civettaAvatar border
TS
civetta
Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!
Kebanyakan penipuan bisnis online atau online shop adalah penipuan yang dilakukan seller..
Tapi itu bukan berarti buyer tidak bisa menipu gan!!
Lapak ane sih bukan di FB dan bukan juga di FJB, tapi ane cuma sekedar pengen share pengalaman ane sendiri skalian ngingetin biar yang laen lebih waspada di bisnis online..
Langsung aja gan ane ceritain kronologisnya:

1. Ane pasang iklan lapak di salah satu website, trus seperti biasa, ada yang kirim email ke alamat email ane, dia bilang berminat mau beli barang dagangan ane & minta ane ngrespon cepet. Dia ngakunya lagi kerja di Scotland tapi dulu pernah kerja di Indonesia. Dia minta ane kirim barangnya ke anaknya yang lagi sekolah di Nigeria. Sampe sini ane sama sekali ga curiga karna gaya ngomongnya dia yang meyakinkan.
Sebenernya ane ga melayani penjualan ke luar negeri, tapi ane pikir sebagai bentuk profesionalitas kerja jadi siapa & dimanapun buyernya ane layani.

2. Ane sama si buyer bales2an email beberapa kali. Respon si buyer cepet banget. Pas ane konfirmasi kalo warna barang yang dia minta kosong, si buyer langsung setuju ganti warna. Waktu size nya ternyata kosong, dia juga langsung setuju ganti size. Bahkan tanpa tanya ini itu, dia langsung setuju2 aja.

3. Walaupun ongkir ke Nigeria lebih mahal daripada harga barang yang dia beli, dia sama sekali ga nawar & langsung deal.

4. Dia ngasi tau cara pembayarannya, dia bayar ke bank (Royal Bank of Scotland), trus ntar ane disuruh scan resi & kirim ke email banknya. Abis banknya terima scan resi dari ane, ntar banknya akan ngirimin uangnya ke rekening ane. (mirip sistem rekber dan dilanjutkan bank to bank transfer)

5. Ane dah setuju sama metode pembayarannya.

6. Ane nerima email dari bank nya, trus si buyer juga kirim email konfirmasi ke ane & ane disuruh sesegera mungkin ngirim barangnya.

7. Ane mulai curiga karena alamat emailnya royalbankofscotlandon@accountant.com (domainnya koq mencurigakan; @accountant.com, seharusnya kan bank besar pasti pake domain nama bank nya)

8. Ane cek di web bank nya (Royal Bank of Scotland (RBS)) dan ternyata ada perwakilan di Indonesia (di Jakarta & Surabaya). Karena waktu itu dah malem, ane cuma bisa kirim email ke cs nya buat mastiin alamat email & alamat bank yg ditulis dlm email tsb. Tapi sampai besok paginya ga dibales.

9. Ane pikir ga mungkin lah ini penipuan dan ane memutuskan akan mengirim barangnya.

10. Selangkah sebelum ane bener2 mau ngirim barangnya, ane tiba2 terpikir buat ngecek sekali lagi di gugel. Kali ini ane masukin keyword alamat banknya. Ternyata emang ada bank di alamat itu, tp namanya Santander Bank, bukan RBS.
Masih penasaran, ane masukin keyword email banknya, dari situ ketauanlah kalo domain itu (@accountant.com) adalah SCAM alias penipuan!!!


Untung aja ane belum sampe ketipu, tapi peristiwa ini udah membuang pikiran & tenaga ane sia2 karena ane harus tanya, ngurus kesana kemari buat ngurus pemaketan beserta ongkirnya.
Seharusnya ane juga udah sadar sebelum terlalu jauh ketipu, tapi dalam keadaan panik & terus didesak (untuk mengirim barang secepatnya), ane jadi ga kepikiran buat ngecek ini itu dulu sebelumnya.

Mungkin agan2 yang pernah ngalamin kasus serupa boleh ikutan bagi pengalaman disini.
Kalo diantara agan2 ada yang merasa mendapat manfaat dari pengalaman ane ini, boleh donk dibagi emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Skali lagi ane ingetin untuk selalu HATI - HATI!!!
0
5.8K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.