murah yang 2012?apa ada penurunan kualitas bahan?
klo dilihat dari model dan teknologi emang mantep yang 2012 punya.

ane sih skr masih pake slx yang 2010, paling mantep buat disiksa itu sih
ketahanannya diatas xt tapi masih dibawah saint.
klo masalah berat mah gak usah ditanya, slx emang berat, tapi mengutamakan daya tahan emoticon-Cape d... (S)

pening nih lagi cari bengkel yang bisa press fork sepeda.
0
27-09-2011 12:22
Quote:Original Posted By gutzz


Memang selalu ada untung ruginya om emoticon-Embarrassment

Mekanik gak sepakem hidrolik?
Perlu di detail dulu om masing2 pake kaliper apa, padnya pake jenis apa dan rotornya berapa inch?
Kalau yang dicompare tektro aquila vs deore m595 mungkin jelas kalah... tapi coba bandinginnya sama non series yang harganya hampir selevel...
Tuh agan Cheon udah coba bandingin BB7 (rotor 6") vs M575 (rotor 8") katanya berasa lebih pakem BB7 emoticon-Big Grin

Ane sempet pake tektro aquila lumayan lama (mungkin hampir 1 taun) sebelum akhirnya ganti ke BB7. Selama ane pake tektro aquila gak ada masalah kok sama pakemnya... ane ganti ke BB7 biar nyetingnya lebih gampang dan nyari yang padnya besi. Sepeda ane bawa bareng KOSKAS Bandung ke trek XC - AM mulai dari Warban - singletrack, turunan Boscha, palintang - hutan palasari 1 - 2, turun lewat Punclut, turun lewat Jalan Lembang, turun lewat Dago Bengkok, dll gak pernah ada masalah sama pengereman walaupun banyak turunan yang curam.

Soal tenaga yang dipake pas ngerem ane setuju... yang mekanik pasti lebih berat narik levernya emoticon-Embarrassment
Disc mekanik memang harus sering disetel tapi ini juga jadi kelebihan tersendiri, karena kita sering nyetel otomatis kondisi pad selalu terkontrol (ane pernah beberapa kali nemu yang pake rem hidro padnya abis dijalan karena jarang dikontrol).

Nah kalau rem tiba2 blong gara2 overheat itu salah ridernya om... bejek remnya terlalu lama sampai pad atau rotornya kebakar dan ujungnya rem jadi blong. Ini berlaku buat semua disc brake baik mekanik atau hidrolik, malah hidrolik lebih rentan kalau overheat soalnya oli rem juga ada titik didihnya sementara kalau mekanik kan pake kabel. Ane pernah liat brakeset SLX ngebul dan sampai ngeloss di Cartil sementara ane yang pake tektro aquila adem2 aja gak ada masalah emoticon-Embarrassment

Disc mekanik cuman cocok buat keliling komplek sama onroad? ini ane gak setuju banget... selama kaliper, rotor dan padnya mumpuni dan setelannya bener ane rasa OK buat offroad sekalipun (asal jangan buat DH soalnya tangan bakalan pegel emoticon-Stick Out Tongue)

*ane bukan anti rem hidro yah... ane cuman lebih prefer rem disc mekanik aja (kalau ada yang ngasih rem hidro pasti ane terima dengan senang hati)

Btw thx info tentang sealnya... nanti ane coba teruskan ke yang bersangkutan emoticon-Embarrassment


panjang amat oom..
bikin ane pngen pake bb7. Tukeran sama m575 yuk...
TANYA JAWAB SEPUTAR SEPEDA
0
27-09-2011 12:41
Quote:Original Posted By CheonMaSinGun
panjang amat oom..
bikin ane pngen pake bb7. Tukeran sama m575 yuk...
TANYA JAWAB SEPUTAR SEPEDA


Jangan atuh kang... saya nyarinya juga lama emoticon-Frown
M575 bagus kok... yang main di Cikole juga banyak kan yang pake? emoticon-Big Grin

Awal2 saya juga ngincernya M575 atau M595 tapi jadinya beli BB7 krn ada yang murah... yang jual brakeset shimano rata2 tanpa rotor semua emoticon-Hammer
0
27-09-2011 12:58
Quote:Original Posted By gutzz
Memang selalu ada untung ruginya om emoticon-Embarrassment

Mekanik gak sepakem hidrolik?
Perlu di detail dulu om masing2 pake kaliper apa, padnya pake jenis apa dan rotornya berapa inch?
Kalau yang dicompare tektro aquila vs deore m595 mungkin jelas kalah... tapi coba bandinginnya sama non series yang harganya hampir selevel...
Tuh agan Cheon udah coba bandingin BB7 (rotor 6") vs M575 (rotor 8") katanya berasa lebih pakem BB7 emoticon-Big Grin

Ane sempet pake tektro aquila lumayan lama (mungkin hampir 1 taun) sebelum akhirnya ganti ke BB7. Selama ane pake tektro aquila gak ada masalah kok sama pakemnya... ane ganti ke BB7 biar nyetingnya lebih gampang dan nyari yang padnya besi. Sepeda ane bawa bareng KOSKAS Bandung ke trek XC - AM mulai dari Warban - singletrack, turunan Boscha, palintang - hutan palasari 1 - 2, turun lewat Punclut, turun lewat Jalan Lembang, turun lewat Dago Bengkok, dll gak pernah ada masalah sama pengereman walaupun banyak turunan yang curam.

Soal tenaga yang dipake pas ngerem ane setuju... yang mekanik pasti lebih berat narik levernya emoticon-Embarrassment
Disc mekanik memang harus sering disetel tapi ini juga jadi kelebihan tersendiri, karena kita sering nyetel otomatis kondisi pad selalu terkontrol (ane pernah beberapa kali nemu yang pake rem hidro padnya abis dijalan karena jarang dikontrol).

Nah kalau rem tiba2 blong gara2 overheat itu salah ridernya om... bejek remnya terlalu lama sampai pad atau rotornya kebakar dan ujungnya rem jadi blong. Ini berlaku buat semua disc brake baik mekanik atau hidrolik, malah hidrolik lebih rentan kalau overheat soalnya oli rem juga ada titik didihnya sementara kalau mekanik kan pake kabel. Ane pernah liat brakeset SLX ngebul dan sampai ngeloss di Cartil sementara ane yang pake tektro aquila adem2 aja gak ada masalah emoticon-Embarrassment

Disc mekanik cuman cocok buat keliling komplek sama onroad? ini ane gak setuju banget... selama kaliper, rotor dan padnya mumpuni dan setelannya bener ane rasa OK buat offroad sekalipun (asal jangan buat DH soalnya tangan bakalan pegel emoticon-Stick Out Tongue)

*ane bukan anti rem hidro yah... ane cuman lebih prefer rem disc mekanik aja (kalau ada yang ngasih rem hidro pasti ane terima dengan senang hati)

Btw thx info tentang sealnya... nanti ane coba teruskan ke yang bersangkutan emoticon-Embarrassment


ok diralat om, mungkin ane salah jelasin juga
pakem sih emang sama pakem kok om, udah pasti
tapi responsifnya itu om.
andaikan pake spek sepeda yang sama, anggap aja yang beda cuma rem nya doank, mekanik dan hidrolik, klo dalam kecepatan yang sama, beban rider sama, klo di rem mendadak, otomatis jarak yang dibutuhkan untuk sampe berhenti total lebih pendek hidrolik kan?
mekanik responnya beda sepersekian detik mungkin yah.

klo avid, ane emang gak pernah pake, tp banyak orang bilang avid mekanik itu ibarat rem mekanik rasa hidrolik

kan ane ngomong memadai nya aja om
bukan cocok gak cocok
bahkan ane sering liat kok orang2 pake rem vbrake untuk ke oprut, gak masalah juga
kembali lagi, ini dilihat dari sudut pandang dan pengalaman ane naek sepeda ane pribadi

klo liat kuat gak kuat ane gak bisa ngomong om mana yang lebih kuat,
beberapa kali pernah liat diturunan warban sepeda yang masih pake rem mekanik atau bahkan yang pake vbrake ngebutnya minta ampun, toh udah sampe bawah mereka selamet dan sepeda nya gak apa2.

cuma klo buat pribadi ane sih seperti itu
waktu pake polygon xtrada, buat keliling2 komplek, atau sebatas dipake di track turunan lembang bandung sih masih memadai om
tapi klo udah dipake di turunan punclut arah ke bandung dengan kecepatan tinggi buat ane udah gak memadai.
semua juga didukung oleh berat badan ane yang rada overweight om.
mau pake teknik pengereman gimana pun tetep aja suka loss om, kalo dipake kecepatan tinggi yah.
kecuali klo kita lewat turunannya nyantai, yah gak loss.
dan riding style ane yang cenderung suka nyiksa sepeda om.

dan sampe saat ini seri paling tinggi yang ane pake yang slx ini
beli slx ini pun atas saran ama temen yang kebetulan udah lama main sepeda, katanya slx udah cukup klo melihat riding style ane dan belom ada masalah disiksa sampe segimanapun sampe saat ini (dengan catatan kampasnya pake yang ori punya yah, pernah pake kampas bengal sih gampang panas, meski gak loss,tapi pernah ngebul dipake di track dh cikole, tapi kalipernya sih gak apa2)
akhirnya terpaksa beli yang ori nya lagi.

oya, sebelumnya ane pake br486, itupun disiksa ujung2nya bocor juga.
katanya sih karet pistonnya merekah karena gak kuat panas, untuk masih bisa diperbaiki pake seal booster rem mobil, kebetulan pas.

ane udah merasakan 2 macem brake mekanik om. tektro aquila ama deore mekanik 545-->sama kayak yang om bayu pake klo gak salah

perbedaan mah udah jelas, yang deore emang lebih pakem.tapi ada yang bilang juga deore mekanik ini gak ada apa2nya dibandin avid bb5..
berarti ane udah kebayang gimana pakemnya avid bb5, apalagi yang bb7 yah?

maaf klo nubie ada salah kata yah om...cuma berbagi pengalaman di lapangan aja waktu nubie naik sepeda.terlepas itu benar atau salah... emoticon-Big Grin
0
27-09-2011 13:05
emoticon-Malu (S) agan2 dan para sesepuh kalau bersepeda biasanya pada dimana??
0
27-09-2011 13:19
Quote:Original Posted By Frozen Angel
deore 595 tnp rotor sejutaan om, klo xt 2012 1.8jutaan tanpa rotor juga sih setau ane.
bedanya udah 800an.mayan tuh...
malah lebih mahal yang versi 2010.aneh nya sih itu.
kok bisa lebih murah yang 2012?apa ada penurunan kualitas bahan?
klo dilihat dari model dan teknologi emang mantep yang 2012 punya.

ane sih skr masih pake slx yang 2010, paling mantep buat disiksa itu sih
ketahanannya diatas xt tapi masih dibawah saint.
klo masalah berat mah gak usah ditanya, slx emang berat, tapi mengutamakan daya tahan emoticon-Cape d... (S)

pening nih lagi cari bengkel yang bisa press fork sepeda.


eh iya kah daya tahan slx lbh enak dari xt?? slx yang 2012 pake pendingin ga ya kalipernya, kalo pake pendingin lumayan tuh, ane ambil slx aja, beda 200rban sama xt...

ane sih bukan weight weenies terlalu maniak, hanya mau mengganti yang selevel aja om, karena sebelom dihibahkan ke ane ni sepeda grupsetnya xtr, jadi kalo ada turun kasta dikit bokap ngomel2 tar, hehehe....
-Jangkrikbos™-
-NKAH 241™ - FR2 252™-
-You Can Go Faster, But You Can't Go Anywhere™-
-Every Ride Have a History™-
0
27-09-2011 13:40
Quote:Original Posted By blezzernet
emoticon-Malu (S) agan2 dan para sesepuh kalau bersepeda biasanya pada dimana??


dimana-mana hatiku senang emoticon-Nohope

pertanyaan g jelas emoticon-Nohope
0
Halaman 61 dari 501
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.