Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
607
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000009843257/pesona-air-terjun-sipiso-piso
Air terjun Sipiso-piso terletak di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Indonesia. Kecamatan ini berada sekitar 24 km dari Kota Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo. Tentang Air Terjun Sipiso-Piso Air Terjun Sipiso-piso merupakan sebuah kawasan wisata alam yang terletak tidak jauh dari permukiman masyarakat Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara. Dapat dibil
Lapor Hansip
26-07-2011 10:18

Pesona Air Terjun Sipiso-Piso

Quote:
Quote:
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso


Code:
[COLOR="DarkGreen"][SIZE="4"][FONT="Comic Sans MS"]
Air terjun Sipiso-piso terletak di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo,
Sumatra Utara, Indonesia. Kecamatan ini berada sekitar 24 km dari Kota
Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo.[/FONT][/SIZE][/COLOR]


Tentang Air Terjun Sipiso-Piso

Quote:
Air Terjun Sipiso-piso merupakan sebuah kawasan wisata alam yang
terletak tidak jauh dari permukiman masyarakat Desa Tongging, Kecamatan
Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara. Dapat dibilang,
mengunjungi desa ini tidak berbeda dengan berwisata ke Air Terjun
Sipiso-piso. Secara geografis, Desa Tongging berada di dataran lebih
rendah, sementara Air Terjun Sipiso-piso terletak di perbukitan yang
lebih tinggi dari Desa Tongging. Air terjun ini berada di ketinggian
lebih kurang 800 meter dari permukaan laut (dpl) dan dikelilingi oleh
bukit yang hijau karena ditumbuhi hutan pinus.

Nama air terjun yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karo ini
memiliki makna yang khas. Sebagaimana disebut dalam berita harian /Suara
Indonesia Baru/, bahwa Sipiso-piso berasal dari piso yang artinya pisau.
Derasnya air-air yang berjatuhan dari bukit berketinggian di atas
seratus meter ini diperumpamakan layaknya berbilah-bilah pisau yang
tajam. Selain itu, jurang yang curam jika dilihat dari puncak bukit
membuat orang setempat menyebutnya piso dari Tanah Karo


Quote:
Sebagai kabupaten yang berkembang, sektor pariwisata di Tanah Karo
menjadi salah satu potensi unggulan yang diharapkan mampu mendongkrak
Pendapatan Asli Daerah (PAD), di samping sektor pertanian dan industri
tentunya. Di sektor ini, Kabupaten Karo memiliki objek wisata yang
menarik, misalnya gunung berapi, sumber air panas, kawasan pegunungan,
danau, air terjun, rumah tradisional, kebudayaan masyarakat lokal, dan
lain sebagainya ([url]www.hariansib.com[/url] <http://www.hariansib.com/>emoticon-Wink.

Dalam perkembangannya, objek-objek wisata di Tanah Karo mulai
dikembangkan dan dipromosikan ke luar daerah, termasuk Air terjun
Sipiso-piso sendiri. Meskipun seolah terjadi persaingan di antara
objek-objek wisata itu, hal ini tetap menjadi nilai positif karena
masing-masing objek menjadi terpacu untuk berkembang dan mampu menarik
wisatawan sebanyak mungkin. Sebagai contoh, di Desa Tongging belum lama
ini telah didirikan Taman Wisata Iman (TWI). Meskipun demikian, TWI yang
konon lebih banyak menyerap perhatian wisatawan untuk datang, pesona
Sipiso-piso tetap saja tidak akan tergantikan.

Dari kesemuanya itu, Sipiso-piso tetap istimewa. Hanya terpisah jarak
sejauh 35 km dari kota wisata terkenal di Indonesia, Kota Berastagi,
Kabupaten Karo, dan hanya memerlukan sekitar 45 menit dari Kota Medan,
Ibukota Provinsi Sumatra Utara, Air Terjun Sipiso-piso terbukti mampu
mengangkat reputasi Kabupaten Karo sebagai salah satu daerah tujuan
pelancong domestik maupun mancanegara. Tonggo Simanungsong, seorang
pecinta wisata, mengatakan bahwa wisatawan mancanegara yang banyak
mengunjungi Air Terjun Sipiso-piso berasal dari Malaysia, Singapura,
Prancis, dan Belanda (http://tonggo.wordpress.com/). Bagi wisatawan
lokal, panorama di Tongging ini sudah sangat dikenal, malahan ada yang
mengatakan kabar ini telah sampai ke santero dunia karena keindahan
alamnya yang menakjubkan.


Keistimewaan

Quote:
Dahsyat!!! Begitulah perasaan Anda ketika pertama kali menginjakkan kaki
di Desa Tongging, desa di mana Air Terjun Sipiso-piso berada. Dengan
mengunjungi Desa Tongging, Anda akan menikmati pemandangan yang indah
seperti kawasan wisata di Desa Tao Silalahi yang berada di dekatnya.
Sebelum menikmati air terjun dari dekat, Anda akan disuguhi pemandangan
indah Tanah Karo dari gardu pandang yang ada di puncak bukit, titik
pangkal aliran air terjun Sipiso-piso. Dari puncak bukit yang mengitari
Air Terjun Sipiso-piso ini pula Anda dapat menyaksikan keindahan
lansekap Danau Toba, sebuah danau vulkanik terbesar di dunia.

Anak tangga menuju Air Terjun Sipiso-Piso


Setelah itu, untuk menjelajahi keelokan alam Sipiso-piso dari dekat,
Anda harus menyusuri punggung bukit melalui ratusan anak tangga kecil
yang telah disediakan untuk turun dan mendekati air terjun tersebut.
Jajaran anak tangga yang telah dipersiapkan itu merupakan jalan utama
yang aman untuk (http://jalan-wisata.blogspot.com).

Sesampainya di bawah, Anda dapat memandang ke arah bukit-bukit kecil
yang ada di hadapan Anda. Ketakjuban Anda akan tingginya bukit-bukit
tersebut akan dibarengi dengan suara gemuruh percikan ribuan butiran air
yang memantul dari titik jatuhnya air. Karena air terjun ini memiliki
ketinggian 120 meter atau sekitar 360 kaki sebelum mengalir ke Danau
Toba, maka banyak orang yang pernah berkunjung ke tempat ini mengatakan
besaran butiran percikan air jatuh di Sipiso-piso lebih besar dari Air
terjun Sigura-gura?sebuah daerah wisata alam terkenal di Sumatra Utara.


Pesonanya

Sipiso-piso

Sipiso-piso

Sipiso-piso

Sipiso-piso

Sipiso-piso

Sipiso-piso

Sipiso-piso

Sipiso-piso

Sipiso-piso

Sipiso-piso

Sipiso-piso
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 19 dari 31
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
27-07-2011 16:42
mantep bener om tempatnya emoticon-Belo

sayang cuman bisa diliat doang emoticon-Mewek
0 0
0
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
27-07-2011 16:43
ane orang siantar gan.
dulu pernah maen kesana.
pesona alamnya emang mantep.
udaranya sejuk banget.
cuma, naik tangganya capek gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
27-07-2011 16:44
Buseeeettt, keren banget aer terjunnya. Diliat dari tebing dan sekitarnya yg ijo2. Muantapp
0 0
0
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
27-07-2011 16:45
keren yah gan emoticon-Mewek
ane jadi pengen kesana ih emoticon-Smilie
0 0
0
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
27-07-2011 16:45
wew mantep juga tuh gan emoticon-Matabelo
kapan" kesana ahhh emoticon-Ngacir2
nice thread emoticon-thumbsup
0 0
0
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
27-07-2011 16:46
bagus baanget gan tapi jauh banget
0 0
0
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
27-07-2011 16:47
wah kerennya emoticon-Matabelo, jdi pengen ke sana
0 0
0
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
27-07-2011 16:47
nice info gan.mantaf......
emoticon-thumbsup
0 0
0
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
27-07-2011 16:48
siapa yang gakenal islam holic emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
27-07-2011 16:49
nice info gan.mantaf......
emoticon-thumbsup
0 0
0
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
27-07-2011 16:49
wah nais inpoh gan!
jadi pengen ke sana deh! emoticon-Matabelo
0 0
0
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
27-07-2011 16:49
keren banget gan
nice share..
keep posting
ane pengen banget liat air terjun yang gedhe
slama ini baru air terjun kecil emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
0 0
0
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
27-07-2011 16:50
gilaa keren banget air terjunnya.. udah brasa diluar negri gan
0 0
0
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
27-07-2011 16:52
mantap gan, berwisata di kaskus . . . .emoticon-I Love Indonesia
emoticon-2 Jempol
0 0
0
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
27-07-2011 16:53
jadi pengen ke sana
0 0
0
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
27-07-2011 16:54
Indah bener gan pesonanya emoticon-Matabelo


Btw ane numpang titip trit ane ya gan emoticon-Cendol (S)

Trit ane


Originally Posted by TengkorakJoget emoticon-Cool
Join Us on GOOGLE + KASKUS Community emoticon-army:
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
0 0
0
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
27-07-2011 16:56
subhanalloh emoticon-Matabelo
0 0
0
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
27-07-2011 16:57
gambarnya kok gak pada kebuka ya
0 0
0
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
27-07-2011 16:58
itu jalan masuk ke air terjun lewat mana ya?
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
0 0
0
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
27-07-2011 17:02
waaahh,,ini mah kampung ane,,
Kok malah agan sih yg bikin tritnya,,
Ane kan jadi malu,,,,
Jadi kangennnnnn,,,,
Emaaakkk,,,aq kangen
Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
0 0
0
Halaman 19 dari 31
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia