Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
4533
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007602722/flashback-dulu-gantrem-alat-transportasi-jakarta-di-masa-lalu-cekibrot
akhirnya setelah lama menanti jadi HT pertama ane... makasih mimin momod dan kaskuer lainya... :iloveindonesia cintailah indonesia:iloveindonesia Sebelumnya TS berharap pada kaskuser yang baik dan bijaksana untuk selalu memberikan komen yang membangun dan sekedar memberi rate sebelumnya trimakasih juragan2 ini yg sudah timpuk ane pake ijo2..penghijauan trit berwawasan...:toast :toast Bukti tidak A
Lapor Hansip
24-03-2011 02:24

[NEW]Apa itu TREM...? ane yakin ente pada belom tau..cekibrott...!!!

Quote:
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!

akhirnya setelah lama menanti jadi HT pertama ane... makasih mimin momod dan kaskuer lainya...

emoticon-I Love Indonesia
cintailah indonesia
emoticon-I Love Indonesia
HT


Sebelumnya TS berharap pada kaskuser yang baik dan bijaksana untuk selalu memberikan komen yang membangun dan sekedar memberi rate

Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!


sebelumnya trimakasih juragan2 ini yg sudah timpuk ane pake ijo2..penghijauan trit berwawasan...emoticon-Toastemoticon-Toast



Bukti tidak

gambar


Ane mo ngajak kaskuser buat flashback bentar tentang indonesia tempoe doloe...khususnya alat transportasi apa yang ada jaman dulu gan...perkenalkan namanya adalah


Quote:
TREM (LRT - Light Rail Transit)


TREM DI PARIS,PRANCIS


TREM DI HANNOVER,JERMAN


DI INDONESIA


Quote:
Trem merupakan kereta yang memiliki rel khusus di dalam kota, dengan Trem yang berselang waktu 5-10 menit berangkat, merupakan solusi untuk kemacetan. Rangkaian trem umumnya satu set (terdiri atas dua kereta) agar tidak terlalu panjang. Disebut Light Rail karena memakai kereta ringan sekitar 20 ton seperti bus, tidak seberat kereta api yang 40 ton. Letak rel berbaur dengan lalu-lintas kota, atau terpisah seperti bus-way, bahkan bisa pula layang (elevated) atau sub-way, hanya untuk sebagian lintasan saja.


Quote:
Alat transportasi bernama trem mulai diperkenalkan di Batavia pada 1869. Trem pada masa itu ditarik oleh kuda. Meski “mesin penggeraknya” kuda, tapi jarak tempuhnya lumayan panjang, dari Kwitang ke Pasar Ikan. Lambat laun posisi trem kuda digantikan dengan trem bermesin uap pada 1881. Ketel uap yang ditempatkan dalam kaleng besar menjalankan lokomotif trem.


Quote:
Karena menggunakan uap maka jarak tempuh trem ini lebih jauh, dari Pasar Ikan ke Gajah Mada hingga Harmoni, berlanjut ke Kramat melalui Pasar Baru dan lapangan Banteng, kemudian ke Meester Cornelis (Jatinegara) melewati Salemba dan Matraman.

Quote:
Sekitar 20 tahun kemudian atau tahun 1901 trem listrik mulai diperkenalkan. Meski demikian, trem upa tetap beroperasi. Trem uap akhirnya berhenti beroperasi pada 1933 karena semua trem sudah menggunakan listrik.


Quote:
Trem listrik berakhir pada tahun 1960 di masa Wali Kota Sudiro.Ketika trem hendak digusur, Sudiro memohon pada Presiden Soekarno agar jaringan trem dari Jatinegara – Senen tetap dipertahankan. Tapi Bung Karno, Presiden RI pertama, menolak dan menganggap trem tidak cocok untuk kota semacam Jakarta. Dia lebih setuju dibangun metro atau kereta api bawah tanah.


trem


trem


trem


trem


trem


Trem di Jakarta dan Surabaya di masa Hindia Belanda
-------------------------------------------------------------------
Dimulai di Batavia sejak 1899, merupakan kendaraan yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Sebelum trem listrik di Batavia, muncul trem kuda (1869) disusul dengan trem uap (1881), tanggal 10 April 1899 trem listrik mulai beroperasi.
Trem di Kramat-Salemba (jalur Jatinegara-Ancol) di Batavia (1900-1940)

Di Batavia (Jakarta), trem pernah beroperasi dengan jalur:

* Jatinegara - Matraman - Pasar Senen - Ancol (letak Depo),
* Pasar Senen - Lapangan Banteng - Pasar Baru - Harmoni - Kota - Pasar Ikan,
* Kemayoran - Pasar Baru - Harmoni - Tanah Abang.

Trem di alun-alun Surabaya (1929-1932)

Sedangkan di Surabaya dengan jalur:

* Kebon Binatang - Darmo - Tunjungan - Tanjung Perak,
* Kebon Binatang - Pasar Turi - Jembatan Merah,
* Kebon Binatang - Gubeng - Stasiun Kota.



Trem di alun-alun Surabaya (1929-1932)

Trem di Kramat-Salemba (jalur Jatinegara-Ancol) di Batavia (1900-1940)


TAMBAHAN DARI KASKUSER


tambahan


UPDATE PICT TREM DI BAWAH
#4



SUMBER




ane dah buat trit ini sumpah capek bgt gan (sedikit curhat emoticon-Hammer (S)) ane ga minta yg namanya material / bahan bangunan yg atos2 kek


bahan bangunan


ane berharap dermawan dari agan2 yg udah iso sekiranya menghijaukan indonesia ini dengan



ijo ijo


emoticon-Shakehand2
trimakasih udah mau baca trit ane
mampir juga ke trit ane yg lain..., wawasan inside

emoticon-Toast


Quote:
[url='http://www.kaskus.co.id/search.php?do=finduser&u=1451615&starteronly=1'][CENTER][FONT="Century Gothic"][SIZE="5"][COLOR="Blue"][B]BB++[/B][/URL][/COLOR][/SIZE][/FONT]



Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!


Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!




Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
profile-picture
4iinch memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 55 dari 228
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
01-04-2011 14:37
wah gan ambil gambar jadul indo dimana ???

keren amat, jd ingat kampung halaman
0 0
0
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
01-04-2011 14:38
enakkkan dulu ya jakarta ga macet.....

bersih pula ga da sampah berserakan
emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
01-04-2011 14:38
keren gan emoticon-Recommended Seller
0 0
0
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
01-04-2011 14:39
jadoel emoticon-Ngakak gan
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
0 0
0
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
01-04-2011 14:40
Sayang banget, trem udah nggak ada, metro atau subway juga nggak dibikin.
Ane pernah baca, gan, dulunya zaman Belanda sampai Gubernur Ali Sadikin, Batavia/Jakarta itu punya konsep tata ruang, termasuk drainase dan transportasi yang bagus. Sayang karena banyak yang mikirin kepentingan pribadi, Jakarta jadi acak-acakan kayak sekarang.
Busway?? Oh, it's a huge blunder.
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
0 0
0
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
01-04-2011 14:41
Quote:Original Posted By chesterzen27
maksih ya sista sitong...dah sundul2 trit ini untuk jadi HT... emuuuahhh emoticon-Hammer2 emoticon-Genit


kan kan kan... emoticon-Marah
mulae deh,,,
aq marah ah ma chester
0 0
0
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
01-04-2011 14:41
sekarang udah gak ada kan ya gan? emoticon-Bingung
0 0
0
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
01-04-2011 14:41
keren tu gan kalo di indo dibuat lagi...
0 0
0
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
01-04-2011 14:41
sampe sekarang belom pernah nyobain naek trem ane gan emoticon-Embarrassment emoticon-Hammer
0 0
0
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
01-04-2011 14:41
yang d perancis keren bgt gan, kpn indo kaya gtu
0 0
0
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
01-04-2011 14:41
"waktu ada trem di indonesia jaman itulah yang dinamakan jaman kuda gigit besi karena ga kuat dorong tremnya"
0 0
0
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
01-04-2011 14:42
kalo trem itu tetep ada dan tata kota kita rapi, kayanya jakarta ga kaya gini semrawutnya deh.. suruh si fauzi bowo maen simcity deh..
0 0
0
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
01-04-2011 14:42

mantap gan

Nice info gan ..emoticon-I Love Kaskus
0 0
0
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
01-04-2011 14:42
Waaw...baru tau jg nih gan ane..emoticon-Matabelo
0 0
0
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
01-04-2011 14:44
emoticon-I Love Indonesia ditunggu nih term nya emoticon-Ngakak
0 0
0
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
01-04-2011 14:44
Quote:Original Posted By elzingor
wah gan ambil gambar jadul indo dimana ???

keren amat, jd ingat kampung halaman


emang kampung halaman ente dimana ?
0 0
0
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
01-04-2011 14:46
Kyk di luar negeri aj ad trem. Tulisnya tram ap trem sih?
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
0 0
0
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
01-04-2011 14:47
sekarang busway aja masih kurang
memuaskan
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
0 0
0
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
01-04-2011 14:47
ane baru tau di indo dulu ada tau trem.

selamat yah jadi HT.
0 0
0
Flashback dulu gan...Trem, Alat Transportasi Jakarta di Masa Lalu, cekibrot..!!
01-04-2011 14:48
jaman kakek ane muda nih..
masi blm rame bgt ya..
0 0
0
Halaman 55 dari 228
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia