Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
189
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008408263/taman-nasional-baluran-africa-van-java
Bismillahirrahmaanirrahim Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan yang spesifik kering di Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, Indonesia, sebelah utara Banyuwangi . Gerbang untuk masuk ke Taman Nasional Baluran berada di 7°55'17.76"S dan 114°23'15.27"E. Taman nasional ini terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan peg
Lapor Hansip
08-05-2011 12:41

Taman Nasional Baluran, Africa Van Java

Quote:
Bismillahirrahmaanirrahim


Taman Nasional Baluran, Africa Van Java


Quote:Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan yang spesifik kering di Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, Indonesia, sebelah utara Banyuwangi . Gerbang untuk masuk ke Taman Nasional Baluran berada di 7°55'17.76"S dan 114°23'15.27"E. Taman nasional ini terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Sekitar 40 persen tipe vegetasi savana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran.


Quote:
Sejarah,Letak dan Luas Kawasan
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java

Sebelum tahun 1928, AH. Loedeboer seorang pemburu kebangsaan Belanda memiliki daerah Konsesi perkebunan di Labuhan Merak dan Gunung Mesigit. Beliau telah menaruh perhatian bahwa Baluran mempunyai nilai penting untuk perlindungan satwa mamalia besar.

Pada tahun 1930 KW. Dammerman yang menjabat sebagai Direktur Kebun Raya Bogor mengusulkan perlunya Baluran ditunjuk sebagai hutan lindung.

Pada tahun 1937, Gubernur Jenderal Hindia Belanda menetapkan Baluran sebagai Suaka Margasatwa dengan ketetapan GB. No. 9 tanggal 25 September 1937 Stbl. 1937 No. 544.
Selanjutnya ditetapkan kembali oleh Menteri Pertanian dan Agraria RI dengan Surat Keputusan Nomor. SK/II/1962 tanggal 11 Mei 1962.

Pada tanggal 6 Maret 1980 bertepatan dengan hari Strategi Pelestarian se-Dunia, Suaka Margasatwa Baluran oleh menteri Pertanian diumumkan sebagai Taman Nasional.

Kawasan TN Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur dengan batas-batas wilayah sebelah utara Selat Madura, sebelah timur Selat Bali, sebelah selatan Sungai Bajulmati, Desa Wonorejo dan sebelah barat Sungai Klokoran, Desa Sumberanyar.

Berdasarkan SK. Menteri Kehutanan No. 279/Kpts.-VI/1997 tanggal 23 Mei 1997 kawasan TN Baluran seluas 25.000 Ha.

Sesuai dengan peruntukkannya luas kawasan tersebut dibagi menjadi beberapa zona berdasarkan SK. Dirjen PKA No. 187/Kpts./DJ-V/1999 tanggal 13 Desember 1999 yang terdiri dari:
1. zona inti seluas 12.000 Ha
2. zona rimba seluas 5.537 ha (perairan = 1.063 Ha dan daratan = 4.574 Ha)
3. zona pemanfaatan intensif dengan luas 800 Ha
4. zona pemanfaatan khusus dengan luas 5.780 Ha, dan zona rehabilitasi seluas 783 Ha



Quote:Vegetasi
Tumbuhan yang ada di taman nasional ini sebanyak 444 jenis, 3 diantaranya merupakan tumbuhan asli yang khas dan menarik dan mampu beradaptasi dalam kondisi yang sangat kering (masih kelihatan hijau), walaupun tumbuhan lainnya sudah layu dan mengering yaitu: widoro bukol (Ziziphus rotundifolia), mimba (Azadirachta indica), pilang (Acacia leucophloea).

Tumbuhan yang lain seperti asam jawa (Tamarindus indica), gadung (Dioscorea hispida), kemiri (Aleurites moluccana), gebang (Corypha utan), api-api (Avicennia sp.), kendal (Cordia obliqua), manting (Syzygium polyanthum), dan kepuh (Sterculia foetida).


Quote:Satwa
Terdapat 26 jenis mamalia diantaranya banteng (Bos javanicus javanicus), kerbau liar (Bubalus bubalis), ajag (Cuon alpinus javanicus), kijang (Muntiacus muntjak muntjak), rusa (Cervus timorensis russa), macan tutul (Panthera pardus melas), kancil (Tragulus javanicus pelandoc), dan kucing bakau (Prionailurus viverrinus).

Satwa banteng merupakan maskot/ciri khas dari Taman Nasional Baluran.

Selain itu, terdapat sekitar 155 jenis burung diantaranya termasuk yang langka seperti layang-layang api (Hirundo rustica), tuwuk/tuwur asia (Eudynamys scolopacea), burung merak (Pavo muticus), ayam hutan merah (Gallus gallus), kangkareng (Anthracoceros convecus), rangkong (Buceros rhinoceros), dan bangau tong-tong (Leptoptilos javanicus).

Beberapa lokasi/obyek yang menarik untuk dikunjungi:

* Batangan. Melihat peninggalan sejarah/situs berupa goa Jepang, makam putra Maulana Malik Ibrahim, atraksi tarian burung merak pada musim kimpoi antara bulan Oktober/November dan berkemah. Fasilitas: pusat informasi dan bumi perkemahan.
* Bekol dan Semiang. Pengamatan satwa seperti ayam hutan, merak, rusa, kijang, banteng, kerbau liar, burung.

Fasilitas yang ada: wisma peneliti, wisma tamu, menara pandang.

* Bama, Balanan, Bilik. Wisata bahari, memancing, menyelam/snorkeling, dan perkelahian antara rusa jantan pada bulan Juli/Agustus; dan sekawanan kera abu-abu yang memancing kepiting/rajungan dengan ekornya pada saat air laut surut.
* Manting, Air Kacip. Sumber air yang tidak pernah kering sepanjang tahun, habitat macan tutul.
* Popongan, Sejile, Sirontoh, Kalitopo. Bersampan di laut yang tenang, melihat berbagai jenis ikan hias, pengamatan burung migran.
* Curah Tangis. Kegiatan panjat tebing setinggi 10-30 meter, dengan kemiringan sampai 85%.

Musim kunjungan terbaik: bulan Maret s/d Agustus setiap tahunnya.



"Bentang Alam"


Quote:

Bama Sunrise

bunga kapasan kuning dan savana

terumbu karang

savana bekol

tebing bawah laut





"MAMALIA"

Quote:

BANTENG JAWA

RUSA TIMOR

KERBAU LIAR

KIJANG

ANJING HUTAN

GARANGAN

JELARANG

TUPAI POHON



"BURUNG PEMANGSA"

Quote:

Burung elang ebido

Elang Brontok

Elang Brontok fase terang

Elang Brontok fase gelap

Burung elang laut perut putih

Alap-alap Capung




"Kupu - Kupu"

Quote:

Appias lyncida-Jantan

Borbo cinnara-baluran

Castalius rosimon-baluran

Catopsilia pyranthe

Cupha erymanthis

flock




"Reptilia"

Quote:

Python molurus

Psammophis indochinensis

Dendrelaphis pictus

Cryptelytrops albolabris











"Tambahan ANE"

Quote:

Pintu Masuk

Tiket Masuk

Jalan Menuju BEKOL

BEKOL AREA

SAVANA

Pantai BAMA




Sumber
Sumber

AKSES JALAN KE DAN DARI TAMAN NASIONAL BALURAN

Taman Nasional Baluran, Africa Van Java


Quote:NB:TN Baluran sangat Cocok buat penelitian, khususnya mahasiswa biologi dan Geodesi dan lainnya. Cz, sangat kaya akan keanekaragaman hayati yg masih alami. ane jg serig ketemu ma mahasiswa biologi dan geodesi.
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 10
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java
05-07-2011 14:48
ini yang ke arah pasir putih ya gan? waaah perlu d jelajahi ini
0 0
0
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java
07-07-2011 12:36
ane juga mw nambahin gan...

ada monyet putih juga lo...

emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
0 0
0
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java
07-07-2011 12:47
Quote:Original Posted By rsad
ane pernah kesana gan pemandangannya bagus bnget
emoticon-I Love Indonesia (S)


bagus banget gan...
walau siang panasnya minta ampun,,tapi malemnya dingin banget gan...

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java
07-07-2011 13:11
ane biasanya cuman lewat emoticon-Smilie
0 0
0
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java
07-07-2011 14:06
kalo pulang ke Bali pasti ngelewati hutan ini emoticon-Smilie
0 0
0
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java
08-07-2011 08:18
bantu sundul pake gambar ahhh....emoticon-I Love Indonesia (S)

Baluran - Bekol


Baluran - P.Bama
0 0
0
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java
08-07-2011 14:08
Quote:Original Posted By buchs80
bantu sundul pake gambar ahhh....emoticon-I Love Indonesia (S)

Baluran - Bekol


Baluran - P.Bama


gan,,itu tengkorak ada di penginapan bekol....

emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool
0 0
0
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java
08-07-2011 14:21
Quote:Original Posted By maverick24
gan,,itu tengkorak ada di penginapan bekol....

emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool


ane kurang tau itu pnginepan atau bukan yg jelas deket dengan menara pengawas bekol n ada pusat informasinya juga emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java
08-07-2011 14:33
Denger Baluran ane jadi serem..dulu waktu masih merantau di Bali ane sering lewatin hutan ini pke motor bareng suami...serem n' penuh mistis hiiiiiiiiiiiii...merinding ngelewatinnya....
0 0
0
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java
08-07-2011 16:59
Quote:Original Posted By Batukaras171
Denger Baluran ane jadi serem..dulu waktu masih merantau di Bali ane sering lewatin hutan ini pke motor bareng suami...serem n' penuh mistis hiiiiiiiiiiiii...merinding ngelewatinnya....


hahaha..banyuwangi emang msih mistis klo malem msi sering ad ky bintang jatuh kata orang sana sih itu ada org yg lg adu ilmu emoticon-Takut

tp itu hny ad diindonesia emoticon-I Love Indonesia hohoho
0 0
0
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java
13-07-2011 19:38
aih mantep bnget gan tn baluran, bis lebaran ah main ke tmn di situbondo skalian ke tn baluran heheheheh
0 0
0
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java
19-07-2011 11:55
taman nasional nya keren gan ...belum lagi keindahaan bawah laut n faunanya.
0 0
0
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java
19-07-2011 12:52
tempatnya OK banget buat hunting foto...

tapi kasian banget MANCANEGARA masuk mahal bener Rp 20.000,-

Ngga kebayang klo kita backpackeran keluar negeri trus disuruh bayar lebih dari biasanya... huhuhuhu... emoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frown
0 0
0
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java
19-07-2011 16:33
tadi taman nasional baluran msk berita gan, gara2 ada penampakan yg muncul di kamera pengunjung..ktnya emg ini bekasi tempat pembantaian baik pd zaman belanda, g30s PKI dan pas lg rame2nya kejadian santet
0 0
0
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java
19-07-2011 17:16
keren2 gan emoticon-Big Grin
jadi pengen ke sana sama temen emoticon-Big Grin
+muruh lagi tiket nya emoticon-Big Grin
0 0
0
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java
19-07-2011 17:19
Quote:Original Posted By Megadeth
tadi taman nasional baluran msk berita gan, gara2 ada penampakan yg muncul di kamera pengunjung..ktnya emg ini bekasi tempat pembantaian baik pd zaman belanda, g30s PKI dan pas lg rame2nya kejadian santet


berita dmn gan??
0 0
0
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java
19-07-2011 17:57
Quote:Original Posted By abhiebsd
berita dmn gan??


di trans7..tp gpp, justru menambah pesona mistis baluran..hehe
0 0
0
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java
19-07-2011 18:59
wuih keren.. ga nyangka di tanah jawa ada yang seperti ini.. suka.. asli jawa timur ya gan?? emoticon-shakehand
0 0
0
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java
19-07-2011 19:40
Quote:Taman Nasional Baluran, Africa Van Java


yang ini serasa di jepang gan.. kayak gunung fuji..
jadi tambah pengen ke sana emoticon-shakehand
0 0
0
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java
19-07-2011 20:09
Quote:
Taman Nasional Baluran, Africa Van Java


ni makhluk serem juga..
kemaren dapet kabar di sumba tato dimana lupa,
ada orang naek motor diseruduk, orangnya koma, motor belah dua..

tapi nih makhluk sante aja jalan terus emoticon-shakehand
0 0
0
Halaman 5 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Selera Nusantara (Indonesian Food)
woww-entog-kecap-nun-sedap
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia