Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
255
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004493958/komunitas-pemain-anggar-fencing-atau-suka-sama-olah-raga-anggar-masuk
atlit anggar dari manapun.!!ayo masuk..saling diskusi, tukar informasi, dan sharing ttg anggar..!! klo ada yg berminat jual senjata atau peralatan anggar jg boleh. Thread Rule: diantara kaskuser di trit ini dilarang : -pasang iklan yg lain..kalau mo jual senjata anggar gpp. -ngejer posting, jd hanya mnyampah posting yg ga penting. -SARA - mengejek sesama kaskuser di trit ini. :cystg :cystg :cystg
Lapor Hansip
23-06-2010 22:28

[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!

[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!

atlit anggar dari manapun.!!ayo masuk..saling diskusi, tukar informasi, dan sharing ttg anggar..!! klo ada yg berminat jual senjata atau peralatan anggar jg boleh.

Thread Rule:

diantara kaskuser di trit ini dilarang :
-pasang iklan yg lain..kalau mo jual senjata anggar gpp.
-ngejer posting, jd hanya mnyampah posting yg ga penting.
-SARA
- mengejek sesama kaskuser di trit ini.

emoticon-cystg emoticon-cystg emoticon-cystg emoticon-cystg


Definisi Olah Raga Keren satu ini menurut Wikipedia :


Anggar adalah seni budaya olahraga ketangkasan dengan senjata yang menekankan pada teknik kemampuan seperti memotong, menusuk atau menangkis senjata lawan dengan menggunakan keterampilan dalam memanfaatkan kelincahan tangan. Dalam artian lebih spesifik, anggaran adalah satu satu cabang olahraga yang diajarkan di sekolah - sekolah Eropa pada masa lalu dalam melatih keahlian dalam menggunakan senjata tajam yang akhirnya menjadi salah satu olahraga resmi di Olimpiade.

Etimologi kata "anggar" dalam bahasa Indonesia berasal dari Bahasa Perancis "en garde", artinya dalam Bahasa Indonesia berarti "bersiap". Kata "en garde" digunakan sebelum permainan anggar dimulai, untuk memberi perintah "bersiap" kepada pemain. Dalam bahasa Perancis sendiri anggar disebut sebagai escrime. Walaupun kita menganggap anggar sebagai permainan yang menghibur, sebagai senjata, sebagai sarana pendidikan atau pun olahraga, ternyata anggar mempunyai perjalanan sejarah yang cukup panjang. Kemampuan teknis, catatan pencapaian yang cukup panjang, di luar hal - hal tersebut adalah nilai - nilai yang terkandung dalam permainan anggar sendiri hingga kini masih diajarkan melalui praktik olahraga itu sendiri.

Jika sejarah mengenai anggar ditelusuri, kita akan mengacu pada penggunaan pedang. Sejak dahulu kala, pedang diciptakan sebagai alat untuk melindungi diri. Manusia menggunakan kekuatan dan ketangkasannya, memilih bahan dan alat, meningkatkan ketrampilannya dengan menggunakan kepandaiannya. Semua itu merupakan latar belakang permainan anggar.

Anggar merupakan salah satu dari sedikit olahraga yang mengakui profesionalisme sebelum tahun 1980an. Bahkan pada peraturan - peraturan awal Olimpiade yang ditulis oleh Baron Pierre de Coubertin (presiden kedua dari International Olympic Committee), dengan jelas menyatakan bahwa pemain anggar profesional yang disebut dengan Masters diperbolehkan untuk ikut bertanding.

Anggar dipertandingkan pada ajang Olimpiade untuk pertama kalinya pada tahun 1896. Merupakan salah satu dari sedikit cabang olahraga yang menjadi program tetap dalam pelaksanaan Olimpiade.

Sejarah Anggar di Indonesia:
Sejarah Masuknya Anggar ke Indonesia

Pada zaman penjajahan Belanda di Indonesia, para tentara Kerajaan Belanda membawa serta olahraga anggar masuk ke Indonesia. Pada saat itu terdapat dus macam tujuan permainan anggar, yaitu untuk berkelahi dan olahraga.

Kemampuan bermain anggar untuk berkelahi diwajibkan bagi setiap tentara Hindia Belanda (KNIL) dengan menggunakan kelewang (pedang) atau sangkur. Sedangkan, permainan anggar untuk olahraga dipersilakan bagi para bintara, perwira, serta mahasiswa.

Tokoh-tokoh militer bangsa Indonesia yang mempunya keahlian bermain anggar pada waktu itu antara lain adalah Drh.Singgih, Soeparman, Maryono, Setu, Warsimin, Paimin Salekan, Atmo Soewirjo, J. Sengkey, Suratman, Mantiri, C.H. Kuron, Mangangantung, dan Soekarno.

Untuk dapat meningkatkan kemampuan bermain anggar maupun olahraga lainnya, KNIL mendirikan sekolah olahraga militer. Sekolah olahraga militer tersebut didirikan guna untuk mendidik para guru anggar, guru renang, dan guru olahraga lainnya. Lembaga pendidikan militer tersebut didirikan di Bandung dan Magelang.

Pada masa penjajahan Jepang, tidak ada informasi yang masuk tentang perkembangan olahraga anggar di Indonesia. Dalam masa perang kemerdekaan, banyak guru anggar yang berasal dari mantan instruktur militer Belanda yang menjadi instruktur di Akademi Militer Yogyakarta. Mereka mengajarkan cara bermain anggar, baik untuk olahraga maupun berkelahi dengan menggunakan sangkur.

Dalam Pekan Olahraga Nasional pertama yang diselenggarakan pada tahun 1948 di Solo, olahraga anggar mulai diperkenalkan serta dieksibisikan oleh para guru anggar mantan instruktur militer Belanda tersebut.

Setelah penyerahan kedaulatan Negara Republik Indonesia, para guru anggar yang tersebar di tanah air mulai mengembangkan olahraga anggar dengan cara mendirikan perkumpulan-perkumpulan anggar di beberapa daerah. Seperti di Sumatera Utara, Jakarta, Bandung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara, dan di Sulawesi Selatan.

Perkumpulan anggar di ibukota kita, Jakarta, didirikan oleh Kasimin Atmosoewirjo, Soekarno, dan Drh. Singgih. Di awal tahun 1950, Kasimin Atmosoewirjo mulai mengembangkan olahraga anggar di Jakarta bersama dengan puteranya yang bernama Suratmin.

Perjuangan para guru anggar yang telah merintis olahraga anggar di tanah air selanjutnya dikembangkan oleh para penerus. Baik oleh murid, anak, maupun cucu, sehingga pada saat ini olahraga anggar dapat terus berkembang di berbagai provinsi di Indonesia.

Setelah penyerahan kedaulatan Indonesia oleh pihak Belanda, permainan anggar mulai diajarkan di sekolah olahraga maupun perguruan tinggi olahraga. Di lingkungan akademi militer dan polisi juga sempat diajarkan cara bermain anggar, namun pada akhirnya kurang berkembang.

Dalam perkembangan selanjutnya, olahraga anggar mulai dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional kedua yang diselenggarakan pada tahun 1951 di Jakarta. Setelah itu olahraga anggar selalu dipertandingkan dalam setiap Pekan Olahraga Nasional hingga sekarang.

Senjata Anggar:
Anggar yang dipertandingkan pada olimpiade memainkan tiga nomor, yang dinamakan berdasarkan senjatanya:

* Floret (foil): Pedang yang berbentuk langsing, lentur dan ringan, ujungnya datar atau bulat, tumpul dan berpegas. Bila ditusukkan dapat naik/turun, beratny 500 gram (5 ons). Pelindung tangan yang terdapat pada floret lebih kecil dibandingkan dengan Degen dan Sabel. Ujungnya untuk menusuk dan bagian bawah pedang untuk menangkis dan menekan.
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
untuk sasaran pada senjata Floret
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!

* Sabel (sabre): Pedang yang berbentuk segitiga dan sudutnya tidak tajam, seperti parang kecil, semakin keatas semakin pipih dan ujungnya ditekuk hingga tidak meruncing, beratnya 500 gram. Pelindungan penuh menutupi tangan sampai pangkal tangkai. Bagian atas pedang untuk memarang dan bagian bawah untuk menangkis, serta ujungnya untuk menusuk.
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Untuk sasaran pada senjata Sabel :
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!

* Degen (epée): Pedang berbentuk segitiga dan berparit, pada pangkalnya tebal dan samping keujung kecil, agak kaku. Ujungnya datar dan berpegas dengan pelindung tangan besar, beratnya 750-770 gram. Bagian bawah pedang untuk menangkis dan ujungnya untuk menusuk.
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Untuk sasaran pada senjata Degen :
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!

Line, yaitu pembagian posisi tubuh pemain anggar

[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!

Jenis Grip atau pegangan pada pedang anggar ada dua jenis (hanya dipakai dipedang Floret dan Degen saja), yaitu :

* Pistol Grip
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!! [KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!

* French Grip
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!! [KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!


Video:
Permainan Foil putra:

[youtube]HxBHrYloFXw&feature=related[/youtube]

Permainan Sabre putra :



Permainan Epee Putra :



Kalau suka sama infonya jangan lupa kasih rate yah..!! cendol jg boleh

emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 14
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
15-05-2011 11:52
ikut nyimak gan. ane beneran tertarik ikutan anggar, pengen ikutan latihan !!tapi umur dah ketuaan uy. masih bisa emang gan?! kebetulan rumah ane sama di antapani juga emoticon-Malu
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
17-05-2011 13:45
di senanyan hari apa aja gan? jam berapa? tau aj bs ikt nibrung..hehe
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
27-05-2011 02:01
apa ada kursus anggar yang terbuka untuk umum di surabaya? makasi emoticon-Smilie
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
01-06-2011 12:38
ikut nge-rame.in gan,,
ane deonisius dari blitar, jatim.. tergabung dalam patria fencing club,, tapi sayang di tinggal pelatih saya ke beijing(beasiswa anggar,, 1 negara 1 orang)
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
07-06-2011 15:41
kebetulan nemu thread ini.. anak saya 8 tahun tertariik banget ama anggar dan keukeuh pengen kursus anggar. pengen tau aja, apakah olahraga ini aman untuk anak-anak? secara yang dibawa pedang tajam gitu lo emoticon-Smilie.

trus ada no kontak nya ga untuk di bandung? thanks ya..
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
10-06-2011 00:23
gilangoranganeh:"wah..!!latian sama anak2 fpok yah.."

hehehe iyaa..
kebetulan gua anak upi jugaa..
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
10-06-2011 05:31
gilangoranganeh:"wduuh ko smpe vakum yah..ane jg dlu smpet mau brenti wkt smp tp gag jd krn kayaknya anggar unik..gda olah raga yg keren gni. yaudh aye trusin drpd gag da kegiatan olah raga..ga brp lama aku diajak ikut kejurnas deh. dlu pertama kali di sukabumi th 2002.
udh tu mpe skarang gag pernah brenti.
iyah emg alat2ntyamahal uy..tp nabung dkit n kbeli jg.
klo pas lagi kejuaraan dikasih pinjem ko sama pengcab. klo patah yaudh ga dsruh ganti, krn dipake buat latihan."

sampai sekarang masih vakum,
masalahnya gak tahu dimana mau latihannya emoticon-Frownemoticon-Frown

mau tanya agan diatas gw td, maklum eike sekota emoticon-Embarrassment

gw mikirnya ini olahraga unik, bisa untuk mempersehat diri dan melindungi diri emoticon-Embarrassment
tp saya dulu aja pas masih nyubi dalam ginian aja disuruh beli baju sama pedangnya emoticon-Frownemoticon-Frown

sekarang masih kelas 2 sma kok emoticon-Malu
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
10-06-2011 06:43
aku ahmad dari kabupaten bogor. ada yang tau kejuaraan2 yang bakal diselenggarain ge k depan? ada yang mau latihan bareng?
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
11-06-2011 11:23
rahmifauzia:"hiii...
minta info dnk..club anggar di bogor di mana ya?"

hmphh..ntar gua cari dlu yah om infonya..
ga seberapa kenal sm ank2 bogor ni.
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
14-06-2011 03:52
dimana nih ane bisa coba olahraga ini gan >
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
16-06-2011 19:27
jadi minat mau nekunin olahraga ini bro,biasanya latihannya buat wilayah tangerang ada yang tau dimana ??
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
27-06-2011 08:35
gan, ane pemula banget nih .
mau tanya tempat beli peralatan anggar dari ujung kaki sampe ujung rambut, yang paling murah dimana yah ? emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
27-06-2011 20:02
Gan, mau nanya ada yan tahu kalo latihan di senayan itu iurannya tiap bulan berapa? tiap kapan latihannya? selain itu peralatan minimal yang harus dipunya apa aja?
sori banyak nanya...tertarik soalnyaemoticon-Blue Guy Smile (S)
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
30-06-2011 23:28
INfo.!! Pertengan bulan Juli 2011 nanti akan diadakan Kejurnas PRA PON seleksi buat PON yg ktanya akan diadakan didepok.
katanya sih yg buat dipake buat SEA Games juga.

ayooo semua latihan yg rajin.
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
30-06-2011 23:40
Quote:Original Posted By wieewid
gan, ane pemula banget nih .
mau tanya tempat beli peralatan anggar dari ujung kaki sampe ujung rambut, yang paling murah dimana yah ? emoticon-I Love Indonesia


coba cek http://www.fencingindonesia.com/ gan
ato search aja FB Budi antoni

barangnya buatan china smw. murah kok.
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
30-06-2011 23:41
Quote:Original Posted By zazaroza
ikut nyimak gan. ane beneran tertarik ikutan anggar, pengen ikutan latihan !!tapi umur dah ketuaan uy. masih bisa emang gan?! kebetulan rumah ane sama di antapani juga emoticon-Malu


tuanya segimana gan.??
klo msh umur 20an msh bisa kok,
tp klo udah lebih 25 sih ssh untuk mengikuti ntar takutnya, krn fisik, kekuatan, kecepatan, kelentukan dll harus bagus.
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
30-06-2011 23:44
Quote:Original Posted By assist
Gan, mau nanya ada yan tahu kalo latihan di senayan itu iurannya tiap bulan berapa? tiap kapan latihannya? selain itu peralatan minimal yang harus dipunya apa aja?
sori banyak nanya...tertarik soalnyaemoticon-Blue Guy Smile (S)


waduh klo unuk iuran ane gatau ni..
klo mau latihan dateng aja senin, rabu N jumat.
tp sekarang mau kejuaraan, mungkin latihannya tiiaap hari. sore jam 3/4 gt gan
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
30-06-2011 23:51
gua bntu emoticon-Sundul: gan
gua bkan anak anggar sih emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)
tp gua anak fakultas olahraga d sbuah universitas di palembang

emoticon-Sundul:
emoticon-Sundul:
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
30-06-2011 23:53
Quote:Original Posted By feetre
kebetulan nemu thread ini.. anak saya 8 tahun tertariik banget ama anggar dan keukeuh pengen kursus anggar. pengen tau aja, apakah olahraga ini aman untuk anak-anak? secara yang dibawa pedang tajam gitu lo emoticon-Smilie.

trus ada no kontak nya ga untuk di bandung? thanks ya..


aman kok mba/mas..kan ada body protector N masker yg kuat menahan hingga 350Newton dan bajunya juga.

lain dengan kita yg sudah dewasa, pasti kekuatan menusuk dan parangan pedangnya pasti lebih keras dan cepat, klo anak2 sih belum terlalu kuat kok. emoticon-Smilie
pedang anggar tidak tajam kok. tumpul.! tenang aja,,olahraga ini sangat aman. emoticon-2 Jempol
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
07-07-2011 19:16
Misi gan numpang tanya,

kalo latihan anggar itu terbuka untuk umum ga ya? Atau cuma untuk pelatihan atlet kejuaraan? Apa ada batasan umur max utk anggar? Terus tempat latian di Bekasi di mana ya? Kalo berkenan PM ya gan emoticon-Big Grin

Thanks emoticon-Smilie
0 0
0
Halaman 4 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia