Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
3788
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007352801/96589658melihat-proses-penyu-bertelur-yuk-gan-96689668
Save the sea turtles, support Penyu Untuk Indonesia! Penyu telah mendiami bumi kita ini lebih dari 250 juta tahun. Mereka termasuk hewan purba. Penyu adalah hewan yang selalu bermigrasi bahkan mereka terkadang melintasi batas negara sehingga akan melibatkan banyak pihak mulai dari individu, kelompok masyarakat, instansi pemerintah hingga negara akan terlibat di dalamnya. Seluruh jenis penyu tercan
Lapor Hansip
08-03-2011 07:23

►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄

No repost

►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
Quote:
Save the sea turtles, support Penyu Untuk Indonesia!


Quote:
Quote:
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄


Penyu telah mendiami bumi kita ini lebih dari 250 juta tahun. Mereka termasuk hewan purba. Penyu adalah hewan yang selalu bermigrasi bahkan mereka terkadang melintasi batas negara sehingga akan melibatkan banyak pihak mulai dari individu, kelompok masyarakat, instansi pemerintah hingga negara akan terlibat di dalamnya. Seluruh jenis penyu tercantum dalam Appendix I CITES sehingga tidak dapat diperdagangkan. Indonesia termasuk penanda tangan konvensi ini dan di dalam negeri sejak 1999 seluruh jenis penyu dilindungi undang-undang.

Walaupun termasuk reptilia laut namun penyu bernafas dengan paru-paru, mereka hidup di laut lepas dan naik ke permukaan air untuk bernafas dan mencari makan, selain itu penyu betina yang sedang mengandung akan mendekati perairan dangkal. Penyu sepanjang hidupnya akan tetap tinggal di laut, dan bagi penyu betina hanya naik ke daratan untuk bertelur.


Quote:

Penyu satu ordo (Testudinata) dengan kura-kura dan bulus (labi-labi). Di dunia, saat ini hanya terdapat 7 jenis (spisies) dari 2 famili penyu, yaitu:
  • Penyu Hijau atau dikenal dengan nama green turtle (Chelonia mydas)
  • Penyu Sisik atau dikenal dengan nama Hawksbill turtle (Eretmochelys imbricata)
  • Penyu Lekang atau dikenal dengan nama Olive ridley turtle (Lepidochelys olivacea)
  • Penyu Belimbing atau dikenal dengan nama Leatherback turtle (Dermochelys olivacea),
  • Penyu Pipih atau dikenal dengan nama Flatback turtle (Natator depressus)
  • Penyu Tempayan atau dikenal dengan nama Loggerhead turtle (Caretta caretta)
  • Penyu Kemp’s ridley (Lepidochelys kempi)

    Dari ketujuh jenis penyu tersebut, hanya penyu Kemp’s Ridley yang tidak ditemukan di perairan Indonesia. Dari semua jenis ini,Penyu belimbing adalah Penyu yang terbesar dengan ukuran panjang badan mencapai 2,75 meter dan bobot 600 - 900 kilogram. Penyu lekang adalah yang terkecil, dengan bobot sekitar 50 kilogram. Namun demikin, jenis yang paling sering ditemukan adalah penyu hijau.

Quote:
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄

Code:
[COLOR="DarkGreen"]Kingdom :  Animalia
Phylum : Chordata
Class : Sauropsida
Order : Testudines
Suborder : Cryptodira
Superfamily : Chelonioidea (Bauer, 1893)
Family : Dermochelyidae
Spesies : Dermochelys coriacea[/COLOR]

Penyu pada umumnya bertelur di pantai pada petang hari atau dalam keadaan gelap. Proses peneluran penyu berlangsung pada pukul 18:00-06:00 hari berikutnya . Lama proses peneluran berkisar antara 1- 3 jam. Ada kalanya penyu menuju ke pantai tidak untuk bertelur akan tetapi hanya mensurvei tempat sebelum induk penyu meletakkan telurnya, kondisi ini disebut non-nesting emergence (memeti).

Quote:
Siklus Hidup Penyu

Quote:
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄

Quote:

Penjelasan:
Pada tahapan ke 1 sampai 4, penyu rentan terhadap gangguan. Apabila penyu merasa ada gangguan dan ancaman yang dapat membahayakn telur-telurnya, dia akan segera kembali ke laut. Tahapan 5, penyu akan menggunakan keempat ekstremitasnya menggali pasir untuk menanam tubuhnya.
Tahapan 6, lubang vertikal sedalam sekitar 60 cm dan selebar sejengkal orang dewasa akan digali oleh penyu dengan ekstremitas belakang. Pada tahap ini penyu masih mudah terganggu oleh pergerakan dan sinar.
Tahapan 7, sejumlah 80 hingga 150 butir telur akan dikeluarkan melalui kloaka.
Tahapan 8 dan 9, menunjukkan periode saat sensitifitas penyu relatif rendah; sinar, pergerakan dan sinar terang bisa ditolerir. Pada tahapan ini, akan ditandai penutupan lubang telur yang dilakukan dengan ekstremitas belakang dan lubang tubuh yang dilakukan dengan keempat ekstremitas.
Tahapan 10 dan 11, saat penyu bergerak ke arah laut, sinar akan cenderung membuatnya dis-orientasi. Sepanjang pada waktu dan arah yang sama tidak ada penyu yang naik ke pantai, kita masih bisa mengikuti gerakan penyu hingga batas air dengan berendap-endap.


Quote:
Proses Penyu Bertelur

►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄

Quote:

Penyu belimbing

Penyu belimbing

Penyu belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 16 dari 191
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
10-03-2011 21:17
Quote:Original Posted By EsTheGuz
itu penyu sama berat ane.,beratan penyunya kokan ya?
emoticon-Belo


iya gan emoticon-Smiliehahaha berat penyu nya
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
10-03-2011 21:17
emang ts benar2 niat untuk bikin trit bermutu!!!!
salut ma ente....

nice inpo...
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
10-03-2011 21:18
kasian nih nasibnya gan..semakin langka..seharusnya di lestarikan dan di ternak..jadi populasinya semakin banyak dan ga punah
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
10-03-2011 21:21
TOP gan tridnya emoticon-Angkat Beer

gw seneng liat penyu pas berenang di dasar laut emoticon-Big Grin
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
10-03-2011 21:22
Quote:Original Posted By chan_ahsan
trit yang bagus, ane baru tau tuh yang namanya penyu belimbing
sama proses bertelurnya juga ane baru tau
sip dah

smg nambah wawasan ya gan emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By pcrobot
penyu kinclong gitu gan emoticon-Thinking


kok kinclong?
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
10-03-2011 21:23
nais inpoh loh gan emoticon-thumbsup

ane jadi tau gimana prosesnya emoticon-I Love Kaskus
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
10-03-2011 21:25
Penyu emoticon-Belo
Harus dijaga, karna penyu merupakan hewan yang mampu bertahan dari zaman dahulu hingga sekarang emoticon-Smilie
*Mengingat masih banyaknya orang yang memburu telur penyu emoticon-Nohope*
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
10-03-2011 21:25
Quote:Original Posted By GunnersaurusRex
mantap lang emoticon-Big Grin semoga menang emoticon-Big Grin

oke dh emoticon-Smilie mksh ya
Quote:Original Posted By yugaf
telur penyu banyak sekali dalam sekali bertelur emoticon-Belo

iya gan emoticon-Smilie
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
10-03-2011 21:26
oh gitu ya gan cara bertelurnya? nice share! emoticon-Big Grin
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
10-03-2011 21:27
wah penyu belimbing yah, sering dibahas di acara TV tuh emoticon-Matabelo
sayang sekarang udah langka yah emoticon-Turut Berduka
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
10-03-2011 21:28
Quote:Original Posted By mym.knight
banyak banget gan emoticon-Matabelo harus tetep di lestarikan biar anak cucu masih bisa ngeliat nih


iya gan wajib dong emoticon-I Love Indonesia emoticon-Smilie
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
10-03-2011 21:29
spoiler nya kagak bisa dibuka gan!!!
tapi infonya bisa ane sedot !
thanks gan!!!! nice info!
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
10-03-2011 21:31
sunguh indah alam ini . .
semoga penyu2 tidak punah gan
keren gan bantu emoticon-Rate 5 Star gan
moga HT yah emoticon-Stick Out Tongue




Quote:
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
10-03-2011 21:31
lestarikan hewan langka di Indonesia emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
10-03-2011 21:32
sesuai permintaan TS ane kasih dah ratenya emoticon-Rate 5 Star
liat trit ane donk emoticon-Malu (S)
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
10-03-2011 21:32
Quote:Original Posted By MozzahoLic
telur nya sampe ratusan emoticon-Matabelo

iya gan byk bgt kan? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By dieyas
wah ternyata ukurannya benar2 besar baget y,rasanya pengen liat secara langsung nih


sama ane juga emoticon-Smilie
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
10-03-2011 21:32
Kereeennnn abissss gaannn, mantafff, salutt ane, moga juara nehhh.

makin nambah nih wawasan ane gan.emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
10-03-2011 21:33

n_n

begitu besar perjuangan sang ibu penyu tuk menelur gan .
emoticon-Big Grin

kadang pas liat film penyu menelur keluar air mata ibu penyu nya .
ane juga kadang" sedih .
emoticon-Frown

tapi itulah perjuangan sang ibu gan, makanya jangan durhaka sama orang tua .
emoticon-Big Grin

minta cendol dong .
emoticon-Big Grin
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
10-03-2011 21:33
Nice share gan.... Keep posting yah...
Have a nice day..
Bagi cendolnya yah Hë?•?•hë?•?•?hë•?•?hë...
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
10-03-2011 21:33
skali bertelur banyak yah gileee >< hhh
0 0
0
Halaman 16 dari 191
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia