sj_parkAvatar border
TS
sj_park
***linsang lover masuk sini***
LINSANG

Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Mammalia
Order: Carnivora
Family: Mustelidae
Subfamily: Lutrinae

spesies
-Genus Lutra
Eurasian otter (Lutra lutra)
Hairy-nosed otter (Lutra sumatrana)
-Genus Hydrictis
Spotted-necked otter (Hydrictis maculicollis)
-Genus Lutrogale
Smooth-coated otter (Lutrogale perspicillata)
-Genus Lontra
Northern river otter (Lontra canadensis)
Southern river otter (Lontra provocax)
Neotropical river otter (Lontra longicaudis)
Marine otter (Lontra felina)
Genus Pteronura
Giant otter (Pteronura brasiliensis)
-Genus Aonyx
African clawless otter (Aonyx capensis)
Oriental small-clawed otter (Aonyx cinerea)
Genus Enhydra
Sea otter (Enhydra lutris)

Linsang merupakan predator ikan yang paling "bandel" dan paling "cerdas" Di sawah atau sungai atau danau. umumnya kolam-kolam kan yang lokasinya berdekatan dengan sungai, menjadi target utama linsang.

Ada banyak nama untuk linsang di Indonesia. Sebagian orang menyebutnya berang-berang. Orang Sunda menamainya sero. Nama daerah lainnya adalah : wargul, linsang, rinsang, welingsang (Jawa); silo-silo, simung, dengen (Sumatera); arangan (Berau, Kalimanta); rengan (Kutai, Kalimantan); dongen (Ngaju, Dayak); ambrang, anjing air, barang-barang "(Melayu).

Secara ilmiah linsang termasuk binatang menyusui, kelas Mammalia, dari famili Mustelidae. Ada banyak jenis/spesies yang ditemukan di indonesia. Semuanya potensial sebagai predator ikan.

Masing-masing jenis linsang di atas memiliki ciri khas sehingga bisa dibedakan dengan mudah, yakni:
a. Sero cakar kecil. Linsang jenis ini memiliki ukuran tubuh yang kecil. Cakarnya juga berukuran kecil dan tidak menonjol di bawah kaki. Selain itu, moncongnya kecil dan tidak terdapat bulu. Ukuran tengkorak kecil, warna bulu atas cokelat gelap dan sedikit merah mengilap. Sementara bulu bagian bawah tubuhnya berwarna pucat. Linsang jenis ini biasanya tinggal di daerah-daerah pinggiran sungai, pantai, kuala, dan telaga hutan.

b. Sero berkumis. Linsang jenis ini memiliki kepala yang agak pipih dan melebar dengan moncong lebar dilengkapi cambang kaku. Jika diperhatikan lebih teliti, telinganya berukuran kecil dan tersembunyi clibalik rambut-rambut. Bulu badan halus dan lembut sekali menyerupai wol dengan warna putih kekuning-kuningan. Linsang jenis ini biasanya tinggal di daerah sungai dan perairan pantai.

c. Sero bulu licin. Cirinya hampir sama dengan sero berkumis. Perbedaannya adalah tidak terdapat rambut pada bantalan hidung. Linsang jenis ini hidup di daerah danau, sungai, bendungan, kanal dan pantai.

d. Sero utara. Linsang jenis ini dicirikan dengan bagian atas tubuh berwarna cokelat gelap. Dagu dan tenggorokannya terlihat berwarna pucat. Hidupnya di sungai dan rawa-rawa di daerah hutan.

Jika memangsa ikan di kolam, linsang mempunyai kebiasaan "mengaduk-aduk" kolam sampai ikan "mabuk" dan mudah ditangkap. Atau ikan terjebak di pojok kolam dan kemudian dengan mudah ditangkap. Ketika menangkap mangsa di kolam, linsang bertindak menimbulkan suara percikan air kolam. Biasanya mereka saling mengeluarkan siulan dengan kawanannya

Infonya tlg ditambahin lg yaa..

ni ada pic dari google.emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
tata604
tata604 memberi reputasi
1
277K
2.9K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mamalia
Mamalia
icon
3.2KThread1.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.