Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
43
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000009684308/waspadai-penipuan-buyer-bisnis-online
Kebanyakan penipuan bisnis online atau online shop adalah penipuan yang dilakukan seller.. Tapi itu bukan berarti buyer tidak bisa menipu gan!! Lapak ane sih bukan di FB dan bukan juga di FJB, tapi ane cuma sekedar pengen share pengalaman ane sendiri skalian ngingetin biar yang laen lebih waspada di bisnis online.. Langsung aja gan ane ceritain kronologisnya: 1. Ane pasang iklan lapak di salah sat
Lapor Hansip
15-07-2011 06:13

Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!

Kebanyakan penipuan bisnis online atau online shop adalah penipuan yang dilakukan seller..
Tapi itu bukan berarti buyer tidak bisa menipu gan!!
Lapak ane sih bukan di FB dan bukan juga di FJB, tapi ane cuma sekedar pengen share pengalaman ane sendiri skalian ngingetin biar yang laen lebih waspada di bisnis online..
Langsung aja gan ane ceritain kronologisnya:

1. Ane pasang iklan lapak di salah satu website, trus seperti biasa, ada yang kirim email ke alamat email ane, dia bilang berminat mau beli barang dagangan ane & minta ane ngrespon cepet. Dia ngakunya lagi kerja di Scotland tapi dulu pernah kerja di Indonesia. Dia minta ane kirim barangnya ke anaknya yang lagi sekolah di Nigeria. Sampe sini ane sama sekali ga curiga karna gaya ngomongnya dia yang meyakinkan.
Sebenernya ane ga melayani penjualan ke luar negeri, tapi ane pikir sebagai bentuk profesionalitas kerja jadi siapa & dimanapun buyernya ane layani.

2. Ane sama si buyer bales2an email beberapa kali. Respon si buyer cepet banget. Pas ane konfirmasi kalo warna barang yang dia minta kosong, si buyer langsung setuju ganti warna. Waktu size nya ternyata kosong, dia juga langsung setuju ganti size. Bahkan tanpa tanya ini itu, dia langsung setuju2 aja.

3. Walaupun ongkir ke Nigeria lebih mahal daripada harga barang yang dia beli, dia sama sekali ga nawar & langsung deal.

4. Dia ngasi tau cara pembayarannya, dia bayar ke bank (Royal Bank of Scotland), trus ntar ane disuruh scan resi & kirim ke email banknya. Abis banknya terima scan resi dari ane, ntar banknya akan ngirimin uangnya ke rekening ane. (mirip sistem rekber dan dilanjutkan bank to bank transfer)

5. Ane dah setuju sama metode pembayarannya.

6. Ane nerima email dari bank nya, trus si buyer juga kirim email konfirmasi ke ane & ane disuruh sesegera mungkin ngirim barangnya.

7. Ane mulai curiga karena alamat emailnya royalbankofscotlandon@accountant.com (domainnya koq mencurigakan; @accountant.com, seharusnya kan bank besar pasti pake domain nama bank nya)

8. Ane cek di web bank nya (Royal Bank of Scotland (RBS)) dan ternyata ada perwakilan di Indonesia (di Jakarta & Surabaya). Karena waktu itu dah malem, ane cuma bisa kirim email ke cs nya buat mastiin alamat email & alamat bank yg ditulis dlm email tsb. Tapi sampai besok paginya ga dibales.

9. Ane pikir ga mungkin lah ini penipuan dan ane memutuskan akan mengirim barangnya.

10. Selangkah sebelum ane bener2 mau ngirim barangnya, ane tiba2 terpikir buat ngecek sekali lagi di gugel. Kali ini ane masukin keyword alamat banknya. Ternyata emang ada bank di alamat itu, tp namanya Santander Bank, bukan RBS.
Masih penasaran, ane masukin keyword email banknya, dari situ ketauanlah kalo domain itu (@accountant.com) adalah SCAM alias penipuan!!!


Untung aja ane belum sampe ketipu, tapi peristiwa ini udah membuang pikiran & tenaga ane sia2 karena ane harus tanya, ngurus kesana kemari buat ngurus pemaketan beserta ongkirnya.
Seharusnya ane juga udah sadar sebelum terlalu jauh ketipu, tapi dalam keadaan panik & terus didesak (untuk mengirim barang secepatnya), ane jadi ga kepikiran buat ngecek ini itu dulu sebelumnya.

Mungkin agan2 yang pernah ngalamin kasus serupa boleh ikutan bagi pengalaman disini.
Kalo diantara agan2 ada yang merasa mendapat manfaat dari pengalaman ane ini, boleh donk dibagi emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Skali lagi ane ingetin untuk selalu HATI - HATI!!!
0
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!
15-07-2011 06:17
Nice info om emoticon-Angkat Beer

kalo ane sih suka minta no hengpong si penjual buat tanya2 emoticon-Big Grin







Bukan Junker Enthusiastemoticon-army:
0 0
0
Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!
15-07-2011 06:20
nice inpoh gan....
0 0
0
Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!
15-07-2011 06:25
semakin mencemaskan aja bisnis2 online model ginian nie

hadeeehhh
0 0
0
Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!
15-07-2011 06:39
nice info gan emoticon-thumbsup
0 0
0
Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!
15-07-2011 06:39
Quote:Original Posted By Mr.eMre
Nice info om emoticon-Angkat Beer

kalo ane sih suka minta no hengpong si penjual buat tanya2 emoticon-Big Grin







Bukan Junker Enthusiast™ emoticon-army:



ini kan buyer yg nipu seller..
0 0
0
Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!
15-07-2011 06:43
Quote:Original Posted By sahuleka
semakin mencemaskan aja bisnis2 online model ginian nie

hadeeehhh


iya nih gan, ane baru tau ada modus kaya gitu
0 0
0
Post ini telah dihapus
Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!
15-07-2011 08:58
nais inpo gan.
ane lebih berhati2 soal penjualan, klo ane seh mending codan az, lebih aman.
hehe
0 0
0
Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!
15-07-2011 09:18
nais inpoh gan, emang sekarang banyak penipuan online neh
0 0
0
Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!
15-07-2011 09:46
“KAMI MEMBUTUHKAN BANTUAN ANDA !!!”
Kami membuka kesempatan bagi 200 orang di seluruh Indonesia yang berminat untuk mendapatkan gaji Rp. 2.000.000 hingga Rp. 10.000.000 per bulan dengan bekerja paruh waktu dari rumah saja.”

Bila Anda bergabung hari ini juga, sebagai tanda terima kasih kami atas antusiasme Anda, kami akan langsung memberi bonus sebesar Rp 200.000,- pada Anda secara cuma2.

PENTING : Tempat Terbatas

PERHATIAN :
BILA ANDA ADALAH SEORANG YANG SKEPTIS, MUDAH MENYERAH, GAMPANG PUTUS ASA, ATAU HANYA INGIN COBA-COBA –
HARAP TIDAK BERGABUNG DENGAN PROGRAM INI DAN
JANGAN BUANG WAKTU KAMI!!!
KAMI HANYA MENCARI ORANG-ORANG YANG SERIUS INGIN BEKERJA UNTUK BENAR-BENAR KAMI BAYAR MAHAL.



# IKUTI LANGKAH-LANGKAH DIBAWAH INI ::

1. KLIK DISINI kemudian masukkan nama dan alamat email yg valid.

2. Pelajari Sistemnya / peraturannya.,

* Langsung dapat Rp.200.000,-

untuk lebih jelasnya KLIK DISINI
0 0
0
Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!
15-07-2011 22:52
setuju gan..
ga cuma buyer aja yang harus hati2 seller pun perlu hati2..
emoticon-Smilie
0 0
0
Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!
15-07-2011 22:58
Nice info gan...
0 0
0
Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!
20-07-2011 00:16

Kasus penipuan

gan, ini ya email dari dia?

aku share aja de...sapa au bener dari dia...

Hello Seller
Sorry for my late reply.How are you doing? I am a Medical Doctor and also a Minister of God. i have work in Indonesia (Adi Husada Hospital Jatim, Indonesia)in 1993 to 1997 but presently working in Scotland and i want to buy it for my kid who study Agriculture in Nigeria. i will be paying through Bank to Bank transfer,so I want to let you know that the Bank is there to protect both the Buyer and the Seller interest so that the transaction can go smoothly Simple and Successful.You have nothing to worry about that because the bank will handle the transaction with Full sincerity.
so get back to me with the total cost+the shipment through DHL to my kid Nigeria. so as to proceed with the payment. so get back with the below for payment

Name of Bank Holder:
Name Of Bank:
Account Number:
Price+the shipment cost
Your Email:
Your Contact Number:

wait your reply

Dr Linda Paul

KASUS LAINNYA
Pada waktu barang ane lagi adain promo BUY 3 GET 1 grow up usa, tiba2 ada buyer message ane di fb, truz dy bilang dy pesen 2 aja, truz bakal transfer keesokan harinya, tau2 dy sms ane, and blng udah transfer, ane check donk di rekening ane, tapi ga yg transfer thu. Akhirnya ane kabarin dy donk kalau di rekening ane ga ada thu yg transfer, udah ngo pnjng lebar akhirnya dy ga balas, swt kan thu, udah buang2 pulsa and maunya nipu2 aja, untungnya ane check dlu...

Zaman sekarang buyer2 pada jahat2 jg gan, jadi hati2 aja...CHECK DLU sebelum kena tipu

KASUS LAINNYA Penipuan dari pihak yang mengaku2 sebagai salah satu orang yang bekerja di kantor pemilik pulsa (no without brands). Udah banyak gan yang kena tipu neh, ane share aj and ane dnger dari tmen ane dan ane sendiri ngalamin. Pertama2 dia sms, bilang anda adalah pemenang poin salah satu (brands) yang mendapatkan uang 15juta dengan nomor pin dan nomor handphone sbgai berikut and bla2..ketika kita menanyakan hal tersebut kepada mereka, mereka akan langsung menelepon kita dan memberitahu pemenang akan ditayangkan di salah satu stasiun televisi jam 8 malam WIB, nah setelah itu, mereka menanyakan hadiahnya ingin diterima langsung atau melalui sistem transfer...Apabila anda bilang ingin sistem transfer, maka dy menyuruh anda menyebutkan noreknya untuk ditransfer hari itu juga dengan gaya berbicara super baik dan mendoakan segala, supaya uang tersebut bisa digunakan dengan baik apabila anda sudah mendapatkannya. Setelah itu beberapa saat kemudian, dia akan menelopn anda kembali dan menyruuh anda mengecek apakah nominal 15juta sudah masuk ke rekening anda atau belum dan menanyakan apakah di rekening anda memiliki nominal min 1juta. Apabila tidak memiliki uang sebesar itu, maka anda akan disuruh membeli pulsa dengan nominal 300rbu, maka uang anda baru bisa masuk ke rekening anda dan totalnya adalah 15.300.000. Setelah itu, ia kemudian menelepon kembali, dan menyuruh pihak yang ditipu untuk membaca kode dari pulsa tersebut berikut dengan hologramnya. Ketika kita sudah menyerahkannya, Kemudian dia menyerahkan sebuah nomor dari salah satu bank yang akan mentransfer uang anda hari itu juga dalam batasan waktu sampai jam 7 malam, apabila lewat dari itu maka akan dilakukan keesokan harinya..Nomor telepon yang diberikan benar2 seperti nomor telepon bank, tapi ga aunya ada kata2 yang ga banget dan kocak banget serta ga masuk akal. Setelah itu, ane telepon lagi pihak yang telepon kemarin, ane bilang mau ambil hadiahnya langsung aja de di kantornya, nah thu bapak2 yang ngaku2 pihak dari salah satu pulsa (no saying brands), bilang anda bisa datang ke kantor saya, dia kasi alamatnya dan lantai berapa. Ane check donk ama temen ane yang kerja disitu juga, katanya bener, kemudian ane check lagi di web dan kasus2 lain tapi ga ad, serta check di webnya langsung, tapi ga ad ap2, cuma pemenang tahun sebelumnya.

Perilaku mereka pun mulai semakin mencurigakan karena ane bilang aja ane mau datang aja,tapi thu dia malah marah2 and bilng katanya ane mau sistem transfer aja, kok jadi berubah. Tapi akhirnya, dianya suru ane siapin ktp,kk, dan 4bh kartu pulsa dengan nominal @100rbu untuk dibawa kesana, Ane suru temen ane donk yang nerima nelepon, buat ngomong ama dy si pihak yang mengaku2 bank dan pihak yang mengaku2 sebagai salah satu pekerja di sana. Eh dianya malah sewot dan berkata kalau anda tidak percaya maka hadiahnya kami cancel dan berikan kepada pemenang yang berada di Kalimantan dan 1 pemenang lagi karena temen ane tanya2 truz dan ane juga tanya2 kebenarannya dengan menanyakan acara yang diselenggarakan itu tentang apa, jabatan dia dalam kantor pulsa itu apa, kenapa harus menyiapkan pulsa lagi untuk dibawa kesana. Nah akhirnya, dia semakin marah dan tiba2 menutup telepon secara tiba2. Kemudian, saya check lagi untuk menelepon customer service dari salah satu pulsa, dan mereka bilng, pulsa (no saying brands) tidak ada promo apapun, apabila ada yang mengaku2 sebagai pihak kami tolong abaikan saja, tapi thu pelayanan dan jawaban mereka juga tidak mengenakan seperti terganggu dengan telepon dari saya.

Akhirnya saya tahu bahwa itu adalah penipuan. Yang mengaku2 sebagai pihak bank dan pihak yang bekerja di salah satu perusahaan pulsa ternama, merupakan pihak2 yang tidak berpendidikan dan tidak memiliki moral karena omongan mereka bener2 tidak beradat gara2 saya kerjain balik. Habis kesel, dia tiba2 telepon saya kembali untuk menyuruh saya pergi ke bank untuk mengecek apakah hadiah tersebut sudah diterima atau belum. Kemudian saya bilang anda cari saya dan ada yang bisa saya bantu?
dia kebingungan gitu dan bilang ingin cari pihak pemilik handphone tersebut, dan saya bilang ada apa, dia berkata bukan urusan anda, karena saya mencari pemilik handphone, tau2 dia marah2 dan bilang jangan pernah
telepon2 saya lagi. Kemudian, saya sms dy aja, kalau saya udah sampai di bank terus apa yang saya harus lakukan padahal saya tidak berada dibank sama sekali. Kemudian dia bilang tekan nomor pin anda dan apa yang tercatat disana dan jangan menyebutkan nomor pin anda. Kemudian saya pura2 sedang memencet aja, dan dia pun tau2 marah tiba2 dan bilang, jangan pernah membohongi saya dan berkata kasar kemudian mematikan telepon.


KASUS PENIPUAN FASHION BAJU IMPORT http://www.mixfashion-online.com/

Hati2 gan, terhadap penipuan online shop ini, saya merupakan salah satu korbannya, HARGA YANG DITAWARKAN MENGGIURKAN BANGET BAGI KALIAN PECINTA FASHION MULAI DARI 45000 SAMPAI 100RBUAN

Ketika saya browsing, saya liad salah satu shop yang fashion2 yang ditawarkan bener2 bonafit dan berpikir untuk usaha bisnis baju sampai akhirnya saya berpikir untuk mencoba memesan baju pada dia. Pemesanan 1 lancar dan sampai tujuan, pemesanan berikutnya saya ingin memesan PO WIG 10 hari sampai, tidak kunjung datang dihari yang telah ditentukan, tau2 pemiliknya bilang bahwa uangnya kami refund aja soalnya banyak barang yang salah dikirim sama agen baju disana. Kemudian, saya percaya donk, secara baju yang saya pesen pertama kali sudah sampai dirumah saya. Kemudian, saya berpikir untuk pesen banyak aja de, sekalian buat saya dan buat jualan nanti juga. Nah Setelah saya pesan2, ternyata saya ditipu, dia mengirimkan fakturnya, namun baju yang saya pesan tidak dikirim semuanya. Untungnya nasib saya masih mending daripada salah satu korban yang tidak dikirim sama sekali bajunya. Saya dikirim hanya 8baju dari pemesanan 11bju dan itu salah semua, nah saya komplain donk dna menyerahkan bukti faktur yang dia kirim ke saya, tapi ga digubris sama sekali baik dari email,fb, sms dan bbm, akhirnya saya pasrah aja karena tidak bisa berbuat apa2 lagi dan merelakan kerugian 200rbu saya beserta nama shop saya dimana saya mempercayakan dia sebagai partner fashion baju yaitu dengan memberitahu pusat fashionnya dia di toko saya yaitu jalan hanoman no.39, ubud, gianyar, bali, Oleh karena itu, saya bertekad untuk mengalahkan shop dia yang tidak bertanggung jawab dan merugikan banyak orang termasuk saya. Cara yang saya lakukan adalah memesan langsung dari agennya serta bekerja sama dengan manager dan designer fashion korea-japan-hk-china langsung, sehingga niat saya berhasil dan untungnya thx God bnget karena usaha saya ga sia2, lmymlah buat nambah penghasilan. Saya harap semoga mixfashion tersebut tidak melakukan aksi yang merugikan lagi dan berusaha untuk mencari uang yang halal, bukan malah merugikan banyak pihak.

JADI HATI2 KALIAN YANG INGIN MEMESAN BAJU SECARA ONLINE, WALAUPUN MEREKA MENYEBUTKAN ALAMAT MEREKA

Yang mau share add facebook me : JackQueen Shop
0 0
0
Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!
20-07-2011 00:24
wah untung aja agan jeli,walopun hampir kena tipu...
sipp gan..
0 0
0
Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!
22-07-2011 22:20
[QUOTE=kimmun;475265493]gan, ini ya email dari dia?

aku share aja de...sapa au bener dari dia...

Hello Seller
Sorry for my late reply.How are you doing? I am a Medical Doctor and also a Minister of God. i have work in Indonesia (Adi Husada Hospital Jatim, Indonesia)in 1993 to 1997 but presently working in Scotland and i want to buy it for my kid who study Agriculture in Nigeria. i will be paying through Bank to Bank transfer,so I want to let you know that the Bank is there to protect both the Buyer and the Seller interest so that the transaction can go smoothly Simple and Successful.You have nothing to worry about that because the bank will handle the transaction with Full sincerity.
so get back to me with the total cost+the shipment through DHL to my kid Nigeria. so as to proceed with the payment. so get back with the below for payment

Name of Bank Holder:
Name Of Bank:
Account Number:
Price+the shipment cost
Your Email:
Your Contact Number:

wait your reply

Dr Linda Paul


bener2 sama gan, ga ada bedanya sama email yang ane dapet..
sekarang ane malah diancam2 sama pihak bank SCAM itu, katanya mau mengambil tindakan, sampe ngancem mau menonaktifkan akun bank ane..
gileee...
0 0
0
Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!
07-08-2011 10:24
Quote:Original Posted By 3105050
nice information, juragan emoticon-thumbsup:








originally posted by Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!
3105050
0 0
0
Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!
21-08-2011 23:46
gan kita senasib... bales pm ane gan! emoticon-Smilie
0 0
0
Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!
22-08-2011 22:07
Quote:Original Posted By O.S
gan kita senasib... bales pm ane gan! emoticon-Smilie


cek pm gan..
0 0
0
Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!
03-10-2011 11:08
Astaagaaaa gan... aku juga baru ngalami ini smaLem... modus sama persis kyk yg agan bilang di atas... cuma namanya aja yg beda.. bener2 sama.. ngakunya juga dari UK. tp mau kirim utk anaknya di Nigeria.. bilangnya juga udah transfer via RBS.. tp aku kok curiga bget.. akhirnya aku searching ke google dgn keyword "penipuan bisnis online dengan rekber royal bank of scotland".. ternyata ketemu share agan ini... Untung aja aku ga blm smpet kirim barangnya (Meski udah di packing sih. tinggal siap kirim hihi..)

ini email trakhir dia yg akhirnya gag sy balas lagi...

Hello friend.
i have make your payment via my bank transfer, i hope you have receive my bank payment confirmation mail from my bank, kindly proceed with the shipping to my Nephew address below and get the shipment receipt scan to my bank email for them to complete the transfer.

this is the full address of my nephew
Name: Olusegun Shina.
Address: 62 amazing closed, opposite ayinke layout, under G
City; Ogbomosho
state: oyo state
country: nigeria
Zip code: 23402
phone: +2348062356326


thanks banget ya gan infonya... bermanfaat bangeeett... pm saya ya gan gmn caranya nanti ngadepin org itu kalau pake cara ngancem2 kyk gt...
0 0
0
Waspadai Penipuan Buyer Bisnis Online!!!
30-10-2011 00:12

Pengalaman yang sma persis ma Agan

Ya Gan, ane jg hmpir aja ketipu, prosesnya sama persis ma Agan, ketika saya maw kirim barang ke anaknya yg da di Nigeria, saya baru tau saya ditipu oleh org Scotland tu ketika sebelum ngirim sya serch dulu di google & kaskus. N ternyata banyak jg yg ngalamin. Syukurnya, sya gak jadi ngirim brangnya. Tp sya diancem oleh pihak banknya lewat email kalo rekening saya akan dibekukan & akun saya di suatu situs jual beli Online tertentu akan dimatikan dlam waktu 24 jam. Agan gtu jg gag? Sedih bgt jdinya. emoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewek
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia