Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
385
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005800040/qampa--professional-graphics-cards-vs-gaming-cards
Tujuan dibikin thread ini adalah untuk meluruskan mayoritas orang yang selalu beranggapan bahwa Professional Graphics Adapter memiliki kemampuan atau "RAW" power lebih hebat dari Gaming Cards. Sebelum melanjutkan lebih panjang tentang pembahasan ini, ada baiknya kita mengenali dulu apa sih yang dimaksud dengan Professional Cards dan Gaming Cards. Professional cards lebih sering kita kena
Lapor Hansip
03-11-2010 07:28

Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards

Tujuan dibikin thread ini adalah untuk meluruskan mayoritas orang yang selalu beranggapan bahwa Professional Graphics Adapter memiliki kemampuan atau "RAW" power lebih hebat dari Gaming Cards.

Sebelum melanjutkan lebih panjang tentang pembahasan ini, ada baiknya kita mengenali dulu apa sih yang dimaksud dengan Professional Cards dan Gaming Cards. Professional cards lebih sering kita kenal dengan nama-nama Quadro (Milik NVIDIA), FireGL (Milik ATi / sekarang menjadi AMD) atau Matrox. Thread ini akan membahas lebih fokus kepada Quadro / FireGL, karena Matrox cenderung digunakan oleh video editor, dan lebih sering oleh movie makers terutama para Director of Photography (DOP) kepada "kacungnya".

Mitos yang beredar adalah, kebanyakan orang selalu menyarankan entah orang awam atau 3D "artists" bahwa saat membangun spesifikasi komputer, karena mereka bekerja dibidang "3D rendering" langsung menyarankan tanpa ba bi bu, pake QUADRO aja, lebih bagus dan sebagainya.


Mengapa ?
Quadro dianggap professional card, dan harganya yang sangat mahal, seakan mencerminkan kemampuan yang jauh diatas Gaming Cards.


Kenyataannya ?
Masyarakat kita yang sering dibilang 3D artist, masih berbeda jauh dengan mereka diluar yang menggunakan kata 3D artist. Jadi jangan disamakan. Quadro tidak banyak membantu dalam "final rendering". Hal ini akan dibahas lebih lanjut.


Maka muncul pertanyaan, kalo gitu apa bedanya dong Professional card dengan Gaming card ?

Yang paling penting untuk diketahui adalah bahwa, "term" professional itu sendiri, "term" itu menunjukkan arti suatu ekspektasi yang sangat tinggi, memiliki kualitas tinggi, reabilitas tinggi, support yang cepat, dan performa tinggi. Maka saat orang menggunakan sesuatu yang professional, diharapkan sistem tersebut mampu membawa mereka mendapatkan sukses yang besar. Disini bedanya, mereka yang akan menggunakan, bukan menganggap ini sebagai suatu "mainan", tapi "alat", untuk bekerja.


Keduanya memiliki fungsi yang sama persis, namun apa bedanya ? yang satu merupakan Pisau Bedah, yang satu lagi Pisau Dapur. Ini adalah analogi yang paling tepat menurut gw. Keduanya sama-sama digunakan untuk memotong, bisa digunakan oleh siapa aja untuk memotong, tapi target produknya berbeda. Yang satu digunakan untuk "all-around" dan yang satu khusus untuk yang membutuhkan presisi.




Di post ini, gw akan menjelaskan secara pendek dan mengambil kesimpulan, dan pembahasan lebih dalam akan gw tulis di post-post berikutnya, agar mereka yang males membaca dan ingin segera mengetahui perbedaannya dapat langsung memahami dari post pertama ini.



Why go for Professional / Gaming ?
Jawabannya ada di diri kalian sendiri, Professional cards tidak akan membantu anda dalam pekerjaan yang akan meminta anda untuk mengklik sesuatu yang dinamakan "render", hal ini dimaksudkan final render, seperti didalam 3Dmax. Tapi, professional card akan membantu anda dalam viewports, seperti yang kita ketahui, di viewport seringkali mengalami isu dalam memunculkan tekstur, atau wireframe yang tidak lurus atau jaggies, OpenGL dalam Professional Cards mampu memberikan kehalusan dan presisi disini (AA). High tekstur, high polygon, semuanya mampu membuat pekerjaan lebih mudah dan enteng.
Selebihnya saat render ? 100% pekerjaan CPU. Gak percaya ? silahkan buka task manager, lihat kinerja GPU anda, apakah bekerja ? No.

Jadi, mayoritas pengguna disini, yang sering gw baca di KSKN menggunakan kartu disain / grafis salah tempat, kenapa ? apakah kalian menggunakan high poly + tekstur pada rendering ? disini bukan dalam artian high tekstur ukuran 1600, tapi ribuan diatas 2560, high poly ? ya, high poly bukan dalam artian ukuran seperti V-ray renderer yang kalian suka ambil dari dvd-dvd yang dibeli, tapi ukuran poly beberapa rumah sekaligus. Hal ini akan gw jelasin di post berikutnya tentang perbedaannya.

Jadi kesimpulan di post ini adalah :


Jika kalian menggunakan 3D rendered programs yang digunakan untuk standard use, seperti mengincar waktu untuk client dsb.nya untuk merender rumah, interior dsb.nya, please, jangan gunakan Quadro / FireGL, karena Gaming Cards milik NVIDIA saja sudah mencukupi, sangat mencukupi dengan kapasitas 1GB Vram, dan jika mau bereksperimen, silahkan gunakan Gaming Card yang memiliki Cuda Core banyak (hal ini dijelaskan di berikutnya).


Uang tersebut PLEASE lebih baik digunakan untuk Prosesor, semakin tinggi core clock + jumlah corenya, semakin cepat rendering anda akan selesai, yang berarti semakin banyak proyek yang anda bisa ambil karena 1 pekerjaan dapat selesai lebih cepat emoticon-Smilie
profile-picture
warrysangru2 memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 20
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
03-11-2010 07:29
Ini penjelasan bagi yang masih kurang jelas antara view port dengan render final menggunakan engine tertentu untuk merendernya. Disini gw ambil contoh 3Dmax, dan menggunakan low poly untuk setiap objeknya :

Resolusi gw turunin biar ga bw killer (tapi dengan sacrifice ga terlalu keliatan jaggiesnya, kalo reso full silahkan bilang aja nanti gw upload full resonya, biar keliatan betapa jaggiesnya), ini contohnya :

Low Poly Home


Nah disini kita bisa liat viewport, itu 4 window kecil adalah yang namanya viewport.

untuk penjelasannya.

Kotak berwarna merah : Itu ada lah viewport dengan wireframe, liat betapa ancurnya garis-garis yang ada ? ga ada samasekali garis yang tidak ada jaggiesnya bilang dalam kemiringan emoticon-Smilie

Kotak berwarna hijau : Itu viewport dengan mapping, ingat, ini hanya mapping bukan render ya emoticon-Smilie

Kotak warna biru : Itu adalah tombol untuk render, beserta pengaturan ingin menggunakan renderer engine apa.




Sekarang contoh ke 2 menggunakan interior dengan high poly :

high poly





Realitanya, file yang ke dua jauh lebih berat daripada yang pertama. Orang akan berfikir, lho itu kan rumah, lebih besar tapi kenapa lebih berat ? Karena itu low poly, lihat hanya berapa polygon yang ada disitu ? Hanya ada objek kotak-kotak.

Dalam File ke 2, interior, walaupun barangnya hanya sedikit, yang terdiri dari tempat tidur, pintu, sofa, tv dan small cabinet. Tapi jumlah polygonnya sangat tinggi, dan hanya untuk memutarnya aja akan terasa berat, atau lagging ( patah ).

Hal ini yang membedakan antara Quadro dengan Gaming Card, Quadro semua akan berjalan mulus, mau zoom juga ga akan zoom secara langsung, tapi bisa secara perlahan seperti kamera dengan zoom in zoom out, juga rotasi dsb.nya jauh lebih halus, dan tidak ditemukan jaggies lagi.

Menggunakan Gaming ? Hasilnya seperti itu diatas emoticon-Smilie
2 0
2
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
03-11-2010 07:30
Reserved for Future Use
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
03-11-2010 07:31
Reserved for Future Use
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
03-11-2010 09:14
Nice info gan...jadi masukan yg sangat berharga bwt rekan2 yg sering kasih spek di KSKN...ijo2nya besok ya ganemoticon-Kiss
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
03-11-2010 09:15
masi bingung bos

jadi klo soal rendering bagusan gaming vga ato prof vga?

klo bagusan gaming vga, cth aplikasi apa di prof vga yg bisa dilakukan dgn mengharapkan rendering dr cpu aj


thx b4
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
03-11-2010 09:34
gw masih belom nangkep, jadi nya untuk render ga perlu pake professional graphic card, gaming gc uda cukup?
and faktor untuk rendering yang lebih berguna adalah processor?

humm, menarik emoticon-Smilie
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
03-11-2010 09:37
klo dr segi harga mahal mana??? yg profesional ato yg gaming???
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
03-11-2010 09:41
Quote:Original Posted By high.voltage
klo dr segi harga mahal mana??? yg profesional ato yg gaming???


coba cek harga FireGL atau Quadro berapa emoticon-Big Grin
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
03-11-2010 09:43
Quote:Original Posted By high.voltage
klo dr segi harga mahal mana??? yg profesional ato yg gaming???


ya jelas yg prof VGA jauh ... jauh jauh lbh mahal di banding gaming VGA gan emoticon-Peace
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
03-11-2010 09:55
pajwan di treat yg bermutu. ..
nanti kalau ada yg bingung d'kskn,, langsung arahin ksini ajjah..
keep posting.. emoticon-Toast
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
03-11-2010 09:58
Quote:Original Posted By onestop.jazzy
masi bingung bos

jadi klo soal rendering bagusan gaming vga ato prof vga?

klo bagusan gaming vga, cth aplikasi apa di prof vga yg bisa dilakukan dgn mengharapkan rendering dr cpu aj


thx b4


rendering yang disini dimaksud bukan rendering RT, seperti game, ga kebayang kan sebenarnya bagaimana prosedur suatu game kok bisa dirender secara realtime. Its mind boggling.

intinya bukan bagusan vga gaming, tapi lebih tepat ke penggunaannya, lebih sering orang merekomendasikan dengan mengorbankan prosesor karena membeli professional graphic adapter, untuk orang2 pengguna 3Dmax, padahal, processor masih jauh lebih penting emoticon-Smilie


3Dmax salah satu aplikasi yang orang sering anggap VGA berpengaruh, jelas 3Dmax itu CPU Bound emoticon-Smilie

Vga membantu hanya di viewport, ini akan gue jelasin di post ke 2 nanti dengan screenshot bagi mereka yang ga paham vga membantu dimana.

Quote:Original Posted By BidutFJB
gw masih belom nangkep, jadi nya untuk render ga perlu pake professional graphic card, gaming gc uda cukup?
and faktor untuk rendering yang lebih berguna adalah processor?

humm, menarik emoticon-Smilie


sebenernya sih dut, tergantung mau digunakannya sampai level mana, karena bagi gw sejujurnya, mending prosesor diutamakan, karena hasil kerja selesai jauh lebih cepat selesai daripada sekedar mendisain saat di viewport yang sebenernya ga terlalu banyak beda dengan profesional graphic.

Mungkin akan berbeda kerasa saat seseorang mendisain "SATU KOTA", gw ga ngerti mau berapa polygon, objek, material, tekstur yang ada. Tapi kalo hanya interior ? Ruko ? Rumah ?

No, lebih baik colok gaming card, bisa buat main game juga.
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
03-11-2010 10:00
jadi batasan user mulai menggunakan Vga prof itu apa ??
Program apa yg naik signifikan bila pake Vga prof ??
Berapa besar latency bila pake Vga game jika program tsb optimasi Vga prof ??
Lalu apa yg bikin Vga prof mahal banget seandainya dari sisi h/w gak beda jauh ??
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
03-11-2010 10:02
sedikit pertanyaan dari gw bos...

sebenernya "viewport" itu apa ?
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
03-11-2010 10:10
Quote:Original Posted By Komputer.Jadul
jadi batasan user mulai menggunakan Vga prof itu apa ??
Program apa yg naik signifikan bila pake Vga prof ??
Berapa besar latency bila pake Vga game jika program tsb optimasi Vga prof ??
Lalu apa yg bikin Vga prof mahal banget seandainya dari sisi h/w gak beda jauh ??


Quadro series diperuntukkan geophysicists, designers, scientists, engineers (dalam hal ini ya CAD) dalam resolusi besar dan modelling yang massive, maka Quadro comes into play.

saat setelah maaping dan wireframe dan polygon besar di viewport, itu yang menghandle Quadro, jadi misalnya kita bikin modelling jelas membantu banget quadro, apalagi untuk skala massive, misalnya townhouse besar dengan banyak polygon dan mesh, atau misalnya bikin modelling sebuah kota kecil.

Segi hardware memang ga beda jauh kok, kenapa mahal ? Karena peruntukkannya yang tadi di post pertama gw jelasin bahwa, professionals akan memilih sesuatu yang memberikan mereka kenyamanan, reliability, a state of mind yang damai, ga mau ada nya bug dll. dalam program2 yang mereka gunakan.

Disini Quadro memberikan support itu.


dan kalo boleh berkonspirasi, Quadro memberikan hardware yang dapat memeras hal itu, dan menggunakannya untuk mendanai Research and Development NVIDIA emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By dropy
sedikit pertanyaan dari gw bos...

sebenernya "viewport" itu apa ?


bentar drop nanti gw screenshoot deh, di post ke dua di thread ini nanti gw jelasin lebih lanjut, baru bangun ini masih PR emoticon-Hammer


intinya viewport itu "ladang" pas kita lagi ngerjain objek yang masih mentah, belum di render final objeknya, bisa dalam bentuk wireframe, atau bisa dimasukkin material mapping yang udah di aplikasikannya.
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
03-11-2010 10:15
tret berguna nih. coba dalemin secara singkat. emoticon-Smilie
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
03-11-2010 10:15
Quote:Original Posted By dropy
sedikit pertanyaan dari gw bos...

sebenernya "viewport" itu apa ?


kata ny dijelasin di post#2 nanti dropemoticon-Embarrassment
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
03-11-2010 10:36
Quote:Original Posted By styka
rendering yang disini dimaksud bukan rendering RT, seperti game, ga kebayang kan sebenarnya bagaimana prosedur suatu game kok bisa dirender secara realtime. Its mind boggling.

intinya bukan bagusan vga gaming, tapi lebih tepat ke penggunaannya, lebih sering orang merekomendasikan dengan mengorbankan prosesor karena membeli professional graphic adapter, untuk orang2 pengguna 3Dmax, padahal, processor masih jauh lebih penting emoticon-Smilie


3Dmax salah satu aplikasi yang orang sering anggap VGA berpengaruh, jelas 3Dmax itu CPU Bound emoticon-Smilie

Vga membantu hanya di viewport, ini akan gue jelasin di post ke 2 nanti dengan screenshot bagi mereka yang ga paham vga membantu dimana.



sebenernya sih dut, tergantung mau digunakannya sampai level mana, karena bagi gw sejujurnya, mending prosesor diutamakan, karena hasil kerja selesai jauh lebih cepat selesai daripada sekedar mendisain saat di viewport yang sebenernya ga terlalu banyak beda dengan profesional graphic.

Mungkin akan berbeda kerasa saat seseorang mendisain "SATU KOTA", gw ga ngerti mau berapa polygon, objek, material, tekstur yang ada. Tapi kalo hanya interior ? Ruko ? Rumah ?

No, lebih baik colok gaming card, bisa buat main game juga.


oh gitu ya, make sense juga. thanks bro, lanjutkan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By Komputer.Jadul
jadi batasan user mulai menggunakan Vga prof itu apa ??
Program apa yg naik signifikan bila pake Vga prof ??
Berapa besar latency bila pake Vga game jika program tsb optimasi Vga prof ??
Lalu apa yg bikin Vga prof mahal banget seandainya dari sisi h/w gak beda jauh ??


berdasarkan yang gw tangkep, karna target marketing nya bukan individual user kayak qta.
melainkan perusahaan2 jadi harga tinggi. dan juga mungkin karna ini disebut "professional" graphic card.
kalo harga murah, dikira jelek tar emoticon-Big Grin kayak pisau bedah yang dijadiin analogi, pasti mahal juga kan dibanding pisau dapur.

mungkin ilmu basic ekonomi masuk juga, demand and supply? hahaha.


*sooook tau emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
03-11-2010 10:37
Whoa,thread keren emoticon-Belo

Nambah ilmu bgt ni,ntr kl ud ol dr desktop ane rate y mastah emoticon-Embarrassment
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
03-11-2010 10:50
akhirnya setelah ditunggu-tunggu dibuat juga tritnya emoticon-Angkat Beer

mau tanya nih misal di spek yang lain udah optimal (dah i7 ato Phenom II X6, RAM dah 8/12GB, dll) trus masih sisa buat VGA 2,5jtan lah kira2 pilih mana ya Quadro FX580 ato VGA gaming yang berharga sama, kira2 bagus yang mana kalo keperluannya cuman buat kerja?
0 0
0
Q&A : Professional Graphics Cards vs. Gaming Cards
03-11-2010 11:12
he he he.

terjawab sudah yg ada di benak
0 0
0
Halaman 1 dari 20
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia