awajAvatar border
TS
awaj
Need info soal KPR Syariah
.









Quote:



cerita sebelumnya...

Ceritanya gini, gw lagi ngajuin KPR nih, gw tanya ke beberapa bank (termasuk syariah).
Ternyata eh ternyata, fix margin (CS-nya bilang flat) yg ditentukan bank syariah itu dalam implementasi perhitungannya tetap mengacu pada anuitas konvensional.

Kalo kata orang bahwa bank syariah menjual dengan harga yg lebih tinggi lagi (sistem jual beli dengan kita), kenapa masih ada kolom perhitungan margin di tabel ilustrasi cicilan yg gw terima??? (this is a big question buat gw). Logikanya, okelah gw KPR rumah seharga 200jt, tinggal si Bank jual ke kita misalnya 400jt, kan tinggal di cicilannya 400jt dibagi jumlah bulannya to??

Tapi nyatanya gw tetap aja disodori tabel anuitas konvensional, padahal jelas2 itu bank syariah. Selain itu, CS-nya bilang kalo margin flat, padahal jelas2 di ilustrasinya antara pokok hutang & margin (bunga) keduanya piramida berlawanan (piramida terbalik) dan tetap aja di awal kita nyicil margin (bunga) dulu. Padahal, beberapa literatur yg gw baca, flat margin itu artinya porsi pokok hutang & margin (bunga) akan selalu tetap selama periode cicilan.
Memang sih, dalam cicilannya tetap, tapi agan2 yg ambil syariah pernah perhatikan sampe ke dalam komponen cicilannya gak??

Selama masih ada komponen pokok hutang & margin yg piramida berlawanan buat gw sih itu cuman syariah yg dipaksakan & setengah2. Tetap aja kalo taun ke-X agan mau ngelunasin cicilan ternyata masih gede pokok hutangnya karena di awal porsi terbesar kita bayar marginnya.

Lalu apa bedanya dengan konvensional? Sampe saat ini untuk masalah "sistem", konsep syariah dalam perhitungannya gak terlalu beda dengan konvensional. Rate kecil dalam sistem flat margin di syariah, kalo di-konvensional-kan akan ketemu di angka yg besar. Misalnya, gw ditawarin margin 9,32% flat (tapi gw yakin ini bukan flat tapi fixed), maka itu setara dengan 14% konvensional.

Oke, kalo kemudian dibilang syariah kan akadnya jelas di depan bahwa bank ambil untung (ato apalah namanya itu) sebesar X%, lalu apa bedanya dengan bank konvensional yg memberi tahu nasabahnya bahwa "Pak, untuk 6 bulan ke depan bunga yg berlaku Y% ya". Sama aja bukan? Sama2 dikasih tau dulu. Memang tidak ada perjanjian di akad kredit, tapi pemilihan KPR konvensional kan artinya nasabah tau bahwa bunganya fluktuatif (floating).

Soal fluktuasi bunga, hehehe.....ada bank syariah yang juga ada peninjauan margin (bunga) juga lho, meski waktunya lebih lama daripada konvensional.

Jujur.....gw nulis gini justru karena gw curious, istilah "syariah" yg sebenernya tu apa sih?? Kalo dengan sistem syariah yg di prakteknya juga kembali berkiblat ke konvensional (selain bunga/margin yg floating), apakah juga memberikan "Kedamaian" bagi si nasabah?? Kalo gw sih nggak..... emoticon-Peace

Maka dari itu, perubahan dari kata bunga menjadi margin apakah serta merta menjadikan itu sebuah produk yg halal apabila ternyata di dalamnya masih ada unsur yg ternyata tidak halal (gw gak bilang haram lho ya). Hmm....menurut gw masalah bunga/margin itu hanya di tataran istilah saja.

Again, no offense buat siapapun. Terus terang dengan tulisan ini bukan berarti yg anti KPR baik syariah maupun konvensional. Ini cuman berangkat dari celetukan kecil di hati saya aja. Apa iya ini yg namanya syariah? Mohon pencerahannya.....asli gw penasaran banget emoticon-Big Grin

Gw muslim dan masih mencari KPR yg cocok Gan emoticon-Shakehand2

Pengin beliin rumah buat keluarga kecil gw.... emoticon-Belo


Gak ngarep emoticon-Blue Guy Cendol (L)ato emoticon-Blue Guy Bata (L)..... Gw cuman butuh pencerahan aja emoticon-Big Grin

Salam,
0
12.9K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.