Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
3475
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008864113/chemical-engineering
Teknik kimia (Inggris: chemical engineering) adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik. Insinyur teknik kimia yang pek
Lapor Hansip
05-06-2008 20:11

Anak tek.Kimia masuk sini.....

ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ


Teknik kimia (Inggris: chemical engineering) adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik. Insinyur teknik kimia yang pekerjaannya bertanggung jawab terhadap perancangan dan perawatan proses kimia pada skala pabrik dikenal dengan sebutan "insinyur proses" (process engineer). Selain itu, insinyur teknik kimia juga terkait dengan penelitian dan pengembangan proses kimia.



[spoiler=Perbedaan Teknik Kimia dan Kimia MIPA]Berikut ini adalah contoh yang mengilustrasikan peran seorang insinyur teknik kimia di pabrik:

“Perbedaan antara teknik kimia dan kimia dapat diilustrasikan dengan mengambil contoh proses produksi jus jeruk. Seorang ahli kimia akan berusaha untuk meneliti metode-metode ekstraksi jus jeruk. Metode yang paling sederhana yang mungkin ditemukan adalah memotong jeruk menjadi dua bagian dan kemudian memerasnya. Metode yang lebih rumit adalah dengan cara mengupas kulit jeruk dan kemudian menghancurkan jeruk untuk memperoleh jusnya.
Sebuah perusahaan kemudian menginstruksikan seorang insinyur teknik kimia untuk merancang pabrik penghasil jus jeruk dengan kapasitas produksi beberapa ribu ton jus per tahun. Insinyur tersebut akan menganalisis proses-proses produksi yang mungkin dan kemudian mengevaluasi keekonomisan setiap proses yang mungkin. Walaupun metode produksi jus dengan cara memeras sangat sederhana, proses ini tidak ekonomis karena memerlukan ribuan orang untuk mencapai target produksi. Oleh karena itu, metode lain akan dipilih (mungkin metode pengupasan dan penghancuran). Dari contoh ini, dapat dilihat bahwa proses produksi yang paling sederhana dalam skala laboratorium belum tentu merupakan metode paling ekonomis pada suatu pabrik." [/spoiler]

ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ


Penjelasan Umum

Teknik kimia selalu menitikberatkan pekerjaannya untuk menghasilkan proses yang ekonomis. Untuk mencapai tujuan ini, seorang insinyur teknik kimia dapat menyederhanakan atau memperumit aliran proses produksi untuk memperoleh proses yang ekonomis. Selain melalui perancangan aliran proses produksi, seorang insinyur teknik kimia juga dapat menghasilkan proses yang ekonomis dengan merancang kondisi operasi. Beberapa reaksi kimia memiliki laju reaksi yang lebih tinggi pada tekanan atau temperatur operasi yang lebih tinggi. Proses produksi amonia adalah contoh dari pemanfaatan tekanan tinggi. Agar laju pembentukan amonia cepat, reaksi dilangsungkan dalam suatu reaktor bertekanan tinggi.

Proses-proses kimia berlangsung dalam peralatan proses. Peralatan proses umumnya merupakan satu unit operasi. Unit-unit operasi kemudian dirangkaikan untuk melakukan berbagai kebutuhan dari sintesis kimia ataupun dari proses pemisahan. Pada beberapa unit operasi, peristiwa sintesis kimia dan proses pemisahan berlangsung secara bersamaan. Penggabungan dari keduanya ini bisa dilihat dari proses distilasi reaktif.

Ilmu-ilmu yang menjadi dasar dalam teknik kimia, antara lain adalah:

* Neraca massa
* Neraca energi
* Peristiwa perpindahan massa, energi, momentum
* Reaksi kimia
* Termokimia
* Termodinamika

Terdapat pula ilmu-ilmu pendukung yang teknik kimia, antara lain:

* Mekanika fluida
* Ilmu tentang material

Selain ilmu dasar dan ilmu pendukung, terdapat pula kemampuan-kemampuan dan pengetahuan-pengetahuan aplikatif yang perlu dikuasai oleh seorang insinyur teknik kimia, antara lain:

* Pengendalian proses kimia
* Instrumentasi
* Perancangan proses kimia
* Penanganan limbah pabrik
* Prosedur keselamatan pabrik kimia
* Evaluasi ekonomi pabrik kimia
* Manajemen proyek

update






Wikipedia




Mailist Tekkim





/



sumber
profile-picture
profile-picture
id.ri.rio dan tata604 memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 39 dari 176
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
28-08-2010 12:16
Quote:Original Posted By klamono86


emang yang pertama sampai ketiga sapa?
tekkim upn lahir tahun berapa?
1.UGM 2.ITB 3.UNDIP dan tekim upn khususnya yg jogja lahir tahun 1958.
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
02-09-2010 18:06

Upgrade Che Eng'r

Pelatihan/training apa yang bisa uprade kita (Che Eng'r)?? yang sesuai bidang kita (teknik kimia) yang prospeknya bagus
trims
emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
02-09-2010 23:23
selamat malam agan2 semua yg ada disini, ane baru pertama kali post disini tp dah lama jadi pasif reader, ngikutin tp ga berani komen emoticon-Big Grin dr dulu ane udah ngebet banget nih masup teknik kimia dan pas lg baca2 tadi ada pernyataan dari agan ini

Quote:Original Posted By klamono86
betul... Chemical engineer memang bukan orang yg siap pakai, g kyak jurusan lain yg memang aplicable...


nah saya mau nanya dong gan, maksudnya ga siap pakai tuh gmn yah?? tolong dijelaskan secara lebih detail ya gan emoticon-Smilie
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
05-09-2010 10:42
ANE JUGA ALUMNI MAHASISWA TEKNIK KIMIA UMS SOLO GAN....^^

emoticon-2 Jempol
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
11-09-2010 21:36
ane jg tekim gan...lam kenal ya...

emoticon-Angkat Beer
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
12-09-2010 00:02
hidup anak tekim..
disini ada nak tekim undip ga?
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
12-09-2010 01:37
mohon ijin bergabung gan..
saya mahasiswa tekkim UI 2010. emoticon-Shakehand2
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
12-09-2010 21:27
Quote:Original Posted By agedas
selamat malam agan2 semua yg ada disini, ane baru pertama kali post disini tp dah lama jadi pasif reader, ngikutin tp ga berani komen emoticon-Big Grin dr dulu ane udah ngebet banget nih masup teknik kimia dan pas lg baca2 tadi ada pernyataan dari agan ini



nah saya mau nanya dong gan, maksudnya ga siap pakai tuh gmn yah?? tolong dijelaskan secara lebih detail ya gan emoticon-Smilie


di tekim kita belajar masih secara umum (belajar semua alat beserta prosesnya yang berada di factory baik minyak,polimer,gula dll),
ga ada penjurusan kecuali di UI... dan penjurusannya ketika pengambilan S2...
pada saat kuliah kita belajar mata kuliah teknik mesin, teknik elektro, anak ekonomi , teknik sipil (cuma pas pra perancangan pabrik), anak TI dll sampe gw sendiri pening....kenapa semua harus dipelajari...
tapi kalo udah kerja di pabrik nanti pasti tau kenapa semua harus dipelajari...
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
15-09-2010 08:57
gan/sist ada yang punya tugas akhir pra rancang pabrik dextrin ga yaa emoticon-Frown ane butuh bangeeeeet nih.

Please PM, VM, ane ye kalo ada yang punya
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
15-09-2010 22:37
Quote:Original Posted By koe
di tekim kita belajar masih secara umum (belajar semua alat beserta prosesnya yang berada di factory baik minyak,polimer,gula dll),
ga ada penjurusan kecuali di UI... dan penjurusannya ketika pengambilan S2...
pada saat kuliah kita belajar mata kuliah teknik mesin, teknik elektro, anak ekonomi , teknik sipil (cuma pas pra perancangan pabrik), anak TI dll sampe gw sendiri pening....kenapa semua harus dipelajari...
tapi kalo udah kerja di pabrik nanti pasti tau kenapa semua harus dipelajari...


hmm gt ya gan..sip abis nih infonya makasih ya gan emoticon-Big Grin emoticon-Angkat Beer
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
17-09-2010 00:18
Quote:Original Posted By veuro
mohon ijin bergabung gan..
saya mahasiswa tekkim UI 2010. emoticon-Shakehand2


waah siapa ini? gw juga tekkim UI 2010. cayoo DTKemoticon-I Love Indonesia
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
17-09-2010 18:35
Quote:Original Posted By agedas
hmm gt ya gan..sip abis nih infonya makasih ya gan emoticon-Big Grin emoticon-Angkat Beer


mkanya experienced proc.engineer punya standard gaji experienced eng.lainnya...
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
18-09-2010 09:56
Quote:Original Posted By ryanthemaniac
waah siapa ini? gw juga tekkim UI 2010. cayoo DTKemoticon-I Love Indonesia


solid as triple bond, active as uranium U-235. Hidup DTK! emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
18-09-2010 10:13
Quote:Original Posted By clove doper
solid as triple bond, active as uranium U-235. Hidup DTK! emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
emoticon-I Love Indonesia

mbing, ini lo ya?emoticon-Big Grin
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
18-09-2010 13:36
Quote:Original Posted By ryanthemaniac
waah siapa ini? gw juga tekkim UI 2010. cayoo DTKemoticon-I Love Indonesia


anak Bali d DTK.. emoticon-Big Grin
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
18-09-2010 14:44
Quote:Original Posted By veuro
anak Bali d DTK.. emoticon-Big Grin


Asik deh Putra...haha... emoticon-Ngakak
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
21-09-2010 18:52
Absen gan mau gabung, ane anak tekim UI 2010. . .emoticon-Shakehand2
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
23-09-2010 16:28
Salam kenal gan.. ane baca thread ini ternyata menarik sekali..
ane teknik kimia ITB, tingkat 3..
ada yang penelitiannya kemarin tentang membrane ga ne? butuh temen sharing nih..
emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
25-09-2010 16:25
ane nyari buku UNIT OPERATION karangan Brown, buku pegangan wajib di Teknik Kimia
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
25-09-2010 18:49
Quote:Original Posted By Uenakk
ane nyari buku UNIT OPERATION karangan Brown, buku pegangan wajib di Teknik Kimia


Unit operation tentang apa dulu? setahu ane banyak kok gan, ga cuma dari Brown..
0 0
0
Halaman 39 dari 176
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia