stykaAvatar border
TS
styka
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
Tujuan dibikin thread ini adalah untuk meluruskan mayoritas orang yang selalu beranggapan bahwa Professional Graphics Adapter memiliki kemampuan atau "RAW" power lebih hebat dari Gaming Cards.

Sebelum melanjutkan lebih panjang tentang pembahasan ini, ada baiknya kita mengenali dulu apa sih yang dimaksud dengan Professional Cards dan Gaming Cards. Professional cards lebih sering kita kenal dengan nama-nama Quadro (Milik NVIDIA), FireGL (Milik ATi / sekarang menjadi AMD) atau Matrox. Thread ini akan membahas lebih fokus kepada Quadro / FireGL, karena Matrox cenderung digunakan oleh video editor, dan lebih sering oleh movie makers terutama para Director of Photography (DOP) kepada "kacungnya".

Mitos yang beredar adalah, kebanyakan orang selalu menyarankan entah orang awam atau 3D "artists" bahwa saat membangun spesifikasi komputer, karena mereka bekerja dibidang "3D rendering" langsung menyarankan tanpa ba bi bu, pake QUADRO aja, lebih bagus dan sebagainya.


Mengapa ?
Quadro dianggap professional card, dan harganya yang sangat mahal, seakan mencerminkan kemampuan yang jauh diatas Gaming Cards.


Kenyataannya ?
Masyarakat kita yang sering dibilang 3D artist, masih berbeda jauh dengan mereka diluar yang menggunakan kata 3D artist. Jadi jangan disamakan. Quadro tidak banyak membantu dalam "final rendering". Hal ini akan dibahas lebih lanjut.


Maka muncul pertanyaan, kalo gitu apa bedanya dong Professional card dengan Gaming card ?

Yang paling penting untuk diketahui adalah bahwa, "term" professional itu sendiri, "term" itu menunjukkan arti suatu ekspektasi yang sangat tinggi, memiliki kualitas tinggi, reabilitas tinggi, support yang cepat, dan performa tinggi. Maka saat orang menggunakan sesuatu yang professional, diharapkan sistem tersebut mampu membawa mereka mendapatkan sukses yang besar. Disini bedanya, mereka yang akan menggunakan, bukan menganggap ini sebagai suatu "mainan", tapi "alat", untuk bekerja.


Keduanya memiliki fungsi yang sama persis, namun apa bedanya ? yang satu merupakan Pisau Bedah, yang satu lagi Pisau Dapur. Ini adalah analogi yang paling tepat menurut gw. Keduanya sama-sama digunakan untuk memotong, bisa digunakan oleh siapa aja untuk memotong, tapi target produknya berbeda. Yang satu digunakan untuk "all-around" dan yang satu khusus untuk yang membutuhkan presisi.




Di post ini, gw akan menjelaskan secara pendek dan mengambil kesimpulan, dan pembahasan lebih dalam akan gw tulis di post-post berikutnya, agar mereka yang males membaca dan ingin segera mengetahui perbedaannya dapat langsung memahami dari post pertama ini.



Why go for Professional / Gaming ?
Jawabannya ada di diri kalian sendiri, Professional cards tidak akan membantu anda dalam pekerjaan yang akan meminta anda untuk mengklik sesuatu yang dinamakan "render", hal ini dimaksudkan final render, seperti didalam 3Dmax. Tapi, professional card akan membantu anda dalam viewports, seperti yang kita ketahui, di viewport seringkali mengalami isu dalam memunculkan tekstur, atau wireframe yang tidak lurus atau jaggies, OpenGL dalam Professional Cards mampu memberikan kehalusan dan presisi disini (AA). High tekstur, high polygon, semuanya mampu membuat pekerjaan lebih mudah dan enteng.
Selebihnya saat render ? 100% pekerjaan CPU. Gak percaya ? silahkan buka task manager, lihat kinerja GPU anda, apakah bekerja ? No.

Jadi, mayoritas pengguna disini, yang sering gw baca di KSKN menggunakan kartu disain / grafis salah tempat, kenapa ? apakah kalian menggunakan high poly + tekstur pada rendering ? disini bukan dalam artian high tekstur ukuran 1600, tapi ribuan diatas 2560, high poly ? ya, high poly bukan dalam artian ukuran seperti V-ray renderer yang kalian suka ambil dari dvd-dvd yang dibeli, tapi ukuran poly beberapa rumah sekaligus. Hal ini akan gw jelasin di post berikutnya tentang perbedaannya.

Jadi kesimpulan di post ini adalah :


Jika kalian menggunakan 3D rendered programs yang digunakan untuk standard use, seperti mengincar waktu untuk client dsb.nya untuk merender rumah, interior dsb.nya, please, jangan gunakan Quadro / FireGL, karena Gaming Cards milik NVIDIA saja sudah mencukupi, sangat mencukupi dengan kapasitas 1GB Vram, dan jika mau bereksperimen, silahkan gunakan Gaming Card yang memiliki Cuda Core banyak (hal ini dijelaskan di berikutnya).


Uang tersebut PLEASE lebih baik digunakan untuk Prosesor, semakin tinggi core clock + jumlah corenya, semakin cepat rendering anda akan selesai, yang berarti semakin banyak proyek yang anda bisa ambil karena 1 pekerjaan dapat selesai lebih cepat emoticon-Smilie
warrysangru2
warrysangru2 memberi reputasi
3
65.3K
385
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Computer
Hardware Computer
icon
31KThread9.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.