Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
385
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005800040/qampa--professional-graphics-cards-vs-gaming-cards
Tujuan dibikin thread ini adalah untuk meluruskan mayoritas orang yang selalu beranggapan bahwa Professional Graphics Adapter memiliki kemampuan atau "RAW" power lebih hebat dari Gaming Cards. Sebelum melanjutkan lebih panjang tentang pembahasan ini, ada baiknya kita mengenali dulu apa sih yang dimaksud dengan Professional Cards dan Gaming Cards. Professional cards lebih sering kita kena
Lapor Hansip
03-11-2010 07:28

Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards

Tujuan dibikin thread ini adalah untuk meluruskan mayoritas orang yang selalu beranggapan bahwa Professional Graphics Adapter memiliki kemampuan atau "RAW" power lebih hebat dari Gaming Cards.

Sebelum melanjutkan lebih panjang tentang pembahasan ini, ada baiknya kita mengenali dulu apa sih yang dimaksud dengan Professional Cards dan Gaming Cards. Professional cards lebih sering kita kenal dengan nama-nama Quadro (Milik NVIDIA), FireGL (Milik ATi / sekarang menjadi AMD) atau Matrox. Thread ini akan membahas lebih fokus kepada Quadro / FireGL, karena Matrox cenderung digunakan oleh video editor, dan lebih sering oleh movie makers terutama para Director of Photography (DOP) kepada "kacungnya".

Mitos yang beredar adalah, kebanyakan orang selalu menyarankan entah orang awam atau 3D "artists" bahwa saat membangun spesifikasi komputer, karena mereka bekerja dibidang "3D rendering" langsung menyarankan tanpa ba bi bu, pake QUADRO aja, lebih bagus dan sebagainya.


Mengapa ?
Quadro dianggap professional card, dan harganya yang sangat mahal, seakan mencerminkan kemampuan yang jauh diatas Gaming Cards.


Kenyataannya ?
Masyarakat kita yang sering dibilang 3D artist, masih berbeda jauh dengan mereka diluar yang menggunakan kata 3D artist. Jadi jangan disamakan. Quadro tidak banyak membantu dalam "final rendering". Hal ini akan dibahas lebih lanjut.


Maka muncul pertanyaan, kalo gitu apa bedanya dong Professional card dengan Gaming card ?

Yang paling penting untuk diketahui adalah bahwa, "term" professional itu sendiri, "term" itu menunjukkan arti suatu ekspektasi yang sangat tinggi, memiliki kualitas tinggi, reabilitas tinggi, support yang cepat, dan performa tinggi. Maka saat orang menggunakan sesuatu yang professional, diharapkan sistem tersebut mampu membawa mereka mendapatkan sukses yang besar. Disini bedanya, mereka yang akan menggunakan, bukan menganggap ini sebagai suatu "mainan", tapi "alat", untuk bekerja.


Keduanya memiliki fungsi yang sama persis, namun apa bedanya ? yang satu merupakan Pisau Bedah, yang satu lagi Pisau Dapur. Ini adalah analogi yang paling tepat menurut gw. Keduanya sama-sama digunakan untuk memotong, bisa digunakan oleh siapa aja untuk memotong, tapi target produknya berbeda. Yang satu digunakan untuk "all-around" dan yang satu khusus untuk yang membutuhkan presisi.




Di post ini, gw akan menjelaskan secara pendek dan mengambil kesimpulan, dan pembahasan lebih dalam akan gw tulis di post-post berikutnya, agar mereka yang males membaca dan ingin segera mengetahui perbedaannya dapat langsung memahami dari post pertama ini.



Why go for Professional / Gaming ?
Jawabannya ada di diri kalian sendiri, Professional cards tidak akan membantu anda dalam pekerjaan yang akan meminta anda untuk mengklik sesuatu yang dinamakan "render", hal ini dimaksudkan final render, seperti didalam 3Dmax. Tapi, professional card akan membantu anda dalam viewports, seperti yang kita ketahui, di viewport seringkali mengalami isu dalam memunculkan tekstur, atau wireframe yang tidak lurus atau jaggies, OpenGL dalam Professional Cards mampu memberikan kehalusan dan presisi disini (AA). High tekstur, high polygon, semuanya mampu membuat pekerjaan lebih mudah dan enteng.
Selebihnya saat render ? 100% pekerjaan CPU. Gak percaya ? silahkan buka task manager, lihat kinerja GPU anda, apakah bekerja ? No.

Jadi, mayoritas pengguna disini, yang sering gw baca di KSKN menggunakan kartu disain / grafis salah tempat, kenapa ? apakah kalian menggunakan high poly + tekstur pada rendering ? disini bukan dalam artian high tekstur ukuran 1600, tapi ribuan diatas 2560, high poly ? ya, high poly bukan dalam artian ukuran seperti V-ray renderer yang kalian suka ambil dari dvd-dvd yang dibeli, tapi ukuran poly beberapa rumah sekaligus. Hal ini akan gw jelasin di post berikutnya tentang perbedaannya.

Jadi kesimpulan di post ini adalah :


Jika kalian menggunakan 3D rendered programs yang digunakan untuk standard use, seperti mengincar waktu untuk client dsb.nya untuk merender rumah, interior dsb.nya, please, jangan gunakan Quadro / FireGL, karena Gaming Cards milik NVIDIA saja sudah mencukupi, sangat mencukupi dengan kapasitas 1GB Vram, dan jika mau bereksperimen, silahkan gunakan Gaming Card yang memiliki Cuda Core banyak (hal ini dijelaskan di berikutnya).


Uang tersebut PLEASE lebih baik digunakan untuk Prosesor, semakin tinggi core clock + jumlah corenya, semakin cepat rendering anda akan selesai, yang berarti semakin banyak proyek yang anda bisa ambil karena 1 pekerjaan dapat selesai lebih cepat emoticon-Smilie
profile-picture
warrysangru2 memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 20
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
06-11-2010 11:44
Mantabh bro... kbnyakan yg pake Quadro2an jga udah yg pake render farm.... dan aplikasinya jga bkan 3DsMAX kyknya deh...

Nice post!

seneng gw klo yg nulis dan kasih saran adaalh orang yg tau karena dya dah ngerasain sendiri... kbnyakan sekarang orang yg kasi saran cma berdasar opini dan pengetahuan yg dia baca atau dengar.

contoh:
bagusan mana vga anu sama itu?jawabnya anu bagus dibanding itu, tapi yg jawab blum pernah ngebandingin secara langsung...
based white papers only... :maho
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
07-11-2010 01:37
waaauw nice thread. thx gan atas sharenya

gue termasuk orang yang 'salah kaprah' mengenai vga professional nih. eem gue kira kalo vga prof ikut ngebantu dalam final render, ternyata gpu usage tetep 0% yah? (hehe gue selalu blg ke temen2 gue kalo vga prof itu ambil andil juga dalam final render, jg cpu usage ga 100% waktu ngerender emoticon-Big Grin)

pertanyaan newbie: apa semua program 3d pada waktu final render masih berlandaskan CPU bound?

*maklum belom pernah make vga prof emoticon-Big Grin
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
07-11-2010 02:05
brarti gan, hasil jelek apa bgsnya video editan diliat dr gambar pas editingnya (yg agan bilang ada high poly atau low poly) atau murni karena render? karena klo ternyata selama kemampuan rendernya sama hasilnya sama bgs jg yaa... brarti ane ga perlu beli graphic card yg tinggi2, toh hasilnya sama aja, klo pas editingnya doang jelek dikit ya gpp yg penting hasilnya bgs, mohon dijawab gan hehe
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
07-11-2010 03:03
nanya dunk, ane kan bikin 3d untuk interior arsitektur juga nih,,, ada pengaruhnya gak kalo untuk hasil akhir

misalkan yang pake professional vga hasil renderannya lebih bagus dibandingkan vga gaming (dirender di komp yang sama).

ane sih pake tipe gaming untuk beberapa kasus yang poligon ny banyak alias furniture nya banyak lagging sih saran ny gimana nih

tipe yg dipake ati 4890 sih, apa ganti ke tipe gaming yg diatas ny misal 5850, 5870 ato malahan pake vga prof

thx
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
07-11-2010 06:24
berarti pengaruhnya ke saat proses bekerja di program 3d ya gan(viewport), kalo punya polygon yang sangat banyak dan banyak jagies di viewportnya, kalo pake yang prof vga akan terhandle dengan baik, soalnya dulu pernah buat banyak poly di objectnya, tampilan viewportnya pas diputer2 sama pas playback animasinya langsung patah2 gitu, padahal dah make display wireframe, jadi terpaksa di hiden objek yang bukan mau di preview gerakan camera atau objectnya, padahal pikiran proc saya dah lumayan pake quad core kok masih patah2 aja hehehe, ternyata bukan processor(vga ternyata)emoticon-Hammer2 yang bekerja penuh pada waktu pada proses membuat 3d ya gan hehehehe
trims gan CMIIW ya gan

vganya 7300gt untuk cinema 4demoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
07-11-2010 08:03
Quote:Original Posted By Tagorsing
Kira2x yang render cepet apa gan...ane kadang bikin interior plus exterior gan karena bangunan pake kaca2x..biar lebih terlihat interiornya klo dirender dari luar...trus emang ane pake vga game gts 240 tapi klo kebyk-an modeling jadi berat...ane butuh buat modeling viewport cepet dan render juga cepet..kira pake apa

perbandingan ane kira2 yang mana yg bagus..dgn harga ga terlalu mahal..misal..
QUARO FX 580/FX 3450/FX 1500 DAN GTS 950 / ATI 6870 FIRE-X

MOHON PENCERAHANNYA GAN''


kalo modelling berat pake aja yang vramnya agak besar bro, kalo emang bener2 berat sulit, memang harus ke Quaddro, tapi sepertinya kalo hanya interior eksterior gw sampai saat ini belum sampai titik perlu quadro.

untuk urusan kaca dan sebagainya, itu sih settingan dari render dan material yang bro gunakan, ga akan ngaruh dengan vga menghasilkan lebih baik, kalo setting dan mappingnya tepat ya hasilnya akan sesuai, belajar Vray lebih giat masbro emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By glowinCeline
bagus ni info'x..
yg bkin jd penasaran ni, klo Quadro/fire GL dpake bwt maen game gmn y??


udah dijawab sebelumnya ada di page one, bidut kalo ga salah jelasin bahwa game ga akan terlalu bagus dengan Quadro emoticon-Smilie karena perbedaan fungsi.


Quote:Original Posted By desaturated
Mantabh bro... kbnyakan yg pake Quadro2an jga udah yg pake render farm.... dan aplikasinya jga bkan 3DsMAX kyknya deh...

Nice post!

seneng gw klo yg nulis dan kasih saran adaalh orang yg tau karena dya dah ngerasain sendiri... kbnyakan sekarang orang yg kasi saran cma berdasar opini dan pengetahuan yg dia baca atau dengar.

contoh:
bagusan mana vga anu sama itu?jawabnya anu bagus dibanding itu, tapi yg jawab blum pernah ngebandingin secara langsung...
based white papers only... :maho


iyap, render farm itu menggunakan "box" komposisi dari jumlah core + thread terbanyak, render farm sebenernya ga perlu workstation card, karena tinggal dioper aja terus proc yang kerja.

bandingin di benchmark ? sulit, karena benchmark kedua card ini beda.

Quote:Original Posted By chinaberrytree
waaauw nice thread. thx gan atas sharenya

gue termasuk orang yang 'salah kaprah' mengenai vga professional nih. eem gue kira kalo vga prof ikut ngebantu dalam final render, ternyata gpu usage tetep 0% yah? (hehe gue selalu blg ke temen2 gue kalo vga prof itu ambil andil juga dalam final render, jg cpu usage ga 100% waktu ngerender emoticon-Big Grin)

pertanyaan newbie: apa semua program 3d pada waktu final render masih berlandaskan CPU bound?

*maklum belom pernah make vga prof emoticon-Big Grin


final render cpu bound ? yes.
kecuali pake RTGPU atau Octane, itu vga yang bekerja. Tapi jarang yang pake disini, jadi mangkanya gw menyarankan tinggikan spek cpunya daripada vganya emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By nightbeat
brarti gan, hasil jelek apa bgsnya video editan diliat dr gambar pas editingnya (yg agan bilang ada high poly atau low poly) atau murni karena render? karena klo ternyata selama kemampuan rendernya sama hasilnya sama bgs jg yaa... brarti ane ga perlu beli graphic card yg tinggi2, toh hasilnya sama aja, klo pas editingnya doang jelek dikit ya gpp yg penting hasilnya bgs, mohon dijawab gan hehe


hasilnya sama, yang membedakan hasil ya mapping dan engine rendernya, global illumination, bounce, material yang dipakai, itu yang berpengaruh, ga ada bedanya dengan vga murah sekalipun, karena itu keahlian dari penggunanya untuk menciptakan sesuatu yang sampai photorealistic. mangkanya disebutnya sebagai 3D Artist.

Quote:Original Posted By terryy
nanya dunk, ane kan bikin 3d untuk interior arsitektur juga nih,,, ada pengaruhnya gak kalo untuk hasil akhir

misalkan yang pake professional vga hasil renderannya lebih bagus dibandingkan vga gaming (dirender di komp yang sama).

ane sih pake tipe gaming untuk beberapa kasus yang poligon ny banyak alias furniture nya banyak lagging sih saran ny gimana nih

tipe yg dipake ati 4890 sih, apa ganti ke tipe gaming yg diatas ny misal 5850, 5870 ato malahan pake vga prof

thx


saran gw sendiri sih, mending diturunin polygonnya, bermain efisiensi aja bro, jangan terlalu terpatok dengan polygon banyak, belajar menggunakan polygon yang sedikit namun hasil render tetap maksimal. Ram + Vram membantu banyak saat ada banyak polygon.

Quote:Original Posted By n2k
berarti pengaruhnya ke saat proses bekerja di program 3d ya gan(viewport), kalo punya polygon yang sangat banyak dan banyak jagies di viewportnya, kalo pake yang prof vga akan terhandle dengan baik, soalnya dulu pernah buat banyak poly di objectnya, tampilan viewportnya pas diputer2 sama pas playback animasinya langsung patah2 gitu, padahal dah make display wireframe, jadi terpaksa di hiden objek yang bukan mau di preview gerakan camera atau objectnya, padahal pikiran proc saya dah lumayan pake quad core kok masih patah2 aja hehehe, ternyata bukan processor(vga ternyata)emoticon-Hammer2 yang bekerja penuh pada waktu pada proses membuat 3d ya gan hehehehe
trims gan CMIIW ya gan

vganya 7300gt untuk cinema 4demoticon-I Love Indonesia


nah iya bro, heheheheh ini merasakan sendiri kan emoticon-Stick Out Tongue
pada saat seperti ini memang yang bekerja VGA, bukan processor, tapi pas final render quad core akan sangat-sangat membantu masbro.

Sama seperti gw, kalo udah mulai berat, langsung hide objek-objek jadi enteng, jadi kasarnya ngerjainnya perobjek, udah kira2 final, baru deh tampilin semua baru render emoticon-Smilie
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
07-11-2010 08:32
Sep, manteb infonya emoticon-thumbsup

Saran buat TS : kalo bisa dikasik penjelasan mengenai perbedaan driver profesinal graphic card dan gaming graphic card, seperti maxtreem, supaya lebih lengkap emoticon-Big Grin
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
07-11-2010 08:46
Quote:Original Posted By n2k
berarti pengaruhnya ke saat proses bekerja di program 3d ya gan(viewport), kalo punya polygon yang sangat banyak dan banyak jagies di viewportnya, kalo pake yang prof vga akan terhandle dengan baik, soalnya dulu pernah buat banyak poly di objectnya, tampilan viewportnya pas diputer2 sama pas playback animasinya langsung patah2 gitu, padahal dah make display wireframe, jadi terpaksa di hiden objek yang bukan mau di preview gerakan camera atau objectnya, padahal pikiran proc saya dah lumayan pake quad core kok masih patah2 aja hehehe, ternyata bukan processor(vga ternyata)emoticon-Hammer2 yang bekerja penuh pada waktu pada proses membuat 3d ya gan hehehehe
trims gan CMIIW ya gan

vganya 7300gt untuk cinema 4demoticon-I Love Indonesia


bisa pake model proxy kan biar viewport agak enteng?
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
07-11-2010 09:06
Ehehe..jadi ingat jaman2 rame Mod Geforce 4Ti ke Quadro via driver..
terakhir yang bisa di mod 8600GT yak..

Quadro helping banget untuk 3D (yang sangat) komplek, misalnya klo kita bikin landscape dengan dengan bangunan jutaan polygon..VGA biasa ketika kita muter view-nya bakalan ngos-ngosan..alias patah2..Kalau dengan Quadro akan jauh lebih baik..

Tapi klo cuman low poly doang..Ga ada bedanya..Apalagi klo main ACAD 2D..

Sudah lama ga pegang Quadro.. kerjaannya bikin low poly untuk realtime rendering terus sekarang ini..

Quadro dipake untuk main game..? Orang sinting itu namanya..emoticon-Big Grin
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
07-11-2010 09:15

Tq....

Ok bro..tq pencerahannya..
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
07-11-2010 10:35
tanya dikit om..

kalo misalx kita pake VGA Prof buat maen game,,,kira2 bisa gak??
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
07-11-2010 11:55
nanya lg dong gan, drtd kan yg disinggung buat graphic card adalah masalah 3Dnya, karena emg 3D tuh hal yg paling merepotkan untuk dihadapi haha... btw, gw seringnya make after effect, kdg2 3Dsmax klo lg dibutuhkan aja tp itupun jrg bgt krn ngga ngerti caranya, brarti kira2 graphic card apa yg cukup buat gw? gw ada laptop pake nvidia geforce with cuda kira2 cukup ga ya?
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
07-11-2010 12:03
wowww ... thanks ma TSnya

saia juga kadang bikin rendering 3D pake v-raynya MAX buat presentasi ke klien yg mo bikin bangunan baik interior ato exteriornya ... tapi gak pernah pake profesional VGA

jadinya VGA pro cuman bantu di modeling prosesnya yah, berarti emang gak signifikan banget, dolonya saia kira sebagian proses rendering bisa dihibahkan ke GPU pro

proses modeling di viewport kadang juga menjengkelkan kalo dah polygonnya banyak tapi masih bisa diakalain pake hide object ato pake simple box mode
terutama waktu mengatur posisi pohon2 dari archmodels yg hi-res, misalnya bikin vila di bukit yg banyak pohonnya ato taman bermain yg rindang

Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
sedikit contoh viewport yg "menjengkelkan" karena polygonnya banyak
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
07-11-2010 15:59
Thread keren... emoticon-2 Jempol

Berarti selama ini ane salah ngarti emoticon-Hammer2
Many thx buat TS... keep up the good work
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
07-11-2010 22:18

bantuin dikit gan

Quote:Original Posted By kinonotabi
wowww ... thanks ma TSnya

saia juga kadang bikin rendering 3D pake v-raynya MAX buat presentasi ke klien yg mo bikin bangunan baik interior ato exteriornya ... tapi gak pernah pake profesional VGA

jadinya VGA pro cuman bantu di modeling prosesnya yah, berarti emang gak signifikan banget, dolonya saia kira sebagian proses rendering bisa dihibahkan ke GPU pro

proses modeling di viewport kadang juga menjengkelkan kalo dah polygonnya banyak tapi masih bisa diakalain pake hide object ato pake simple box mode
terutama waktu mengatur posisi pohon2 dari archmodels yg hi-res, misalnya bikin vila di bukit yg banyak pohonnya ato taman bermain yg rindang

Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
sedikit contoh viewport yg "menjengkelkan" karena polygonnya banyak


emoticon-I Love Indonesia,,bantu aja ni gan''waduh ini byk sekali pohonnya..klo ane biasanya pohon dan suasan luar pake photoshop.biasanya ane finishing manipulasi di photoshop gan.modeling seperlunya....byk bgt ini polygonnya..pasti patah2x dan berat bgt..ya''
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
08-11-2010 13:05
Quote:Original Posted By Tagorsing
emoticon-I Love Indonesia,,bantu aja ni gan''waduh ini byk sekali pohonnya..klo ane biasanya pohon dan suasan luar pake photoshop.biasanya ane finishing manipulasi di photoshop gan.modeling seperlunya....byk bgt ini polygonnya..pasti patah2x dan berat bgt..ya''

potoshop dipake buat finishing akhir ... nambahin pohon / tanaman di latar depan sama belakang sama gambar orang2 biar rame suasananya
tapi kalo pohon2 di lokasi yg strategis gak bisa diganti sama potoshop soalnya shadow sama pantulan warna pohon di bangunan gak bisa dibikin kecuali pake 3D aselinya

nih contoh render awal (atas) & editan potosop (bawah) ... jadi potosop & 3D saling melengkapi

vs


sory TS OOT dikit ...
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
08-11-2010 13:17
emoticon-I Love Indonesia
emoticon-I Love Indonesia
emoticon-I Love Indonesia
NICE INFO GAN
emoticon-I Love Kaskus
emoticon-I Love Kaskus
emoticon-I Love Kaskus
emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
10-11-2010 22:31

Boleh juga..gambar ane

Quote:Original Posted By kinonotabi
potoshop dipake buat finishing akhir ... nambahin pohon / tanaman di latar depan sama belakang sama gambar orang2 biar rame suasananya
tapi kalo pohon2 di lokasi yg strategis gak bisa diganti sama potoshop soalnya shadow sama pantulan warna pohon di bangunan gak bisa dibikin kecuali pake 3D aselinya

nih contoh render awal (atas) & editan potosop (bawah) ... jadi potosop & 3D saling melengkapi

vs


sory TS OOT dikit ...


SORY INI HASIL ANE GAN
....BELAJAR LEBIH GIAT LAGI GAN PHOTSHOPNYA....SOFTWARE MANIPULASI YANG BISA MENIPU MATA....OKE emoticon-I Love Kaskus

[IMG]Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards[/IMG]
oya ane msh punya byk lagi segudang..yg lebih baik dari ini...ini yg biasa saja...
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
13-11-2010 15:13
wah keren banget nih infonya gan ternyata ngerender bener2 CPU bound ya emoticon-Big Grin
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
13-11-2010 16:30
Quote:Original Posted By styka

Kalo buat kerja dan ga ingin gaming ambil aja Quadro, karena akan lebih nyaman mengerjakan di viewportnya, apalagi kalo menggunakan Maya emoticon-Smilie
Tapi kalo ada kemungkinan untuk entertainment juga, mending ambil GTX 460 aja sekalian deh dengan budget segitu.


btw stelah ane cari info ttg GTX 460, gw jadi tertarik dg VGA satu ini
jumlah CUDA cores & Memory Bandwith lebih banyak ketimbang FX 580

GTX 460
http://www.nvidia.com/object/product...tx-460-us.html

FX 580
http://www.nvidia.com/object/product...fx_580_us.html

dg spek tsb, apakah gtx 460 kinerjanya dalam hal viewport 3D dsb itu sama dg FX 580? atau bijimane gan ? emoticon-Bingung (S)

pertimbangan apa yg mmbuat agan menyarankan GTX 460 sebagai VGA buat kerja,tapi buat entertainment pun oke2 aja ?

gw masih bingung ttg CUDA itu sndiri
apakah CUDA itu aktif dg sndiri nya, mensupport dalam bermain di viewport 3DsMax, Maya, Sketchup dll atau harus disetting dulu gan ?


*maklum orang awam gan, cuma minta pencerahan emoticon-Embarrassment
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
0 0
0
Halaman 3 dari 20
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia