DjKr1z
TS
DjKr1z
[SOUNDCARD] The Ultimate Soundcard Onkyo SE-300PCIE - Dreams Come True???
The Ultimate Soundcard Onkyo SE-300PCIE



Ya! Onkyo SE300 telah hadir di Indonesia, saya berterima kasih kepada AMT yang telah mengijinkan saya untuk mencicipi salah satu soundcard termahal di dunia! Ada apa dibalik harga yang "mahal" ini? Apa yang membuat card ini begitu spesial dan menjadikan soundcard ini kelas paling tinggi di kelas Wavio Onkyo?



Cukup mengagetkan, kini Onkyo menggunakan chipset utama Creative X-Fi CA20K2 sama dengan soundcard onboard bawaan GIGABYTE G1. Assassin / G1. Sniper dan tentunya sama juga dengan soundcard yang masih hangat dipasaran yakni Creative X-Fi Titanium HD. Padahal ketika Onkyo booming, Onkyo kita kenal dengan soundcard yang menggunakan chipset VIA. Kombinasi dan riset dari Engineering Onkyo inilah yang akan dibahas dithread ini, apakah ciri khas onkyo hilang? Atau justru sebaliknya?



Onkyo SE-300PCIE ini mengkombinasikan fitur-fitur Chipset X-Fi CA20K2 dengan teknologi sirkuit Onkyo DIDRC (Dynamic Intermodulation Distortion Reduction Circuitry) dan menghasikan performa audio profesional. DIDRC ini juga mengadopsi amplifier headphone untuk mengoptimalisasi penggunaan Headphone di soundcard ini. Kombinasi ini memiliki tujuan utama mengambil semua segmen audio di music, gaming, movie, bahkan profesional sekalipun.



Bila kita sekilas melihat, Onkyo ini sama sekali tidak menggunakan solid capasitor seperti Creative X-Fi Titanium HD, artinya karakter dari soundcard ini pasti berbeda satu sama lain. Prediksi awal saya, Onkyo SE300 mempertahankan ciri khas audiophile pada musik ditambah dengan kombinasi fitur X-Fi untuk kebutuhan Home Teather, Movie dan Gaming sekalipun.



OP-AMP yang digunakan adalah JRC 4580D, sayangnya OP-AMP ini tidak bisa diganti-ganti semau kita emoticon-Big Grin



Menggunakan output RCA, Optical In dan Out, Coaxial Out. Juga tersedia jack output untuk headphone (3.5mm)



Penggunaan sistem speaker 7.1 menggunakan komponen tambahan.



Komponen tambahan ini dihubungkan langsung dengan soundcard menggunakan kabel yang tersedia dipaket penjualannya.

Anda membutuhkan 1 ruang slot untuk memasang sistem multi-channel.



Inilah yang akan anda dapatkan pada paket penjualannya.

*Kiri SE-300PCIE, Kanan SE-200LTD

Kali ini sekaligus akan saya bandingkan dengan Onkyo Wavio SE200 LTD yang merupakan salah satu soundcard yang sangat digemari di market, terlihat dari versi "Limited Edition" yang ternyata masih diproduksi hingga saat ini, permintaan market dipenuhi dengan tetapnya diproduksi LTD ini.




Perbandingan OP-AMP



Perbandingan I/O



Perbandingan Chipset



Perbandingan Card bagian belakang



Port yang digunakan untuk soundcard ini adalah PCI-Ex 1x, tentunya dipasaran sudah cukup jarang yang menyediakan PCI banyak, dan bahkan ada motherboard tertentu yang tidak menyediakan PCI sama sekali. Ini adalah card pertama dari Onkyo yang menggunakan PCI-Ex 1x.




Saat instalasi driver, anda tidak perlu khawatir bahasa CD Driver Onkyo SE-300PCIE ini, kini interface Driver Onkyo menggunakan bahasa Inggris. Kesan pertama rasanya kurang familiar menginstal soundcard Onkyo dengan file installasi yang cukup besar yakni sekitar 250MB, mengingat pendahulunya hanya menggunakan driver sekitar 8MB saja.


Seperti biasanya, Creative menyediakan 3 mode seperti Gaming Mode, Movie Mode, dan Audio Creation. Pengujian dilakukan sesuai dengan mode yang tersedia dicontrol panel X-Fi.


Spesifikasi Pengujian :
Prosesor Intel Core i5 2500K
Motherboard GIGABYTE GA-Z68X-UD3H
RAM Kingston KHX1600D3N9K2/4G
PSU GIGABYTE Odin 700 Watt
HDD Seagate Barracuda XT 2TB
Monitor Chimei 22LH
Soundcard Onkyo Wavio SE-300PCIE (Thanks to AMT)
Soundcard Onkyo Wavio SE-200LTD (Thanks to AMT)
Speaker Hivi Swans M60 (Thanks to AMT)
Speaker Hivi Swans M50


Pengujian 2.1 menggunakan kabel standar RCA bawaan dari paket penjualan dan pengujian multi channel 5.1 menggunakan kabel bawaan Hivi Swans M60.

RMAA Testing
16Bit 44.1KHz


16Bit 48KHz


24Bit 44.1KHz


24Bit 96KHz


Lengkapnya bisa didownload di : [url]http://www.4*shared.com/file/8lQ6b3mM/RMAA_SE300.html[/url]

Music Testing
Pengujian menggunakan beberapa macam jenis lagu, baik audiophile, rock, pop dan lain-lain.

Ketika menggunakan SE-300PCI, yang paling mencolok adalah tingkat kejernihan dari soundcard ini, benar-benar bersih suaranya. Teknologi onkyo DIDRC ini terbukti menghasilkan kejernihan tingkat tinggi.

Memainkan lagu semacam rock, pop, SE-300PCIE menghasilkan suara yang sangat baik, staging yang sangat luas dan detail yang berisi, lagu-lagu cepat tidak terdengar ketinggalan ketukan.

Sayangnya SE-300PCIE pada pengujian lagu audiophile yang dominan di vocal terdengar kurang mengigit, suaranya bagus tetapi soul dan karakter onkyo yang bold akan vocal agak kurang terasa disini. Berkarakter flat dibanding dengan SE-200LTD yang mengalun-ngalun.

Karakter SE-300PCIE ini sekilas memang tetap mempertahankan ciri khas audiophilenya, tetapi dikuping saya, untuk lagu slow dan dominan vocal, masih lebih enak di SE-200LTD.

Tenaga bassnya terasa lebih "dalem" dibanding dengan SE-200LTD yang masih terasa sedikit "kalem"

Detail SE-300PCIE ini patut diacungi jempol, segala detail yang ada pada music, direproduksi dengan baik oleh soundcard ini.


Movie Testing
Tidak bisa dipungkiri bahwa fitur Creative sangat meningkatkan performa audio pada movie, pengujian dilakukan dengan film-film kualitas 720p / 1080p. Suara dentuman, pecahan kaca, tembakan, dan efek film lainnya, mampu dihasilkan dengan sangat baik.

SE-200LTD terdengar kurang menggigit di sesi movie ini.

Game Testing
Tentunya dengan fitur EAX5.0 yang anda, gaming menggunakan soundcard ini menjadi lebih berwarna, detail suara, gemuruh, tembak, hujan, dan efek-efek suara lainnya membuat bermain game semakin asik dan fun.

SE-200LTD terdengar biasa saja ketika dibandingkan dengan SE-300PCIE ini emoticon-Big Grin

Kesimpulan
Tidak bisa dipungkiri, kualitas SE-300PCIE ini sangat baik, Hampir semua genre lagu dilahap dengan baik, terutama game dan movie. Tetapi bagi yang menyukai khusus music tanpa lagu-lagu keras seperti rock, rasanya SE-200LTD sudah sangat cukup. Kecuali anda mencari performa Audio "All Around" dilengkapi dengan fitur-fitur Creative X-Fi, maka anda bisa pilih SE-300PCIE ini menjadi pilihan anda.

Pros.
1. Kombinasi fitur-fitur Chipset X-Fi dengan teknologi Onkyo DIDRC menghasilkan kualitas audio yang sangat baik.
2. All Around Soundcard.
3. Head Amp Integrated

Cons.
1. Harga relatif mahal.
2. Penggantian OP-AMP harus hardmod.

*Catatan : Hasil pengujian ini merupakan subjektivitas dari kuping "panci" saya, perbedaan pendapat terhadap soundcard ini dapat disharing di thread ini. Silahkan audisi sendiri di AMT ya emoticon-Big Grin

0
9.6K
29
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Review Lab
Hardware Review Lab
icon
2.2KThread977Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.