nshihabAvatar border
TS
nshihab
Mata Najwa episode Orkestra Politika
Mata Najwa episode Orkestra Politika \temoticon-Kaskus Radio

Musik dan politik adalah dua dunia yang sama sekali berbeda. Namun, juga terjadi tarik-menarik antara keduanya. Musisi masuk ke ranah politik praktis entah menyeberang menjadi politisi atau sekedar votegetter semata.

Tapi banyak pula musisi yang konsisten menjaga jarak dan dari luar bersikap kritis terhadap praktek politik kotor. Mereka ini independen, tidak jarang menyampaikan pesan perubahan dan memasukkannya ke dalam lirik lagu mereka.

Akibat sikap kritis terhadap penguasa, seringkali membuat sang musisi harus terkena cekal tak boleh manggung. Musisi yang turun ke panggung politik dan memiliki popularitas yang luar biasa seperti Rhoma Irama pernah membahayakan supremasi Golkar di masa lalu ketika ia bergabung dengan PPP.

Mata Najwa menghadirkan raja dangdut itu untuk berkisah mengenai keterlibatannya di politik praktis, pengalaman dicekal dan bagaimana lagu-lagunya yang sarat kritik seperti ‘Judi’ tercipta. Pengamat musik sekaligus arsiparis rock Denny Sakrie turut dihadirkan untuk membahas pencekalan music kritis yang pernah terjadi dalam sejarah music di tanah air dan luar negeri.

Di lain sesi, Mata Najwa membahas bagaimana asal-usul musik-musik perlawanan yang sadar atau tidak sadar biasa kita dengar sehari-hari. Managing Director Rollingstone Indonesia Adib Hidayat dan penabuh drum grup punkrock Superman is Dead, Jerinx, menceritakan bagaimana kelahiran musik-musik tertindas semacam blues, reggae, rap dan punk serta konteksnya saat ini.



emoticon-Hot News Tayang Rabu, 6 Juli 2011 pukul 22.05 WIB di Metro TV


Jangan lewatkan ya Gan..emoticon-Malu (S)
ikhwan.abas
ikhwan.abas memberi reputasi
1
6K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.