Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
3788
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007352801/96589658melihat-proses-penyu-bertelur-yuk-gan-96689668
Save the sea turtles, support Penyu Untuk Indonesia! Penyu telah mendiami bumi kita ini lebih dari 250 juta tahun. Mereka termasuk hewan purba. Penyu adalah hewan yang selalu bermigrasi bahkan mereka terkadang melintasi batas negara sehingga akan melibatkan banyak pihak mulai dari individu, kelompok masyarakat, instansi pemerintah hingga negara akan terlibat di dalamnya. Seluruh jenis penyu tercan
Lapor Hansip
08-03-2011 07:23

►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄

No repost

►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
Quote:
Save the sea turtles, support Penyu Untuk Indonesia!


Quote:
Quote:
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄


Penyu telah mendiami bumi kita ini lebih dari 250 juta tahun. Mereka termasuk hewan purba. Penyu adalah hewan yang selalu bermigrasi bahkan mereka terkadang melintasi batas negara sehingga akan melibatkan banyak pihak mulai dari individu, kelompok masyarakat, instansi pemerintah hingga negara akan terlibat di dalamnya. Seluruh jenis penyu tercantum dalam Appendix I CITES sehingga tidak dapat diperdagangkan. Indonesia termasuk penanda tangan konvensi ini dan di dalam negeri sejak 1999 seluruh jenis penyu dilindungi undang-undang.

Walaupun termasuk reptilia laut namun penyu bernafas dengan paru-paru, mereka hidup di laut lepas dan naik ke permukaan air untuk bernafas dan mencari makan, selain itu penyu betina yang sedang mengandung akan mendekati perairan dangkal. Penyu sepanjang hidupnya akan tetap tinggal di laut, dan bagi penyu betina hanya naik ke daratan untuk bertelur.


Quote:

Penyu satu ordo (Testudinata) dengan kura-kura dan bulus (labi-labi). Di dunia, saat ini hanya terdapat 7 jenis (spisies) dari 2 famili penyu, yaitu:
  • Penyu Hijau atau dikenal dengan nama green turtle (Chelonia mydas)
  • Penyu Sisik atau dikenal dengan nama Hawksbill turtle (Eretmochelys imbricata)
  • Penyu Lekang atau dikenal dengan nama Olive ridley turtle (Lepidochelys olivacea)
  • Penyu Belimbing atau dikenal dengan nama Leatherback turtle (Dermochelys olivacea),
  • Penyu Pipih atau dikenal dengan nama Flatback turtle (Natator depressus)
  • Penyu Tempayan atau dikenal dengan nama Loggerhead turtle (Caretta caretta)
  • Penyu Kemp’s ridley (Lepidochelys kempi)

    Dari ketujuh jenis penyu tersebut, hanya penyu Kemp’s Ridley yang tidak ditemukan di perairan Indonesia. Dari semua jenis ini,Penyu belimbing adalah Penyu yang terbesar dengan ukuran panjang badan mencapai 2,75 meter dan bobot 600 - 900 kilogram. Penyu lekang adalah yang terkecil, dengan bobot sekitar 50 kilogram. Namun demikin, jenis yang paling sering ditemukan adalah penyu hijau.

Quote:
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄

Code:
[COLOR="DarkGreen"]Kingdom :  Animalia
Phylum : Chordata
Class : Sauropsida
Order : Testudines
Suborder : Cryptodira
Superfamily : Chelonioidea (Bauer, 1893)
Family : Dermochelyidae
Spesies : Dermochelys coriacea[/COLOR]

Penyu pada umumnya bertelur di pantai pada petang hari atau dalam keadaan gelap. Proses peneluran penyu berlangsung pada pukul 18:00-06:00 hari berikutnya . Lama proses peneluran berkisar antara 1- 3 jam. Ada kalanya penyu menuju ke pantai tidak untuk bertelur akan tetapi hanya mensurvei tempat sebelum induk penyu meletakkan telurnya, kondisi ini disebut non-nesting emergence (memeti).

Quote:
Siklus Hidup Penyu

Quote:
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄

Quote:

Penjelasan:
Pada tahapan ke 1 sampai 4, penyu rentan terhadap gangguan. Apabila penyu merasa ada gangguan dan ancaman yang dapat membahayakn telur-telurnya, dia akan segera kembali ke laut. Tahapan 5, penyu akan menggunakan keempat ekstremitasnya menggali pasir untuk menanam tubuhnya.
Tahapan 6, lubang vertikal sedalam sekitar 60 cm dan selebar sejengkal orang dewasa akan digali oleh penyu dengan ekstremitas belakang. Pada tahap ini penyu masih mudah terganggu oleh pergerakan dan sinar.
Tahapan 7, sejumlah 80 hingga 150 butir telur akan dikeluarkan melalui kloaka.
Tahapan 8 dan 9, menunjukkan periode saat sensitifitas penyu relatif rendah; sinar, pergerakan dan sinar terang bisa ditolerir. Pada tahapan ini, akan ditandai penutupan lubang telur yang dilakukan dengan ekstremitas belakang dan lubang tubuh yang dilakukan dengan keempat ekstremitas.
Tahapan 10 dan 11, saat penyu bergerak ke arah laut, sinar akan cenderung membuatnya dis-orientasi. Sepanjang pada waktu dan arah yang sama tidak ada penyu yang naik ke pantai, kita masih bisa mengikuti gerakan penyu hingga batas air dengan berendap-endap.


Quote:
Proses Penyu Bertelur

►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄

Quote:

Penyu belimbing

Penyu belimbing

Penyu belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 35 dari 191
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 09:43
thanks udah ngundang emoticon-Wink
waw yang panjang 2,75 ame berat 600-900kg, itu gede nya semana ya gan?? emoticon-Belo
ane bantu rate emoticon-Big Grin
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 09:43
stau gw dari sekian banyak telur, yg bisa bertahan hidup nantinya cuma sebagian kecil aja ya gan ??
nice thread emoticon-thumbsup:
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 09:44
mantab gan....Maha Karya Sang Pencipta
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 09:44
keren gan.. emoticon-Matabelo .. kok didiemin yaa yg dimakan sm burung.. sediiiiiiiih
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 09:45
wah....baru tau ane penyu betelornya begitu gan....keknya calon hate nih.

bantu rate lima aja ya gan emoticon-thumbsup
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 09:45
Quote:Original Posted By src034
dah gan
ane dah bantu rate *****
ane kirim adukan semen setangah mateng ye gan
hehehehe

tritnya bagus gan
bermutu dan saangat bermanfaat

mudah2an HT gan

mksh bnyk ya gan emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By kripik.tempe
hebatnya penyu ya, sekali betelor ratusan butir emoticon-Belo


iya gan emoticon-Smilie
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 09:45
mantabs neh thread, ane bantu Rate 5 deh, seandainya ane ISO udah ane siramin emoticon-Malu
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 09:46
Trit yg sangat informatif dan menambah wawasan, gan...
Maap, ane blon bisa nyiram emoticon-Blue Guy Cendol (L) ane bantu emoticon-Rate 5 Star ajah dulu ya...
Keep posting, gan....
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 09:46
Quote:Original Posted By sir.
emoticon-Marah
ia kalo melihara sendiri, dapet telur sendiri........

ia gan jgn gan emoticon-Frown
Quote:Original Posted By MaapLUR
yu ah gan kita lestarikan , Penyu untuk INDONESIA emoticon-I Love Indonesia (S)


sipppppp emoticon-Smilie emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 09:48
wow penyu belimbing

semoga aja gk makin punah ini penyu
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 09:48
Quote:Original Posted By subarkahn
mangstabb gan.... emoticon-thumbsup

penyu dah ampir punah tuh, perlu disundul untuk kaskuser lain emoticon-Sundul

iya gan mksh ya emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By B9910ZL
wahh thread nte bagus gan.. ane emoticon-Rate 5 Star belom iso.. emoticon-Malu


gpp mksh juga gan emoticon-Smilie
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 09:49
600-900 kg udah termasuk cangkang gan????
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 09:49
wah lucu juga liat penyu bertelur, bis netas langsung pada minggat ke laut emoticon-Embarrassment
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 09:49
Quote:Original Posted By pitik92
yg bisa ditiru dr penyu menurut ane:

-menaklukan perjalanan dr sarang menuju laut yg berbahaya(kerja keras)

-kalo udah dewasa n siap bertelur, si penyu bertelur di mana dia dulu ditelurkan (gk lupa daerah asal)
emoticon-2 Jempol

bener gan emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By revadhana
kasian liat tukik yg dimakan burung tuh,, tp itulah hukum alam..


iya gan emoticon-Berduka (S)
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 09:50
threadnya bagus gan, ane jadi nambah wawasan tentang penyu.

mari lestarikan gan. emoticon-Big Grin

emoticon-I Love Indonesia

ane bantu emoticon-Rate 5 Star gan.
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 09:52
Quote:Original Posted By mbah_sankill
Wow keren gan! Ane gk heran kenapa penyu terancam punah, apalagi penyu kebanyakan di Indonesia... Banyak bgt orang gk bertanggung jawab yg suka nyolongin telor penyu. Percuma banyak LSM yg peduli penyu klo perusaknya nggak ditumpas...

iya gan mknya smoga bnyk yg sadar
Quote:Original Posted By etro
mudah2an gak punah gan... emoticon-Angkat Beer


amin gan
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 09:53
boleh juga nih buat referensi TA film dokumenter ane..
good job gan..
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 09:54
Quote:Original Posted By Tremors.addict
emoticon-Belomatabelo


hehehe komennya gan emoticon-Smilie
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 09:55
Quote:Original Posted By RealBl4ck
penyu belimbing kan yang dah jarang banget ya.. katanya hampir punah. emoticon-Frown
semoga kelestariannya tetep kejaga, kasian kan kalo sampe punah.\t \t
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄

iya gan kasian,,,mknya perlu dilestarikan gan
Quote:Original Posted By zer0Grafity
mantap gan.. emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol


trims emoticon-Smilie
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 09:56
penyu harus dilestarikan gan, biar populasinya tidak terancam kepunahan.. emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Halaman 35 dari 191
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia