livingbeauty
TS
livingbeauty
-:- FR: Hatyai - Krabi - Phuket -:-
Salam Backpaker

Sekedar sharing pengalaman aja buat para kaskuser backpacker community…
Berhubung banyak kaskuser yang bikin FR ke mancanegara, ane juga pengen sharing2 info mengenai jalan2 ke Hadyai – Krabi – phuket… mudah mudahan membantu buat para rekan yang ingin ke sana..

Lets the journey begin…
Sebenernya perjalanan di mulai dari Singapore karna ane kebetulan ada kerjaan di Singapore, berhubung thread mengenai Singapore sudah banyak sekali, sampe bingung juga baca nya..ane skip aja ya Singapore nya…

Target sih ke PHUKET karna waktu itu janjian ama beberapa kaskuser untuk join backpacker dengan mereka. Tapi ga ada tiket promo dan Kebetulan waktu itu search di internet, ada promo tiger dari Singapore-hatyai yang kalo di kurs kan sekitar 300rb rupiah sudah termasuk tax.
perjalanan dari hatyai – krabi – phuket ane tempuh melalui jalur darat.
Modal nekad,tanpa pikir panjang tanpa persiapan sebelumnya,akhirnya beli juga tuh tiket.

Perjalanan Singapore – hatyai by tiger hanya sekitar 1,5 jam..Berangkat dari changi budget terminal…tidak seperti changi terminal 1,2,dan 3 yang super luas, super mewah…changi budget terminal ternyata sangat sederhana dan sangat kecil…kalo pernah datang ke airport semarang atau solo, ya kira kira seperti itu gambaran nya…tidak ada toko toko mewah seperti di terminal changi lain nya.

Ane cek in ga ditanya kode buking nya, Cuma passport aja langsung dapet tiket nya…nah yang musti di waspadain di sini, pemeriksaan berat barang bawaan di kabin yang sangat ketat, jadi musti bener bener kurang dari 7kg, ga bisa di manipulasi karna tiap penumpang meskipun sudah cek in dan dapat tiket , semua barang di timbang 1 per 1 sebelum masuk ke ruang tunggu… karna emang Cuma bawa ransel, ane lolos…hehehe.

Sekitar pukul 2 siang ane sampai di bandara hatyai, setelah lewat imigrasi, ane keluar airport dan langsung beli tiket minivan ke kota…harga minivan nya sekitar 150 bath ( 45rb) . jelas lebih murah daripada naik taksi karna ane solo backpaker…dan bisa diantar langsung ke tujuan…hehe…sayang nya karna dalam 1 minivan ada beberapa orang, ya harus muter2 dulu ngantar orang lain juga…tapi no problem lah, soalnya kan emang santai, jadi ya sekalian puter2 kota…:hehe…

Agak susah mencari stand yang jual minivan, karna tidak ada petunjuknya, kira kira sebelum keluar airport, agan belok ke kanan, dan jadi 1 ama stand yang jual taksi. Di sebelah nya counter thai airways.

Ohya, ada juga pembagian sim card “true move” gratis gan…lumayan…hehe…ohya, tariff telp dari Thailand ke Indonesia murah gan, Cuma sekitar 400 rupiah per menit nya.

Hatyai international airport
Spoiler for Hatyai international Airport:


Penginapan dan biaya hidup di sini murah , hotel bintang 3 sekitar 500 bath ( 150 rb) dan ga jauh dari pusat kota, tapi karna niat nya backpacker, ane cari penginapan yang lebih murah.
Ane nginap di cathay guest house. Untuk single room 160 bath/hr, yang double room 200 bath/hr. .ada juga internet yang bisa kita sewa 100bath/ jam…lumayan juga speed nya.
Karna single room nya penuh, ane nginap di yang double room…200bath/hr ( 60rb/hr)…
seumur umur baru sekali nginap di penginapan seharga 60 Rb rupiah per mlm… WHATT? murah amirrr??? Ya namanya juga backpacker gan…ya cari yang murah… hehehe…
meskipun menurut ane kurang bersih n kurang nyaman, tapi yang ane heran bisa penuh lho gan, banyak bule2 juga di sini n kelihatan nya mereka fine2 aja…
Spoiler for cathay GH & suasana kota:


Setelah cek in ane langsung keluar untuk lihat suasana kota, resepsionist hotel nya baik banget n sabar, Ane dikasi Map gratis dan dia jelasin macem2.
Dia bisa bahasa inggris…jadi ga musti pake bahasa planet…mungkin karna setiap hari pasti ada turis yang nginap makanya bisa bahasa inggris dan sabar banget njelasin nya….

Cathay GH ini juga menyediakan minivan ke beberapa tujuan seperti bangkok, phuket,dll....jadi tidak perlu repot2 untuk cari2 tansportasi lain
Spoiler for jadwal minvan:


Berbekal dari peta yang ane dikasi ama petugas hotel, ane mulai jalan…
Ga seperti yang di bayangkan, menurut ane kota nya ga terlalu bagus.ditambah lagi agak gerimis, jadi bikin kurang nyaman buat explore kota nya…

Tujuan pertama ane “lee garden plaza”
Ini adalah mall terbesar dan sekaligus menjadi landmark kota.
Spoiler for lee garden plaza:


di tengah jalan, kok ada orang nyanyi nyanyi gitu…ternyata hari itu adalah hari ulang tahun nya raja Thailand…jadi mereka berkumpul dan nyanyi untuk raja mereka…Pantesan ane juga ngerasa aneh gan, karna kok dari tadi ane perhatiin banyak banget orang yang pake baju warna pink…oh ternyata untuk memperingati hari ulang tahun raja….

Spoiler for Hari ulang tahun raja :


Puas di mall, ane jalan keluar menuju terminal bus hatyai di dekat Diana department store…agak jauh jalan dari lee garden ke terminal bus nya sekitar 30 menit…tujuaan ane ke sini mau cari bus ke phuket…karna memang tujuan awal pengen ke Phuket…bus jurusan ke phuket berangkat sekitar 10x sehari..jadi no worry lah, bisa berangkat jam berapa aja….
Setelah dari terminal ane kembali ke hotel karna sudah malam n sudah pegel semua setelah seharian jalan kaki..

HARI 2

Bangun pagi, rasanya masih pegel2 semua…Setelah breakfast di hotel,ngobrol2 lagi ama penjaga hotel mengenai tempat tempat yang menarik ada beberapa tempat yang di rekomendasikan…

1.\tReclining budha
2.\tHatyai municipally park
3.\tPantai samila di songkhla

ane baru tau ternyata kalo mau ke phuket pasti lewat krabi..tanpa rencana lagi stay 2 malam di hatyai ane putuskan jadi 1 malam aja.

Segera setelah mandi ane langsung cek out karna ane ngejar waktu, supaya nanti jam 8 malam ane sudah bisa sampai lagi di terminal bus hatyai untuk lanjut ke krabi naik bus jurusan phuket yang paling malem.

Spoiler for :

Bus jurusan Ke krabi hanya 1x sehari berangkat dari terminal hatyai, tetapi ada lebih dari 20 bus yang berangkat ke phuket tiap hari nya.
kelas VIP diisi 24 orang per bus, jadi tempat duduk nya lebih luas.
kelas 1 ada Wc di dalam bus, sementara kelas 2 tidak ada wc...

Tempat ane nginap ternyata ga jauh dari hatyai train station….sekitar 10 menit jalan kaki…jadi ane sempatin mampir untuk cari2 info yang siapa tau bisa berguna kalo kalo kapan2 kesini lagi emoticon-Big Grin

Spoiler for train station:


sambil jalan2 ada rombongan bhiksu lagi belanja, anehnya bhiksu nya kok ngrokok, Bhisu beneran gak sih? emoticon-Cape deeehh

Spoiler for bhiksu:

Berhubung reclining budha agak jauh stasiun kereta, ane putusin naek ojek aja.Kesepakatan 30 bath untuk ke reclining budha.
Ane masuk dan foto2 bentar, sementara si tukang ojek ane minta nunggu bentar.

Ane pikir lebih enak naik ojek lagi ke hatyai municipally park karna lebih praktis, nah tadi kesepakatan kan Cuma 30 bath, berhubung ane minta nunggu bentar, eh dia nya minta 100bath n ga boleh kurang…sialan juga nih tukang ojek…hehehe….dan untuk ke municipally park dia minta 70 bath…jadi total nya 170 bath untuk naik ojek….

OKe lah ane pikir, Cuma beda 20 rb an daripada naik angkot, sekali sekali ngasi rejeki ke orang, lagian juga ngejar waktu…Kalo naek songthew alias angkot harus oper n pasti repot karna ane ga bisa bahasa thai, dan kalo nyasar malah nanti ongkos nya lebih mahal…

Akhirnya sampai deh di hatyai municipally…
Spoiler for :


Perjalanan ane lanjut lagi ke pantai samila di songklha…perjalanan sekitar 30 menit naek songthew, berhubung tidak ada songhtew yang sampai ke pantai ane harus lanjut naik ojek lagi 20 bath langsung ke pantai.

Sebelumnya tukang ojek nya udah pesen harus pulang jam 6 an sore karna lewat jam itu sudah gak ada lagi songthew untuk pulang ke kota
tata604
tata604 memberi reputasi
1
38.3K
151
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cerita Pejalan Mancanegara
Cerita Pejalan Mancanegara
icon
840Thread2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.