Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
585
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005317665/daftar-kaskuser-anti-perdagangan-satwa-langka
Teman-teman penyayang satwa Indonesia, mari kita bersatu untuk memperjuangkan keberadaan satwa-satwa langka - lindungi mereka agar tidak punah.. Karena mereka tidak bisa berbicara, namun kita bisa mewakili dan berbuat sesuatu untuk mereka. 1. Aktif membantu mengedukasi keluarga dan teman didekat kita mengenai pentingnya melestarikan satwa langka - dengan tindakan kecil: Mengenali Satwa-Satwa Langk
Lapor Hansip
18-09-2010 00:41

Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka

Teman-teman penyayang satwa Indonesia, mari kita bersatu untuk memperjuangkan keberadaan satwa-satwa langka - lindungi mereka agar tidak punah.. Karena mereka tidak bisa berbicara, namun kita bisa mewakili dan berbuat sesuatu untuk mereka.

AGENDA kita saat ini:


Di bawah ini adalah daftar KASKUSER yang anti terhadap perdagangan satwa langka :
Kaskuser Sahabat Fauna Indonesia:

Semoga daftarnya makin panjang dan semuanya AKTIF membantu melaksanakan agenda diatas....

Buat semua temen-temen yang namanya udah masuk diatas, tolong bantu secara aktif ya.. Tolong baca Daftar Satwa yang Dilindungi Undang-Undang - Peraturan Pemerintah no 7 tahun 1997, dan bila menemukan suatu lapak perdagangan satwa langka mohon diberikan edukasi buat para pedagang dan (calon) pembelinya, tolong dipost disini.

Beberapa Lembaga Konservasi Satwa


Petisi pada Pemerintah


Ohya, dan jangan lupa selalu baca update Link bermasalah dibawah ini, bantu laporkan ke momod lewat Sticky: Thread/post bermasalah.

Terimakasih sahabat fauna emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 14 dari 31
Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka
19-04-2011 07:15
gabung gan.. nice trit.
ane ngikut trus perkembangannya
0 0
0
Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka
24-04-2011 16:39
ijin gabung gan... emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka
25-04-2011 10:56
Quote:Original Posted By Egiandra
agan agan...ane mau anya neh..sebelumnya ane setuju bgt neh buat lindungin satwa langka...tp yg ane bingung dengan cara apa gan klo kita terlanjur punya..?? (mungkin udah d jelasin,,tp kepanjangan ane bacanya) heheh..

klo kita terlanjur punya...
1. apa kita harus lepas ke habitat aslinya...?? dengan keadaan habitat asli yg carut marut kayak sekarang..?? sedangkan klo ntar d habitat aslinya tu binatang bernasib sial..pasti ada yg nangkep lagi n d jual lagi, masih mending d tangkep doang..klo nangkepnya d tembak n d awetkan..??..gmn tuh gan..??

2. klo kita lepas ke habitatnya,,apa diamasih ada jiwa liar nya gan..?? jgn2 ntar malah g survive d alam bebas...gmn tuh gan..??

3. trs td sempet baca "mari serbu pedagang hewan langka" udah d serbu d apain gan..?? d lepasin..?? balik lg ke pertanyaan no 1 dong gan,,,

gmn gan..?? ada problem solving nya ga..??

klo menurut ane c..klo udah terlanjur BELI ato PUNYA rawatlah baik2...jgn d balikin ke habitatnya...ato pemerintah ngasih ijin buat d pelihara.,tp klo mati kena denda..gitu aja...tp kayaknya pemerintah lebih sibuk ngurusin "piaraan" yg lainna jg y...piss gan...


gan ane ikut nimbrung dan coba jawab ya, maapkeun kalo ada salah2 kata

gan untuk melepas satwa gak bisa dengan begitu saja, maapkeun kalo ane nyinggung, tapi banyak orang yang berpandangan salah bahwa satwa liar yang dipelihara bisa dilepas begitu saja, bye bye have a nice life

banyak satwa, terutama yang saya tau di mamalia kemampuan adaptasi n bertahan hidup didapat dari nurture dan bukan nature, artinya mereka sangat bergantung pada bimbingan induk2nya sebelum jadi mampu beradaptasi dan menguasai kemampuan bertahan hidup

susahnya lagi kemampuan2 adaptasi n bertahan hidup itu biasanya terkait erat dengan developmental trajectory n schedulling, contoh: belajar tentang A biasanya baik umur sekian, karena setelah umur itu terlewati, sisatwa sudah berganti prioritas dan kurang tertarik lagi

Memang pemilik satwa liar tidak disarankan melepas sendiri satwa liarnya, apalagi secara diam2, banyak alasannya gan,
1.karena banyak satwa liar peliharaan biasanya terjangkit penyakit zoonosis, penyakit manusia yang bisa menular ke hewan atau sebaliknya, contoh tubercolosis, hepatitis b lumayan umum ditemukan di primata peliharaan, terutama lesser n great apes

kenapa agan tidak disarankan melepas satwa liarnya? karena hal ini justru bisa berbahaya, bagi populasi satwa tekait yang liar dihutan, karena satwa liar lepasan agan bisa menyebarkan penyakit berbahaya yang menyebabkan kepunahan satwa liar yang ada dihabitat tempat agan melepas

2.kita gak tau tempat kita ngelepas satwa itu memang cocok atau tidak, ditakutkan justru akan menyebabkan stress populasi, gampangnya gini gan, ada lokasi sebenarnya udah penuh n equilibrium, tapi karena kita gak tau terus kita ngelepas satwa kita, keseimbangan dilokasi n habitat tersebut bisa terganggu bahkan bisa aja hancur, akhirnya satwa liar asli dari daerah itu bergerak keluar lokasi n terjadi konflik antara satwa dengan manusia (nyerang kampung, nyerang tanaman pertanian dll)

masalah habitat, memang kita gak bisa bo'ong kalo hutan kita banyak yang rusak, tapi masih ada yang masih baik kog, yang diperlukan adalah niat baik pihak2 terkait termasuk pemerintah untuk mengidentifikasi lokasi2 yang cocok untuk pelepasliaran termasuk melakukan proses rehabilitasi satwa liar2 eks peliharaan

apa itu proses rehabilitasi? proses ini terkait dengan pertanyaan agan no 2. prosesnya terdiri dari: proses karantina, pemulihan kesehatan kalo sakit, pemulihan kondisi fisik kalau lemah dan yang paling penting, pengkondisian satwa untuk biasa dan mampu tinggal dihabitat aslinya, prosesnya lumayan lama gan untuk yang terakhir, bisa berbulan2 bahkan bertahun2 hanya untuk 1 individu

semoga bisa membantu
0 0
0
Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka
26-04-2011 22:20
Mantap nih..
Ane ikutan gan..
emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka
26-04-2011 22:30
ikutan dukung ya gann..

mantab..

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka
30-04-2011 01:24
NEED HELP!!

Ada yang tau penangkaran kucing batu yang di deket-deket bandung ga?
Di rumah saya ada satu kucing yang diidentifikasi sebagai kucing batu. Ceritanya gini, beberapa minggu lalu adik saya cerita kalo dia waktu jalan-jalan tau2 ngeliat kucing yang bagus banget di rumah orang, terus tu kucing jinak banget ke dia. Kata yang punya rumah, itu kucing kalo ke orang lain galak banget makanya ownernya heran koq ke adik gw bisa manja banget. Trus pas ngobrol-ngobrol ternyata tu kucing tadinya mau dibuang soalnya liar banget, pas liat kucingnya akrab ma adik gw, akhirnya ama ownernya dikasih ke adik gw, cuma cowo-nya adik gw (sekarang udah jadi mantan) pengen melihara kucing itu gara-gara penasaran koq ke adik gw bisa manja ke dia koq galak. Ya udah karena di rumah juga ada 3 kucing, 7 GP dan 1 hamster akhirnya mantan adik gw yg ngerawat. Mantan adik gw sendiri punya 2 kucing di kostannya. Ternyata setelah beberapa minggu, kucing batu ini berantem ma kucing dia, alhasil kucing dia yang berdarah-darah. Nah, dua hari yang lalu kucing batunya dikasihin lagi ke adik gw karena dia ternyata ga sanggup nanganin.

Adik gw sendiri benernya ga terlalu tau banyak ttg pet, dia cuma sekedar suka aja dan ga terlalu mau ribet cari2 informasi ttg pet yg dia punya. Kemaren waktu mutusin ngambil kucing batu-nya, adik gw cuma mikir praktisnya aja : kucingnya dikurungin terus, dirantai trus kandangnya disimpen di garasi depan (garasi outdoor sih, tapi tetep aja panas waktu siang hari). Dia mikirnya sekalian buat jaga rumah emoticon-Hammer Cuma karena gw ga tega, akhirnya gw masukin kandangnya ke teras belakang rumah.

Selama 2 hari ini memang dia yang ngerawat dan ngajak main kucing itu, cuma tetep aja kalo dikandangin atau dirantai terus miris juga. Dan selama 2 hari ini saya terus ngebujuk dia buat ngasih ke penangkaran aja, untungnya tadi siang dia udah setuju mau ngasih kucingnya ke penangkaran. Cuma masalahnya kita ga tau penangkaran yang deket2 Bandung di daerah mana...

Ada yang tau alamat dan letak penangkaran di sekitar Bandung, no yg bisa dihubungin dan prosedur untuk memberikan kucing batu ke penangkaran ga?

*btw, adik gw tau kalo itu kucing batu dari vet yang pernah dia datengin waktu meriksain kucing batu itu pertama kalinya...
0 0
0
Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka
04-05-2011 10:39
Quote:Original Posted By fridzalone
NEED HELP!!

Ada yang tau penangkaran kucing batu yang di deket-deket bandung ga?
Di rumah saya ada satu kucing yang diidentifikasi sebagai kucing batu. Ceritanya gini, beberapa minggu lalu adik saya cerita kalo dia waktu jalan-jalan tau2 ngeliat kucing yang bagus banget di rumah orang, terus tu kucing jinak banget ke dia. Kata yang punya rumah, itu kucing kalo ke orang lain galak banget makanya ownernya heran koq ke adik gw bisa manja banget. Trus pas ngobrol-ngobrol ternyata tu kucing tadinya mau dibuang soalnya liar banget, pas liat kucingnya akrab ma adik gw, akhirnya ama ownernya dikasih ke adik gw, cuma cowo-nya adik gw (sekarang udah jadi mantan) pengen melihara kucing itu gara-gara penasaran koq ke adik gw bisa manja ke dia koq galak. Ya udah karena di rumah juga ada 3 kucing, 7 GP dan 1 hamster akhirnya mantan adik gw yg ngerawat. Mantan adik gw sendiri punya 2 kucing di kostannya. Ternyata setelah beberapa minggu, kucing batu ini berantem ma kucing dia, alhasil kucing dia yang berdarah-darah. Nah, dua hari yang lalu kucing batunya dikasihin lagi ke adik gw karena dia ternyata ga sanggup nanganin.

Adik gw sendiri benernya ga terlalu tau banyak ttg pet, dia cuma sekedar suka aja dan ga terlalu mau ribet cari2 informasi ttg pet yg dia punya. Kemaren waktu mutusin ngambil kucing batu-nya, adik gw cuma mikir praktisnya aja : kucingnya dikurungin terus, dirantai trus kandangnya disimpen di garasi depan (garasi outdoor sih, tapi tetep aja panas waktu siang hari). Dia mikirnya sekalian buat jaga rumah emoticon-Hammer Cuma karena gw ga tega, akhirnya gw masukin kandangnya ke teras belakang rumah.

Selama 2 hari ini memang dia yang ngerawat dan ngajak main kucing itu, cuma tetep aja kalo dikandangin atau dirantai terus miris juga. Dan selama 2 hari ini saya terus ngebujuk dia buat ngasih ke penangkaran aja, untungnya tadi siang dia udah setuju mau ngasih kucingnya ke penangkaran. Cuma masalahnya kita ga tau penangkaran yang deket2 Bandung di daerah mana...

Ada yang tau alamat dan letak penangkaran di sekitar Bandung, no yg bisa dihubungin dan prosedur untuk memberikan kucing batu ke penangkaran ga?

*btw, adik gw tau kalo itu kucing batu dari vet yang pernah dia datengin waktu meriksain kucing batu itu pertama kalinya...




gan ente bisa menghubungi kantor KSDA setempat ato menghubungi PPS Cikananga di Sukabumi yang bekerja meliarkan satwa-satwa liar bekas peliharaan untuk dilepas dialam lagi

Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC)
Kampung Cikananga Rt.01/04
Desa Cisitu Kec. Nyalindung - Sukabumi,
PO Box. 113
Sukabumi 43169
Phone : +62-815-4635056
Fax : +62-266-480346
Website : http://www.cikananga.org
Email : info@cikananga.org
0 0
0
Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka
04-05-2011 20:26
dukung dukung emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka
11-05-2011 20:45
dukung bangettt
0 0
0
Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka
13-05-2011 23:06
Tmn saya punya satwa yang harusnya ga boleh dijual bebas gan, tapi dia rawatnya baek banget tuh Gan, kl gt salah kagak ya?
0 0
0
Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka
14-05-2011 22:01
Quote:Original Posted By sewutelu
gerakan hanya tinggal omongan saja

tidak ada langkah jelasnya, TSnya aja entah kemana emoticon-Hammer2

sudah waktunya merubahnya


Permohonan maaf saya yang sebesar-besarnya karena menghilang beberapa waktu..
Sungguh bukan berarti saya tidak ada lalu semuanya jadi terhenti.
Disini saya hanya berharap kita memulai dari diri sendiri untuk mulai mewaspadai dan membuka wawasan terhadap satwa-satwa Indonesia, untuk lebih mengenal, menyayangi dan mencegah kepunahan mereka.
Langkah awal yang saya harapkan cukup simple, hanya dengan TIDAK membeli satwa langka maupun dilindungi tersebut, kemudian dari mulut ke mulut kita sampaikan/anjurkan hal yang sama pada saudara-teman2 kita.

Kalau mengenai langkah jelas, maksud anda organisasi, ada banyak organisasi pencinta binatang yang mulai berkembang di seluruh nusantara.
Sedangkan dari dunia maya - lewat kaskus ini hanyalah sebagai perantara, sumber informasi dan memperkaya pengetahuan kita mengenai satwa-satwa langka/dilindungi di Indonesia - tentunya apabila memungkinkan berkembang lebih lanjut, mungkin saja bisa menjadi suatu organisasi.
Tapi sampai saat ini, yang bisa saya lakukan hanyalah menyediakan informasi mengenai satwa-satwa langka, menyerukan untuk TIDAK membeli satwa langka dan mengingatkan dengan halus para pedagang satwa langka di forum jual beli hewan di kaskus.

Mungkin bila anda mempunyai saran, atau dapat meluangkan waktu anda, berminatkah anda membantu memperjuangkan hal ini?
Terimakasih atas perhatiannya emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By Thomas256
saya turut mendukung...

apa bisa diambil tindakan drastis thd mereka yang memperdagangkan ?


Tindakan drastis yang bagaimanakah yang agan maksudkan?
Bila maksud agan pedagang-pedagang itu lalu di"banned" itu tidak akan menimbulkan efek jera, mereka tinggal membuat nick baru dan meneruskan usahanya.

Saya pernah mendapat pesan dari seorang pedagang hewan dikaskus, yang menyatakan berhenti menjual satwa langka - setelah mengerti permasalahan dan kekhawatiran bahwa suatu saat mereka akan punah apabila terus terjadi perdagangan seperti sekarang. Inilah yang saya harapkan. Bahwa dengan pengertian, informasi dan akal sehat - perlahan lahan masyarakat mengerti arti pentingnya meniadakan perdagangan satwa langka dan ikut membantu melestarikan mereka.

Karena itu untuk saat ini, saya membutuhkan lebih banyak pencinta binatang untuk berjuang lebih keras mengedukasi masyarakat - dan tolong, dengan halus mengajak para pedagang satwa langka untuk memperhatikan masalah ini. Jangan sampai tergiur dengan uang yang tak seberapa, lantas mengorbankan kelangsungan hidup spesies khas Indonesia..
0 0
0
Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka
14-05-2011 22:16
Quote:Original Posted By degrowsnake
Scr pribadi sy sgt mendukung pelestarian hewan langka.
Tapi yang harus diberantas adalah :
1. Perdagangan satwa langka indonesia keluar negeri.
2. Orang-orang yg membunuh satwa untuk diambil daging & kulitnya.

Hal tsb diatas bener-bener sangat berbahaya.

Kita tdk bs hanya melalui treat disini saja, tp harus dilakukan tindakan nyata.

Satu hal lagi, APAKAH PEMERINTAH SDH MELAKUKAN BUDIDAYA TERHADAP HEWAN-HEWAN LANGKA TSB ?
BELUM SEPENUHNYA, SEMENTARA NEGARA SDH MENYEDIAKAN ANGGARAN UNTUK BUDIDAYA HEWAN & TANAMAN LANGKA.


Jadi dalam hal, kita tdk hanya bicara untuk melestarikan hewan-hewan langka sj, tetapi kita juga harus berusaha untuk membudidayakan hewan-hewan tersebut.

Menurut saya sepanjang hewan-hewan langka tersebut dipelihara kemudian diternakan (Breeding) adalah suatu tindakan nyata dalam pelestariannya.
Hasil dari ternakan tersebut : 50% dikembalikan lagi ke alam, sedangkan 50% silahkan dijual supaya orang yg membelinya dapat juga membudidayakannya.

Kalau budidaya hewan langka tersebut dilakukan secara alamiah di alam, saya rasa sdh sangat2 sulit sekali, krn hutan tempat mereka hidup sdh pada gundul.

JADI MARILAH KITA CEGAH & BERANTAS :
- ORANG - ORANG YG MENJUAL SATWA KELUAR NEGERI
- ORANG YG MEMBUNUH SATWA LANGKA UNTUK DIAMBIL KULIT & DAGINGNYA



Bicara mengenai breeding, tentunya tidak cukup berbekal niat saja..
Terlepas dari apa yang dikatakan penjual satwa, pemeliharan layak untuk satwa liar sangat membutuhkan keahlian, fasilitas yang khusus/spesial, dan dedikasi dalam jangka waktu panjang untuk satwa tersebut. Nutrisi dan kebutuhan sosial mereka harus dipenuhi. Dan dalam banyak kasus, kebutuhan-kebutuhan tersebut tidak diketahui oleh orang umum. Kebanyakan satwa-satwa liar ini tumbuh menjadi lebih besar, lebih kuat, dan lebih berbahaya dari yang diharapkan / dapat ditangani pemiliknya. Satwa liar juga bisa ambil bagian dalam membahayakan kesehatan dan keamanan manusia lewat penyebaran penyakit dan parasit.

Semisalnya pun berhasil, belum tentu hasil dari ternakan tersebut : 50% dikembalikan lagi ke alam.
Sedangkan 50% yang dijual apakah pasti hidup ditangan pemelihara berikut?
Fenomena pedagangan satwa langka ini akhirnya jadi lingkaran setan.
Karena ada yang membeli, maka akan ada pemasok - pemasok yang membeli dari pemburu liar, dan pemburu liar utamanya akan mengincar anakan karena lebih mahal dijualnya.
Untuk mendapatkan anakan, seringkali mereka harus membunuh induknya.
Sungguh, untuk memutuskan rantai setan ini satu-satunya cara yaitu memutus pembelian.
If the buying stop, the killing will stop too.

Masalah budidaya hewan, sudah ada penangkaran-penangkaran yang secara spesifik menangani spesies tertentu.
Tentunya satwa liar yang terlanjur dibeli - atau pedagang yang terketuk hati nuraninya, tidak dapat langsung mengembalikan mereka ke alam.
Namun ada media konservasi alam yang khusus menangani hal ini.

Salah satunya: IAR atau IAR (International Animal Rescue) Indonesia.
IAR Indonesia merupakan LSM yang bergerak di bidang penyelamatan satwa, baik satwa domestik maupun satwa liar. Kegiatan utama IAR meliputi 3R yaitu rescue (penyelamatan), rehabilitation (rehabilitasi), dan release (pelepasliaran). Saat ini IAR Indonesia memfokuskan kegiatannya pada satwa primata, yaitu kukang, monyet ekor panjang dan beruk di Ciapus, serta orangutan di Ketapang. Di pusat rehabilitasi kukang, ada 7 perawat yang bekerja dalam 3 shift. Mereka bekerja 24 jam, merawat kukang yang ada di sana. Aktivitas di sini baru hidup di malam hari, menyesuaikan diri dengan jam hidup kukang yang baru mulai pukul 6 sore.

Untuk agan yang mungkin membutuhkan bantuan mereka silahkan hubungi:
International Animal Rescue Indonesia (Telpon : 0251 - 389 232) (CP:
indri@internationalanimalrescue.org / sukma@internationalanimalrescue.org)
0 0
0
Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka
14-05-2011 22:17
Quote:Original Posted By mawasorangutan
gan ente bisa menghubungi kantor KSDA setempat ato menghubungi PPS Cikananga di Sukabumi yang bekerja meliarkan satwa-satwa liar bekas peliharaan untuk dilepas dialam lagi

Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC)
Kampung Cikananga Rt.01/04
Desa Cisitu Kec. Nyalindung - Sukabumi,
PO Box. 113
Sukabumi 43169
Phone : +62-815-4635056
Fax : +62-266-480346
Website : http://www.cikananga.org
Email : info@cikananga.org


Terimakasih atas informasi dan bantuannya gan emoticon-Smilie
Mohon bantuannya untuk seterusnya.. Cheers!
0 0
0
Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka
15-05-2011 02:02
saya ikut mendukung!!!!!!!emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka
15-05-2011 02:16
ane ikut dukung gan...miris ane liat di FJB masih aja ada seller fauna yang nakal...ane pernah ingetin mereka, eh malah dikatain pahlawan kesiangan dan ngerusak lahan makan orang, alasan mereka "agan mau kasih makan istri dan anak-anak ane". gimana tuh gan?
0 0
0
Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka
15-05-2011 04:20
ane bukan pecinta alam gan cuma penikmat...ane sering banget ngeliat hewan dilindungi di jual di FJB nih contohnya...dah diingetin malah ngeledek...

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=7873096
0 0
0
Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka
15-05-2011 17:20
saya juga mau ikut daftar nih gan

smoga masyarakat smakin peka melindungi satwa2 langka emoticon-Kiss
0 0
0
Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka
15-05-2011 23:45
salam lestari emoticon-Smilie
ikut gabung ya
Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka
0 0
0
Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka
16-05-2011 22:12
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
0 0
0
Daftar kaskuser anti perdagangan satwa langka
17-05-2011 03:35
manteb nih satwa langka harus di lindungi gan biar ga punah gitu aja

sukses selalu buat tread forumnya
emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss
0 0
0
Halaman 14 dari 31
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia